26 Tempat Wisata di Jakarta yang Wajib Anda Kunjungi, Simak Ulasannya

Tempat Wisata di Jakarta – Daerah Khusus Ibukota atau DKI Jakarta merupakan ibukota bagi negara Indonesia sekaligus menjadi kota paling besar di negara tersebut. Ibukota Indonesia ini secara geografis lokasinya berada di pesisir bagian utara dari Pulau Jawa bagian barat sehingga membuatnya berbatasan langsung dengan Laut Jawa, perlu Anda ketahui juga bahwa Jakarta menjadi satu-satunya kota di Indonesia yang mempunyai status setingkat dengan propinsi. Sebagai sebuah ibukota negara, tentu saja Jakarta memiliki pesonanya sendiri.

Baca juga : Destinasi Wisata Spektakuler di Tempat Wisata Trans Studio Bandung

Tempat Wisata di Jakarta

Jakarta dikenal sebagai pusat pemerintahan dan juga sekaligus pusat kegiatan ekonomi di Indonesia sehingga memiliki pertumbuhan yang sangat pesat. Sebagai kawasan metropolitan yang selalu sibuk dengan aktivitas penduduknya, ternyata Jakarta memiliki potensi wisata yang besar sehingga hal ini akan bisa menarik para wisatawan untuk mengunjunginya. Anda akan bisa menemukan berbagai macam tempat wisata menarik yang layak untuk dikunjungi, pada kesempatan kali ini akan kami ulas beberapa tempat wisata di Jakarta.

Beberapa Tempat Wisata di Jakarta :

  1. Taman Mini Indonesia Indah
Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah atau biasa disingkat menjadi TMII lokasinya berada di Jalan Raya Taman Mini, Jakarta Timur yang bisa Anda akses menggunakan bus Trans Jakarta dari Stasiun Tanjung Barat. TMII telah menjadi salah satu ikon wisata bagi Jakarta di mana Anda akan bisa menyaksikan ragam kekayaan budaya yang ada di Indonesia mulai dari Sabang hingga Merauke. Taman Mini Indonesia Indah buka pada pukul 07.00-22.00 WIB dengan harga tiket masuk 15 ribu per orang.

 

  1. Seaworld Ancol
Seaworld Ancol Jakarta

Tempat wisata yang kedua adalah Seaworld Ancol yang beralamat di Jalan Lodan Timur Nomor 7, Kompleks Taman Impian Jaya Ancol, Pademangan, Jakarta Utara yang bisa diakses melalui rute Terminal Tanjung Priuk. Seaworld Ancol menghadirkan akuarium dengan ukuran raksasa di mana Anda akan bisa menyaksikan berbagai jenis ikan dan hewan laut lainnya yang berenang di dalamnya. Seaworld Ancol dibuka pada pukul 09.00-18.00 WIB dengan tarif masuk 85 ribu pada hari biasa dan 105 ribu pada akhir pekan.

 

  1. Dunia Fantasi (Dufan)
Dufan Ancol Jakarta

Dunia Fantasi atau lebih dikenal dengan nama Dufan beralamat di Jalan Lodan Timur, Kompleks Taman Impian Jaya Ancol, Pademangan, Jakarta Utara yang lokasinya tidak jauh dari Seaworld. Perlu Anda ketahui bahwa Dufan merupakan taman bermain terbesar yang ada di Indonesia di mana Anda akan bisa menemukan berbagai wahana permainan yang sangat seru. Dufan buka pada pukul 10.00-19.00 WIB dengan harga tiket masuk 200 ribu pada hari biasa dan 295 ribu pada hari libur.

 

  1. Gelanggang Samudera Ancol
Gelanggang Samudera Ancol Jakarta

Tempat wisata keempat yang juga bisa Anda kunjungi yakni Gelanggang Samudera Ancol yang lokasinya masih berada di Kompleks Taman Impian Jaya Ancol, Pademangan, Jakarta Utara. Di tempat ini Anda akan bisa menyaksikan atraksi menarik dari berbagai hewan laut seperti lumba-lumba dan singa laut sehingga sangat sesuai untuk dijadikan wisata keluarga. Gelanggang Samudera buka pada pukul 09.00-16.00 WIB dengan tiket masuk 95 ribu pada hari biasa serta 130 ribu pada akhir pekan.

 

  1. Atlantis Water Adventure
Atlantis Water Adventure Ancol Jakarta

Atlantis Water Adventure merupakan tempat wisata kelima yang lokasinya masih berada di Kompleks Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara. Atlantis Water Adventure sendiri adalah sebuah taman rekreasi air di mana Anda akan bisa menemukan berbagai macam wahana permainan dengan tema Mediterania Kuno di atas lahan seluas 5 hektar. Atlantis Water Adventure buka pukul 08.00-19.00 WIB dengan tarif masuk 95 ribu pada hari biasa serta 130 ribu pada akhir pekan dan hari libur lainnya.

 

  1. Snowbay Waterpark
Snowbay Waterpark Jakarta

Tempat wisata keenam yang juga tidak boleh dilewatkan yakni Snowbay Waterpark yang lokasinya ada di Kompkeks Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur yang bisa diakses menggunakan bus Trans Jakarta dari Stasiun Tanjung Barat. Sesuai dengan namanya, Snowbay Waterpark mengusung tema salju di mana Anda akan bisa menemukan beberapa wahana air yang menarik. Snowbay Waterpark buka pukul 09.00-18.00 WIB dengan harga tiket masuk 140 ribu pada hari biasa dan naik menjadi 180 ribu pada akhir pekan.

 

  1. Waterboom Jakarta
Waterboom Jakarta

Waterboom Jakarta beralamat di Jalan Pantai Indah Barat Nomor 1, Pantai Indah Kapuk, Penjaringan, Jakarta Utara yang bisa Anda tempuh dari Monas menggunakan bus Trans Jakarta. Waterboom Jakarta merupakan arena rekreasi air yang sangat populer di mana Anda bisa menemukan beragam wahana permainan air seperti Twizter, Speed Slide, The Whizzard, dan sebagainya. Waterboom Jakarta buka setiap hari pada pukul 10.00-18.00 WIB dengan tarif sebesar 180 ribu rupiah pada hari biasa dan 280 ribu pada hari libur.

 

  1. Kidzania
Kidzania Jakarta

Kidzania merupakan tempat wisata yang berlokasi di Pacific Plate Lantai 6, Jalan Jenderal Sudirman Kav 52-53, Jakarta Selatan yang bisa Anda tempuh menggunakan Trans Jakarta dari Blok M. Kidzania merupakan tujuan wisata edukasi yang sangat sesuai untuk anak-anak di mana mereka bisa bermain sambil belajar, anak-anak akan bisa berperan menjadi berbagai macam profesi yang dicita-citakannya. Kidzania buka pada pukul 09.00-16.00 WIB dengan tiket masuk 50 ribu untuk anak umur 2-3 tahun, 200 ribu untuk anak umur 4-16 tahun, serta 150 ribu untuk dewasa.

 

  1. The Wave Pondok Indah Waterpark
The Wave Pondok Indah Waterpark Jakarta

Tempat wisata selanjutnya yakni The Wave Pondok Indah Waterpark yang beralamat di Pondok Indah Mall, Jalan Metro Pondok Indah, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan yang bisa Anda akses menggunakan Trans Jakarta dari Halte Harmoni. Anda akan bisa menemukan waterpark yang dilengkapi dengan berbagai wahana permainan seperti Lazy Water, Flow Rider, Aqua Play, dan lainnya. The Wave Pondok Indah Waterpark buka pada pukul 06.00-21.00 WIB dengan tiket masuk seharga 100 ribu pada hari biasa dan 150 ribu pada akhir pekan.

 

  1. Sky Rink
Sky Rink Jakarta

Sky Rink merupakan tempat wisata yang lokasinya berada di Mall Taman Anggrek Lantai 3, Tanjung Duren, Petamburan, Jakarta Barat yang bisa Anda tempuh dari Kalideres. Jika Anda ingin bermain ice skating di negara tropis, maka Anda bisa berkunjung ke Sky Rink yang merupakan arena ice skating terbesar di Asia. Anda bisa menyewa sepatu khusus ice skating di tempat ini, Sky Rink buka pada pukul 08.30-21.30 WIB dengan tiket masuk 90 ribu pada hari biasa dan naik menjadi 120 ribu pada hari libur.

 

  1. Ocean Ecopark
Ocean Ecopark Jakarta

Tempat wisata berikutnya yang juga tidak kalah menariknya yakni Ocean Ecopark yang beralamat di Kompleks Taman Impian Jaya Ancol, Pademangan, Jakarta Utara yang bisa Anda akses melalui rute Blok M. Anda akan bisa menyaksikan pepohonan yang rindang dengan hamparan rumput hijau begitu memasuki kawasan Ocean Ecopark, tempat ini sangatlah sesuai untuk piknik bersama keluarga. Ocean Ecopark buka setiap hari pada pukul 08.00-16.00 WIB dengan tiket masuk gratis, namun Anda akan dikenakan biaya untuk menikmati wahana permainan yang tersedia.

 

  1. Epic Cable Park
Epic Cable Park Jakarta

Epic Cable Park adalah tempat wisata yang alamatnya ada di Jalan Lodan, Pademangan, Jakarta Utara yang bisa diakses melalui Blok M atau Terminal Tanjung Priuk. Epic Cable Waterpark sendiri menyajikan fasilitas olahraga air wakeboarding di mana Anda bisa berseluncur di atas air menggunakan skateboard sehingga akan memberikan pengalaman tersendiri. Epic Cable Park buka pada pukul 10.00-18.00 WIB setiap harinya dengan tarif masuk 180 ribu hingga 500 ribu tergantung dari jenis lintasan dan lama waktu bermain.

  1. Playparq Bintaro
Playparq Bintaro Jakarta

Playparq Bintaro lokasi persisnya berada di Jalan Bintaro, Taman Barat kav 10, Jakarta Selatan. Playparq Bintaro sangatlah sesuai untuk dikunjungi bersama anak-anak karena tempat wisata ini menyediakan wahana permainan yang sangat lengkap yang terbagi menjadi dua area yakni indoor dan outdoor seperti misalnya Flying Fox, Wall Climbing, Castle Super Sliding, dan lainnya. Playparq Bintaro buka pada pukul 10.00-18.00 WIB dengan tarif masuk seharga 60 ribu rupiah.

 

  1. Bounce Street Asia
Bounce Street Asia, Jakarta

Tempat wisata selanjutnya yang juga bisa dijadikan sebagai destinasi yakni Bounce Street Asia yang berlokasi di Jalan Sentra Bisnis Artha Gading Blok D Kav 8, Jakarta Utara yang bisa ditempuh menggunakan Trans Jakarta koridor 12. Bounce Street Asia adalah sebuah area bermain trampoline yang terbagi menjadi beberapa wahana di mana Anda bisa puas untuk melompat setinggi-tingginya. Bounce Street Asia buka pada pukul 09.00-22.00 WIB dengan tiket masuk 110 ribu pada hari biasa dan 135 ribu pada hari libur.

 

  1. Pandora Experience Escape Adventure
Pandora Experience Escape Adventure Jakarta

Pandora Experience Escape Adventure merupakan tempat wisata yang lokasinya ada di Ruko Putri Britania Blok T7, Jalan Puri Indah, Kembangan, Jakarta Selatan yang bisa diakses dari Mall Taman Anggrek. Pandora Experience Escape Adventure menawarkan wahana petualangan yang dilengkapi dengan berbagai tantangan seperti lorong yang berliku serta ruangan rahasia yang tersembunyi. Pandora Experience Adventure buka setiap hari pada pukul 11.00-21.00 WIB dengan tiket masuk seharga 90 ribu per orang.

 

  1. Pantai Ancol
Pantai Ancol Jakarta

Pantai Ancol menjadi tempat wisata yang juga bisa dikunjungi, pantai ini berlokasi di Kompleks Taman Impian Jaya Ancol, Pademangan, Jakarta Utara di mana Anda bisa menggunakan Trans Jakarta dari Blok M. Pantai Ancol menjadi tempat favorit bagi para wisatawan yang ingin menyaksikan panorama matahari terbenam, Anda juga bisa berwisata kuliner di kawasan pantai. Pantai Ancol buka selama 24 jam setiap hari dengan tarif masuk sebesar 25 ribu per orang.

 

  1. Kepulauan Seribu
Kepulauan Seribu, Jakarta

Tempat wisata yang bisa Anda kunjungi yakni Kepulauan Seribu yang terletak di Teluk Jakarta, Kota Madya Jakarta Utara yang bisa Anda tempuh menggunakan kapal laut dari Jakarta. Kepulauan Seribu merupakan destinasi wisata yang tepat bagi Anda yang ingin menjauhkan diri dari hiruk pikuknya Jakarta, Anda akan bisa menemukan beberapa pulau dengan pantainya yang sangat indah. Kepulauan Seribu dibuka selama 24 jam di mana Anda hanya perlu membayar biaya transportasi kapal saja.

 

  1. Pantai Marunda
Pantai Marunda Jakarta

Bagi Anda yang merasa Pantai Ancol terlalu ramai, maka Anda bisa mengunjungi Pantai Marunda yang lokasinya ada di Gang VII Marunda, Cilincing, Jakarta Utara yang bisa ditempuh melalui rute Priok – Cilincing. Pantai Marunda bisa Anda jadikan sebagai pantai alternatif yang menyajikan suasana yang lebih tenang sehingga Anda bisa berjalan-jalan atau bersantai menikmati suasana pantai. Pantai Marunda buka selama 24 jam, Anda tidak akan dikenakan biaya apapun.

 

  1. Taman Wisata Alam Angke Kapuk
Taman Wisata Alam Angke Kapuk, Jakarta

Taman Wisata Alam Angke Kapuk lokasinya berada di Jalan Garden House, Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara yang bisa diakses menggunakan Trans Jakarta koridor 9A. Taman Wisata Alam Angke Kapuk menyajikan hutan bakau yang sangat asri di mana para wisatawan akan bisa menyewa sebuah perahu untuk menyusuri hutan bakau. Taman Wisata Alam Angke Kapuk dibuka pada pukul 07.00-17.00 WIB dengan harga tiket masuk 25 ribu per orang.

 

  1. Hutan Kota Srengseng
Hutan Kota Srengseng

Tempat wisata berikutnya yang bisa Anda jadikan pilihan adalah Hutan Kota Srengseng yang berlokasi di Jalan Haji Kelik, Srengseng, Jakarta Barat yang bisa Anda akses melalui rute Lebak Bulus – Kelapa Dua. Jika Anda ingin menikmati rindangnya pepohonan di tengah hiruk pikuknya Jakarta, maka Anda bisa berkunjung ke Hutan Kota Srengseng yang juga dilengkapi fasilitas lengkap. Hutan Kota Srengseng dibuka selama 24 jam setiap harinya dengan tiket masuk 2 ribu rupiah per orang.

 

  1. Planetarium Jakarta
Planetarium Jakarta

Planetarium Jakarta merupakan tempat wisata yang beralamat di Jalan Cikini Raya Nomor 73, Menteng, Jakarta Pusat yang bisa dicapai dari Lebak Bulus menggunakan Trans Jakarta. Planetarium Jakarta sangat sesuai untuk dikunjungi oleh para pecinta astronomi di mana Anda akan bisa mengenal dan mempelajari lebih jauh mengenai sistem tata surya dan rasi bintang. Planetarium Jakarta buka setiap hari pada pukul 08.00-15.00 WIB dengan tiket masuk seharga 7 ribu untuk anak-anak dan 12 ribu untuk dewasa.

 

  1. Kebun Binatang Ragunan
Kebun Binatang Ragunan

Tempat wisata yang juga wajib untuk Anda kunjungi yakni Kebun Binatang Ragunan yang terletak di Jalan Harsono Nomor 1, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan yang bisa Anda akses menggunakan Trans Jakarta koridor 6. Kebun Binatang Ragunan adalah kebun binatang tertua di Jakarta dengan luas sekitar 147 hektar di mana Anda bisa menemukan berbagai jenis spesies hewan. Kebun Binatang Ragunan buka pada pukul 09.00-16.00 WIB dengn tarif masuk 4 ribu untuk dewasa dan 3 ribu untuk anak-anak.

 

  1. Pasar Tanah Abang
Pasar Tanah Abang

Bagi Anda yang menyukai wisata belanja, maka Anda wajib berkunjung ke Pasar Tanah Abang yang berlokasi di Jalan KH Mas Mansyur, Kelurahan Kampung Bali, Tanah Abang yang bisa diakses menggunakan KRL dari Stasiun Gambir. Pasar Tanah Abang merupakan pusat perbelanjaan berbagai macam produk fashion yang sering dikunjungi oleh para wisatawan dari negara tetangga. Pasar Tanah Abang buka mulai pukul 08.00-17.00 WIB setiap harinya.

 

  1. Rumah Si Pitung
Rumah Si Pitung

Rumah Si Pitung terletak di Jalan Kampung Marunda Pulo, Cilincing, Jakarta Utara yang bisa Anda tempuh dari Tanjung Priuk. Rumah Si Pitung diyakini sebagai kediaman dari legenda asal Betawi pada jaman dahulu, bangunan ini telah dijadikan sebagai situs sejarah dan cagar budaya di Jakarta di mana kondisi rumah tersebut masih terjaga seperti aslinya. Rumah Si Pitung bisa dikunjungi pada pukul 08.00-17.00 WIB dengan tiket masuk sebesar 5 ribu per orang.

 

  1. Kota Tua
Kota Tua, Jakarta

Kota Tua merupakan tempat wisata yang lokasinya ada di Pinangsia, Taman Sari, Roa Malaka di mana Anda bisa menggunakan Trans Jakarta dari Mangga Dua untuk mencapai lokasinya. Kota Tua merupakan landmark yang sangat populer di Jakarta di mana Anda akan bisa menyaksikan berbagai bangunan klasik peninggalan kolonial yang masih berdiri dengan kokoh. Kawasan Kota Tua dibuka selama 24 jam setiap harinya, Anda juga tidak akan dikenakan biaya apapun.

 

  1. Museum Bahari
Museum Bahari, Jakarta

Tempat wisata berikutnya yang bisa dikunjungi yakni Museum Bahari yang berlokasi di Jalan Pasar Ikan Nomor 1, Penjaringan, Jakarta Utara yang bisa Anda akses dari Stasiun Kota. Sesuai dengan namanya, Anda akan bisa menyaksikan berbagai macam koleksi benda-benda yang berhubungan dengan kelautan, pada jaman dahulu museum ini dijadikan sebagai gudang penyimpanan rempah-rempah. Museum Bahari dibuka pukul 09.00-15.00 WIB dengan tiket masuk seharga 5 ribu per orang.

Sebagai ibukota Indonesia, Jakarta memiliki berbagai macam tempat wisata menarik yang bisa Anda kunjungi pada saat liburan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed