Referensi Desain Baju Batik Untuk Membuat Baju Batik Sendiri

Seluruh warga negara Indonesia pasti kenal akrab dengan yang namanya batik, secara batik merupakan corak kain paling top di negara kita bahkan dikenal sampai keluar negeri ya kan. Batik bisa dijadikan motif untuk baju, celana, tas bahkan sepatu pun di jaman sekarang juga banyak yang bermotif batik.

Baca juga :

Yang paling umum adalah penggunaan motif batik pada kain untuk pembuatan baju. Dulu batik sering dibuat menjadi pakaian untuk acara resmi seperti baju kerja atau baju pernikahan, tapi sekarang batik tidak hanya digunakan untuk pakaian resmi loh, dengan kombinasi kain polos atau jenis kain lain, batik menjadi baju yang modis dan bisa dipakai siapa saja.

Batik merupakan salah satu warisan budaya kita  yang punya nilai dan seni yang tinggi, sarat dengan makna filosofis dan simbol penuh makna. Dulunya keterampilan membatik sebagai mata pencaharian dan pekerjaan eksklusif bagi perempuan-perempuan Jawa seiring berkembangnya jaman ditemukanlah batik cap yang memungkinkan masuknya laki-laki dalam pekerjaan membatik.

Jenis-jenis Desain Baju Batik

Ada banyak jenis desain baju batik dengan beragam motif atau corak yang berasal dari daerah-daerah tertentu di Indonesia. Berdasarkan pembuatannya batik punya 4 jenis mari simak beberapa model di bawah ini.

  1. Desain Baju Batik Tulis

Desain Baju Batik tulis ini dibuat secara langsung oleh pembatik dengan tangan loh, bayangkan betapa kerennya para pengrajin batik menghasilkan batik-batik yang bagus sampai disukai banyak orang dari berbagai negara. Untuk mengerjakan batik tulis ini dikerjakan sekitar 2-3 bulan, jadi benar-benar dikerjakan oleh orang yang terampil dan sabar ya, nggak sembarang orang bisa. Itulah kenapa batik tulis harganya lebih mahal daripada batik lain karena pengerjaannya yang lama dan rumit.

Proses pembuatan batik tulis ini mula-mula diawali dari pembuatan pola atau motif lalu mengisi pola menggunakan malam(lilin) dan dilanjutkan ke pewarnaan. Nah untuk bedain batik tulis dengan batik lainnya secara visual bisa dilihat pada pola desainnya yang tidak terdapat ciri bolak-balik yang berulang secara cepat dan bentuk motif batik, garis yang tidak berulang sama, baik dalam suatu desain maupun desain ulangnya. Kain batik tulis pasti berbau lilin dan warna pada kedua bidangnya sama.

 

  1. Desain Baju Batik Cap

Desain Baju Batik cap ini lebih modern dari batik tulis, jadi untuk pembuatan batik ini dibuat dengan menggunakan bantuan motif batik yang dibuat dalam bentuk stempel atau cap tembaga, jadi bisa dilakukan siapa saja ya. Batik tulis biasanya lebih dominan pengrajinnya perempuan sedangkan batik cap ini lebih banyak laki-lakinya loh.

Nah, untuk prosesnya pengerjaan batik cap ini menggunakan cap tembaga diberi malam panas, kemudian distempelkan di atas kain polos, selanjutnya dilakukan secara terus menerus hingga membentuk motif atau pola yang teratur. Pembuatan batik cap ini sangat singkat dan hanya memakan waktu kurang lebih 2-3 hari. Ciri-cirinya warna batik cap ini terlihat terang pada satu sisi, hanya pada bagian dalam nyaris sama dan cenderung lebih buram dan untuk pola atau motifnya, batik ini senantiasa simetris dan teratur.

 

  1. Desain Baju Batik Printing

Seiring perkembangan jaman yang semakin maju, maka pembuatan desain baju batik pun saat ini bisa dibuat dengan mudah. Batik printing salah satu metode pembuatan batik yang paling cepat karena dibuat dengan menggunakan motif pabrikan atau motif sablon, yaitu motif batik yang telah dicetak secara otomatis.

Ciri-ciri dari batik printing ini pola atau motifnya rapi dan simetris baik letak maupun ukurannya, kemudian warnanya hanya tampak nyata pada satu sisi kain saja, karena proses pewarnaan saat pencetakan dengan mesin ini hanya terjadi di satu sisi kain.

 

  1. Desain Baju Batik Sablon Malam

Nah, selain batik printing, ada desain baju batik sablon malam yang merupakan perpaduan batik printing dan batik cap yang dibuat dengan cara menyablonkan malam atau lilin secara langsung seperti pada pembuatan batik printing. Meski menggunakan teknik tapi dalam pembuatannya masih menggunakan bahan malam atau lilin.

Ciri-ciri yang membedakan batik sablon ini dengan batik lainnya adalah motifnya yang tidak berulang, desainnya lebih detail dan mempunyai warna yang sama di kedua sisi layaknya batik tradisional tapi warnanya mengkilap dan lebih tahan lama.

Kain motif batik yang sering kita temui di toko biasanya menggunakan batik dengan metode cap, printing atau sablon ya karena di produksi dalam jumlah banyak, tiga metode pembuatan tadi yang paling mudah dan bisa diproduksi dalam waktu singkat. Meski begitu batik tulis juga banyak dijual kok tapi ya dengan harga yang sesuai dengan kerja keras para pengrajin pastinya.

Ingin Bikin Baju Batik Tapi Bingung Desainnya Gimana?

Ini nih referensi desain baju batik yang bisa kamu pilih untuk membuat baju batik sendiri.

Kombinasi kain batik dan kain polos

Kombinasi kain batik dan kain polos

Saat ini model baju batik dengan kombinasi kain polos menjadi salah satu model yang banyak dipakai, karena lebih modern dan dinamis. Kombinasi kain batik dan kain polos ini membuat baju yang akan kita kenakan tidak monoton seperti baju batik yang hanya menggunakan satu corak saja. Yang harus diperhatikan jika kamu mau membuat baju batik sendiri dengan kombinasi kain polos ini adalah warnanya. Gunakan warna yang senada agar baju nantinya tampak menarik dan enak dilihat.

Kombinasi kain batik dengan kain satin

Kombinasi kain batik dengan kain satin

Kain satin bisa membuat baju yang akan dibuat nanti terlihat elegan dan menawan, kain ini juga bisa kamu gunakan di acara formal atau semi formal karena keanggunannya. Kain satin ini juga merupakan bahan yang nyaman digunakan karena tidak panas dan lembut. Jika dipadukan dengan batik yang sesuai maka kombinasi kain ini menjadi perpaduan yang sempurna untuk menunjang penampilan kamu dalam acara apapun.

Kombinasi kain batik dan kain embos

Kombinasi kain batik dan kain embos

Pada tau kain embos kan? Kain unik yang punya detail menonjol ini banyak dijual ditoko karena unik dan menarik. Jika kamu ingin membuat baju batik sendiri maka mengombinasikan kain batik dengan kain embos ini sangat disarankan karena sangat cocok dipadukan dengan batik. Tapi harus hati-hati memilih corak kain batik dan kain embosnya ya, supaya tidak aneh dilihatnya.

Warna yang pas dengan motif batik yang tidak terlalu besar akan cocok dengan kain embos yang sudah punya detail indah jadi jangan pilih kain batik dengan detail yang berlebihan.

Kombinasi baju batik dengan kain embos merah muda

Kombinasi baju batik dengan kain embos merah muda

selain kombinasi-kombinasi baju batik diatas masih ada banyak lagi desain dengan kombinasi kain yang bisa menjadikan batikmu menarik. Seperti kombinasi dengan siffon, model balero, katun dll tergantung selera ya. Karena dipadukan dengan apapun kain batik akan tetap menjadi kain yang menarik dan bagus untuk kamu pakai dalam acara formal maupun semi formal.

 

Berikut Beberapa Desain Baju Batik Modern Terbaru :

Demikian ulasan dari kami mengenai desain baju batik, semoga bermanfaat sebagai bahan referensi untuk Anda.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

News Feed