Beragam Model Baju Dinas Pemda Terbaru, Modis dan Kekinian

Baju dinas merupakan seragam wajib yang dikenakan setiap hari. Penggunaan seragam dinas untuk menunjukkan akan identitas dari Pegawai Negeri Sipil tersebut dalam menjalankan tugas. Selain itu, atribut yang dikenakan menunjukkan jabatan akan pegawai tersebut. Kelengkapan baju yang dikenakan PNS ini wajib disesuaikan dengan kaos kaki, sepatu, ikat pinggang dan masih banyak lagi. Ingin mengenal model baju dinas pemda lebih dekat? Berikut penjelasannya.

Baca juga : Model Baju Batik Kerja Untuk Inspirasi Kamu 2018

Model Baju Dinas Pemda

Jenis pakaian dinas

Ada beberapa jenis pakaian dinas yang dimiliki oleh Pegawai Negeri Sipil, seperti berikut ini:

  1. Baju dinas Departemen Dalam Negeri

Pakaian dinas yang digunakan oleh para Pegawai Negeri Sipil dalam lingkup Departemen Dalam Negeri ini mencangkup pakaian dinas harian, pakaian sipil resmi, pakaian sipil lengkap, dan pakaian sipil harian.

  1. Baju dinas pemerintah provinsi

Sama halnya dengan pakaian dinas di lingkup Departemen Dalam Negeri, pakaian dinas pemerintah provinsi juga sama. Mulai dari pakaian sipil resmi, pakaian sipil lengkap, pakaian dinas harian dan pakaian sipil harian. Namun yang membedakan hanyalah pada pakaian dinas lapangan. Di mana pemerintah provinsi memilikinya.

  1. Baju dinas pemerintah kota dan kabupaten

Sedangkan untuk model baju dinas pemda di kota atau kabupaten juga hampir sama, yakni pakaian dinas harian, pakaian sipil harian, pakaian sipil resmi, pakaian sipil lengkap dan pakaian dinas lapangan. Hanya saja, pada pemerintah kota dan kabupaten akan diberikan pakaian dinas upacara.

Model Baju Dinas Pemda Terbaru

Kelengkapan dalam baju dinas

Setiap model baju dinas pemda memiliki kelengkapannya masing – masing. Berikut ini beberapa kelengkapan akan pakaian dinas tersebut.

  1. Pakaian dinas harian

Untuk baju dinas harian terdiri atas kemeja lengan pendek berwarna khaki. Kemudian memiliki lidah bahu. Celana juga berwarna khaki dan panjang. Untuk kelengkapannya berupa ikat pinggang, sepatu hitam dan kaos kaki hitam.

Sedangkan untuk perempuan rok yang dikenakan haruslah 15 cm di bawah lutut. Untuk kelengkapannya sendiri, berupa sepatu pantofel hitam. Bagi wanita hamil dan berkerudung bisa menyesuaikan model baju dinas pemda ini.

Namun untuk pegawai golongan IV/A ke atas, bisa mengganti baju dinas harian dengan pakaian sipil harian saat menjalankan tugas.

  1. Pakaian sipil harian

Model baju dinas pemda ini digunakan dalam kegiatan sehari – hari. Untuk pria biasanya berupa jas lengan pendek dengan kombinasi celana panjang warna senada. Pada bagian leher terdapat kerah berdiri dan terbuka.

Selain itu, juga dilengkapi dengan 3 saku, yaitu dua kiri dan kana dan 1 kiri atas. Untuk desainnya harus memiliki 5 kancing. Hal ini juga berlaku untuk seragam wanita dan dipadukan oleh rok. Bagi yang berjilbab bisa menyesuaikan.

  1. Pakaian sipil resmi

Model baju dinas pemda ini biasanya digunakan saat upacara, namun bukan upacara kenegaraan. Bajunya adalah jas lengan panjang dengan celana panjang warna senda. Selain itu, kancing berjumlah 5 dan saku sama seperti pakaian sipil harian. Hal ini juga berlaku untuk seragam wanita.

  1. Pakaian dinas upacara

Model baju dinas pemda ini digunakan untuk kegiatan upacara saja, mulai dari upacara hari besar hingga upacara pelantikan. Untuk lurah atau camat menggunakan kemeja berwarna putih dengan jas putih dan kancing berwarna kuning. Sedangkan kelengkapannya berupa celana panjang putih, kaos kaki hitam, dasi hitam dan sepatu kulit hitam.

Sedangkan untuk wanita juga berupa kemeja putih dengan kancing kuning emas dan jas putih. Untuk dasi, dan sepatu berwarna hitam. Rok juga berwarna putih dengan panjang 15 cm di bawah lutut.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed