Menjelajah Wisata Candi Prambanan Yang Unik di Jogja

Candi prambanan merupakan candi bersejarah yang cukup terkenal di Indonesia dan dahulu ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan peninggalan dunia tepat pada tahun 1991 beserta candi Borobudur.  Namun ini berbeda dengan Wisata Candi Borobudur yang merupakan peninggalan candi Buddha, akan tetapi candi prambanan adalah peninggalan candi Hindu.

Jogja memang kaya sekali akan wisata, banyak sekali wisata alam yang bisa anda kunjungi seperti wisata pantai parangtritis, wisata hutan pinus, wisata alam kalibiru. Namun tidak hanya wisata alam saja namun seperti wisata goa jomblang, wisata taman pintar, wisata keratin Yogyakarta, wisata kebun binatang gembira loka, dan wisata malioboro juga bisa anda datangi ketika ingin berlibur ke Yogyakarta.

Wisata candi prambanan sangat cocok untuk anda datangi bersama keluarga besar anda, sedikit cerita mengenai candi prambanan pada dahulu kala candi prambanan dan candi Borobudur keduanya memiliki letak yang tidak cukup jauh dan tetap berada di jawa tengah, meskipun masing masing merupakan peninggalan dari dua agama yang berbeda namun keberadaan candi prambanan sekaligus candi Borobudur membuktikan bahwa dahulu kala umat hindu dan Buddha memang berdampingan dan menjalin ikatan yang rukun.

Keberadaan kedua candi tersebut juga mmebuktikan bahwa pada saat itu memang peradaban manusia dangat maju dengan dapatnya mereka membangun candi candi dengan arsitektur yang sangat luar biasa tersebut tanpa bantuan dari teknologi apapun. Candi prambanan merupakan candi yang kompleks dengan hal ini maka candi prambanan disebut mempunyai seribu candi yang diungkapkan menurut cerita rakyat Roro Jonggrang.

Pada dasarnya hanya ada 240 candi yang terbangun disana dengan kompleks. Candi prambanan dibangun menghadap kea rah timur akan tetapi ada empat pintu dimasing masing mata angina namun gerbang utama candi ini tetap yang menghadap kea rah timur. Menurut cerita rakyat bahwasanya bangunan candi prambanan ini merupakan bentuk persembahan dewi siwa yang didalam ajaran agama hindu dewi siwa dikenal dengan dewa penghancur.

Candi didalam prasasti siwaghra nama asli dari candi komplek adalah siwaghra yang berasal dari Bahasa sansekerta yang memiliki arti rumah siwa, atau persembahan untuk desa siwa karena memiliki status sebagai candi peninggalan atau persembahan untuk dewa siwa, candi ini diapit oleh dua candi yakni candi dewa brahma dan candi wishnu dan candi ketiga ini disebut dengan candi trimurti yang didalam candi trimurti terdapat masing masing patung dewa.

Selain candi trimurti masih banyak lagi candi candi yang ada disana yakni candi apit, candi kellir, candi patok, candi perwara, yang semuanya dibangun mengelilingi candi trimurti. Semua candi dibangun ditempatnya dengan ketepatan dalam ajaran hindu, contohnya candi perwara diletakkan di bagi menjadi empat zona yang sering disebut dengan empat kasta manusia dalam ajaran hindu. Dimana terdapat lapisan luar dana dalam yang terluar diperuntukkan untuk proses sembahyang kasta sudra dan kemudian yang dalam untuk waisya dan dua lapisan lebihnya digunakan untuk ksatrya dan Brahmana.

Ada juga relief di wisata candi prambanan ini, relief tersebut dibangun untuk menceritakan mengenai dua kisah yang sudah fenomenal dalam hindu yaitu cerita Ramayana dan krishnayana, relief ini diletakkan di dalam pagar yang mengelilingi candi trimurti dan relief Ramayana ini menceritakan mengenai sebuah cinta perjuangan seorang rama untuk merebut shinta yang telah diculik rahwana dengan bantuan hanoman seekor kera. Untuk kisah krishnayana ini menceritakan mengenai kisah perjalanan hidup seorang krisna sebagai awatara dewa whisnu.

Sejarah Asal Mula Candi Prambanan

Semua candi terbentuk memang memiliki sebuah sejarah dibaliknya, tidak hanya candi prambanan saja namun Candi Borobudur juga memiliki sejarah dibalik berdiirnya candi tersebut. Sekarang saya akan sedikit membahasa mengenai sejarah singkat dari berdirinya candi prambanan yakni awalnya dibangunya candi yang komplek ini memiliki dua al kisah yakni kisah rakyat mengenai Roro Jonggrang dan sejarah dibangunya candi ini pada masa kerajaan hindu di Jawa yang ditemukan dari hasil ilmuan.

Seperti yang kita ketahui bahwa candi prambanan cukup melekat pada al kisah Roro Jonggrang, cerita ini berawal dari seorang putri kerajaan yang sangan cantic sekali yakni Roro Jonggrang, banyak sekali pemuda yang berdatangan guna ingin mempersunting sang putri termasuk Bandung Bondowoso yang dikenal cukup kuat dan sakti akan tetapi putri roro jonggrang tidak menyukainya sama sekali dengan berfikir beberapa kali akhirnya roro jonggrang mengatakan kepada bandung bondowoso untuk membangun 1.000 candi dalam waktu semalam dengan syarat putri roro jonggrang akan mau menjadi istri dari bandung bondowoso.

Namun dalam proses pembangunan bandung bondowoso dibantu oleh jin untuk membuat candinya yang saat itu hampir selesai karena sudah terbangun 999 candi, akhirnya sang putri ketakutan dan melakukan segala cara untuk membuat ayam berkokok seakan akan melambangkan jikalau pagi sudah datang. Bandung bondowoso pun merasa bingung dan marah saat itu karena mengetahui bahwa smeuanya hanyalah tipuan dari putri roro jonggrang untuk menggagalkan usahanta ,dan akhirnya bandung bondowoso mengutuk putri roro jonggrang untuk menjadi sebuah candi untuk melengkapi jumlah candi yang telah dimintanya.

Dan hingga saat ini candi dewa siwa dipercaya masyarakat adalah bentuk perwujudan dari putri roro jonggrag yang sudah dikutuk oleh bandung bondowoso. Namun selain cerita tersebut ada cerita rakyat lainya yang beredar yang menyatakan bahwa dahulu candi ini dibangun pada masa dinasti sanjaya, para peneliti mengatakan bahwasanya dahulu candi ini dibangun dan tidak terurus, kmudian ditemukan lagi oleh seorang belanda sebelum candi Borobudur ditemukan, setelah ditemukan kembali maka candi prambanan diperbaiki dengan segala upaya rekontruksi. Hingga menjadi candi hindu terbesar di Indonesia.

Hal Unik Di Candi Prambanan

Candi prambanan memang memiliki luas halaman yang cukup besar sekitar 40 hektar, jika anda berjalanan mengelilingya secara komplek untuk meinkmati keindahan mahakarya candi prambanan maka dirasa kaki anda akan sangat lelah. Ada aktifitas menarik loh yang ada di candi prambanan jika anda datang pada saat musim kemarau karena anda akan disuguhkan oleh tarian sendratari Ramayana dipanggung yang terbuka didepan candi trimurti dengan latar ketiga candi tersebut ini akan sangat menakjubkan apalagi jika anda menikmati pertunjukan bersama dengan pasangan anda maka akan menambah suasana menjadi indah.

Pertunjukkan ini hanya dilakukan saat musim panas saja karena ketika musim penghujan maka panggung dipindahkan ke dalam ruangan tertutup, pertunjukan ini dapat disaksikan mulai malam sekitar pukul 20.00 samai 22.00 hal ini yang sering memikat para pengunjung untuk melihatnya, selain dapat tetap melestarikan budaya dari sini juga banyak orang yang akan mengetahui cerita rakyat candi prambanan.

Fasilitas Di Candi Prambanan

Terdapat sebuah museum di wisata candi prambanan, museum ini dibangun berbentuk seperti rumah joglo dimana didalamnya terdapat beberapa koleksi benda benda yang telah berhasil ditemukan oleh masyarkat sekitar di sekitar candi prambanan dahulu kala seperti arca lembu nandi, resi Agastya, siwa, wishnu, garuda, arca durga, mahasisasuramardani dan batuan purbakala lainya yang banyak sekali.

Tidak hanya itu saja namun juga terdapat artefak, gerabah, gambar struktur candi siwa, fosil hewan, replica harta karun emas, gayung, tas, uang logam dll. Museum candi prambanan terletak di sisi utara dan bagi anda yang ingin memasuki museum ini jangan khawatir karena biaya sudah termasuk tiket masuk.

Disini juga disediakan tempat parkir bagi anda yang membawa kendaraan pribadi atau menaiki transportasi yang besar seperti bus anda jangan khawatir karena tempat pengelolaan parkirnya cukup luas. Juga terdapat tempat beribadah bagi kalian yang beragama muslim, karena di candi prambanan sudah dibangun sebuah masjid yang sangat luas sekali dan megah dikhusukan untuk menampung wisatawan muslim yang datang berkunjung.

Bagi anda yang berdatangan dari kota yang jauh maka jangan khawatir karena disekitar area candi prambanan sudah terdapat beberapa macam hotel dan homestay untuk anda menginap dengan harga yang cukup relative dari yang murah hingga termahal dengan fasilitas yang cukup.

Pusat belanja oleh oleh memang hampir tersedia disemua tempat wisata namun di candi prambanan dan candi Borobudur disini dijual beberapa oleh oleh kerajinan khas jogja yang sangat menarik sekali, adapun makanan khas yang dijual di candi prambanan mungkin anda juga dapat menjumpainya di wisata malioboro karena disana terkenal pusat oleh oleh khas jogja.

Aktifitas Menarik Ketika Di Candi Prambanan

Ada begitu banyak hal menarik yang bisa anda lakukan ketika berlibur ke wisata candi prambanan salah satunya adalah :

  1. Mengambil foto atau hunting foto, sudah banyak yang mengetahui bahwasanya tempat ini menjadi tempat yang paling favorit bagi para pecinta fotografi, dengan bangunan yang megah anda bisa menjadikan candi prambanan sebagai background anda maka hasil foto anda akan sangat menarik sekali. Apalgi ketika malam hari maka aka nada lampu yang menyala dan menyorot ke candi trimurti maka akan tampak megah sekali bangunan ini dan hasil foto anda juga akan sangat menakjubkan.
  2. Berkeliling komplek candi prambanan seluas 40 hektar dengan berjalan kaki juga merupakan hal yang menarik yang dapat anda lakukan karena anda dapat melihat candi dari beberapa sudut pandang dengan dikelilingi tanaman yang asri disetiap sudut jalan candi prambanan, anda akan melihat betapa besarnya mahakarya yang sudah diciptakan oleh manusia jaman dahulu akan tetapi anda akan berfikir bahwa ini mustahil dilakukan seorang manusi. Karena arsitekturnya yang sangat menarik sekali.
  3. Mengenal seni sastra dan cerita rakyat hindu akan menambah akan wawasan akan pengetahuan budaya dimana sama seperti candi Borobudur candi ini juga menyimpan banyak sekali cerita dan mengandung unsur agama yang terdapat dalam relief, jika anda bingung dan tidak bisa membaca relief maka anda gunakan saja jasa para guide untuk mencerikatan cerita yang telah di ceritakan dalam bentuk relief relief ini.
  4. Berburu souvenir adalah hal yang wajib dilakukan, karena jika anda bepergian sejauh mungkin apalagi jika tujuanya berlibur maka kerabat dirumah akan menantikan oleh oleh yang dibawa setelah berlibur, nah jangan khawatir karena di candi prambanan ini sudah tersedia tempat penjualan souvenir dan pernak Pernik khas budaya jogja, banyak sekali kios yang menjual gantungan kunci ,kalung, gelang bahkan Pernik lainya yang berbentuk candi prambanan. Anda juga akan menemukan miniature candi prambanan dan juga miniature candi Borobudur.
  5. Berkuliner di resort terbaik yang ada di candi prambanan adalah hal yang meanrik bukan, karena anda tidak akan merasa kelaparan ketika berjalan jalan menyusuri candi. Yang cukup terkenal adalah prambanan gallery resto disini menyediakan berbagai macam makanan khas jogja yang memang disediakan khusus untuk anda menikmatinya, anda akan disuguhkan pemandangan sawah yang asri sambil menyantap makanan. Makanan yang bisa anda santap yakni sate, bakmie ,daging dan masih banyak lagi menu yang tersedia disini.

Dijamin ketika anda sudah melakukan hal diatas maka liburan anda akan sangat terasa menyenangkan dan akan ketagihan untuk datang ke jogja lagi. Oleh karena itu anda wajib datang kemari bersama keluarga anda untuk menikmati indahnya mahakarya candi prambanan.

Rute Menuju Wisata Candi Prambanan

Ada berbagai rute yang bisa ditempuh bagi anda untuk bisa sampai ke tempat wisata candi prambanan, namun semua rute menuju candi ini tidaklah sulit, jika anda menggunakan pesawat dan anda transit di bandara adi sucipto maka anda langsung saja menaiki taksi menuju kea rah timur dari pusat kota Yogyakarta. Jarak dari bandara hanya sekitaran 15 menit jika anda mengendarai motoe.

Akan tetapi beda hal jika anda menggunakan bis, atau mobil pribadi anda langsung saja naik bis jurusan jogja solo atau ikutin jalan arah jogja solo kemudian langsung turun didepan loket masuk candi prambanan. Candi prambanan sangat jelas dari jalanan maka jika anda menggunakan kendaraan pribadi bisa saja anda mengikuti arah ke timur jogja kemudian setelah ketemu jalan solo maka lurus saja sampai melihat candi prambanan.

Harga tiket masuk ke candi prambanan adalah 30.000 per orang sudah termasuk masuk ke museum namun biaya untuk turis sangat berbeda biasanya turis dikenakan harga 180.000 per orang. Untuk jam buka candi prambanan sekitar jam 07.30 sampai jam 17.30.

Tips Berlibur Ke Candi Prambanan

  1. Bila anda berkunjung maka berkunjung pada saat di selelnggarakanya pagelaran sendratari ramayanan biasnaya diadakan ketikan terang bulan ada juga jadwal pementasanya disitus online candi prambanan anda bisa melihatnya.
  2. Mencari informasi sebanyak banyaknya mengenai candi prambanan sebelum anda berniatan mengunjunginya karena jika anda ingin menanyakan mengenai berbagai cerita yang tersimpan di candi ini maka akan lebih memudahkan anda dan menambah keseruan kunjungan anda.
  3. Ketika berkunjung ke wisata manapun anda tetap harus menjaga tingah laku atau berlaku sopan karena wisata candi prambanan ini termasuk wisata peninggalan agam hindu maka tempat ini dianggap suci oleh warga setempat, maka akan lebih baik jika anda juga mengenakan pakaian yang sopan.
  4. Jika berkunjung pada saat matahari terbit atau disiang hari maka gunakan tabir surya atau anda bisa menggunakan kacamata dan juga topi. Jika masih sangat panas anda bisa mengenakan paying supaya perjalanan kunjungan anda ke candi prambanan lebih mengasyikkan.
  5. Jika anda memilih berjalan kaki untuk mengelilingi candi prambanan maka anda harus berhai hati karena banyak sekali reruntuhan batu candi yang tidak teratur jika mengenai anda maka dapat membuat anda terluka.

“Menurut Founding Father suatu angsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan sejarahnya, jadi ayo kita sama sama menjaga dan melestarikan candi prambanan untuk dapat dinikmati oleh generasi ke genarasi bangsa ini”.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *