Menikmati Keindahan Wisata Air Terjun Coban Pelangi Malang

Menikmati Keindahan Wisata Air Terjun Coban Pelangi Malang

Malang merupakan kota wisata yang sangat popular sekali, mulai dari wisata alam ataupun wisata buatan yang modern. Salah satau tempat wisata yang bisa anda kunjungi unutk menikmati keindahan alam kota Malang adalah Wisata Air Terjun Coban Pelangi Malang.

Air terjun ini cukup terkenal dikota malang, sama halnya dengan air terjun lainnya seperti Coban Rondo, Coban Rais, dan  Coban-coban lainnya. Coban merupakan sebutan air terjun yang diberikan oleh masyarakat. Jadi, air terju di Malang dikenal dengan istilah coban.

Setelah sebelumnya kami membahas mengenai objek wisata coban Putri Malang, sekaranng kami akan membahas mengenai air terjun coban pelangi yang juga ada di Malang. Coban pelangi memiliki sejarah, keunikan dan keindahan tersendiri jika dibandingkan dengan coban atau air terjun lainnya yang ada di Kota Malang. Untuk lebih jelasnya yuk simak ulasannya berikut ini.

Lokasi Wisata Air Terjun Coban Pelangi Malang

Lokasi Wisata Air Terjun Coban Pelangi Malang

Wisata Air Terjun Coban Pelangi ini berada di desa Gubuk klakah, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Jika anda berangkat dari kota Malang maka anda harus menemuh jarak sekitar 30 kilometer kea rah timur dengan menggunakan kendaraan atau kurang lebih selama 1 jam. Anda tidak perlu khawatir untuk tersesata karena banyak petunjuk arah menuju ke objek Wisata Air Terjun Coban Pelangi Malang ini. Atau anda bisa mengikuti jalur meuju ke GUnung Bromo atau Gunung Semeru.

Terdapat banyak petunjuk arah di sepanjang jalan untuk menuju kesana. Atau anda dapat berpatokan dengan jalur menuju Gunung Bromo dan Gunung Semeru karena searah dengan Air terjun Coban Pelangi.

Setelah anda sampai di desa Gubukklakah maka anda hanya perlu menempuh jarak sekitar 2 kilometer. Terdapat tanda atau papan petunjuk jalan untuk menuju ke tempat Wisata Air Terjun Coban Pelangi Malang. Anda akan menemukan petunjuk arah berupa papan nama yang berada di sebelah kanan jalan ketika sudah hampir sampai di lokasi Wisata Air Terjun Coban Pelangi Malang.

Akses dan Keindahan Panorama di Sepanjang Jalan Menuju Tempat Wisata Air Terjun Coban Pelangi Malang

Panorama di Sepanjang Jalan Menuju Tempat Wisata Air Terjun Coban Pelangi

Akses jalan menuju ke Tempat Wisata Air Terjun Coban Pelangi Malang sudah diaspal dengan baik,. Namun meskipun demikian, anda harus tetap berhati-hati karena tipikal jalannya agak sedikit menanjak sebelum memasuki desa Gubukkah.

Nah, setelah memasuki Desa Gubukklakah jalannya akan semakin menanjak, bagi anda pengguna kendaraan bermotor anda harus tetap berhati-hati dan harus memperhatikan tenaga mesinnya. Terutama dengan memaksimalkan perpindahan gigi persneling jika anda menggunakan kendaraan yang bukan matic.

Wisata Air Terjun Coban Pelangi Malang

Ruas jalan menuju ke tempat Wisata Air Terjun Coban Pelangi Malang juga perlu waspada karena ruas jalan tidak terlalu lebar kira-kira jalannya hanya pas untuk dua kendaraan roda empat. Bahkan, setelah anda sampai di desa Gubukklakahjalannya pun semakin sempit da berkelok. Apabila anda menggunakan kendaraan roda empat, anda harus mengalah salah satu ketika berpapasan dibahu jalan.

Selain itu, dibeberapa tempat terdapat bagian jalan yang longsor pada saat musim hujan, hal ini ditandai dengan pemagaran seadanya disepanjang jalan yang longsor. Dwalaupun jalannya cukup dikatakan ekstrim, namun panorama alam sepanjang jalan yag disuguhkan sangat mempesona dan mampu menghilangkan kepenatan dan kelelahan dengan segala risiko yang mungkin terjadi.

Rute menuju Tempat Wisata Air Terjun Coban Pelangi Malang

Rute menuju Tempat Wisata Air Terjun Coban Pelangi Malang

Agar anda bisa segara sampai dan perjalana anda lebih mudah untuk cepat sampai ketujuan, nada harus mempelajari rute dan Akses Menuju Wisata Coban Pelangi Malang. Informasi ini merupakan infromasi yang penting yang perlu di pelajari terlebih dahulu sebelum  anda melakukan liburan ke objek wisata air terjun coban pelangi ini.

Untuk menuju ke lokasi Tempat Wisata Air Terjun Coban Pelangi Malang anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Adapun rute yang harus anda lalui untuk menuju ke tempat wisata ini adalah sebagai berikut.

  1. Rute dan akses dari Coban Pelangi kota Malang, Jawa Timur

Apabila anda melakukan perjalanan dari arah malang, maka anda bisa mengikuti jalan menuju ke arah Bromo. Jadi sebelum anda sampai ke Bromo, anda akan menjumpai sebuah papan nama Air Terjun Coban Pelangi sebagai petunjuk.

Cara termudah untuk menuju ke tempat Wisata Air terjun coban Pelnagi ini adalah dengan menggunakan jasa sewa mobil atau menggunakan kendaraan bermotor. Anda akan melalui Rute perjalanan yang cukup mudah jika melalui Malang – Pasar Tumpang – Gubuk Klakah – Air terjun Coban Pelangi.

Rute dan akses dari Coban Pelangi kota Malang, Jawa Timur

Hal yang perlu diperharikan hanyalah pentunjuk arah agar anda tidak tersesat atau kesasar selama melakukan perjalanan. Sedangkan bagi anda yang lebih suka  melakukan perjalanan dengan ala backpacker perjalanan, anda bisa memilih rute adalah mulai dari kota Malang, kemudian naik transportasi umum menuju terminal arjosari. Selanjutnya anda bisa menaiki angkot umum lagi untuk menuju pasar tumpang. Setelah sampai di pasar tumpang, anda bisa menyewa jeep atau sewa truck untuk melanjutkan ke desa gubuk klakah yang mana objek wisata coban pelangi itu berada.

Satu hal yang perlu anda ingat adalahlokasi pintu masuk wisata coban pelangi berada dipinggir kanan jalan. Jika anda bingun anda bisa bertanya-tanya kepada warga setempat untuk lokasi pintu masuk air terjun Pelangi karena warga setempat cukup ramah. Selanjutnya anda harus berjalan kaki kurang lebih sekitar 1 km melalui jalan setapak yang cukup terjal untuk menuju ke Air terjun coban pelangi sebagai tujuan utama.

  1. Rute dan akses menuju Coban Pelangi dari Cemoro Lawang Bromo, Probolinggo

Rute lainnya yang bisa anda pilh adalah perjalanan ke Air Terjun pelangi dari Cemoro Lawang. Jika anda ingin mengambil rute perjalanan ini, anda bisa memulainya dari desa Cemoro lawang, melalui desa Jemplang, dan gubuk klakah dengan menggunakan Jeep yang kira-kira dapat sejauh 1,5 jam berkendara. Apabila anda tidak dapat menyewa jeep, anda bisa menggunakan kendaraan bermotor. Sebaiknya anda mengecek kendaraan bemotor yang akan anda gunakan terlebih dahulu agar perjalanan anda berjalan dengan lancar dan tidak terjadi  hal-hal yang tidak di inginkan selama perjalanan ke lokasi air terjun.

Fasilitas yang Disediakan di Tempat Wisata Air Terjun Coban Pelangi Malang

Fasilitas yang Disediakan di Tempat Wisata Air Terjun Coban Pelangi Malang

Setelah anda sampai di lokasi, anda bisa menikmati beberapa fasilitas yang cukup memadai di area lokasi tempat Wisata Air Terjun Coban Pelangi Malang ini. Adapun beberapa fasilitas yang disediakan adalah sebagai berikut.

  1. Area Parkir

Sesampainya di pintu masuk coban pelangi yang tidak jauh dari pinggit jalan anda akan disambut dengan pemungut biaya tiket untuk masuk ke tempat Wisata Air Terjun Coban Pelangi Malang. Disana akan disediakan area parker untuk kendaraan beroda dua dan beroda empat.

Untuk kendaraan roda empat anda bisa memarkirkannya di depan pintu masuk, sedangkan untuk kendaraan roda dua bisa diparkirkan di dalam area Wisata Air Terjun Coban Pelangi Malang. Anda akan dikenakan biaya sekitar Rp. 6 ribu, masih cukup terjangkau bukan? Setelah memasuki area Wisata Air Terjun Coban Pelangi Malang anda akan melelui jalan setapak berundak menurun yang dapat dikatakan cukup terjal sekitar 1 kilometer dari area parkir.

  1. Rest Area

Walaupun lumayan jauh dan membutuhkan tenaga ekstra untuk menuruni jalan setapak tersebut namun anda akan dihibur dengan pemandangan alam sekitar Coban pelangi yang sangat eksotis dan mempesona. Di beberapa tempat terdapat area lokasi untuk beristirahat seperti warung-warung yang menyediakan beragam makanan yang bisa mengisi perut yang ksosong setelah berjalan menuju ke air terjun yang indah.

  1. Camping Area

Bagi anda yang ingi melakukan camping bersama dengan keluarga anda bisa melakukannya di area dekat air terjun oban pelangi ini. Karena ketika anda melalui separuh perjalanan, anda akan mendapati area camping disisi kanan jalur. Area lokasi camping ini tidak terlalu luas tapi bisa menampung beberapa tenda yang didirikan dengan suguhan keindahan alam air terjun coban pelangi yang indah.

Menurut informasi yang didapatkan dari petugas jaga, untuk mendirikan tenda atau melakukan camping di area ini akan dikenakan biaya masuk yang berbeda dengan pengunjung biasa yang hanya menuju ke Coban pelangi tanpa bermalam. Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp. 10 ribu per orangnya.

  1. Fasilitas lainnya

Untuk fasilitas lainnya yang disediakan adalah fasilitas umum yang memang harus ada di tempat wisata malang misalnya seperti  kamar mandi dan wc dua buah, selebihnya hanya sebatas lahan camping saja.

  1. Nunggang Jaran (Naik Kuda)

Di sekitar area camping ground, juga  terdapat pangkalan nunggang jaran. Nunggang Jaran merupakan fasilitas yang ditawarkan kepada pengunjung yang ingin menaiki kuda dari bawah ke lokasi pintu masuk ketika pulang. Fasilitas nunggang kuda ini disediakan bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi berkuda atau yang kelelahan melalui trek menanjak menuju ke Coban Pelangi. Nah, bagi anda yang ingin menikmati atau menggunakan fasilitas nunggang jaran ini akan dikenakan tariff sekitar RP. 10 ribu untuk masing-masing pengunjung.

  1. Jembatan Cinta

Kemudian selanjutnya setelah anda melewati area camping, anda akan dihadapkan dengan turunan yang cukup curam. Kemudian akan berakhir dengan ujung jembatan bambu untuk menyeberangi sungai menuju ke Coban Pelangi.

Jembatan bambu ini terkenal dengan nama jembatan cinta. Menurut informasi, jembatan ini dinamakan sebagai jembatan cinta karena biasanya pasangan muda-mudi yang melewati jembatan pasti bergandengan tangan. Hal ini juga disebabkan karena jembatan ini hanya bisa dilewati oleh dua orang. Jadi akan semakin asyik apabila berjalan dengan bergandengan tangan, sehingga akan menambah rasa cinta kepada pasangan.

Jembatan cinta biasanya banyak dijadikan sebagai spot foto favorit bagi para pengunjung sebelum menuju ke Coban Pelangi. Selain kemasyhuran namanya sebagai jembatan cinta, jembatan ini juga memiliki bentuk yang klasik sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang datang.

  1. Keindahan Air Terjun Coban pelangi

Nah, setelah anda melewati jembatan cinta maka sudah bisa dipastikan anda akan segera sampai di air terjun coban pelangi yang tidak begitu jauh. Anda hanya membutuhkan waktu Beberapa menit untuk berjalan, sayup-sayup anda akan mulai mendengar suara gemuruh air terjun.

Setelah mendengar suara ini secara tidak sadar langkah kaki anda akan semakin cepat dan tidak sabar ingin menyaksikan keeksotikan air terjun coban pelangi yang sangat mempesona itu. Anda hanya perlu melewati sedikit jalan menanjak, air terjun coban pelangi sudah mulai kelihatan.

Sejarah Keindahan Air Terjun Coban Pelangi Malang yang Mempesona

Sejarah Keindahan Air Terjun Coban Pelangi Malang yang Mempesona

Sesampainya di air terjun Coban Pelangi anda akan disuguhi dengan pemandangan yang sangat indah. Anda akan melihat air terjun coban pelangi yang jatuh dari ketinggian 110 m dengan dikelilingi oleh tebing batu karang yang menjulang tinggi. Wisata Air Terjun Coban Pelangi Malang memiliki hawaa yang cukup segar dan sejuk, ditambah lagi dengan percikan air dingin yang menyebar disekitar lokasi.

Apabila anda ingin mendekati air terjun anda harus berhati-hati, karena anda harus melewati bebatuan yang licin. Bahaya lainnya yang sebenarnya juga mengancam adalah adanya bekas longsoran di beberapa sisi tebing. Oleh karena itu ada harus tetap waspada dan selalu perhatikan langkah kaki anda, terutama pada saat musim hujan sebaiknya menjauh dari lokasi air terjun ini karena kemungkinan akan terjadi longsor.

Menurut infroamsi dari masyarakat dan apra wisatawan yang sudah berkunjung ke tempat Wisata Air Terjun Coban Pelangi Malang ini. Air Terjun Coban Pelangi merupakan sebuah air terjun yang unik yang dapat mengeluarkan berbagai macam warna layaknya warna pelangi. Air terjun iabn pelangi ini dikelola oleh Perum Perhutani Malang. Ditambah lagi air terjun coban pelangi ini dikelilingi oleh pepohonan hijau yang membuat suasana disekitar air terjun sangat menyegarkan mata.

Hawanya yang dingin juga akan membuat pikiran fresh kembali, hal ini karena letaknya yang berada di ketinggian 1.400 mdpl. Oleh karena itu, udara di sekitar air terjun sangat dingin bahkan suhu terendah yang pernah terjadi di area Air terjun Coab Pelangi ini sempat mencapai 19 derajat celcius.

Air terjun Coban Pelangi ini terletak tidak jauh dari gunung tertinggi jawa yaitu gunung Semeru. Selain itu air terjun coban pelangi ini masih merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Bromo. Oleh karena itu tidak heran jika Air terjun Coban Pelangi sangat populer di kalangan hikers khususnya mereka yang pernah mendaki gunung tertinggi jawa.

Keadaan alam di sekitar air terjun ini masih sangat natural. Hal ini karena masih belum banyak orang yang datang ke tempat ini. Ketika pertama kali anda tiba di tempat ini,anda  akan disambut oleh merdunya suara burung dan hiruk pikuk satwa liar yang menghuni tempat ini ditambah dengan suara gemericik air terjun.

Mayoritas penduduk yang ada di sekitar air terjun Coban Pelangi menganut agama Hindu, namun ada juga sebagian masayrakat yang menganut agama Islam. Hal ini jelas sekali bahwa perbedaan keyakinan tidak menjadi masalah bagi mereka. Hal ini terbukti bahwa mereka tetap bisa saling menghormati satu sama lain dan hidup berdampingan bersosialisasi secara harmonis.

Saat Terbaik Untuk Berkunjung Ke Objek Wisata Air Terjun Coban Pelangi Malang

Berkunjung Ke Objek Wisata Air Terjun Coban Pelangi Malang

Bagi anda yang sudah berencana untuk berlibur ke tempat Wisata Air Terjun Coban Pelangi Malang, waktu terbaik untuk datang ke Air Terjun Coban Pelangi yaitu pada pukul 10 pagi hingga pukul 2 siang. Hal ini karena pada waktu tersebut posisi matahari yang sudah mulai meninggi akan membuat percikan air di sekitar air terjun coban pelangi akan terlihat berwarna warni layaknya sebuah pelangi. Kenampakan warna pelangi inilah yang melatar-belakangi nama air terjun tersebut.

Namun apabila anda datang pada saat sore hari, fenomena percikan air terjun coban pelangi yang nampak berwarna warni akan mulai menghilang. Hal ini karena adanya kabut yang ada di sekitar air terjun yang perlahan turun dan menghalangi sorotan sinar matahari.

Itulah beberapa informasi yang bisa menggambarkan tempat Wisata Air Terjun Coban Pelangi Malang yang bisa kami sampaikan sebelum anda mengunjungi tempat wisata malang yang satu ini. Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

News Feed