Eksotisnya Objek Wisata Pantai Batu Bengkung Malang

Pantai Batu Bengkung Malang – Kota Malang memiliki keindahan Objek Wisata Malang yang sudah tidak perlu diragukan lagi. Terdapat banyak objek wisata di kota Malang, mulai dari objek wisata modern hingga objek wisata alami seperti air terjun, gunung, dan juga pantai yang memiliki keindahan yang tidak kalah dengan objek wisata di kota lainnya.

Wisata Pantai Batu Bengkung Malang

Salah satu pantai yang bisa anda jadikan pilihan untuk dikunjungi pada saat liburan bersama dengan keluarga adalah pantai Batu Bengkung. Pantai Batu Bengkung ini adalah salah satu objek wisata yang ada di Malang dalam bentuk pantai. Lokasinya berada di pesisir selatan serta tepatnya di Kabupaten Malang selatan. pantai ini berdampingan langsung dengan Samudera Hindia yang terkenal dengan ombaknya yang cukup besar jadi pada suatu waktu biasanya pengelola pantai akan melarang pengunjung untuk berenang.

Keindahan Objek Wisata Pantai Batu Bengkung Malang

Keindahan Objek Wisata Pantai Batu Bengkung Malang

Bagi anda para penggemar wisata pantai, kota Malang terutama di bagian selatan telah siap untuk menjamu Anda dengan keeksotisan alam yang ada di sepanjang garis pantainya. Seperti Wisata Pantai Balekambang, Pantai Bajulmati, Pantai Goa Cina yang merupakan beberapa nama pantai yang telah popular dan hits serta instagramable. Selain itu, banyak juga pantai yang layak untuk dieksplorasi, salah satunya adalah Pantai Batu Bengkung yang berada di Kabupaten Malang bagian Selatan.

Pantai Batu Bengkung yang terletak di desa Gajahrejo, kecamatan Gedangan, kabupaten Malang ini menawarkan keeksotikan dan keindahan alam pantai yang didominasi oleh bebatuan karang. Keunikannya adalah pada saat ini bukit-bukit karang di pantai ini menjadi sebuah kolam alami di bibir pantai akibat dari proses alamiah. Apabila anda berkunjung diwaktu yang tepat yaitu ketika air laut perlahan surut, anda bisa dengan puas bermain air dan juga memanjakan mata oleh birunya laut Samudera Hindia.

Sejarah penamaan Pantai Batu Bengkung

Sejarah penamaan Pantai Batu Bengkung

Pantai Batu Bnegkung merupakan nama yang sangat unik sekali yang diberikan oleh masyarakat ata warga setempat. Nah, pasalnya penamaan atau istilah Batu Bengkung ini cukup erat kaitannya dengan batu-batuan karang yang mengelilingi pantai.

Batu-batuan karang yang terbentuk akibat proses alamiah tersebut membentuk sebuah area perlindungan berupa kolam air yang telah kami sebutkan diatas. yang menarik dari pantai bau bnegkung ini, gugusan batu-batuan di pantai ini berbentuk melengkung dan menyerupai wanita yang sedang dibengkung.

Istlah bengkung sendiri merupakan nama lain dari stagen. Stagen meru[pakan sebuah kain yang digunakan oleh wanita Jawa. Biasanya sehabis melahirkan, warga setempat akan melakukan tradisi bengkung untuk merampingkan kembali perut wanitayang baru saja melahirkan tersebut.

Aktivitas di Objek Wisata Pantai Batu Bengkung Malang

Aktivitas di Objek Wisata Pantai Batu Bengkung Malang

Bagi anda yang sudha menentukan planning liburan ke objek wisata Pantai Batu Bengkung Malang ini terdapat beberapa aktivitas yang bisa anda lakukan disana. Adapun aktivitas yang bisa anda lakukan adalah sebagai berikut.

  1. Menikmati Kesegaran Pantai Batu Bengkung dengan Berenang

Pantai Batu Bengkung merupakan sebuah pantai yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, sehingga sangat wajar sekali jika ombak disini cenderung besar dibandingkan dengan pantai-pantai yang ada di Malang lainnya. Sebenarnya berenang bukanlah aktivitas yang diizinkan di ini, namun tidak selalu begitu biasanya pengelola objek wisata Pantai Batu Bengkung akan melarang pengunjung untuk melakukan aktivitas renang.

Namun, di waktu-waktu tertentu Tim SAR atau pengelola pantai batu Bengkung Malang akan memberi tahu kepada pengunjung bahwa pantai sedang aman untuk digunakan bermain air. Secara umum, untuk mengetahui boleh atau tidaknya berenang ditentukan oleh  keadaan angin dan ombak yang sedang terjadi di daerah atau wilayah Pantai Batu Bengkung Malang.

  1. Menjelajahi Keeksotisan Pantai Batu Bengkung

Apabila anda berencana untuk berlibur ke Pantai Batu Bengkung, anda harus menyiapkan diri dengan adanya banyak ketakjuban akan panorama pantai batu bengkung ini secara utuh. Jelajah  merupakan aktivitas yang ideal untuk menikmati setiap sudut keindahan yang ditawarkan oleh objek wisata andalan malang yang bernama pantai batu bengkung ini.

  1. Panjat Tebing untuk Melihat Spot Terbaik Pantai Batu Bengkung

Apabila anda berminat untuk menjelajahisetiap sudut keindahan pantai batu bengkung ini, anda bisa melakukan aktivitas panjattebung denga nkemiringan kurang lebih hampir 90 derajat untuk mendapatkan view atau spot pantai yang benar-benar menawan dan memanjakan mata setiap orang yang melihatnya.

Jika anda berminat untuk memanjat tebing yang menantang dan dapat memiu adrenalin ini anda tidak perlu khawatir. Tebing yang ada di pantai batu bengkung tersebut sudah menyediakan tali panjang yang memang sengaja dipersiapkan untuk menyambut jiwa petualangan para pengunjung termsuk anda.

  1. Berkemah Menikmati Keindahan Sunset dan Malam Pantai Batu Bengkung

Salah satu aktivitas yang juga bisa anda jadikan pilihan adalah melakukan aktivitas berkemah atau camping di area objek wisata pantai batu bengkung Malang. Berkemah di pantai ini merupakan salah satu ide yan kami rasa cukup bagus. Dengan berkemah anda bisa menikmati keunikan pantai tersendiri, seperti ketika matahari terbenam atau biasa kita sebut sunset, pantai batu bengkung Malang ini memiliki spot yang menarik dan tepat untuk menikmati view tersebut. Adanya bukit di barat daya sangat ideal untuk menikmati keindahan sunset ketika matahari mulai tenggelam dan kembali ke peraduannya. Jadi, maksimal anda bisa berlibur dengan mendirikan sebuah tenda untuk berkemah di area pantai batu bengkung ini agar liburan anda semakin berkesan.

Rute Menuju buka Objek Wisata Pantai Batu Bengkung Malang

Rute Menuju buka Objek Wisata Pantai Batu Bengkung Malang

Pantai Batu Bengkung merupakan sebuah pantai yang berada di kabupaten Malang bagian selatan. Bagi anda yang ingin berkunjung anda bisa melalui jalur lintas selatan karena pantai batu bengkung ini terletak di jalur lintas selatan. Sama halnya dengan Pantai Bajulmati dan Pantai Goa Cina yang terletak di jalur lintas selatan, pantai batu bengkung ini juga memiliki rute perjalanannya yang sama. Jika Anda memulai perjalanandari Kota Malang, anda bisa memilih dua rute beriut ini untuk bisa sampai ke Objek Wisata Pantai Batu Bengkung Malang ini. Adapun rute yang bisa anda lalui adalah sebagai berikut :

  1. Rute Pertama

Ketika anda berada di Kota Malang, anda bisa mengambil arah ke Turen kemudian belok ke arah selatan menuju Sumbermanjing Wetan. Lalu ikuti jalur menuju ke arah Pantai Sendangbiru.

Selanjutnya anda akan menemui sebuah pertigaan dengan petunjuk atau penanda jalan. Anda bisa memilih untukmengambil arah ke kanan untuk menuju ke Pantai Bajul Mati Malang atau Pantai Goa cina. Nah, selanjutnya jarak antara pantai bajulmati ke pantai batu bengkunghanya berjarak sekitar 3 kilometer kea rah barat.

Jika anda memilih Rute ini anda harus hati-hati dan tetap waspada karena rute ini dipenuhi oleh jalanan berkelok-kelok karena memang untuk menuju ke lokasi tempat wisata pantai batu bengkung anda akan melewati pegunungan. Namun anda tidak perlu khawatir karena jalanan menuju ke pantai batu bengkung ini sudah beraspal.

  1. Rute Kedua

Selanjutnya anda bisa memilih alternative untuk menggunakan rute kedua menuju ke objek wisata pantai batu bengkung malang. Nah, anda bisa mengambil jalur atau rute menuju ke Pantai Bajulmati, selain itu rute ini juga bisa ditempuh untuk melakukan perjalanan menuju ke Pantai Balekambang.

Jadi dari Malang Kota anda akan melalui daerah Kepanjen, setelah itu anda akan sampai di  Pagak, kemudian Bantur. Atau anda juga bisa melakukan perjalanan melalui Malang Kota  yang dilanjutkan dengan perjalanan menuju ke Gondanglegi, lalu juga berakhir di Bantur.

Nah, setelah sampai di Bantur, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke arah Pantai Balekambang hingga anda sampai dan menemukan sebuah perempatan. Setelah anda menmeukan perempatan anda bisa belok ke kiri untuk melanjutkan perjalanan ke Pantai Batu Bengkung. Jika anda melakukan perjalanan dari arah barat, maka pantai batu bengkung  ini terletak sebelum pantai Bajulmati. Menurut pengalaman kami, rute kedua ini dirasa paling ideal karena akses jalan yang lebih baik sehingga anda akan lebih cepat sampai dan lebih cepat bisa menikmati keindahan pantai batu bengkung ini

Bagi anda yang akan berkunjung ke tempat wisata andalan malang yang satu ini, kami sarankan anda untuk melakukan kunjungan dengan menggunakan sandal atau sepatu yang anti slip karena anda akan menjumpai batuan yang cukup menyusahkan anda bila hanya memakai alas kaki umum. Walaupun, medan menuju ke pantai batu bengkung ini tidak terlalu susah, tetapi anda juga harus ekstra hati-hati dan tetap waspada menjaga keselamatan anda agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Harga Tiket dan Jam Buka Objek Wisata Pantai Batu Bengkung

Harga Tiket dan Jam Buka Objek Wisata Pantai Batu Bengkung

Bagi anda yang ingin berkunjung menuju ke pantai batu bengkung Malang ini tidak perlu khawatir dengan biaya tiket yang akan anda keluarkan. Harga tiket yang dikenakan di objek wisata pantai batu bengkung Malang ini cukup terjangkau sama halnya dengan harga tiket rata-rata pantai yang ada di malang pada umumnya yang cukup murah. Namun, perlu anda garis bawahi bahwa tiket murah bukanlah bermakna pantai nya tak bagus, malah pantai batu bengkung Malang ini sangat indah serta eksotis untuk dinikmati bagi anda pecinta pantai.

Nah, untuk bisa menikmati keindahan dari pantai batu bengkung ini, anda tak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk membayar tiket masuk yang dibebankan pada pengunjung. Tariff tiket masuk untuk setiap pengunjung yang datang ke pantai batu bengkung ini cukup murah yakni hanya Rp 5 ribu per orang nya.

Bagi anda yang ingin melakukan aktivitas camping dengan membangun tenda disini, maka anda akan dikenakan biaya tambahan untuk tarif parker kendaraan bermotor. Untuk yang hanya ingin menikmati keindahan objek wisata pantai batu bengkung Malang anda akan dikenakan biaya parker sebesar Rp. 5 ribu untuk tiap sepeda motor. Sedangkan, bagi anda yang ingin bermalan anda akan dikenakan tariff untuk parkir sebesar Rp. 10 ribu permotornya. Sangat murah dan terjangkau sekali bukan? Anda bisa menikmati keindahan pantai batu bengkung di sore dan malam hari di temani dengan desiran ombak pantai yang sangat syahdu dan merdu.

Objek Wisata Pantai Batu Bengkung Malang ini di buka setiap hari selama 24 jam.  Jadi anda bisa kapan saja mengunjungi tempat wisata pantai batu bengkung ini dan bisa menikmati keindahan dan keeksotisan pantai dengan batu karang yang ada di bibir pantai yang indah.

Fasilitas di Objek Wisata Pantai Batu Bengkung Malang

Fasilitas di Objek Wisata Pantai Batu Bengkung Malang

Adapun fasilitas yang disediakan di pantai batu bengkung ini adalah sebagai berikut.

  1. Mushola

Bagi anda yang beragama islam, anda tidak perlu khawatir untuk mencari tempat beribadah dalam melaksanakan sholat yang 5 waktu. Jadi, objek wisata pantai batu bengkung Malang ini sudah menyediakan fasilitas seperti mushola untuk menunaikan ibadah sholat bagi anda yang akan menjalankan.

  1. Warung Makan

Puas bermain dan menjelajahi setiap sudut objek wisata pantai batu bengkung Malang ini anda bisa berisitirahat dan mengisi perut di warung makan yang ada disekitaran pantai. Sudah banyak kios penjual makanan dan minuman yang ada di hamparan pinggir pantai Batu Bengkung ini. Jadi anda tidak perlu khawatir apabila anda tidak membawa bekal dari rumah.

  1. Toilet

Puas bermain air dan berbasah-basahan di pantai batu bengkung malang, selanjutnya anda harus membersihkan diri terlebih dahulu sebelum melanjutkan perjalanan untuk pulang. Di pantai batu bengkung ini disediakankamar mandi yang cukup banyak tersedia di pantai ini, jadi jangan khawatir.

Kuliner Yang Tersedia di objek wisata pantai batu bengkung Malang

Bagi anda pecinta kulliner pinggir pantai anda tidak perlu khawatir, di pantai batu bengkung ini anda bisa menikmati berkuliner ria ditempat ini. Jadi telah terdapat banyak warung makanan yang buka serta menghidangkan beragam olahan safood yang bila tercium baunya saja pastinya akan menggugah selera makan anda dan akan terlihat sangat lezat.

Menu yang dihidangkan juga tidaklah terlalu banyak jenisnya tetapi sangatlah cukup untuk mengenyangkan perut anda bersama dengan rekan maupun kerabat ataupun keluarga anda. Salah satu Menu andalan di sini yaitu ikan bakar kecap yang komplit dengan sambal lalapan yang dikonsumsi bersama dengan hangatnya  nasi putih. Ada juga bumbu ikan asam manis, dan ada pula olahan makanan seperti kepiting saus pedas yang harga nya pasti akan tidak kuras kantong anda.

Di sini juga ada banyak penjual makanan instant yang siap anda santap kapanpun anda inginkan, atau anda hanya ingin menikmati secangkir kopi atau teh hangat di pantai batu bengkung ini. Anda bisa memesannya langsung kepada penjual yangmerupakan pemilik warung pinggir pantai tersebut.

Hotel dekat Pantai Batu Bengkung

Hotel dekat Pantai Batu Bengkung

Apabila anda ingin bermalam atau menginap di pantai ini, sayangnya pantai ini tidak menyediakan hotel ataupun penginapan yang ada di area pantai bengkung ini.namun, apabila anda menginginkan bermalam di pantai ini, berkemah atau melakukan camping merupakan satu ha yang dapat anda lakukan dan sangat pas buat anda. Berkemah atau camping di pantai batu bengkung merupakan satu hal yang umum dilakukan oleh beberapa pengunjung yang datang yang menginginkan nikmatnya pesona pantai batu bengkung ini lebih lama lagi.

Anda tidak perlukhawatir untuk bermalam disini, karena di pantai ini sudah dijaga oleh penjaga keamanan yang juga adalah warga sekitaran yang siap melindungi kendaraan anda serta melindungi anda dari mara bahaya maupun kejahatan criminal yg tidak dikehendaki. Kami sarankan anda untuk membawa sendiri kelengkapan prkemahan karna di pantai ini belum ada rental persewaan alat alat camping. Sebaiknya anda juga membawa makanan serta minum yang cukup karna saat malam hari semuanya warung akan di tutup.

Demikian informasi mengenai objek wisata pantai batu bengkung Malang yang bisa kami sampaikan. Selamat berlibur dan semoga artikel ini bermanfaat buat anda. Terimakasih.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

News Feed