Destinasi Wisata Omah Kayu Batu Malang yang Indah Nan Eksotis

Cara Booking dan Harga Sewa Penginapan Objek Wisata Omah Kayu Batu Malang

Batu merupakan salah satu daerah dekat Malang yang memiliki tempat wisata yang selalu memukau dan dapat menarik perhatian para wisatawan local ataupun wisatawan mancanegara yang ingin berkunjung. Setelah menawarkan keindahan alam seperti air terjun coban pelangi dan pantai balekambang dan tempat wisata modern seperti Museum Angut ataupun Objek Wisata Jatim Park 2 Malang. Batu juga memiliki destinasi wisata yang unik yaitu destinasi wisata omah kayu Batu Malang.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara mendalam mengenai  Destinasi Wisata Omah Kayu Batu Malang  yang lagi hits dan kekinian pada saat ini. Untuk lebih lengkapnya yuk simak ulasannya berkut ini.

Keunikan Objek Wisata Omah Kayu Batu Malang

Keunikan Objek Wisata Omah Kayu Batu Malang

Objek wisata Malan yang terkenal dengan nama omah kayu ini terletak di lereng gunung Banyak atau masyarakat setempat juga menyebutnya dengan julukan bukit bintang. Pada saat ini omah kayu menjadi salah satu destinasi favorit para wisatawan yang berkunjung ke kota Batu baik wisatawan asing ataupun lokal. Pada awalnya, daerah ini terkenal sebagai tempat untuk berolah raga ekstrim yaitu olahraga Paralayang.

Namun, untuk saat ini berbeda dengan sebelumnya yang hanya merupakan objek wisata untuk berolahraga, setelah Omah Kayu mulai viral di media sosial karena banyaknya pengujung yang berfoto dan mengunggahnya, selain itu ada juga beberapa stasiun televisi nasional yang juga mengulasnya, pada saat ini bukit bintang ini justru lebih dikenal dengan keunikan objek Wisata Omah Kayu Batu Malang.

Baca Juga: Eksotisnya Objek Wisata Pantai Batu Bengkung Malang

Sesuai dengan namanya, Omah Kayu ini merupakan sebuah rumah yang dibuat dari kayu yang mengusung konsep penginapan. Omah kayu ini terbuat dari kayu yang didirikan di atas pohon pinus yang tumbuh di lereng bukit gunung Banyak atau bukit bintang. Omah kayu ini terbuat dari kayu yang berbahan Eukaliptus, Kasuarina dan Pinus yang terkenal sangat keras dan kuat.jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas dan kekuatan konstruksi rumah kayu ini karena kayu yang digunakannya adalah kayu yang berkualitas tinggi.

Anda dapat berfoto selfie ria bersama dengan teman anda atau keluarga dan kerabat lainnya sambil menikmati indahnya kota Batu Malang dari ketinggian 1.340 meter di atas permukaan laut. Anda bisa berselfie ria bersama teman dekat dan keluarga dengan latar omah kayu yang indah dan eksotis. Selain itu, anda juga dapat menikmati segar dan sejuknya hawa udara di hutan pinus lereng gunung Banyak atau bukit bintang ini.

Namun, satu hal yang harus anda perhatikan adalah apabila anda  ingin berfoto dengan latar belakang omah kayu, anda harus pastikan terlebih dahulu teras atau balkon rumah pohon sedang tidak digunakan untuk menginap para pengunjung atau tamu ya.

Lokasi dan Rute Menuju Objek Wisata Omah Kayu Batu Malang

Lokasi dan Rute Menuju Objek Wisata Omah Kayu Batu Malang

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk berwisata ke tempat ini, anda harus mengetahui rute menuju ke lokasi Destinasi Wisata Omah Kayu Batu Malang ini. Informasi ini akan menjadi sangat penting bagi anda yang baru pertama kali ingin mengunjungi tempat ini agar lebih cepat dan lebih mudah untuk sampai ke tempat tujuan Destinasi Wisata Omah Kayu Batu Malang ini. Adapun rute yang bisa anda lalui adalah sebagai berikut.

Alamat Destinasi Wisata Omah Kayu Batu Malang

Alamat Destinasi Wisata Omah Kayu Batu Malang

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, objek Wisata Omah Kayu Batu Malang yang merupakan penginapan ini berada di Gunungsari, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur 65337. Untuk menuju ke Destinasi Wisata Omah Kayu Batu Malang  yang satu ini anda harus melalui jalan  atau medan yang menanjak dan berkelok seperti jalan menuju pegunungan pada umumnya.

Selain itu, jalan menuju ke Destinasi Wisata Omah Kayu Batu Malang ini memiliki tipikal jalan yang masih sempit dan masih belum diaspal. Jadi anda harus berhati-hati dan tetap waspada melewati jalan anah dan berbatu. Pada musim hujan jalan menuju ke Destinasi Wisata Omah Kayu Batu Malang bisa sangat licin,jadi akan lebih baik jika anda tidak menggunakan kendaraan seperti motor biasa. Anda bisa menggunakan motor trail karena trekingnya cukup menantang saat musim hujan.

Selain itu, bagi anda yang masih belum mahir atau masih baru belajar menyetir, lebih baik anda menggunakan jasa sopir yang sudah berpengalam untuk menuju ke tempat  Wisata Omah Kayu Batu Malang ini karena jalannya yang menanjak dan memiliki tikungan yang tajam.

Rute Menuju ke Objek Wisata Omah Kayu Batu Malang

Rute Menuju ke Objek Wisata Omah Kayu Batu Malang

Untuk rute menuju ke Destinasi Wisata Omah Kayu Batu Malang  ini anda bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun menggunakan kendaraan umum. Bagi anda yang menggunakan kendaraan pribadi anda bisa mengikuti rute berikut ini.

Nah, jadi untuk bisa mencapai lokasi dan rute Omah Kayu Batu, anda bisa memulai perjalanan dari pusat Kota Batu, Pusat Kota Malang atau dari arah Kediri dan Pare. Rute perjalanannya juga tidak terlalu sulit untuk mencapai Objek Wisata Omah Kayu Batu Malang.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan beberapa rute berikut ini

  1. Rute Omah Kayu dari Kota Malang

Jika anda memutuskan untuk berangkat dari kota Malang, makan anda dapat melakukan perjalanan menuju arah Kota Batu. Apabila anda sudah sampai di Kota Batu, maka anda isa melanjutkan perjalanan sampai  menuju ke Balaikota Batu yang baru.

Nah, untuk selanjutnya apabila sudah sampai pada pertigaan Songgoriti, Anda bisa memilih untuk melewati jalur kanan atau kiri untuk bisa menuju ke Objek Wisata Omah Kayu Batu Malang. Bagi anda yang menggunakan kendaraan roda dua atau sepeda motor anda bisa memilih jalur kanan, begitu juga seblaiknya. Selanjutnya, anda hanya perlu mengikuti terus jalan ini hingga sampai diatas dan berhenti tepat 50 meter sebelum pertigaan menuju ke Pujon – Payung. Apabila anda lurus anda akan sampai di Pujon, sedangkan apabila anda memilih untuk belok kiri maka anda akan sampai di Coban Rondo.

Nah, apabila di Songgoriti tadi Anda memilih jalur kiri, maka anda hanya tinggal melanjutkan perjalanan hingga menuju ke pertigaan Cuban Rondo.  Dari situ, anda bisa melanjutkan perjalanan sampai ke pertigaan Pujon jika belok kiri dan Songgoriti jika anda belok kanan. Sesampai di pertigaan tersebut anda bisa belok kanan dan berkendara pelan kurang lebih 50 meter sampai melewati 1 gang di sebelah kiri.

Lalu berhentilah tepat di gang kedua  yang ada di sebelah kiri jalan. Nah, dari gang tersebut  akan banyak petunjuk atau penanda jalan menuju ke lokasi Omah Kayu Batu Malang. Anda hanya perlu ikuti saja arah tersebut sampai Anda mencapai Wana Wisata Gunung Banyak yang artinya anda sudah dekat dengan tujuan anda. Akses jalannya sedikit sempit dan ada banyak jalan yang rusak untuk itu sebaiknya anda berhati-hati saat berkendara.

  1. Rute Omah Kayu Batu dari Kediri, Pare, Ngantang

Selain rute tersebut, terdapat rute alternative lainnya yang bisa anda pilih jika anda berangkat dari Kediri atau Pare. Jika anda memulai perjalanan dari Kediri atau Pare anda hanya perlu meneruskan perjalanan menuju ke Objek Wisata Omah Kayu Batu Malang saja.

Setelah itu, akan lebih baik jika anda berhenti sebentar untuk  mampir sejenak di Desa Wisata Pujon Kidul untuk sekedar melepas lelah dan penat di perjalanan karena anda akan melaluinya. Berikutnya anda bisa melanjutkan perjalanan menuju arah Kota Batu. Anda hampir sampai di pertigaan Songgoriti (lurus) dan Payung (kanan) jika anda sudah sampai di jalan besar Pasar Pujon atau depan Koperasi Susu Sae Pujon.

Setelah itu, anda tinggal lurus saja dan lewati satu gang. kemudian belok kiri di gang ke dua. Sampai di sini Anda hanya tinggal melanjutkan perjalanan dan mengikuti arah papan penunjuk jalan agar tidak tersesat, sudah banyak petunjuk jalan yang dibuat jika anda sudah sampai gang kedua ini.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Objek Wisata Omah Kayu Batu Malang

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Objek Wisata Omah Kayu Batu Malang

Bagi anda yang sudah membuat planning untuk berkunjung anda harus tahu jam buka dan harga tiket masuk menuju ke Objek Wisata Omah Kayu Batu Malang. Adapun informasi mengenai jam buka dan harga tiker masuk Objek Wisata Omah Kayu Batu Malang adalah sebagai berikut.

Jam Buka Objek Wisata Omah Kayu Batu Malang

Jam Buka Objek Wisata Omah Kayu Batu Malang

Objek wisata Omah Kayu Malang ini dibuka untuk para wisatawan dari mulai pukul 8 pagi hingga pukul 5 sore Waktu Indonesia Bagian Barat (WIB).  Nah, bagi anda yang ingin menikmati indahnya kemerlip kota Batu Malang dari ketinggian, maka Anda harus menginap di Omah Kayu. Suasana malam di Omah Kayu Batu Malang ini sangat indah dan eksotis  dilihat dari ketinggian. Anda akan merasakan sensasi libutan yang menyenangkan, mengesankan sehingga sulit untuk dilupakan.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata Omah Kayu Batu Malang

Harga Tiket Masuk Objek Wisata Omah Kayu Batu Malang

Untuk tiket masuk ke Objek Wisata Omah Kayu Batu Malang, anda harus membeli dua jenis tiket untuk bisa masuk dan menikmati keindahan alam Objek Wisata Omah Kayu Batu Malang. Tiket pertama merupakan tiket masuk untuk bisa masuk ke kawasan objek wisata gunung Banyak, anda akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp.5 ribu untuk tiap orangnya.

Tiket pertama ini memberikan akses kepada pengunjung untuk mengunjungi objek wisata Paralayang dan Omah Kayu. Nah,kemudian untuk bisa masuk ke area Objek Wisata Omah Kayu Batu Malang anda harus membeli tiket lagi dengan harga yang sama yaitu Rp. 5 ribu per orangnya. Setiap pengunjung hanya akan diberi waktu sekitar 10 menit untuk masuk ke area omah kayu ini. Hal ini karena pengelola  menggunakan sistem antrian dan hanya dibatasi antara 5-8 orang yang boleh masuk dalam satu waktu.

Cara Booking dan Harga Sewa Penginapan Objek Wisata Omah Kayu Batu Malang

Cara Booking dan Harga Sewa Penginapan Objek Wisata Omah Kayu Batu Malang

Bagi anda yang berencana untuk menginap di Objek Wisata Omah Kayu Batu Malang hanya untuk menikmati keindahan malam Batu malang anda bisa memesan atau menyewa penginapan yang disediakan.  Omah Kayu Malang ini disewakan dengan harga antara Rp.300 ribu hingga Rp.450 ribu. Hal ini tergantung pada hari anda datang dan memesan serta juga besar ukuran rumah pohon atau daya tampung tamu yang menginap. Biasanya tarif sewa penginapan omah kayu Batu Malang akan lebih mahal jika pada hari libur, hari besar, atau weekend.

Untuk fasillitasnya, Objek Wisata Omah Kayu Batu Malang ini menyediakan beberapa fasilitas yang tersedia di dalamnya diantaranya berupa 1 unit tempat tidur berikut bantal dan selimut serta perlengkapan makan minum. Kemudian, untuk kamar mandinya hanya disediakan 2 unit kamar mandi dan itupun berada di luar dan digunakan bersama dengan tamu yang lainnya. Karena hawanya yang dingin, anda jangan takut dan khawatir untuk mandi karena di dalam kamar mandi tersebut juga tersedia air hangat untuk mandi.

Bagi anda yang berminat dan berniat untuk menginap di Objek Wisata Omah Kayu Batu Malang anda bisa memesan atau melakukan booking atau reservasi jauh-jauh hari karena saya pernah kehabisan walaupun pesan 2 hari sebelumnya.

Aktivitas Wisata yang bisa dilakukan di Tempat Wisata Omah Kayu Batu Malang

Apabila anda sudah sampai ke lokasi Objek Wisata Omah Kayu Batu Malang. Anda bisa melakukan berbagai macam aktivitas berikut ini.

  1. Menikmati Keindahan Kota Batu

Hal pertama yang bisa dilakukan di Objek Wisata Omah Kayu Batu Malang ini tentunya adalah menikmati keindahan kota Batu dari Omah Kayu. Apabila anda tidak menyewa omah kayu anda juga bisa menikmati pemandangan yang indah di beberapa papan kayu yang dibangun di atas pohon dengan kapasitas maksimal 2 orang.

  1. Berfoto denga Background yang Eksotis

Selain anda bisa menikmati keindahan alama kota batu dari ketinggian anda juga bisa mengabadikan moment ini denagn berfoto selfie. Selain itu, sensasinya akan menjadi luar biasa apabilan anda menyempatkan untuk menginap di rumah pohon ini.

  1. Bersantai di Hammock

Anda juga bisa menikmati pemandangan sambil bersantai di atas Hammock. Pengelola Omah Kayu Batu Malang ternyata juga menyediakan Hammock yaitu semacam tempat tidur gantung berupa kain atau jaring yang kedua ujungnya diikatkan ke dua pohon dengan kuat. Harga sewa per Hammock adalah Rp.10 ribu untuk setiap orangnya. Jangan khawatir untuk terjatuh karena untuk naik ke Hammock tersebut, sudah disediakan tangga yang diikatkan ke pohon dengan kuat.

  1. Menikmati Keindahan Kota Batu dengan Olahraga Paralayang

Tidak puas dengan keindahan alam dari ketinggian omah kayu, anda bisa memilih aktivitas yang menyehatkan dan juga menaikkan adrenalin anda. Jadi, anda bisa melihat keindahan kota Batu dari ketinggian dengan terbang menggunakan Paralayang ini.

Tips berwisata ke Omah Kayu Batu Malang

Tips berwisata ke Omah Kayu Batu Malang

Bagi anda yang tertarik untuk berkunjung ke tempat wisata Omah Kayu Batu Malang ini, berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan agar perjalanan aman dan menyenangkan. Adapun tipsnya adalah sebagai berikut.

  1. Karena jalan menuju ke Objek Wisata Omah Kayu Batu Malang berliku dan sempit maka bawalah sopir yang sudah berpengalaman. Menurut informasi dari pengunjung yang sudah sampai kesana, kendaraan yang bisa sampai ke area ini maksimal adalah minibus. Jadi Anda harus hati-hati dan waspada terutama ketika berpapasan dengan kendaraan yang datang dari lawan arah karena akses jalannya sempit dan hanya cukup untuk 2 kendaraan roda empat.
  2. Bawalah pakaian hangat seperti jaket atau jamper karena udara dan hawa di area lokasi Objek Wisata Omah Kayu Batu Malang cukup dingin bahkan terkadang bisa turun kabut.
  3. Bagi kaum wanita sebaiknya gunakan alas kaki yang nyaman dan jangan menggunakan high heels karena jalan yang akan dilalui masih berupa tanah dan belum di aspal atau dipaving.
  4. Apabilan anda membawa anak kecil maka Anda harus extra hati-hati karena lokasinya di lereng bukit jadi tentu lokasinya cukup tinggi, jaga selalu buah hati untuk berada di samping anda.

Demikian informasi singkat tentang objek wisata Omah Kayu Batu Malang yang bisa kami sampaikan. Semoga artikel bermanfaat dan selamat berlibur. Terimakasih.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

News Feed