Tak Perlu Risau, Begini Cara Mengurus Surat Kehilangan di Kepolisian

Wikipiee.com – Seperti yang Anda ketahui bahwa musibah bisa menimpa siapa saja dan kapan saja, ada berbagai musibah yang bisa menimpa setiap orang seperti misalnya kehilangan dompet. Musibah yang satu ini memang akan membuat setiap orang menjadi kebingungan, dompet sendiri secara fisik memang tidaklah mahal, namun isi di dalam dompet itulah yang sangat penting dan bernilai. Selain uang, pada umumnya sebagian besar orang juga menyimpan berbagai macam hal yang penting di dalam dompet seperti KTP, SIM, kartu ATM, dan lainnya.

Baca juga : Panduan Lengkap Cara Mengurus Surat Kematian Baik Yang Baru Meninggal Maupun Lama

Kehilangan berbagai dokumen penting yang tersimpan di dalam dompet memang seringkali membuat banyak orang merasa jengkel dan juga kebingungan, pasalnya Anda harus mengurus dokumen yang hilang tersebut satu persatu ke beberapa instansi terkait. Hal tersebut tentu saja akan membutuhkan proses dan waktu yang tidak sebentar. Namun Anda tidak boleh panik jika mengalami musibah tersebut, pasalnya rasa panik justru akan membuat pikiran Anda bertambah ruwet. Pada kesempatan kali ini akan kami ulas cara untuk mengurus surat kehilangan.

Cara Mengurus Surat Kehilangan

  1. Catat dan Ingat Dokumen dan Barang Yang Hilang

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mengurus surat kehilangan adalah dengan mencatat dan mengingat kembali dokumen dan barang milik Anda yang hilang. Hal ini sangat penting untuk dilakukan agar proses pembuatan laporan bisa berlangsung dengan cepat, apabila Anda masih ingat nomor dokumen ataupun memiliki fotocopy dokumen, maka akan memudahkan Anda untuk mengurusnya.

  1. Usahakan Mencari Fotocopy Dokumen Yang Hilang

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan jika kehilangan dokumen yang penting adalah berusaha untuk mencari fotocopy dokumen yang hilang terlebih dahulu bila memungkinkan. Anda bisa mencari fotocopy dokumen yang hilang tersebut di rumah atau menggunakan hasil scan yang Anda simpan di laptop guna mempermudah pengurusan surat kehilangan di kepolisian.

  1. Siapkan Persyaratan Yang Diperlukan

Langkah ketiga yang harus Anda lakukan untuk mengurus surat kehilangan adalah menyiapkan persyaratan yang diperlukan, hal ini sangatlah penting untuk Anda perhatikan dengan tujuan agar Anda tidak kerepotan pada saat membuat laporan kehilangan di kepolisian. Beberapa persyaratan yang dibutuhkan untuk mengurus surat kehilangan antara lain fotocopy KTP dan foto barang yang hilang jika ada.

  1. Meminta Fotocopy dan Legalisir

Langkah keempat yang harus Anda lakukan untuk mengurus surat kehilangan yakni meminta fotocopy dan legalisir, perlu Anda ketahui bahwa proses pengurusan dokumen atau barang yang hilang membutuhkan surat kehilangan asli atau yang telah dilegalisir. Oleh karena itulah pada saat membuat surat kehilangan di kepolisian, maka sebaiknya Anda meminta dibuat rangkap dan juga dilegalisir.

  1. Surat Kehilangan Berlaku 14 Hari

Perlu Anda ketahui bahwa surat kehilangan suatu barang atau dokumen hanya berlaku selama 14 hari atau 2 minggu saja sehingga jika Anda membutuhkannya lagi, maka Anda harus memperpanjangnya terlebih dahulu di kepolisian. Oleh karena itulah sebaiknya Anda sesegera mungkin mengurus dokumen yang hilang ke instansi terkait sebelum masa berlaku surat kehilangan tersebut habis.

Apabila Anda mengalami kesulitan dalam membuat surat kehilangan, maka Anda bisa mengikuti beberapa cara yang ada di atas.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 comments

News Feed