Rekomendasi 25 Tempat Wisata di Majalengka Murah Meriah dan Lagi Hits Saat ini

Sejuta pilihan tempat wisata memukau ada di Kabupaten Majalengka. Daerah yang berbatasan dengan Kuningan, Cirebon dan Indramayu ini memang menjadi salah satu kawasan yang potensial. Wilayahnya berada di kawasan pegunungan. Gunung Ciremai merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan tersebut. Karena berada di kawasan pegunungan, tak ayal jika pilihan tempat wisatanya sangat berlimpah. Dengan luas wilayah sebesar 1.204 km persegi ini, anda bisa menjumpai beranekaragam pilihan tempat wisata.

Baca juga : 26 Tempat Wisata di Jakarta yang Wajib Anda Kunjungi, Simak Ulasannya

Mulai dari wisata danau, bendungan, air terjun, goa, sampai wisata permainan modern keluarga tersedia di kawasan satu ini. Majalengka terkenal karena wilayahnya yang strategis. Meskipun tak ada pantai, namun dijamin liburan anda di kawasan satu ini tetap mengesankan. Perpaduan wilayah dataran rendah dan tinggi di Kota Angin ini semakin menambah ragam pilihan tempat wisata di dalamnya. Bagi yang sedang mencari tempat liburan bersama keluarga atau rekan, cobalah berkunjung ke beberapa tempat wisata Majalengka berikut ini.

Berbagai Tempat Wisata di Majalengka

  1. Kebun Teh Cipasung
Kebun Teh Cipasung Majalengka

Berlokasi di Desa Cipasung, Kecamatan Lemahsugih, Majalengka, perkebunan teh dengan suasana udara segar ini bisa menjadi alternatif destinasi wisata anda. suasana alamnya sangat teduh dengan hamparan hijau yang menyejukan mata. Perkebunan dengan luas wilayah 58 hektar ini berada di perbatasan antara Kabupaten Majalengka dan Ciamis. Lokasinya yang berada di perbatasan membuat aksesnya cukup mudah. Lokasinya yang instagramable pun makin menambah daya tarik tempat wisata keluarga. Tempat wisata dengan tiket masuk sebesar 3.500 rupiah ini juga dilengkapi dengan berbagai macam akomodasi yang mendukung.

 

  1. Telaga Herang
Telaga Herang, Majalengka

Sejuknya udara dan jernihnya air danau merupakan pemandangan khas dari tempat wisata di kawasan strategis ini. lokasinya di perbatasan Majalengka-Indramayu-Cirebon dan Kuningan. Danau dengan air jernih ini juga dihuni oleh aneka ikan warna-warni. Mata airnya yang sejuk sangat menentramkan pikiran. Wisatawan juga bisa mengelilingi area telaga dengan menyewa perahu bebek bertarif 5 ribu rupiah. Tempat wisata yang berada di Kelurahan Lengkong Kulon, Kecamatan Sindangwangi ini bisa anda sambangi dengan tiket masuk sebesar 5.000 rupiah.

 

  1. Jembar Waterpark
Jembar Waterpark, Majalengka

Wisata bermain air keluarga satu ini merupakan kolam renang terbesar yang ada di kawasan Majalengka. Meskipun baru dibuka 2012 lalu, namun berhasil menyedot anemo wisatawan baik dalam maupun luar Majalengka. Dulunya tempat wisata keluarga ini merupakan bekas lokasi galian pasir, kemudian disulap menjadi area bermain air bertema dunia dinosaurus. Aneka jenis kolam air tersedia. Khusus untuk anak-anak pun bisa menikmati fasilitas kid pool serta kolam relaksasi. Tiket masuk tempat wisata yang ada di Ranji Wetan, Kasokandel, Majalengka ini sebesar 20 ribu rupiah untuk Senin-Sabtu. Khusus Minggu dan hari libur sebesar 25 ribu rupiah.

 

  1. Paralayang Gunung Panten
Paralayang Gunung Panten, Majalengka

Wisata paralayang dengan pemandangan lanskap persawahan hijau ini berada di Gunung Panten, Kelurahan Munjul Majalengka. Anda bisa mencoba bermain olahraga menantang ini dari ketinggian 300 mdpl. Pemandangan Gunung Ciremai dari ketinggian bisa anda lihat. Selain bermain Paralayang, anda bisa mencoba Gantole sebagai alternatif wahana permainan yang bisa anda coba. Harga paket wisatanya cukup bervariasi. Tandem Paralayang yang ditawarkan dihargai mulai dari 350 ribu rupiah. Sedangkan untuk bermain Gantole anda bisa membayar biaya mulai dari 450 ribu rupiah.

 

  1. Curug Cipeteuy
Curug Cipeteuy, Majalengka

Objek wisata yang berada di kawasan konservasi Bumi Perkemahan Desa Bantaragung ini memiliki sejarah yang cukup menarik. Nama Cipeteuy ini berasal dari kondisi kawasan yang dulu banyak ditumbuhi pohon petai raksasa. Lokasi tepatnya di Desa Bantaragung. Jika dari pusat kota Majalengka anda bisa menempuh perjalanan sejauh 24 km ke arah timur. Percikan air terjun dengan debit air yang indah ini juga dihiasi dengan indahnya aneka tanaman anggrek yang tersedia di dalamnya. Di dalamnya juga terdapat lahan parkir luas, gazebo, tempat istirahat, dan akomodasi lainnya. Untuk tiket masuknya seharga 10 ribu bagi dewasa dan 5 ribu rupiah bagi anak-anak.

 

  1. Taman Dinosaurus Buana Marga
Taman Dinosaurus Buana Marga, Majalengka

Tempat wisata edukatif ini berada di Desa Lemah Putih, Kecamatan Lemahsugih, Majalengka. Kawasan seluas 25 hektar ini menyediakan aneka macam fasilitas menarik. mulai dari villa, bumi perkemahan, sirkuit motorcross, sampai aneka sarana hiburan lainnya. dinamakan Taman Dinosaurus karena terdapat patung dinosaurus raksasa di depannya. Kawasan yang sempat terlantar selama 4 tahun ini semakin berbenah dan menjadi salah satu potensi besar pariwisata Majalengka. Untuk tiket masuknya sendiri dihargai sebesar 10 ribu rupiah.

 

  1. Wana Wisata Cadas Gantung
Wana Wisata Cadas Gantung Majalengka

Wisata serupa Tebing Keraton di Bandung juga bisa anda jumpai di Majalengka. Tempat wisata yang berada di Desa Mirat, Kecamatan Leuwimunding, Majalengka ini akan menyuguhkan pemandangan indah dari ketinggian 700 mdpl. Panorama alam yang hijau bisa anda nikmati dari atas tebing. Selain mendaki sampai puncak, anda juga bisa berkemah bersama keluarga. Pastikan stamina anda prima ketika hendak mendaki puncak Cadas Gantung. Untuk masuk ke area wisata alam ini, anda mesti membayar tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah.

 

  1. Petilasan Prabu Siliwangi
Petilasan Prabu Siliwangi, Majalengka

Petilasan Prabu Siliwangi berada di 19 km dari pusat kota Majalengka. Tepatnya di Desa Pajajaran, Kecamatan Rajagaluh. Untuk menempuh tempat wisata sejarah ini, anda bisa mencoba menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi. Tempat wisata yang dulunya menjadi media istirahat Prabu Siliwangi ini memiliki pemandangan yang memukau. Diekitarnya terdapat aneka macam pepohonan beserta aneka macam kera yang masih hidup bebas. Selain petilasannya, terdapat dua buah mata air yaitu Telaga Emas dan Telaga Pancuran. Untuk masuk ke kawasan wisata satu ini, anda mesti membayar tiket masuk sebesar 10 ribu rupiah untuk anak-anak dan 15 ribu rupiah untuk dewasa.

 

  1. Panyaweuyan Argapura
Panyaweuyan Argapura, Majelengka

Bagi yang senang berburu foto dengan pemandangan menakjubkan, tempat wisata satu ini sangat cocok disambangi. Di tempat wisata yang ada di Desa Sukasarikaler, Majalengka ini menyuguhkan hijaunya pemandangan terasiring dengan birunya langit yang menambah harmoni suasana. Di malam hari pun panorama alamnya sangat menakjubkan. Bahkan tak jarang yang menyamakannya dengan Wisata Bukit Bintang di Yogyakarta. Pagi hari adalah waktu paling tepat untuk berkunjung ke tempat wisata satu ini. Tiket masuknya sendiri cukup terjangkau. Yakni sebesar 15 ribu rupiah.

 

  1. Curug Muara Jaya
Curug Muara Jaya, Majalengka

Air terjun dengan pemandangan alam teduh ini bisa menjadi salah satu alternatif wisata alam anda di Majalengka. Lokasinya di Kampung Apuy, Desa Sidomukti Argapura. Atau jika ditempuh dari pusat kota hanya memerlukan jarak 25 km saja. panorama alam yang memikat mampu membuat pikiran lebih rileks. Udaranya sangat sejuk ditambah hamparan tanaman sayur dan palawija di sekitar area curug. Percikan airnya yang deras makin menambah indahnya pemandangan wisata alam ini. Tiket masuk wisata alam satu ini sangat terjangkau. Yaitu 6 ribu rupiah dan 2 ribu rupiah untuk parkir kendaraan.

 

  1. Gunung Ciremai
Gunung Ciremai

Berlokasi di Desa Bantaragung, Sindangwangi Majalengka, gunung dengan ketinggian 3.078 mdpl ini bisa menjadi lokasi favorit anda. Bagi yang memiliki hobi memanjat gunung, kawasan Ciremai menjadi tempat rekomended untuk dikunjungi. selain di kawasan Cirebon dan Kuningan, gunung dengan tiga jalur pendakian ini juga bisa diakses melalui kawasan Majalengka. Jalur Apuy merupakan jalur favorit para pendaki. Pemandangan alam hijau selama pendakian makin menambah semangat untuk mencapai puncak, meskipun medannya cukup terjal. Untuk harga tiket masuknya sangat terjangkau. Yakni sebesar 6 ribu rupiah.

 

  1. Air Terjun Cibali
Air Terjun Cibali

Berlokasi di Desa Cikondang, Kecamatan Cingambul Majalengka, wisata air terjun ini sangat rekomended untuk dicoba. Aliran air terjunnya terdiri atas tiga buah aliran dan bermuara ke dalam satu kolam yang sama. Hal ini membuat panorama air terjun satu ini sangatlah memukau. Nuansa alamnya yang segar dan udaranya yang bersih membuat wisata alam ini sangat cocok untuk melepas penat. Selama perjalanan menuju kawasan curug, anda juga akan disuguhi aneka pemandangan persawahan dan ladang hijau yang menakjubkan. Untuk masuk ke wisata yang bisa ditempuh sejauh 39 km dari pusat kota Majalengka ini, anda tidak dikenakan biaya sama sekali.

 

  1. Air Terjun Cilutung
Air Terjun Cilutung

Lokasinya di Desa Talagakulon, Kecamatan Talaga, Majalengka. Wisata alam dengan panorama alam memukau ini masih sangat asri. Kondisi airnya masih alami tanpa adanya pencemaran limbah. Airnya yang jernih dan segar membawa suasana relaksasi yang menyenangkan untuk berendam. Nuansa pedesaan yang nyaman serta memukau makin menambah pemandangan alam di tempat wisata satu ini. Untuk sampai ke kawasan wisata alam ini, anda mesti menempuh perjalanan sekitar 28 km dari pusat kota Majalengka. Harga tiket masuknya sangat terjangkau. Yakni sebesar 5 ribu rupiah untuk dewasa. Selain itu untuk anak-anak sebesar 2 ribu rupiah.

 

  1. Goa Lalay
Goa Lalay

Tempat wisata yang berada di Kelurahan Sukadana, Kecamatan Argapura Majalengka ini merupakan sebuah sungai dengan pemandangan memukau. Kawasan dengan hamparan tebing batu di kanan dan kiri aliran sungainya ini kerap disebut sebagai Green Canyon-nya Majalengka. Uniknya lagi terdapat goa salah satu spot aliran sungai dan menjadi tempat tinggal ribuan kelelawar. Bagi wisatawan yang senang bertualang, menjajal medan Goa Lalay sangat rekomended. Wisata alam satu ini buka 24 jam. Namun disarankan wisatawan untuk datang pagi sampai sore hari saja. tiket masuknya sebesar 5 ribu rupiah berlaku setiap hari.

 

  1. Kolam Renang Balong Sang Raja
Kolam Renang Balong Sang Raja

Kolam renang yang berada di Kelurahan Cigasong Majalengka ini memiliki air dari sumber yang sangat jernih. terdapat mata air akar yang mengalir sehingga rasa airnya sangat segar. Kolam renang tradisional ini dulunya digunakan sebagai tempat mandi para pejabat Hindia Belanda. Hingga saat ini suasananya masih terawat baik meskipun bangunannya tergolong kuno. Untuk menarik makin banyak pengunjung, disediakan camping arena, playground, sampai sarana untuk bermain flying fox. Harga tiket masuknya sebesar 8 ribu rupiah dengan jam buka setiap hari mulai pukul 8 pagi sampai 6 petang.

 

  1. Telaga Nila
Telaga Nila

Saking jernihnya air yang ada di kawasan telaga satu ini, anda bisa melihat pantulan pepohonan disekitarnya secara jelas. Kejernihan airnya menghadirkan warna-warni pantulan yang unik. Biru kehijauan merupakan warna air telaga yang akan terlihat ketika terkena sinar. Lokasinya berada di kaki Gunung Ciremai. Tepatnya di Desa Lengkong Kulon, Sindangwangi Majalengka. Suasananya sangat kental dengan nuansa pedesaan. Panorama alamnya yang asri dan masih belum banyak dijamah banyak orang membuatnya sangat indah jika dijadikan sebagai lokasi pemotretan.

 

  1. Bendungan Raksasa Rentang
Bendungan Raksasa Rentang

Bagi yang mencari tempat rekreasi murah meriah, Bendungan Raksasa Rentang bisa menjadi pilihan. Meskipn tidak dipungut biaya ketika memasukinya, namun pemandangan memesona bisa anda nikmati. Anda bisa melepas penat sembari menikmati indahnya pemandangan Sungai Citarum, Cimanuk dan berbagai sungai kecil lainnya. Selain berfungsi sebagai sarana irigasi, bendungan yang berada di Desa Jatitujuh Pilangsari, Panongan Majalengka ini keap digunakan sebagai sarnaa berkumpul para warga. Tersedia pula area jogging dan aneka warung yang menyediakan kuliner khas sunda di sekitarnya.

 

  1. Gunung Batu Tilu
Gunung Batu Tilu

Gunung Batu Tilu berada di Desa Jatimulya, Kecamatan Kasokandel Majalengka. Destinasi wisata alam ini sangat terkenal berkat legenda naga besarnya. Konon kepalanya berada di area Gunung Ciremai sedangkan ekornya di Gunung Batu Tilu. Destinasi wisata alam ini menawarkan keindahan puncak Sukmana dengan lanskap pepohonan dan persawahan yang asri. Selain itu, anda juga akan disuguhi panorama hutan pinus dan jati yang menawan. Di puncak gunung terdapat sebuah situs batu naga yang menjadi asal-usul legenda tersebut.

 

  1. Argo Batu Luhur
Argo Batu Luhur

Objek wisata satu ini masih tergolong baru. Wisata berkonsep alam ini menawarkan pemandangan batuan tinggi dengan danau serta hamparan pepohonan hijau yang menawan. Di dalam lahan cukup luas ini, banyak wahana permainan yang bisa anda coba. Mulai dari flying fox, bumi perkemahan, pemancingan, hingga sarana untuk berpiknik bersama keluarga. Tempat wisata yang ada di kawasan Padabeunghar, Paasawahan ini memiliki harga tiket masuk sebesar 2 ribu rupiah. Lokasinya yang berbatasan dengan Majalengka-Kuningan membuatnya mudah untuk ditemukan.

 

  1. Situ Sangiang
Situ Sangiang

Situ Sangiang merupakan sebuah tempat wisata berupa danau alami yang memiliki pemandangan alam memukau. Airnya sangat jernih ditambah suasana pepohonan hijaunya yang makin menyejukan suasana. Tempat wisata alam ini juga menyediakan aneka macam potensi wisata lainnya. mulai dari wisata ziarah Sunan Parung dan Pucuk Ulum, sampai dengan fasilitas perahu yang bisa anda sewa untuk mengelilingi kawasan wisata. Ditambah aneka satwa hutan seperti kera dan burung disekitarnya, anda bisa menepi sejenak dari rutinitas ke kawasan Desa Sangiang Banjaran dengan tiket masuk 3 ribu rupiah.

 

  1. Curug Sawer
Curug Sawer

Curug Sawer merupakan salah satu objek wisata alam yang sampai saat ini masih terus dikembangkan. Destinasi wisata alam dengan pemandangan memesona ini memang masih sepi karena medannya yang cukup sulit. Dibalik medannya yang sulit, anda akan mendapati panorama air yang jernih, debit aliran yang deras, hingga pemandangan hijau yang menakjubkan. Fasilitasnya yang masih seadanya tidak menyurutkan para wisatawan untuk mengeksplor tempat wisata yang ada di Desa Argamukti, Kecamatan Argapura ini. Untuk tiket masuknya sangat terjangkau yaitu 5 ribu rupiah per orangnya.

 

  1. Curug Tonjong
Curug Tonjong

Sempat ditutup karena beberapa masalah, wisata Curug Tonjong sudah mulai buka kembali. Wisata alam dengan tinggi 4 meter ini menawarkan panorama alam yang sangat indah. di bagian hulu curug terdapat jembatan bambu. Sementara untuk airnya masih sangat jernih dengan arus air cukup deras. Air terjun yang mengalir ke Sungai Cikandongdong ini berlokasi di Desa Teja Rajagaluh, Majalengka. Untuk tiket masuknya sekitar 15 ribu rupiah. Sedangkan jam bukanya sendiri setiap hari mulai pukul 7 pagi sampai 6 sore.

 

  1. Bukit Alam Hejo
Bukit Alam Hejo

Bukit Alam Hejo merupakan sebuah kompleks taman bermain bernuansa pemandangan alam. Selain bermain, anda juga bisa berkuliner dan mengajak buah hati belajar. Lokasinya berada di kaki Gunung Ciremai sehingga hawa udaranya tergolong sejuk. Disini, anda bisa mendapati aneka fasilitas bermain. Mulai dari Flying fox, ATV, sarana outbond, hingga kolam renang. Tempat wisata yang berada di Desa Pasirayu, Sindang, Majalengka ini buka dari Senin-Sabtu dengan tiket masuk 5 ribu rupiah. Sedangkan pada Minggu serta tanggal merah, tiket masuknya sebesar 10 ribu rupiah.

 

  1. Situ Cikuda
Situ Cikuda

Tempat wisata yang buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 16.00 ini berada di Desa Padaherang, Kecamatan Sindangwangi, Majalengka. Danau alami ini memiliki panorama alam yang sangat asri. Airnya yang berwarna jernih serta pemandangan pepohonan hijau bisa anda nikmati. Anda bisa berkeliling danau sembari merasakan sejuknya udara khas pegunungan. Selain itu, anda juga bisa menyewa perahu atau memancing di sekitar area danau. Hutan alami yang berada di sekelilingnya makin menambah keindahan panorama tempat wisata dengan tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah ini.

 

  1. Lemah Putih

 

Wisata Lemah Putih

Wisata alam satu ini menawarkan panorama alam yang sangat memukau. Anda bisa melihat indahnya panorama alam Majalengka dari atas ketinggian. Selain itu di sekitar area kawasan wisata alam ini juga tersedia aneka macam fasilitas yang menarik. mulai dari taman edukasi, kolam renang, hingga kafe. Berbagai macam hiburan untuk keluarga juga bisa anda dapati. Bagi yang senang berfoto, terdapat spot menarik untuk mengabadikan panorama sunset dan sunrise. Lokasi tempat wisata alam ini berada di Kecamatan Lemahsugih, Majalengka dengan tiket masuk mulai dari 15 ribu rupiah.

Itu dia berbagai macam tempat wisata yang ada di Majalengka. Semoga menambah referensi tempat berlibur anda di kabupaten dengan posisi strategis ini.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed