Wisata Goa Jomblang Gunung Kidul Di Yogyakarta

Jika anda memilih jogja sebagai kota untuk liburan anda itu merupakan ide yang cukup bagus karena dijogja anda tidak akan kehabisa tempat wisata untuk berlibur apalagi wisata alam disini sangat banyak sekali wisata alam. Anda bisa berkunjung ke Wisata Alam Kalibiru, Wisata Candi Borobudur, Wisata Candi Prambanan, Wisata Pantai Parangtritis, Wisata Malioboro, Keraton Yogyakarta, Kebun Binatang Gembira Loka, Hutan Pinus Manggutan, Taman Pintar dan masih banyak lagi yang tidak bisa saya sebut satu per satu.

Salah satunya yang bisa anda kunjungi adalah Wisata goa jomblang ini adalah wisata berbentuk goa yang terletak dikawasan pegunungan karts yang ada di gunung kidul, goa ini merupakan salah satu goa dari sekitar ratusan goa yang sudah ada di wilayah pegunungan gunung kidul. Ciri ciri yang dimiliki oleh goa ini adalah memiliki mulut goa yang berbentuk vertical dengan jarak diantara kedua bibir goa sekitar 70 meter.

Goa jomblang terletak di Jetis Wetan Semanu, Gunung Kidul Daerah istimewah jogja sekitar jaraknya adalah kurang lebih 10 kilo meter dari kota Wonosari. Anda bisa mencarinya di google map jika masi merasa bingung letak persisinya dimana.

Jalur Untuk Masuk Kedalam Goa Jomblang

Jika anda ingin memasuki goa jomblang maka anda harus bisa dalam melakukan tehnik single rope SRT yakni merupakan suatu tehnik menggunakan tali yang diikat untuk memsuki gua gua vertikal untuk turun ke goa dan naik keluar goa. Di goa jomblang terdapat empat jalur yang bisa digunakan untuk melewati guan ini, biasanya penjajah menggunakan jalur ini untuk masuk ke dasar gua. Jalur yang pertama yakni jalur yang paling mudah dan umum digunakan oleh banyak penjelajah untuk memasuki wisata gua jomblang ini atau sering disebut jalur VIP.

Dijalur pertama anda akan dijumpai jalan terjal sekitar 15 m namun masih bisa di tepaki dengan kaki, Untuk melintasi menggunakan tehnik SRT maka anda harus menggunakan perlengkapan SRT yang lengkap untuk menjamin keselamatan anda. Sisa jarak yang ada didasar dengan goa dapat anda tempuh sekitar 20 meter jika anda menggunakan SRT meluncur menggunakan tali.

Sedangkan untuk ketiga jalur lainya medanya cukup sulit dan sering terjadi kecelakaan maka jika anda belum pernah mendaki atau berpetualang disarankan menggunakan jalur yang pertama, jalur yang lain jika anda melintasi menggunakan SRT maka membutuhkan tenaga seak ketinggian 80 meter untuk jalur 2 dan 60 meter untuk jalur 3 dan untuk jalur 4 sekitar 40 meter akan sangat membutuhkan banyak tenaga bukan.

Akan tetapi bagi para penjelajah yang sudah terbiasa mengunjungi gua vertikal seperti ini maka akan menjadi tantangan tersendiri jika mampu melintasi jalur 2, jalur 3 atau jalur yang 4 namun harus tetap dalam kewasadaan keamanan. Goa jomblang ini memiliki diameter sedalam 50 meter yang pertama dikunjungi oleh sekelompok penjelajah gua dari Yogyakarta yakni sering disebut dengan ASC Acintycunyata Speleological Club .

Bagi anda yang belum pernah datang ke goa jomblang dan baru pertama kali maka akan sangat terasa melelahkan perjalanan pencapai dasar gua ditambah lagi cerita cerita seram masyarakat mengenai goa jomblang, mungkin kalian akan gentar ketika masuk kedalam goa tersebut. Namun jangan khawatir karena proses kelelahan anda dan ketakutan anda akan terbayarkan jika anda sudah berada didalam goa jomblang karena kalian akan disuguhkan dengan keindahanya .

Sejarah Di Balik Goa Jomblang

Ternyata ada kisah sejarah yang sangat kelam di balik goa jomblang ini, pasalnya menurut kisah dari masayarkat dahulu mereka mengatakan bahwa pada era tahun 70 an lokasi goa ini digunakan untuk pembunuhan massal masyaratkat anggota PKI. Dimana ratusan anggota PKI dibunuh dan menuai ajalnya di goa jomblang ini.

Selain itu goa jomblang yang masih berlokasi di gunung kidul menyimpan kisah menyeramkan didalamnya, menurut cerita rakyat setempat bahwasanya mereka para anggota PKI dalam proses pembunuhanya yakni mereka dijejerkan di depan bibir goa dengan tangan yang saling mengikat antara satu dnegan yang lainya tujuanya adalah ketika salah satu dari mereka ditembak maka yang lainya akan ikut terjatuh dan meninggal didalam gua.

Kisah ini yang dahulu kala menakuti masyarakat setempat apalagi ditambah dengan cerita angker mengenai goa jomblang yang juga adanya penjelajah yang menghilang pasca mengunjungi goa jomblang dan kemungkinan hilangnya didalam goa tersebut. Hingga akhirnya masyarakat setempat membacakan do’a di sekitar goa pada tahun 90 an. Semenjak setelah didoakan aka tidak ada cerita angker lagi dan tidak ada kejadian aneh yang terjadi lagi.

Keindahan Alam Wisata Goa Jomblang

Saat anda sudah tiba didasar goa jomblang maka anda akan menjumpai beberapa tanaman atau tumbuh tumbuhan yang subur merimbun pada dinding kapurnya yang juga ditumbuhi tanaman perdu. Merupakan pemandangan yang indah bukan. Tidak hanya itu saja setelah anda sampai pada dasar, anda dapat beristirahat sejenak meregangkan badan maka anda bisa beristirahat di sebuah bilik yang dibentuk oleh alam, memang sangat menarik sekali.

Setelah itu anda bisa melanjukan perjalanan melewati sebuah lorong yang menghubungkan dua goa yakni goa jomblang dan goa Grubug, yang mana lorong ini memiliki panjang yang lumayan sekitar 500 meter dan untuk melewatinya anda bisa saja melewati jalan setapak yang sudah dibentuk dari bebatuan yang disusun memanjang akan tetapi ketika melintasi setapak ini anda harus tetap dalam kehati hatian karena jalanya masih licin yang disebabkan udara gua yang lembab.

Sudahnya sampai pada ujung goa grubug maka tidah hanya itu saja anda akan melihat betapa keindahana yang luar biasa yakni terdapat dau stalagmite yang lumayan besar dan berwarna hijau segar dengan kecoklatan berdiri tegap di pertengahan dasar goa grubug. Lebih eksotik lagi jika anda bisa sampai dasar goa grubug tepat pukul 13.00 paka anda akan melihat sinar matahari menerobos masuk kedalam kegelapan dasar goa grubug.

Seperti cahaya ilahi sinar matahri yang menerobos menyentuh stalagmite dan stlagtit yang terbentuk dari tetesan air. Keindahan itu semua akan menambah kepuasan kita terhadap apa yang kita jalani sedari awal menuju goa jombang.

Sungai Dalam Goa Jomblang

Manarik bukan jika anda berwisata ke goa jomblang selain keindahan hutan purba didalam goa yang ada sinar matahari menerobos ke dalam gua saja namun adanya aliran sungai yang cukup deras membuat keindahanya begitu lengkap. Kesegaran dari air sungai didalam gua membuat suasana gua semakin sejuk dan segar.  Oleh karena itu selain jalanya susah namun jalanya juga licin karena aliran sungai yang deras ini.

Anda bisa membayangkan betapa keindahan alam yang disuguhkan oleh goa jomblang ini, aliran sungai yang ada di dalam gua berasal dari aliran kalisuci yang terletak pada sisi utara dari stalagmite yang besar. Anda ketika ingin menelusuri jalur sungai tersebut bisa menggunakan perahu karet pada musim kemarau karena airnya tidak akan sederas musim hujan. Oleh karena itu anda tidak disankan melintasi sungai saat musim penghujan karenaakan sangat berbahaya bagi anda.

Hal yang dapat dilakukan ketika di goa jomblang

Jika anda berlibur ke goa jomblang maka ada beberapa hal yang dapat anda lakukan disana supaya liburan anda semakin menyenangkan. Hal hal yang dapat anda lakukan adalah sebagai berikut :

  1. Berfoto adalah hal yang harus anda lakukan ketika berlibur kemanapun untuk mengabadikan suatu moment. Pemandangan didalam goa yang sangat indah dari sinar matahari yang menerobos masuk ke dalam gua merupakan moment yang wajib untuk anda mengambil gambar. Jika anda pengemar selfie maka anda bisa mengambil gambar sebanyak mungkin ketika didalam gua karena disini tidak ada larangan untuk mengambil gambar.
  2. Berenang juka bisa anda lakukan disini karena ada aliran sungai yang mengalir di goa jomblang namun ini sangat dilarang ketika musim penghujan karena dengan derasnya air sungai ini akan sangat berbahaya. Jika anda tetap ingin berenang maka gunakan alat pelampung untuk kemanan.
  3. Memperdalam ilmu geologi, karena jika anda sedang berada dia goa jomblang maka anda akan mendapatkan pengetahuan yang banyak diaman anda akan mengetahui dengan cara mengamati bebatuan atau mengmati stalagtit dan stalagmite yang ada di dalam goa. Itu akan sedikit menambah wawasan anda mengenai ilmu geologi.
  4. Menguji adrenaline, seperti yang anda ketahui bahwa untuk bisa memasuki goa jomblang anda harus menggunakan tehnik SRT dimana itu merupakan tehnik olahraga khusu untuk uji adrenaline. Memanjat dan melompat di ketinggian juga termasuk menguji adrenalin.
  5. Menyatu dengan masyarakat setempat, melihat dari lokasi goa jomblang yang terletak dipegunungan dan didekat pemukiman masyarakat desa maka akan membuat suasana lain daripada yang lain. Apalagi jika anda ingin menumpang mandi di kamar mandi mereka maka kalian akan cukup akrab dengan masyarakat setempat. Anda juga bisa memakai jasa masyarakat seagai guide anda untuk menelusuri goa jomblang.
  6. Bisnis pariwisata meurpakan peluang bagi semua orang, karena pesona pemandangan yang indah didalam goa jomblang maka semakin banyak pengunjung yang berdatangan ke wisata goa ini, kesempatan ini sangat baik sekali jika anda membuka open trip ke goa jomblang, anda akan mudah mendapatkan client para pengunjung.

Dengan begini anda akan tertari bukan untuk mengunjungi wisata goa jomblang karena begitu banyak kesenangan yang dapat anda lakukan disini, dan perlu anda tahu untuk dapat memasuki goa anda tidak akan terkena tarif sepeserpun. Maka anda menunggu apalagi segera datang kesini untuk melihat keindahan yang dihasilkan oleh goa jomblang ini, anda juga akan menyatu dengan alam ketika anda datang kemari.

Fasilitas Yang ada di Goa Jomblang

Fasilitas yang tersedia di wisata goa jomblang ini sangatlah minim karena seperti yang anda ketahui bahwa letak goa ini di pegunungan kidul diamana jarang sekali warga yang bermukim disana, para pengunjungnya pun hanya penjelajah yang menyukai adventure pegunungan. Namun diwisata goa jomblang terdapat rumah kepala dukuh jetis wetan yang mana selalu digunakan sebagai tempat persinggahan sementara bagi para pengunjung.

Rumah kepalah dukuh ini biasanya digunakan untuk penjelajah menitipkan barang bawaan yang sekiranya tidk dibawah masuk menjelajah goa jomblang. Biasanya istri kepalah dukuh ini akan mempersilahkan para pengunjung untuk bertamu dan memberi segelas air atau segelas the untuk pengunjung beristirahat sejenak.

Disini anda juga bisa menumpang mandi atau beribadah sejenak, ataupun untuk membersihkan lumpur selama perjalanan kedalam goa. Karena bapak kepala dukuh ini sudah mempersilahkan kamar mandinya untuk di gunakan secara gratis. Atas semua kebaikan ini maka para pengunjung biasanya memberikan sejumlah uang seikhlasnya untuk bapak kepala dukuh serta keluarga.

Rute dan Harga Masuk Wisata Goa Jomblang

Ada beberapa cara yang bisa dilalui oleh anda untuk menuju goa jomblang yakni sebagai berikut :

  1. Jika anda berasal dari kota Yogyakarta menaiki pesawat dan transit di bandara adi sucipto maka anda bisa melalui jalur yang satu ini yakni keluar melalui pintu bawah tanah kemudian naik bus trans jogja yang turun di terminal glawangan lalu menaiki bus jurusan jogja wonosari dikenakan biaya sekitar Rp.7000. setelah itu anda bisa menaiki bus yang menuju jurusan wonosari-semanu kemudian jalan kaki sepanjang 2 kilometer dan anda akan dipandu masayarakat setempat untuk menuju tempat dimana goa jomblang berada.
  2. Dari terminal jombor ke goa jomblang yakni anda harus menaiki bus yang mengarah ke jurusan jogja-tempel dan kemudain anda naik bus lagi yang jurusannya menuju jogja –wonosari kemudian transit dan naik bus lagi sampai jurusan jogja-semanu. Seperti jalur yang pertama ketika anda sudah di terminal semanu maka anda ikutin saja seperti jalur yang pertama.
  3. Jika anda berasal dari terminal glawangan menuju ke goa jomblang maka anda harus naik busjurusan jogja-wonosari kemudia turun naik lagi bus jurusan jogja-semanu. Kemudian seperti jalur yang pertama anda ikutin saja seperti yang dijalur pertama.
  4. Jika anda berasal dari statiun tugu menuju ke goa jomblang maka anda harus keluar terlebih dahulu melalui pintu depan kemudian anda harus menaiki tans jogja dan turun diterminal giwanagan setelah itu naik bus jurusan jogja wonosari dan kmudian turun naik bus lagi jurusan jogja-semanu. Dari sini anda bisa mengikuti seperti yang dijelaskan di jalur pertama.
  5. Jika anda dari stasiun lempayung menuju ke goa jomblang maka anda harus menaiki trans jogja kemudian turun di terminal giwangan setelah itu naik bus jurusan jogja-wonosari sekitar biaya 7000 kemudian turun dan naik bus lagi jurusan jogja-semanu. Ketika sudah diterminal maka ikutin seperti dijalur pertama.

Seperti itu penjelasan bagaimana rute menuju ke goa jomblang dari berbagai arah. Jika anda memiliki arah sendiri yang lebih dekat dan efisien maka anda lebih baik menggunakan arah yang lebih mudah menurut anda.

Tips Berlibur Ke wisata Goa Jomblang

  • Stamina tubuh anda harus terjaga supaya tidak terjadi sebuah kecelakaan ketika anda berwisata ke goa jomblang karena medanya yang berbahaya.
  • Siapkan bekal secukupnya
  • Sediakan obat yang anda butuhkan didalam tas
  • Jika anda ingin mengambil gambar di lokasi maka anda harus menyiapkan kamera

Ini adalah wisata yang sangat anti mainstream dan sangat cocok untuk anda yang sangat menyukai adventure alam karena disini begitu banyak menyajikan nuansa alami yang sangat indah anda akan merasakan perjuangan ketika menjuju ke dalam goa dengan sekuat tenaga dan akan terbayarkan ketika anda sudah sampai di dalam goa dan melihat pemandangan cahaya matahari yang menerobos ke dalam gua dan terlihat sangat mempesona sekali.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed