Wisata Edukasi Taman Pintar Yogyakarta Yang Wajib Dikunjungi

Wisata Edukasi Taman Pintar Yogyakarta Yang Wajib Dikunjungi

Wisata Edukasi Taman Pintar Yogyakarta Yang Wajib Dikunjungi – Daerah istimewa Yogyakarta adalah salah satu kota di pulau jawa yang sangat tersohor dengan budaya jawa nya. Nama Yogyakarta adalah perubahan dari yodyakarta. Yodyakarta sendiri berasal dari kata yodya dan karta, yodya diambil dari nama kerajaan dari kisah ramayana dan karta adalah damai. Di sana budaya jawa tersebut sangat di junjung, saling menghormati satu sama lain. Kepemimpinan di yogyakarta adalah kerajaan yang dipimpin oleh sultan.

Masih banyak di yogyakarta orang memakai blangkon atau jarik (baju batik). Makanan tradisonal jawa pun juga banyak di temui disana seperti gethuk, cenil, jamu, dan masih banyak lagi, makanan tersebut sudah sulit di jumpai di kota kota besar.

Pedagang kaki lima seperti angkringan juga banyak tersebar disana, mereka menjajakan berbagai makanan seperti nasi kucing, gorengan, telur puyuh, tahu dan tempe bacem, serta kopi tentu nya. Makanan yang khas dari kota yogyakarta adalah gudeg. Makanan ini sangat di gandrungi oleh wisatawan lokal maupun wisatawan asing yang sedang berkunjung ke kota yogyakarta.

Tempat Wisata Edukasi Taman Pintar

Tempat Wisata Edukasi Taman Pintar

Selain sejarah, budaya, dan makanan yang terkenal di Yogyakarta, di kota ini juga terkenal dengan tempat wisata nya seperti candi borobudur, taman pintar, pasar malioboro, gunung merapi, dan masih banyak lagi. Tempat wisata yang tersedia juga bermacam macam manfaat nya. Misalkan kita berkunjung ke Wisata Candi Borobudur, Wisata Candi Prambanan, Wisata Keraton Yogyakarta, dan Malioboro kita akan belajar tentang sejarah dari agama Budha, hindu dan sejarah lainya.

Adapun wisata alam yang tersedia di Yogyakarta yakni seperti Wisata alam Kalibiru, Wisata Pantai Parangtritis, Wisata Goa Jomblang, Wisata Kebun Binatang Gembira Loka, Wisata Hutan Pinus dan masih banyak lagi wisata alam yang bisa anda nikmati keindahanya. Disana juga terdapat taman pintar. Disana kita bisa belajar tentang dunia sains.

Taman pintar

Taman pintar di dirikan pada tanggal 16 desember 2008 yang diresmikan oleh bapak presiden waktu itu yaitu bapak Susilo Bambang Yudhoyono. Taman pintar ini dibangun untuk wahana ekspresi, apresiasi dan kreasi sains. Wahana yang ditawarkan juga banyak.

Wisata Edukasi Taman Pintar yang Kaya Pendidikan

Wisata Edukasi Taman Pintar yang Kaya Pendidikan

Salah satu Wisata Edukasi Taman Pintar pendidikan yang didesain sangat menarik dan wajib dikunjungi oleh anak anak adalah hal yang disuguhkan oleh wisata taman pintar ini, wisata ini paling banyak sekali dikunjungi oleh wiatawan Yogyakarta. Jika kalian berlibur ke Yogyakarta maka akan terasa tidak lengkap jika tidak memapirkan anak anda berkunjung kesini.

Bangunan wiata taman pintar ini memiliki nuansa modern dan tradisional yang memiliki keindahan tersendiri, karena didesain sedemikian rupa untuk menarik pengunjung datang ke wisata ini. Jangan salah Wisata Edukasi Taman Pintar ini menawarkan banyak sekali wahana belajar dan rekreasi yang cukup lengkap bagi anak anak.

Wahana yang tersedia di Wisata Edukasi Taman Pintar ini dapat dinikmati oleh anak usia pra sekolah sampai usia tingkat menengah. Karena pada usia tersebut merupakan generasi penenrus yang memiliki potensial mendapatkan pencerahan belajar ilmu dan teknologi atau iptek yang tinggi.

Oleh karena itu sengaja didirikan wisata taman pintar guna mencerdaskan generasi muda. Jika anda memasuki taman ini maka anda bisa langsung menikmati hasil karya dari sebuah inovasi dan teknologi permainan yang sangat menarik dan banyak bermuatan edukasi bagi anak anak. Ini sangat bermanfaat sekali anda bisa belajar sambil liburan.

Dibentuknya taman pintar seperti ini itu karena terinspirsi dari sebuah perusahaan yang menjadi pusat peragaan iptek yang sudah ada sebelumnya yang berada di taman mini Indonesia indah Jakarta yang menjadi pusat inspirasi didirikan hal seperti itu dibeberapa daerah. Sekarang banyak sekali daerah daerah yang membangun Wisata Edukasi Taman Pintar berorientasi pendidikan untuk anak anak.

Taman pintar dibangun dengan beberapa konsep yang konsep ini dipertimbangkan dengan beberapa hal yakni pembelajaran yang dipadukan dengan permainan yang dibuat melalui media yang menarik sehingga dapat menarik keingintahuan anak serta memancing kreativitas anak terhadap teknologi. Taman pintar memiliki sebuah jargon dimana “burung hantu memakai blangkon” yang artinya adalah bahwa burung hantu diartikan sebagai burung yang memiliki kepekaan yang tinggi serat sanggup merasakan dan mempelajari keadaan alam dan lingkungan yang ada disekitarnya.  Sedangkan balngkon merupakan pakaian adat Yogyakarta untuk menutup kepala laki-laki.

Wisata taman pintar juga memiliki Motto yang diambil dari ajaran sang Ki Hadjar Dewantara yakni : 3 N : yakni Mengingat, Menirukan, Mengembangkan. Ini diharapkan anak akan berproses belajar ilmu pengetahuan dan teknologi mengacu pada konsep 3 A yakni Adopt, Adapt dan Advance.

Konsep Didalam Wisata Edukasi Taman Pintar

Konsep Didalam Wisata Edukasi Taman Pintar

Taman wisata ini dirancang seperti sekolahan namun bisa dengan bermain, yakni taman pintar berisi materi yang sudah dibagi menjadi dua bagian menurut kelompk usia dan penekanan materi. Untuk kelompok usia dibagi lagi menjadi tingkat pra sekolah taman kanak-kanak, dan sekolah dasar sampai sekolah menengah.

Untuk materi yang penenkanan materi disampaikan dalam bentuk interaksi antara pengunjung dengan materi yang di berikan melalui anjungan atau sumber daya, yakni dengan pengenalan, pengenalan ilmu dasar, permainan dan penerapan iptek. Ini semua guna menambah ilmu dan wawasan anak anak yang datang keWisata Edukasi Taman Pintar ini.

Baca Juga: 
10 Terfavorit Destinasi Wisata Batu & Malang Yang Wajib Kalian Kunjungi
Rekomendasi Tempat Wisata Jogja Yang Wajib Didatangi Saat Berlibur

Ini semua juga guna meningkatkan mutu penguasaan materi pendidikan yang diberikan guru disekolah karena jaman sekarang tingkat belajar dan membaa anak anak mulai menurun. Dengan alat peraga ini maka anak akan mudah memahami dan supaya anak lebih tertarik mengembangkan kammapuanya sehingga dapat menyelesaikan berbagai masalah dengan pola pikiranya sendiri.

Karena disini tersedia banyak sekali wahana pembelajaran maka diharapkan orang tua dapat memilih wahana yang sesuai dengan usia anak jangan sampai dipaksakan pembelajaran dengan alat peraga tersebut.

Wisata taman pintar merupakan kawasan terpadu dari beberapa macam wisata pembelajaran lainya yang ada di Yogyakarta dan ini merupakan keistimewaan tersendiri sehingga tak heran jika wisata taman pintar ini sekarang sudah menjadi tempat wisata yang favorit untuk dikunjungi wisatawan lokal, Wisata Edukasi Taman Pintar ini juga menjadi ikon wisata pendidikan di Yogyakarta.

Zona zona yang ada di wisata ini memiliki beberapa wahana permainan tersendiri yakni taman bermain, penjelajahan kecil, titian penemuan, petualangan lingkungan, jembatan sains, titian sains, indonesiaku, teknologi canggih dan teupdate.

Hal Yang Bisa Dilakukan Di Taman Pintar

Hal Yang Bisa Dilakukan Di Taman Pintar

Hal yang dapat dilakukan di taman pintar ini sangat banyak. Kita dapat mempelajari sejarah kota Yogyakarta dan sejarah dari presiden yang pernah menjabat di Indonesia. Selain sejarah kita juga dapat mempelajari teknologi – teknologi yang canggih, kita juga dapat mempelajari benda – benda yang ada di langit dan masih banyak lagi. Spot – spot yang disediakan di taman pintar juga sangat mendukung untuk berkumpul dengan keluarga, menghabiskan waktu dengan keluarga.

Anak – anak akan sangat senang jika di ajak ke taman pintar, karena disana mereka dapat bermain dengan alat alat peraga yang ada dan mereka dapat membuat suatu percobaan yang mungkin tidak ada di sekolah – sekolah. Spot untuk berfoto pun juga banyak karena di beberapa gedung yang tersedia di taman pintar memiliki spot yang sangat bagus untuk menjadi latar foto. Jika merasa lapar di taman pintar juga terdapat food court, kita bisa makan dan minum di food court ini.

Namun masih ada beberapa hal lagi yang anda bisa lakukan di Wisata Edukasi Taman Pintar Yogyakarta ini:

 

  1. Mengenalkan edukasi posisitif bagi anak pra TK dan anak TK dengan berbagai macam sarana permainan dan wahana yang ada di taman pintar Yogyakarta, ini sangat cocok sekali jika anda mengajak murid anak anak TK pada akhir tahun sebagai penutup ajaran sekolah untuk berlibur ke taman pintar. Dari sini kita akan mendapatkan nilai positif yakni memperoleh kesegaran jalan jalan dan memberikan hal berguna bagi anak anak kita.
  2. Memperkenalkan produk budaya lokal kepada anak secara dini yang lokasinya berada di gedung kotak di taman pintar Yogyakarta, dimana didalam gedung kotak terdapat produk budaya seperti kain batik wayang, keris, replica candi yang ada di Yogyakarta. Mengetahui budaya secara dini dapat membuat anak memiliki karakter pendidikan yang matang.
  3. Memperkenalkan bebrapa penemuan produk ilmu pengetahuan dan teknologi kepada anak secara dini yang berada di gedung kotak di taman pintar Yogyakarta, karena tidak sekedar produk budaya lokal saja yang harus diketahui anak namun, juga beberapa produk pengetahuan dan teknologi yang diterapkan yang bsia kita nikmati bersama keluarga dan anak-anak.
  4. Memperlajari profil para tokoh nasional beserta sejarahnya dengan memoriable yang ada di Taman Pintar Yogyakarta, disini sudah ada zona memoriable yang mampu memanjakan kita akan pengetahuan para tokoh nasional yang wajib diketahui anak anak sejak dini. Disini sudah tersdia foto profil beserta biografi toko nasional.
  5. Menyaksikan film sains dan teknologi yang telah dibuat oleh beberapa ahli bersama keluarga sehingga kita bisa melek terhadap dunia sains, ilmu pengetahuan, dan teknologi, disini juga ada pemutaran film seputar tentang sain dan teknologi yang membuat taman pintar memberikan sajian positif terhadap keluarga kita terutama anak anak.
  6. Menikmati sajian workshop pelatihan seni kreatif yang dapat kita pelajari bersama dengan anak anak, disini juga ada tempat dimana disajikan tempat pembuatan batik ,pembuatan gerabah, seni lukis dan masih banyak lagi. Ini merupakan hal yang sangat bermanfaat bagi anak anak sebagai pengetahuan dini.
  7. Bergabung dalam sajian workshop pelatihan presenter TV yang mana dapat menumbuh kembangkan rasa percaya diri anak sejak dini, disini kita bisa belajar tentang seputar dunia informasi dan komunikasi media masa televise.
  8. Mengunjungi wahana bahari yang bisa mengenalkan dunia bahari kepada kita semua termasuk anak anak, disini tersedia beragam wisata bahari adapula wahan berupa aquarium air yang dapat kita nikmati disini sebagi pilihan wahana yang menarik.

Rute Perjalanan Dan Harga Tiket Masuk

Rute Perjalanan Dan Harga Tiket Masuk

Taman pintar berada di jl. Panembahan senopati  no. 1 – 3, berada di sebelah timur benteng vredeburg. Jika kita berada di jl. Malioboro atau di keraton Yogyakarta  dapat berjalan ke arah timur dari kawasan titik nol kilometer . Jika kita berada di kebun binatang gembira loka, kita dapat mengikuti jalan utama yang berada di utara kebunbinatang gembira loka, lurus ke arah barat kira kira 3,5 km.

Harga tiket yang di tawarkan pun bervariasi dari harga Rp. 3.000 sampai Rp. 20.000 tergantung kita akan memasuki wahana apa saja. Taman pintar buka pada hari selasa sampai minggu pada jam 09.00 sampai 16.00 Waktu Indonesia bagian Barat. Untuk hari senin memang tutup, tetapi jika hari senin tersebut bertepatan dengan hari libur nasional taman pintar akan buka seperti biasa.

Fasilitas Yang Ada Di Wisata Edukasi Taman Pintar

Fasilitas Yang Ada Di Wisata Edukasi Taman Pintar

  • Gedung planetarium di dalam gedung ini terdapat proyektor digital untuk memperagakan benda benda langit yang ada, dalam setiap pertunjukan nya kita akan disuguhkan dengan pemandangan langit malam Yogyakarta beserta benda angkasa susuan bointang yang ada di langit. Selain pertunjukan tersebut kita juga akan diajak melihat perjalanan manusia di bulan. Semua di proyeksikan pada media kubah berbentuk setangah lingkaran, dilengkapi dengan kursi penonton yang dapat disandarkan, sehingga penonton dapat menikmati tontonan yang ada.
  • Gedung oval dan kotak di dalam gedung ini terdapat berbagai macam alat peraga berbasis edukasi sains yang sengaja dikemas menyenangkan agar anak kecil dan orang dewasa tidak bonsan jika mengunjungi gedung ini. Di dalam gedung kotak terdapat berbagai macam alat peraga dan permainan yang dikelompokkan menjadi 8 zona : zona keris, zona batik, zona candi borobudur, zona teknologi otomotif, zona planning city, zona peraga turbulensi, zona pengolah, zona air untuk kehidupan. untuk gedung oval juga terdapat berbagai macam alat peraga dan permainan yang di kelompokkan menjadi 12 zona : TV trainer, Zona cuaca iklim dan gempa, zona agro, generator pedal, zona kehidupan purba, generator van de graff, ICT melihat bumi, Pojok kreasi sains, Terowongan ilusi, Zona nuklir, Zona teknolobi komunikasi, Aquarium air tawar
  • Gedung memorabilia di gedung ini kita akan melihat alat peraga yang menjelaskan kepada kita tentang informasi pengetahuan sejarah kesultanan serta pakualaman Yogyakarta. Kita juga dapat mengenal tokoh – tokoh pendidikan dan para presiden RI yang menjabat. Ada beberapa alat peraga dalam gedung ini yang dikelompokkan menjadi 3 zona : Zona tokoh pendidikan, Zona sejarah kesultanan keraton, Zona kepustakaan kepresidenan
  • Zona playground ada beberapa zona yang menarik yang dapat kita kunjungi di taman pintar ini apa lagi dengan anak anak. Salah satu nya adalah playground. Playground ini bersifat ruang publik dan zona penyambutan bagi wisatawan yang berkunjung ke taman pintar. Disini disediakan alat peraga yang menyenangkan dan dapat dimainkan oleh anak – anak, harga nya pun gratis alias tidak di pungut biaya sepeser pun.
  • Lokasi yang paling sering dikunjungi terutama anak – anak adalah lokasi air mancur yang di sebut taman air menari. Disini anak – anak dapat bermain air yang menyembur dari lubang yang berada di lantai secara bergantian. Lantai di area ini di lapisi dengan karet jadi aman untuk area bermain anak – anak.
  • Gedung paud barat di gedung ini disediakan berbagai alat peraga dan permainan edukasi untuk anak – anak, khusus nya untuk anak anak pra Taman Kanak – kanak hingga Taman kanak – kanan. Disini anak – anak akan diajak belajar tetapi dibungkus kedalam permainan, jadi anak – anak yang bermain disini merasa tidak sadar jika dirinya juga belajar. Permainan yang terdapat di gedung paud barat: Religi dan budaya, ruang profesi, sainsdan teknologi, perpustakaan
  • Gedung paud timur di gedung ini juga terdapat alat peraga dan permainan edukasi seperti di gedung paud barat. Disini kita juga dapat menggunakan permainan edukasi yang ada. Permainan edukasi yang ada pada gedung paud timur ini adalah : komputer kidz and puzzle, Ruang flora and fauna, ruang petualangan, ruang pertunjukan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

News Feed