7 Wisata Edukasi Di Malang Yang Cocok Untuk Anak

Wisata Edukasi Di Malang – Berlibur merupakan hal yang sangat menyenangkan bagi mereka (anak-anak). Namun bukan hanya anak-anak saja yang menyukai liburan, orang tua pun sebenarnya butuh hiburan, setidaknya untuk menghilangkan penat dan menyegarkan pikiran. Disini peran orang tua sangat diperlukan, karena tidak hanya mengajak anak-anak sekedar berlibur, tetapi kita sebagai orang tua juga harus memilah dan memilih lokasi wisata yang cocok untuk mereka belajar.

Baca juga :

Di Malang ada beberapa destinasi wisata edukasi yang cocok untuk anak. Contohnya, Jatim Park 1, Jatim Park 2, Taman Rekreasi Kota Malang, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tempat wisata edukasi di Malang ini, anak-anak dapat bermain sekaligus belajar untuk mengerti sejarah, belajar mengenai kimia, fisika, teknologi dan lain-lain. Langsung saja kita simak ulasan 7 wisata edukasi di Malang yang cocok untuk anak dibawah ini.

7 Wisata Edukasi Di Malang Yang Cocok Untuk Anak

  1. Jawa Timur Park 1

Tempat wisata edukasi di Malang yang pertama adalah Jawa Timur Park 1. Lokawisata yang satu ini menyediakan wahana permainan yang seru bagi buah hati anda. Namun tak hanya sebagai kolam renang untuk si kecil menghabiskan liburan untuk bermain, mereka juga dapat menimba ilmu pengetahuan di Jawa Timur Park 1 ini.

Jawa Timur Park 1 ini terdapat berbagai patung-patung raksasa ken Arok dan Ken Dedes di latar bagian belakang. Selain itu masih ada lagi visualisasi tokoh-tokoh sejarah kerajaan di Jawa Timur ini yang nantinya bisa menjadi bahan cerita yang menarik untuk si kecil. Salah satu destinasi wisata edukasi di Malang ini juga menyediakan wahana edukasi lain, seperti Outdoor Science Centre, Learning Gallery, Phrehistorical Scene, Baby Zoo dan masih banyak lagi yang lainnya

Jawa Timur Park 1 ini berlokasi di Jalan Kartika No.2, Sisir, Batu, Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu. Kalian dapat mengunjunginya setiap hari, jam bukanya sendiri dimulai dari jam 08.30-16.30 WIB. Untuk harga tiketnya, hari Senin-Kamis Rp 60.000 sedangkan untuk Jum’at-Minggu Rp 80.000.

 

  1. Jawa Timur Park 2

Destinasi wisata edukasi di Malang yang kedua ada Jawa Timur Park 2. Jawa Timur Park 2 ini bisa dikatakan sebagai adik dari Jawa Timur Park 1. Wisata yang satu ini juga dapat menjadi alternatif bagi kalian para orang tua untuk mengajak si buah hati berlibur dan juga memberikan wawasan pengetahuan bagi mereka.

Jawa Timur Park 2 ini juga memiliki paket wisata yang mana kalian akan mendapatkan tiket untuk akses masuk ke Jawa Timur Park 2 dan juga Jawa Timur Park 1. Lain halnya dengan Jawa Timur Park 1, wahana bermain dan edukasi yang satu ini memiliki lebih banyak keragaman fauna, seperti adanya museum satwa, screet zoo, reptile garden dan masih banyak lagi ragam wahana edukatif lainnya.

Jawa Timur Park 2 ini berlokasi di Jalan Raya Oro-Oro Ombo No.9, Temas, Kecamatan Batu, Kota Batu. Wisata edukasi di Malang ini buka pada pukul 10.00-18.00 WIB. Dan untuk harga tiket masuknya juga lebih mahal dibandingkan dengan Jawa Timur Park 1, yakni Rp 75.000 pada hari Senin-Jum’at dan Rp 105.000 pada hari Sabtu-Minggu.

 

  1. Taman Rekreasi Kota Malang

Taman Rekreasi Kota Malang biasa juga dikenal dengan nama akronimnya yakni Tarekot. Taman Rekreasi Kota Malang ini berlokasi di belakang gedung Balai Kota Malang dan tidak jauh dari stasiun kota Malang. Di lokasi yang satu ini kalian dapat mengajak si buah hati untuk bermain. Dimana Tarekot ini menyediakan wahana kolam renang, jogging track dan area senam.

Salah satu destinasi wisata edukasi di Malang yang satu ini memiliki konsep wisata keluarga. Selain anak-anak puas bermain di wahana yang sudah disediakan, mereka juga dapat belajar mengenai jenis-jenis satwa seperti burung yang ada di Tarekot ini.

Taman Rekreasi Kota Malang ini berlokasi di Jalan Simpang Mojopahit No.1, Kiduldalem, Klojen, Kota Malang. Buka dari pukul 08.00 WIB sampai 17.00 WIB. Untuk harga tiketnya, Tarekot mematok tarif Rp 5000 untuk anak-anak dan Rp 10.000 untuk dewasa. Bagaimana, cukup murah meriah bukan?

 

  1. Eco Green Park

Selain kalian dapat mengunjungi Jawa timur Park 1, Park 2 dan juga Tarekot Malang, kalian juga dapat mengajak berlibur si buah hati ke Eco Green Park. Wisata edukasi di Malang yang satu ini juga cukup asyik untuk menghabiskan liburan bareng keluarga anda. Selain si kecil dapat bermain dengan puas, mereka juga dapat belajar ilmu pengetahuan mengenai biologi dan fisika.

Eco Green Park ini juga memiliki beragam koleksi serangga yang telah diawetkan dalam jumlah yang sangat banyak. Jika anda mengajak si buah hati ke Eco Green Park, mereka pastinya sangat senang. Lokasi wahana wisata yang satu ini berletak di Jalan Oro-oro Ombo No.9A, Temas, Kecamatan Batu, Kota Batu.

Jam buka Eco Green Park ini dimulai pukul 09.00 WIB sampai 17.00 WIB. Harga tiket masuk Eco Green Park yakni Rp 40.000 pada hari Senin sampai Jum’at, Sedangkan harga tiket masuk untuk hari Sabtu-Minggu yakni Rp 60.000.

 

  1. Museum Angkut dan Museum Topeng

Wisata Edukasi di Malang yang kelima ada Museum Angkut dan Museum Topeng. Kedua museum ini berada dalam satu gedung atau satu lokasi. Museum angkut ini memiliki beragam koleksi mobil-mobil antik yang dipajang, sangat cocok untuk mengajak si buah hati berwisata ke museum yang satu ini. Selain dapat melihat-lihat, kalian juga dapat berfoto-foto ria bareng keluarga anda.

Sedangkan untuk Museum Topeng, Malang memang dikenal akan tari topengnya. Museum ini menyuguhkan berbagai macam topeng dan anak-anak nantinya juga bisa belajar mengenai topeng-topeng yang ada di museum ini. Nah, mumpung masih dilokasi yang sama, kalian juga dapat mengunjungi pasar apung yang ada disini.

Museum Angkut dan Museum Topeng berada di Jalan Terusan Sultan Agung No. 2, Ngaglik, Kecamatan Batu, Kota Batu. Museum ini buka pada pukul 12.00 WIB hingga jam 20.00 WIB. Sedangkan untuk masuk ke museum angkut, kalian perlu merogoh kocek Rp 70.000 pada hari senin-kamis dan Rp 80.000 pada hari jum’at-minggu. Lain halnya jika kalian masuk ke museum topeng, kalian hanya perlu membayar Rp 10.000.

 

  1. Resto Museum Inggil

Dan satu lagi wisata edukasi di Malang yang cocok buat mengajak si buah hati berlibur adalah Resto Museum Inggil. Selain menyuguhkan kuliner khas Jawa yang cukup padat, resto inggil ini juga menampilkan berbagai macam koleksi barang-barang antik kuno yang membuatnya dikenal sebagai Resto Museum Inggil.

Di Museum Resto Inggil ini, kalian dapat mengajak anak anda untuk melihat gramofon, pesawat telepon rumah, mesin ketik, mesin jahit, radio dan masih banyak lagi barang-barang jadul yang lainnya. Nah, disini kalian dapat memberikan informasi mengenai barang- antik tersebut kepada buah hati anda nantinya.

Museum Resto Inggil berlokasi di Jalan Gajahmada No. 4, Kiduldalem, Klojen, Kota Malang. Buka setiap jam 10.00 WIB samapai sekitar jam 10.00 WIB. Nah untuk harga kuliner yang ditawarkan berkisar Rp 2.500 hingga Rp 45.000.

 

  1. Agro Tawon – Peternakan Tawon Rimba Raya

Agro Tawon Rimba Raya juga bisa menjadi salah satu alternatif destinasi wisata edukasi di Malang yang dapat kalian singgahi bersama dengan buah hati anda. Disini si kecil dapat belajar langsung mengenai cara beternak tawon, memanen madu tawon dan proses ketika madu diekstrak dari sarang tawon. Disini mereka akan memiliki pemahaman jika madu yang mereka minum itu telah melalui proses terlebih dahulu.

Agro Tawon Rimba Raya ini beralamat di Jalan Indrokilo Selatan, Bedali, Lawang, Kabupaten Malang. Buka pada pukul 08.00 WIB hingga Rp 15.00 WIB. Nah menariknya lagi, untuk masuk ke Agro Tawon Rimba Raya ini kalian tidak dipungut biaya melainkan gratis. Sudah gratis dapat pengetahuan pula, heheā€¦

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed