Tujuan Wisata Museum Angkut Batu Malang yang Spektakuler!

Museum Angkut Batu

Museum Angkut Batu – Malang merupakan salah satu kota yang kaya akan tempat wisatanya selain Bali, Bandung dan beberapa kota lainnya. Malang merupakan destinasi favorit bagi warga Jawa Timur untuk menghabiskan masa liburan dan weekend bersama pasangan, keluarga, dan kerabat atau rekan kerja lainnya.

Kota malang memiliki udara yang segar dan sejuk karena merupakan daerah yang berada di sekitar pegunungan, hal inilah yang mampu menarik minat dan perhatian para wisatawan yang berkunjung. Selain tempat wisata alam seperti pegunungan dan agrowisata, kota Malang juga memiliki tempat wisata modern yang sangat menyenangkan sekali misalnya seperti jatim park 1, jatim park 2 dan Kampung warna warni Jodipan serta yang lainnya yang terkenal dan menjadi ikon kota Malang.

Destinasi wisata lainnya yang wajib anda kunjungi saat berada di Malang tepatnya daerah Batu Malang adalah museum angkut. Museum angkut adalah sebuah tempat wisata yang dapat dikatakan masih baru dan mengusung konsep yang cukup unik dibandingkan dengan tempat wisata yang lainnya.

Museum angkut dibuka pada tahun 2014 tepatnya pada tanggal 9 Maret, Wisata Museum Angkut Batu Malang ini merupakan tempat wisata pertama yang ada di Asia Tenggara yang mengusung tema atau konsep transportasi.

Keunikan Tempat Wisata Museum Angkut Batu Malang

Keunikan Tempat Wisata Museum Angkut Batu Malang

Museum angkut dibangun sebagai tanda apresiasi untuk sejarah perkembangan dunia transportasi yang ada di nusantara bahkan di dunia. Jadi, tidak heran jika di Wisata Museum Angkut Batu Malang ini anda akan banyak menyaksikan berbagai koleksi model transportasi mulai dari yang masih menggunakan binatang hingga alat transportasi yang sudah menggunakan tenaga listrik.

Museum angkut ini berada di bawah naungan wisata Jawa Timur Park Group yang merupakan sebuah perusahaan developer yang sebelumnya sukses mendirikan Jatim Park 1 dan Jatim Park 2 serta Batu secret zoo dan beberapa tempat wisata yang sempat hits dan populer lainnya.

Hal ini tentu cukup untuk memberikan gambaran bahwa tempat wisata ini digarap dan didesain dengan tidak sembarangan, jika dilihat dari perusahaan sebesar jawa Timur Group yang sudah memiliki banyak pengalaman dalam mengembangkan tempat wisata populer yang ada di Indonesia.

Bagi anda yang berkunjung ke tempat Wisata Museum Angkut Batu Malang ini, anda tidak hanya akan memperkaya ilmu dengan mendapatkan informasi yang berkaitan dengan perkembangan dunia transportasi dunia anda juga dapat menikmati keindahan museum angkut dan mendapatkan foto sebagai kenangan terbaik dengan latar segala macam alat transportasi dunia.

Selain itu, berbagai macam landmark buatan juga sangat bagus dan menarik sekali untuk dijadikan sebagai latar foto yang bagus. Museum angkut juga sering dijadikan sebagai tempat untuk mengadakan pameran, event dari komunitas dan bahkan kontes modifikasi mobil hingga foto prewedding dan pengambilan gambar video clip.

Zona Menarik yang Ada di Wisata Museum Angkut Batu Malang

Zona Menarik yang Ada di Wisata Museum Angkut Batu Malang

Museum angkut memiliki luas sekitar 3,7 hektar. Tempat Wisata Museum Angkut Batu Malang ini memiliki beberapa zona yang dilengkapi dengan berbagai macam ornament dan landmark yang khas disetiap zonanya. Adapun zona-zona menarik yang ada di museum angkut adalah sebagai berikut.

Zona edukasi

Wisata Museum Angkut Batu Malang Zona edukasi

Pada zona ini anda akan mendapatkan informasi yang lebih banyak mengenai sejarah perkembangan transportasi dengan cara yang asyik dan menyenangkan. Zona edukasi ini sangat cocok bagi anda yang mengajak buah hati untuk liburan bersama.

Zona Sunda Kelapa Batavia

Wisata Museum Angkut Batu Malang Zona Sunda Kelapa Batavia

Pada zona ini akan disediakan berbagai jenis kendaraan atau transportasi nusantara yang digunakan di masa lalu. Anda bisa menyaksikannya secara langsung di tempat Wisata Museum Angkut Batu Malang ini.

Di zona ini anda akan menemukan replica dari pelabuhan sunda Kelapa yang lengkap dengan miniature dari kapal yang dibuat semirip mungkin dengan aslinya.

Anda akan mendapatkan informasi mengenai sejarah dari perkembangan Sunda Kelapa dan Batavia yang tak lepas dari pemerintah Hindia – Belanda tentunya.

Pada zona ini anda akan menemukan berbagai macam replica toko – toko yang menggunakan ejaan belanda agar anda bisa merasakan berada ditempat tersebut di masa lalu.

Zona Jepang

Wisata Museum Angkut Batu Malang Zona Jepang

Jepang merupakan sebuah negara yang merupakan pencipta dari munculnya teknologi-teknologi canggih pada saat ini. Negara jepang  merupakan salagh satu negara yang memiliki perkembangan teknologi yang terbaik di seluruh dunia.

Jika anda berada di zona Jepang ini anda akan melihat koleksi dari transportasi pabrikan Jepang mulai dari merk Honda, Kawasaki, Suzuki dan masih banyak lagi yang lainnya.

Zona Unieropa

Wisata Museum Angkut Batu Malang Zona Unieropa

Eropa merupakan benua yang dipenuhi dengan negara-negara maju yang juga mampu bersaing dalam hal teknologi transportasi yang ada di dunia. Nah, zona eropa itu sendiri memiliki beberapa bagian area yang terdiri dari negara inggris, Jerman, Perancis, dan Italia. Keempat negara tersebut merupakan negara yang dianggap cukup mampu mewakili negara-negara maju yang ada di benua ini.

Pada area inggris, anda tidak hanya akan disuguhkan koleksi mobil produksi inggris dan juga mobil kuno yang digunakan oleh ratu Inggris yaitu Ratu Elizabeth II. Anda juga bisa bermain di taman bunga yang merupakan replica dari Buckingham Palace yang berada di depan. Selain itu, bagi anda yang suka sekali berfoto selfie atau wefie bersama dengan patung dari ratu yang sedang duduk di singgasananya.

Area lainnya seperti jerman, italia dan prancis pun tidak kalah menarik dengan area yang lainnya. Anda bisa melihat beragam jenis koleksi mobil dari berbagai merk yang menjadi andalan di ketiga negara ini. pada area ini anda juga berfoto dengan ikon dari negara-negara tersebut seperti Menara eifel, tembok berlin, dan Menara pisa yang berada di roma Italia.

Baca Juga: Objek Wisata Eco Green Park Malang yang Seru dan Menyenangkan

Zona Hollywood

Wisata Museum Angkut Batu Malang Zona Hollywood

Zona Hollywood juga merupakan salah satu zona yang terfavorit di tempat Wisata Museum Angkut Batu Malang ini. pada zona ini, anda bisa melihat berbagai macam transportasi seperti yang ada di film-film Hollywood seperti batmobile dan mobil yang sering dipakai di film Scoobydoo.

Satu hal lagi yang menarik perhatian adalah adanya patung Hulk yang merupakan seorang raksasa berwarna hijau ini terbuat dari onderdil mobil dan motor bekas. Patung ini dibuat seperti Hulk yang sedang menginjak sebuah mobil sampai hancur dengan menggunakan kakinya.

Zona Gangster atau Broadway

Wisata Museum Angkut Batu Malang Zona Gangster

Zona inipun tidak kalah menarik dan populer dengan tempat wisata di malang yang lainnnya. Anda akan diajak masuk ke dalam dunia para gangster dan broadway yang sempat hits dan populer pada tahun 1970an.

Suasana yang berada di Zona ini diatur sedemikian miripnya dengan aslinya sehingga anda akan merasa seperti berada di kota yang sama dengan Al Capone yang merupakan seorang gangster yang terkenal pada zamannya.

Hal menarik lainnya yang ada di Wisata Museum Angkut Batu Malang

Hal menarik lainnya yang ada di Wisata Museum Angkut Batu Malang

Selain wahana atau zona yang suda dijelaskan diatas, ada juga hal-hal yang tidak kalah dari zona tersebut. Adapun beberapa hal-hal di luar transportasi yang tak kalah menarik yang ada di tempat Wisata Museum Angkut Batu Malang adalah sebagai berikut:

Museum D’Topeng

Museum yang dikenal dengan sebutan Museum D’Topeng ini merupakan sebuah museum seni yang berada disekitar tempat Wisata Museum Angkut Batu Malang Museum Angkut.

Disebut dengan Museum D’topeng karena pada museum ini menyimpan lebih dari 2.000 buah koleksi topeng dari seluruh penjuru nusantara mulai dari Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara hingga Papua.

Pasar Apung

Hal menarik lainnya yang ada di tempat Wisata Museum Angkut Batu Malang adalah adanya pasar apung yang menyediakan berbagai macam makanan. Jadi, setelah puas menjelajahi berkeliling di Kawasan Museum Angkut, kini saatnya bagi anda untuk mengisi perut.

Sebelum sampai ke pasar apung akan melewati replika dari gerbong kereta api yang bergoyang. Anda akan merasa sedang gerbong kereta api tersebut berjalan , ditambah lagi dengan adanya pemandangan buatan yang ada di kaca gerbong akan menambah imajinasi dan fantasi anda untuk bisa mencapai pasar apung.

Disebut dengan julukan Pasar Apung, hal ini karena suasana yang diberikan memang mirip dengan suasana pasar apung asli yang berada di daerah Kalimantan.  Disebut dengan pasar apung karena proses jual-beli yang dilakukan di atas perahu yang mengapung. Anda bisa memanjakan perut anda disini karena Pasar Apung menyajikan aneka kuliner khas nusantara mulai dari gudeg, nasi timbel, gado-gado, bakso, rujak cingur sampai pempek.

Waktu yang Tepat untuk Berkunjung ke tempat Wisata Museum Angkut Batu Malang

Waktu yang Tepat untuk Berkunjung ke tempat Wisata Museum Angkut Batu Malang

Seperti yang sudah saya sebutkan tasi, museum ini memiliki beragam jenis kendaraan dari yang paling keren hingga yang paling unik dan menarik ada disini. Wisata museum angkut Batu malang memiliki konsep ruangan dan penataan kendaraan yang digambarkan menyerupai tempat aslinya. Anda akan merasa berada di tempat asalnya dan seperti berada di dalam film.

Museum angkut memiliki Koleksi yang cukup lengkap mulai dari kendaraan yang berasal dari  Indonesia hingga mancanegara. Terdapat beragam jenis kendaraan disini, Mulai dari perahu, sepeda ontel, dokar, pedati, dan becak,hingga kapal terbang dan kapal laut. Koleksi yang ada di tempat wisata museum Angkut batu malang ni juga beragam mulai dari yang original, modifikasi hingga replika.

Adapun Jam Buka Museum Angkut yang merupakan tempat wisata di Malang ini hampir sama dengan jam buka yang tempat wisata malang lainnya seperti jatim park dan lainnya yakni setiap hari pada pukul 12 siang hingga jam 8 malam.

Daftar Harga Tiket Masuk Wisata Museum Angkut Batu Malang

Daftar Harga Tiket Masuk Wisata Museum Angkut Batu Malang

Pada saat anda memasuki gerbang masuk area Museum Angkut, anda akan disuguhkan dengan pemandangan Pasar Apung di sebelah kanan dan replika jet tempur di sebelah kiri. Nah setelah itu, anda harus mengantri untuk membeli tiket karena memang wisatawan sangat antusias untuk melihat dan merasa penasaran dengan museum yang lagi hits dan kekinian ini. jadi, anda harus sabar mengantri Panjang ya, apalagi pada saat hari libur atau weekend.

Mengenai harga tiket, memang bagi sebagian orang harga tiket di tempat Wisata Museum Angkut Batu Malang dianggap cukup mahal.  Harga tiket masuk untuk hari biasa, yaitu hari Senin – Kamis adalah sebesar  Rp60 ribu. Sedang tiket masuk saat akhir pekan pada hari Jum’at – Minggu, liburan atau tanggal merah adalah Rp80 ribu per orangnya. Bagi pengunjung yang membawa kamera akan ada biaya tambahan sebesar Rp. 30 ribu apabila anda membawa kamera berjenis DSLR, Polaroid, Handycam, Kamera Digital, dan sebagainya kecuali Handphone

Pengunjung yang dikenakan tiket penuh adalah pengunjung dengan tinggi badan 85 cm ke atas. Bagi anda yang ingin ke museum D Topeng, Anda hanya perlu menambah harga tiket masuk sebesar Rp.10 ribu.

Namun anda jangan khawatir karena di tempat Wisata Museum Angkut Batu Malang  ini anda tidak akan kecewa. Hal ini karena di tempat Wisata Museum Angkut Batu Malang ini akan menyuguhkan dan memberikan momen liburan yang berkesan dan tidak akan terlupakan.

Alamat, Lokasi, dan Letak tempat Wisata Museum Angkut Batu Malang

Alamat, Lokasi, dan Letak tempat Wisata Museum Angkut Batu Malang

Mengenai lokasi atau letak dari museum angkut batu malang tentunya tempat Wisata Museum Angkut Batu Malang ini berada di kota wisata Batu Malang di Jawa Timur. Lebih tepatnya alamat dari tempat Wisata Museum Angkut Batu Malang ini adalah berada di Jl. Terusan Sultan Agung Atas No. 2 Kota Wisata Batu, Malang. Untuk mencari lokasi Museum Angkut ini anda bisa menempuhnya dengan berkendara motor roda dua ataupun kendaraan roda empat.

Anda juga bisa melakukan perjalanan dengan menggunakan alat Kota Malang. Jadi dari stasiun malang anda bisa menggunakan angkutan umum untuk menuju ke terminal landusari. Selanjutnya anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menaiki bus kembali yakni bus puspa jurusan Jombang, lalu anda hanya perlu bilang turun di tempat wisata museum angkut batu malang. Si pak sopir sudah pasti mengetahui tempat wisata malang yang satu ini.

Jadi anda tidak perlu khawatir untuk tersesat karena pada saat ini anda bisa menggunakan bantuan GPS untuk menemukan tempat wisata malang yang anda ingin kunjungi. Kalaupun anda tersesat, Kota Batu Malang adalah tempat yang menyenangkan sehingga anda bisa menjadikannya sebagai sebuah pengalaman menarik dan yang tak terlupakan jika tersesat di kota batu ini.

Aktivitas  dan fasilitas Wisata Museum Angkut Batu Malang yang Bisa Dinikmati

Aktivitas  dan fasilitas Wisata Museum Angkut Batu Malang yang Bisa Dinikmati

Aktivitas yang bisa anda nikmati pada saat berada di tempat Wisata Museum Angkut Batu Malang ini adalah sebagai berikut.

  • Anda bisa Melihat koleksi berbagai macam angkutan di tempat wisata museum angkut Batu malang ini. Mulai dari angkutan yang masih tradisional hingga modern.
  • Anda bisa berfoto dengan background landmark dari berbagai macam negara yang ada di luar negeri.
  • Anda dapat menikmati parade superhero yang akan dilaksanakan sekitar pada jam 5 sore Pada saat anda datang pada hari Sabtu dan Minggu mulai dari Batman, Superman, hingga Freddie yang menaiki mobil unik dan bisa diajak foto bareng.
  • Kemudian yang menarik dari museum Angkut ini adalah anda bisa menikmati permainan interaktif yang mana anak-anak dapat naik mobil di dalam area pameran mobil.

Sedangkan untuk fasilitas yang ada di Sekitar Objek Wisata Museum Angkut Batu Malang adalah sebagai berikut ini.

Hotel atau Penginapan

Terdapat banyak hotel atau penginapan di sekitar objek wisata Museum Angkut atau tempat lain yang ada di daerah Batu. Untuk harganya pun sangat bervariatif bisa disesuaikan dengan budget anda.

Rumah Makan

Selanjutnya anda bisa menikmati wisata kuliner yang ada disekitar objek wisata Museum angkut Batu Malang seperti the Batu Villas Resto, Ketan Legenda Batu dan masih banyak yang lainnya Di sekitar Museum Angkut Malang. Sedangkan di dalam area Museum, kita bisa mendapati Pasar Apung yang menjajakan makanan tradisional yang tidak kalah enak. Untuk bisa menikmati naik sampan yang berada disungai anda bisa melakukannya dengan gratis , namun jika ingin didayungkan anda bisa membayar Rp. 10 ribu tiap orangnya.

Toilet Umum

Untuk toilet umum, sudah banyak disediakan kawasan objek wisata Museum Angkut terdapat ini.

Tempat Parkir

Apabila anda menggunakan kendaraan pribadi, di lokasi objek wisata Museum Angkut terdapat area parkir cukup luas.

Toko Souvenir atau Oleh-oleh

Jika Anda ingin membeli souvenir atau oleh-oleh bagi orang-orang dirumah dan orang-orang yang menantikan kepulangan anda, maka Anda bisa datang ke stand makanan dan penjual pernak pernik di penghujung rute.

Tempat Ibadah

Tempat ibadah juga disediakan dalam tempat Wisata Museum Angkut Batu Malang ini. anda bisa menjumpai di tempat parkir dan harus keluar dari area museum.

Tips Berwisata di Objek Wisata Museum Angkut Batu Malang

  • Bagi anda yang menggunakan mobil atau kendaraan pribadi sebaiknya datang agak awal agar bisa mendapatkan tempat parkir yang lebih dekat dengan pintu masuk.
  • Bagi anda yang ingin berkunjung di tempat Wisata Museum Angkut Batu Malang ini, kami sarankan anda payung, karena museum angkut ini memiliki area indoor ada juga yang outdoor.
  • Sebelum menuju tempat Wisata Museum Angkut Batu Malang ini, siapkan tenaga ekstra karena dibutuhkan tenaga lebih untuk menyusuri setiap sudutnya.
  • Wisata Museum Angkut Batu Malang memiliki area yang sangat luas, jadi bagi pengunjung wanita sebaiknya gunakan sepatu kets dan jangan menggunakan sepatu berhak atau high heels.
  • Anda akan dilarang untuk membawa makanan (kecuali makanan bayi), menyalakan api dan tentunya merokok serta membawa senjata tajam dan juga hewan peliharaan.

Demikianlah informasi seputar Objek Wisata Museum Angkut Batu Malang yang bisa kami sampaikan. Semoga kunjungan Anda di sana menyengkan dan mengesankan dan semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 comments

News Feed