Tips Untuk Memulai Usaha Penitipan Anak Yang Sukses dan Amanah

Usaha Penitipan Anak

Usaha penitipan anak merupakan salah satu jenis usaha yang menguntungkan dan tidak terlalu membutuhkan keahlian khusus dalam pelaksanaannya. Usaha penitipan anak merupakan usaha yang menggiurkan karena dalam hal ini masih jarang yang melirik bisnis ini. Kebutuhan akan jasa penitipan bisa dibilang lumayan tinggi, banyaknya orang tua yang mengalami masa-masa sulit untuk memilih menjaga anak atau melanjutkan pekerjaan. Hal tersebut membuat usaha ini akan dicari-cari oleh kalangan ibu-ibu pekerja yang ingin menitipkan anaknya selagi waktu bekerja.

Tidak terlalu banyak yang kalian harus lakukan dalam memulai usaha penitipan anak, hanya saja yang perlu kita perhatikan dengan baik ialah menjaga kepercayaan pelanggan. Adapun dalam permodalan yang harus kalian keluarkan dalam pembuatan usaha ini hanyalah tempat, perizinan, serta baby sister.

Langkah yang perlu kalian lakukan dalam memulai usaha mendirikan jasa penitipan anak ialah sebagai berikut:

Bagaimana Langkah Mengembangkan Usaha Penitipan Anak

Evaluasi kebutuhan

Sebelum benar-benar mendirikan jasa penitipan anak, baiknya kalian mengevaluasi terlebih dahulu apa yang harus dibutuhkan dalam penyediaan jasa penitipan anak. Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah dengan mencari info-info tentang penitipan anak dan pasar mana yang akan kalian pilih dalam memulai usaha penitipan.

Ada cara yang baik dalam mencari info-info kebutuhan yang harus disediakan oleh kalian adalah dengan berbincang langsung kepada orang tua tentang kebutuhan apa yang harus kalian lengkapi agar penitipan kalian terasa nyaman bagi anak dan orang tua anak.

Ada beberapa cara yang perlu kalian lakukan untuk mencari info kebutuhan :

  1. Mulailah mewawancarai beberapa orang tua serta tanyakan model seperti apa yang mereka inginkan, butuhkan dan sejauh mana layanan yang perlu diberikan,
  2. Mengetahui data sensus di tempat kalian merupakan nilai plus bagi kalian dalam melihat berapa yang memiliki anak kecil, jumlah pernikahan dan ibu-ibu pekerja.

Pergilah ke Penitipan Anak di Daerah atau Luar Daerah

Jangan terlalu terburu-buru dalam melakukan usaha penitipan anak, perlukan perbanyak informasi seputar penitipan anak yang ada didaerah kalian atau diluar daerah. Cari tau seperti apa letaknya dan bagaimana pelayanan yang diberikan oleh jasa penitipan tersebut. Agar ketika kalian sudah merealisasikan bisa memberikan pelayanan dan kenyamanan yang lebih baik. Dalam melakukan survey hal yang perlu kalian pertimbangkan ialah:

  1. Anak usia berapa yang sudah dilayani
  2. Bagaimana mengatur jam oprasional kantor dalam pelayanannya
  3. Tipe seperti apa yang mereka tawarkan dalam usah penitipan tersebut
  4. Berapa banyak usaha penitipan anak yang ada didaerah kalian dan kelebihan serta kekurangan dari tiap usaha tersebut perlu kalian ketahui untuk pembanding

Segera Putuskan Ingin Membangun Usaha di Tempat Khusus atau di Rumah

Dalam usaha penitipan anak ada beberapa spesifikasi yang perlu kalian ingat. Pertama apakah kalian akan membangun usaha di rumah? Data membangun usaha dengan membeli atau menyewa tempat di luar rumah? Tiap spesifikasi yang akan kalian pilih menentukan seberapa besar anggaran yang akan dibutuhkan untuk mewujudkan.

Namun hal yang perlu diketahui dalam menentukan spesifikasi yang akan kalian pilih apabila:

  1. Dalam spesifikasi usaha penitipan anak dilakukan di rumah maka tidak terlalu membutuhkan biaya yang besar dan juga dari segi waktu oprasional lebih fleksibel karena kalian berada di rumah. Dan terpenting lagi ialah dalam urusan perizinan biasanya tidak terlalu ketat apabila usaha dijalankan di rumah.
  2. Bila kalian memilih spesifikasi usaha diluar rumah maka anggaran yang akan kalian keluarkan besar dan juga dalam spesifikasi ini menyediakan peluang yang lebih besar dapa sektor pengembangan dan fasilitas yang akan menghasilkan profit besar.

Usaha Penitipan Anak Sukses dan Amanah

Pilih Tipe Usaha Yang akan DiJalankan

Setelah kalian disibukkan oleh perencanaan, pengevaluasian, dan pencarian info selanjutnya hal yang perlu kalian pertimbangkan adalah memilih tipe usaha yang dijalankan. Dan apa yang kalian tawarkan kepada pelanggan kalian nantinya:

  1. Apakah kalian akan menawarkan jasa penitipan berbasis agama?
  2. Apakah kalian akan memberikan penawaran fasilitas pembelajaran ?
  3. Apakah menawarkan fasilitas bermain anak?

Dengan memilih tipe-tipe apa yang nantinya akan kalian gunakan dalam pelaksanaannya, maka kalian bisa langsung melangkah ke proses realisasi pembuatan usaha penitipan anak yang kalian inginkan.

Pembuatan Anggaran

Hal yang terlupa penulis uraikan ialah pembuatan anggaran dalam mempersiapkan usaha penitipan. Dalam pembuatan anggaran ini akan sangat membantu kalian semua dalam perencanaan masa depan usaha kalian dan memastikan adanya kesempatan sukses berdasarkan sumber daya yang ada.

Proses pembuatan anggaran yang baik adalah dengan kalian mempertimbangkan pengeluaran awal, pengeluaran tahunan, dan pengeluaran biaya oprasional. Dalam pembuatan anggaran, pertimbangkan hal-hal berikut ini:

  1. Biaya izin, inspeksi, dan asuransi
  2. Pengujian kesehatan dan kebersihan
  3. Perangkat keamanan
  4. Makanan, minuman dan perlengkapan lainnya
  5. Gaji pegawai
  6. Biaya sewa, hipotek dan kebutuhan listrik, dan lain sebagainya.

Menyiapkan Lokasi Penitipan Anak

Setelah kalian sudah mempersiapkan perencanaan yang sudah kalian buat, maka hal pertama yang harus dilakukan ialah dengan pergi ke kantor pemerintah daerah guna mempertanyakan persyaratan yang harus dilalui untuk membuka usaha penitipan anak.

Pemilihan Lokasi

Apabila kalian ingin berencana membangun usaha penitipan anak di rumah, langkah-langkah di bawah ini tidak perlu kalian lakukan. Tetapi jika kalian ingin membangun lokasi usaha diluar rumah, hal yang perlu dipertimbangkan adalah:

  1. Lokasi yang nyaman untuk anak dan orang tua
  2. Jarak dengan transportasi umum
  3. Menelusuri keamanan yang ada dilokasi

Meminta Izin

Meminta izin disini bukan meminta izin ke orang tua anak, melainkan dalam usaha penitipan anak ada prosedur untuk mengajukan dan mendapatkan izin usaha untuk mengasuh anak. Berikut beberapa proses yang mungkin perlu Anda ikuti dalam mendapatkan izin:

  1. Menghadiri sesi orientasi untuk mengoperasikan bisnis dan mematuhi hukum yang berlaku.
  2. Mengisi formulir.
  3. Membayar biaya izin.
  4. Melakukan kerja sama dengan pihak-pihak yang berperan dalam pemberian izin.
  5. Mengikuti pelatihan yang berfokus pada CPR, pertolongan pertama, dan sejenisnya.
  6. Menjalani pengecekan latar belakang (dan pemeriksaan sidik jari) untuk Anda dan calon karyawan.
  7. Menjalani pengecekan kesehatan/imunisasi untuk Anda dan calon karyawan.

Carilah Asuransi

Dalam tiap usaha yang akan kalian jalankan, sebaiknya mulai sekarang kalian harus terbiasa dengan asuransi. Karena dalam asuransi akan memberikan ketenangan pada klien dan tentunya kalian juga karena usaha tersebut terlindungi secara financial dan masalah-masalah lainnya.

Dalam pelaksanaannya, usaha penitipan anak akan berkembang baik. Hal yang perlu kalian lakukan ialah memanfaatkan sebanyak mungkin relasi yang kalian miliki baik teman, keluarga, saudara dan kenalan. Mitalah kepada mereka untuk menyebarkan info tersebut agar usaha yang kalian jalankan akan berkembang. Dan jika kalian ingin mendapat profit yang besar maka kalian harus mendatangi kantor-kantor dan menawarkan kerja sama serta memberikan diskon untuk menambah daya saing bisnis.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed