Tips dan Trik Berdagang Valas Untung Besar Untuk Pemula

Tips dan Trik Berdagang Valas Untung Besar Untuk Pemula

Valas adalah sebuah singkatan dari valuta Asing atau Foreign exchange. Tapi kenapa valas? Yaps, karena dalam dunia yang semakin canggih ini. Di Indonesia mulai didminasi oleh dua mata uang yaitu mata uang rupiah (Rp) dan juga mata uang asing (valas). Terus pengertiannya apa? Nah itu akan kita bahas disini agar kalian yang masih belum mengenal valas akan segera mengetahuinya dengan pembahasan yang lebih sederhana.

Pengertian Valas

Pasar Valuta Asing atau yang biasa disebut dengan valas adalah sebuah nilai dari pertukaran nilai mata uang dengan mata uang yang berbeda. Bila diartikan menurut para ahlli “valas adalah mata uang asing yang difungsikan sebagai alat pembayaran untuk membiayai transaksi ekonomi Internasional dan juga mempunyai kurs resmi pada bank central. (Hamdy Hadi 1997:15)”.

Dari pengertian diatas, kita akan menyimpulkan bahwa valas atau valuta asing merupakan alat pertukaran mata uang suatu negara terhadap negara lainnya. Dari pengertian tersebut kalian mungkin akan memiliki hobi baru yang mengasilkan dan sumber pendapatan investasi yang bikin ngiler.

Bayangkan saja, pasar sekuritas memperdagangkan sekitar $22,4 miliar(Rp.266 triliun) per hari, gila nggak tuh. Tapi tidak hanya itu saja, masih ada pasar valas yang memperdagangkan sekitar $5 trilliun (Rp.64 kuadriliun) per hari. Kalian akan menghasilkan banyak sekali uang tanpa harus menggunakan banyak modal besar, dan yang terpenting dalam melihat pergerakan pasar sungguh kalian akan sangat mendebarkan.

Kalian bisa memulai berdagang valas dengan berbagai cara yang nanti akan penulis uraikan dibawah ini:

  1. Mempelajari Dasar-Dasar Perdagangan Valas

Sebelum memulai sebuah hobi yang berhubungan dengan persaingan yang sangat besar, kalian harus memahami terlebih dahulu terminologi dasarnya. Pertama, perlu kalian ingat bahwa jenis mata uang yang akan kalian keluarkan atau jual adalah mata uang dasar. Sederhananya, mata uang yang kalian beli ialah mata uang penawaran, jadi apabila kalian menjual 1 jenis mata uang nantinya akan kalian buat untuk membeli jenis mata uang yang lain.

Nanti hasilnya, kurs atau exchange rate tersebut akan memberitahu kalian berapa banyak mata uang penawaran yang harus kalian keluarkan untuk dapat digunakan membeli jenis mata uang dasar. Contohnya, jika kalian ingin membeli Poundsterling Inggris dengan menggunakan Dollar AS, kalian mungkin melihat kurs seperti ini: USD/GBP=1,589. Ini artinya kalian harus mengeluarkan 1,589 Poundsterling untuk 1 Dollar.

Kalian harus memahami arti bid dan ask pada penjualan valas ini, yang mana harga bid ialah harga yang mana broker kalian membeli jenis mata uang dasar untuk ditukarkan dengan mata uang penawaran. Sedangkan harga ask ialah harga yang mana broker kalian menjualkan mata uang dasar untuk ditukar dengan mata uang penawaran.

Bacalah penawaran valas/forex quote yang berada pada tabel yang mana 2 angka penawaran tersebut sebelah kiri harga bid dan sebelah kanan harga ask. Agar kalian dapat menentukan jenis mata uang yang ingin kalian beli dan jual.

Yang perlu kalian ketahui dalam menentukan jenis mata uang yang akan kalian jual belikan, sebaiknya kalian terlebih dahulu membuat sebuah prediksi tentang perekonomian. Sederhananya, bila kalian mempercayai sebuah berita bahwa ekonomi negara AS akan terus melemah, sehingga akan berdampak buruk terhadap mata uang Dollar. Kalian mungkin akan berpikir ingin menjual mata uang Dollar AS untuk ditukarkan dengan jenis mata uang lain yang memiliki potensi perekonomian yang sedang terus berkembang(kuat).

Namun, kalian tidak hanya akan melihat dari sektor perekonomian secara global saja dalam menentukan jenis mata uang yang akan kalian jual belikan. Tapi, kalian juga harus juga melihat dari sektor posisi perdagangan, sektor pertimbangan politik, dan membaca laporan ekonomi. Dengan demikian dalam penentuan jenis mata uang kalian akan sangat diuntungkan.

Setelah kalian semua telah menentukan mata uang mana yang akan diperjual belikan, maka kalian juga harus mempelajari car menghitung suatu keuntungan. Memperhitungkan keuntungan bisa kalian pelajari dengan pip pengukur perubahan nilai 2 mata uang. Biasanya dalam 1 pip akan setara dengan 0,0001 perubahan nilai.

Yang artinya, bila suatu perdagangan USD/EURO kalian bergerak 1,546 menuju 1,547 maka nilai mata uang kalian akan naik 10 pip. Tinggal kalian kalikan pip yang berubah di rekening kalian dengan kurs saat itu. Hal tersebut akan membuat kalian mengetahui seberapa besar uang yang bertambah atau yang berkurang di rekening kalian.

Membuka Rekening Pada Broker Valas

Berdagang Valas

Sebelum membuka rekening pada broker valas, lakukanlah riset terlebih dahulu dengan mempertimbangkan berbagai faktor seperti kalian sebaiknya menggunakan broker yang sudah mulia berkecimpung dalam dunia industri valas lebih dari 10 tahun. Sebab dengan pengalaman tersebut memberikan sebuah gambaran bahwa perusahaan tersebut mengetahui apa yang akan mereka lakukan dan mengerti bagaimana cara untuk memperhatikan klien.

Setelah kalian melakukan riset dan menentukan broker yang akan bekerja sama dengan kalian, maka segeralah meminta informasi tentang pembukaan rekening. Dalam pembukaan rekening valas, kalian akan memilik 2 opsi yaitu membuka rekening pribadi yang artinya kalian menjalankan perdagangan sendiri atau membuka rekening terkelola. Yang mana, dalam rekening terkelola broker kalian akan menjalankan perdagangan untuk memberikan profit ke rekening kalian.

Mulailah Melakukan Perdagangan

Untuk melakukan perdagangan, kalian bisa mencoba beberapa cara untuk menganalisis pasar secara berbeda:

Analisis Teknis

Pada analisis teknis ini, maka kalian akan meninjau grafik historis untuk memprediksi pergerakan mata uang berdasarkan historis yang terdahulu.

Analisis Fundamental

Dalam analisis ini, kalian akan mencari informasi  tentang isu-isu ekonomi suatu negara dan menggunakan faktor(isu-isu) tersebut untuk membuat suatu pengaruh terhadap keputusan perdagangan.

Analisis Sentimen

Untuk analisis ini sangat subjektif, yang mana kalian mencoba menganalisis mood atau suasana pasar untuk mencari informasi apakah pasar sedang bearish(turun) atau bullish(naik).

Dalam malakukan perdagangan, yang terpenting ialah kalian jangan sampai emosional. Sebab pasar valas selalu bergejolak dan kalian akan berada pada posisi sedang menaiki roller coster. Di mana sentimen akan naik turun mata uang bisa terjadi kapanpun dan di luar dugaan.

Di sini, penulis akan membagikan sedikit tips dalam melakukan perdagangan valas agar kalian semua yang sedang tertarik tidak terburu-buru dan yang sedang ingin belajar bisa kalian ikuti tips tersebut:

  1. Mulailah berdagang valas dengan menggunakan rekening demo terlebih dahulu, agar kalian sedikit mengetahui gambaran real yang akan kalian dapatkan bial menginvestasikan uang secara nyata.
  2. Cobalah untuk tetap fokus terhadap permainan valas ini, dengan hanya menggunakan 2% dari total uang tunai kalian.
  3. Perlu kalian ingat, bahwa kerugian tidak benar-benar terjadi sebelum posisi kalian ditutup. Bila posisi kalian masih terbuka, maka secara otomatis kerugian hanya akan dihitung apabila kalian menutup order.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai bagaimana bermain valas, semoga dari kalian memahami apa yang penulis utarakan. Karena penulis secara hati-hati menjelaskan tentang valas agar kalian semua dapat menerimanya dengan sangat baik.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed