Ini Tips dan Cara Mengatasi Panas Dalam dengan Bahan Alami Paling Ampuh

Mengatasi Panas Dalam

Mengatasi Panas Dalam – Pada dasarnya, panas dalam bukanah bagian dari jenis penyakit melainkan hanya serangkaian gejala yang biasanya menyerang mulut, tenggorokan, dan sistem pencernaan. Dalam beberapa kasus gejala panas dalam muncul seperti sakit tenggorokan, sariawan, bibir pecah, lemas, dan juga sembelit. Mungkin kalian akan langsung menuju apotek untuk membeli serangkaian obat pereda panas dalam.

Padahal, dasar panas dalam sendiri bukanlah bagian dari penyakit, melainkan hanya serangkaian gejala karena tubuh kekurangan asupan gizi dan mineral. Pengobatan panas dalam sendiri tidak perlu menggunakan obat panas dalam yang banyak sekali campuran bahan kimianya. Tapi untuk lebih jelasnya, sebaiknya kita lebih mengenal dahulu mengenai panas dalam, sebelum menentukan obat-obat alami yang akan menjadi rujukan pengobatan alami.

Panas Dalam Adalah

Sebenarnya, dalam dunia kedokteran sendiri tidak mengenal adanya penyakit panas dalam, dalam dunia kedokteran mengartikan panas dalam sebagai serangkaian gejala yang menyerang muut, tenggorokan, dan sistem pencernaan.

Sebenarnya istilah panas dalam sendiri berakar dari ilmu kuno kedokteran tiongkok. Sejak berab-abad lamanya, kedokteran tiongkok mempercayai bahwa suhu tubuh manusia sejatinya selalu seimbang. Yin dan Yang. Kalau seandainya suhu tubuh tidak seimbang dan mengalami gangguan panas dalam berati suhu dalam tubuh terlalu panas. Solusi nya ialah dengan mengkonsumsi minuman penyegar yang mana bisa membantu mengembalikan suhu tubuh agar kembali nomal lagi.

Sedangkan apabila kita meruntut pada kodekteran modern, gejala panas dalam dapat diartikan sebagai gejaa yang disebabkan karena kondisi kesehatan tertentu. Seperti contohnya bibir kering dan mengalami lemas, kemungkinan besar tubuh mengalami kekurangan mineral atau biasa disebut dengan dehidrasi. Sedangkan apabila mengalami panas dalam karena sembelit, kemungkinan besar tubuh mengalami kekurangan asupan serat, vitamin dan juga mineral. Dan apabila panas dalam disebabkan karena sariawan dan juga tenggorokan sakit, kemungkinan besar karena adanya infeksi atau gejala dari penyakit lainnya.

Mengatasi Panas Dalam

Obat Alami Panas Dalam

Sebelum menentukan obat yang akan dikonsumsi, langkah pertama ialah dengan mengenali terlebih dahulu apa penyebab panas dalam dari munculnya gejala-gejala yang sedang kalian alami. Dengan mengali terlebih dahulu, maka kalian akan lebih mudah dalam menentukan metode pengobatan seperti apa yang paling cocok dengan kondisi kalian. Untuk lebih jelasnya mari kita ulas beberapa cara dalam menyembuhkan panas dalam :

Kumur Air Garam

Metode berkumur dengan air garam dapat membantu dalam meredakan sakit pada tenggorokan dan juga sariawan. Cara berkumur menggunakan air garam cukup mudah dengan hanya menyiapkan segelas air putih hangat dan campurkan dengan 1 sampai 2 sendok makan garam. Untuk metode mengobati sariawan cukup berkumur dan difokuskan pada area yang sakit, bila karenaa sakit tenggorokan berkumur dengan mendongakkan kepala.

Kalian dapat melakukan kumur dengan menggunakan air garam selama 30 detik sampai 60 detik lalu buang airnya. Ulangi berkumur selama beberapa saat dan akan mendapatkan hasil yang baik.

Minum Air Mineral

Untuk mengatasi panas dalam karena tenggorokan kering atau bibir pecah-pecah bisa diakibatkan karena kurangnya asupan mineral ke dalam tubuh (Dehidrasi). Pastikan kalian semua untuk rutin minum air mineral dalam jumlah yang cukup dengan minimal 10 gelas sehari secara rutin.

Menggunakan Ampas Teh Celup

Untuk mengatasi sariawan atau bibir pecah-pecah bisa kalian menggunakan ampas dari teh celup. Caranya cukup dengan mengkompres pada bagian yang sakit selama beberapa menit. Daun teh memiliki manfaat dalam melawan peradangan dan juga nyeri. Lakukan kegiatan tersebut 3 kali sehari secara rutin sampai sakit hilang.

Baking Soda

Cara selanjutnya dalam mengobati panas dalam ialah dengan menggunakan baking soda. Manfaat dari baking soda sendiri karena dasarnya baking soda memiliki pH yang lebih tinggi dari 7.0 sehingga dengan memiliki pH yang diatas 7 dapat membantu dalam meredakan panas dalam yang disebabkan karena asam lambung yang terlampau tinggi.

Cara penggunaan baking soda dalam pengobatan panas dalam :

  1. Pertama siapkan baking soda dan ambil 1 sendok makan
  2. Campur dengan segelas air mineral
  3. Aduk sampai rata dan kemudian minum
  4. Ulangi selama beberapa kali sehari namun tidak lebih dari 7 kali

Konsumsi Buah Apel

Mengkonsumsi buah apel sangat membantu dalam enyembuhan panas dalam dan juga bermanfaat untuk kesahatan tubuh. Karena dalam kandungan apel yang tinggi akan vitamin dan juga mineral akan sangat membantu melengkapi kebutuhan tubuh yang kurang. Konsumsi apel minimal 2 kali sehari secara rutin.

Menggunakan Jus Lidah Buaya

Lidah buaya yang memang sudah terjamin daam hal manfaatnya dalam kesehatan sangat bisa diandakan untuk meredakan panas dalam. Selain untuk merawat rambut dan juga jerawat, kandungan dalam lidah buaya sendiri sangat bagus dalam memulihkan peradangan yang terjadi pada lambung.

Caranya cukup dengan menyiapkan satu helai lidah buaya dan juga segelas air minerl lalu blender dan saring. Kemudian minum atau kalian bisa menambahkan madu untuk menguraka rasa dari lidah buaya.

  1. Konsumsi Daun Katuk

Obat herbal yang satu ini merupakan salah satu dari sekian banyak jenis sayur yang bisa dijadikan lalapan saat makan.  Dengan mengkonsumsi daun katuk secara teratur sebagai lauk makanan akan membantu menyembuhkan gejala gejala panas dalam yang sedang diderita. Daun katuk sendiri dijadikan obat panas dalam tradisional karena mengandung kandungan senyawa berupa protein, vitamin K, Pro-vitamin A, serat kasar, kalsium, zat besi, kalium, magnesium, fosfor, vitamin B dan C. Dari kandungan yang banyak sekali kandungan zat besi dan juga vitamin B dan C iniah yang akan membantu dalam menyembuhkan gejala panas dalam, karena kandungan vitamin B dan C dari daun katuk sendiri cukup dalam melengkapi kekurangan asupan vitamin C dalam tubuh.

  1. Kubis atau kol

Gizi yang terkandung dalam sayur kubis ini adalah fosfor, kalium, kalsium, natrium, zat besi, vitamin A B C dan E, dan juga zat lainnya yang masih dalam golongan glutation. Dengan kandungan yang ada dalam kubis ini akan membantu memenuhi semua kebutuhan dalam tubuh dan juga membantu memberbaiki semua fungsi organ dan jaringan yang rusak atau tidak bekerja secara optimal. Nilai lebih dari kubis ini juga dikarenakan sayuran ini sangat mudah ditemukan dan juga dibeli.

Demikian beberapa metode dalam mengobati berbagai gejala panas dalam yang tanpa harus menggunakan obat-obat yang mengandung bahan kimia. Dengan mengkonsumsi makanan dan buah secara teratur dan juga memenuhi asupan minera yang cukup, tubuh tidak akan mengaami gejala-gejaa panas dalam. Sebab gejala panas dalam akan keluar ketika tubuh kekurangan beberapa mineral dan zat yang membantu mengoptimalkan fungsi organ.

Semoga dalam artikel disini memberikan niai manfaat dan pengetahuan yang baru mengenai beberapa metode menyembuhkan panas dalam secara alami. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed