Tips Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami dan Permanen

Dalam kehidupan sehari hari, kita sebagai manusia tentu akan saling berkomunikasi dengan banyak orang lain entah itu rekan kerja, pasangan dan lain sebagainya. Apa yang terjadi apabila saat kita berkomunikasi, bau mulut kita tak sedap? Tentu saja hal ini sangat tidak mengenakkan bagi lawan bicara anda dan anda sendiri juga akan merasa risih. bau mulut memang seringkali menjadi masalah kebanyakan orang, biasanya meskipun sudah sikat gigi, tapi tetap saja tak lama kemudian mulut kembali menimbulkan bau tak sedap. Dalam istilah medis, bau mulut yang tak sedap ini disebut halitosis. Dimana halitosis ini disebabkan karena bakteri yang tumbuh dan menyebar di area mulut sehingga membuat bau mulut menjadi tak sedap. Baga juga : Tips dan Cara Mengatasi Sakit Gigi Berlubang dengan Mudah

Namun tak perlu risau, ada banyak sekali cara menghilangkan bau mulut secara alami dan permanen, memakai cara alami sangat direkomendasikan apabila anda sudah melakukan berbagai cara seperti menyikat gigi, menggunakan obat kumur dan lain sebagainya tapi mulut tetap saja menimbulkan aroma tak sedap. namun sebelum itu, anda harus tahu dulu apa penyebab bau mulut? berikut ini ulasannya:

Penyebab Bau Mulut Tak Sedap

  • Mulut Kering

Hampir semua orang yang mengalami mulut bau, pasti mulutnya kering. ini tidak aneh karena mulut yang kering maka bakteri dan kuman akan nyaman dalam mulut anda. biasanya mulut yang kering disebabkan karena dehidrasi, obat obatan tertentu ataupun bisa juga karena baru saja menjalani radioterapi.

  • Makanan dan Konsumsi Lain

Entah itu makanan, minuman, obat obatan dan jenis konsumsi lain sangatlah berpengaruh terhadap bau mulut anda. terutama makanan, ada banyak sekali makanan yang sangat mudah menimbulkan bau mulut mulai dari petai, jengkol dan masih banyak lagi. apalagi jika makanan tersebut meninggalkan sisa di sela sela gigi, tentu saja mulut akan menjadi bau.

  • Penyakit Gusi dan Plak

Selain sakit gigi, sakit pada gusi seperti bengkak atau pun munculnya plak juga sering menjadi masalah mulut dan ini merupakan penyebab kenapa mulut menjadi bau.

  • Diet atau Puasa

Bagi anda orang islam yang menjalankan puasa, pasti sering mengalami keresahaan dimana mulut menjadi bau kan? ini wajar saja karena seperti yang saya katakan tadi, mulut yang kering akan mudah menjadi bau.

 

Cara Menghilangkan Bau Mulut Tak Sedap Secara Alami dan Permanen.

Setelah mengetahui penyebabnya, kita mulai membahas bagaimana cara mengatasi masalah tersebut? selain sikat gigi, ternyata ada banyak metode menghilangkan bau mulut secara alami, apa saja? simak ulasannya seperti berikut ini:

  • Menggunakan Kayu Manis

Kayu Manis merupakan salah satu bahan alami yang sangat efektif untuk menghilangkan bau mulut. kayu manis memiliki aroma harum dan adanya zat aktif serta senyawa cinnamic aldehyde ataupun minyak essens alami yang dapat membasmi bakteri dalam mulut dan menyegarkan nafas. untuk cara penerapannya juga sangatlah mudah, anda hanya perlu merebus satu sendok makan bubuk kayu manis ke dalam 500 mili liter air atau bisa juga merebus langsung batag kayu manis secukupnya. apabila rebusan kayu manis sudah menjadi coklat, saringlah larutan kayu manis tersebut. dan gunakan untuk berkumur.

  • Mengonsumsi Teh Hijau

Sama seperti halnya kopi hijau atau yang sering kita sebut green coffee. teh hijau juga sangat nikmat untuk dikonsumsi. namun selain itu, ternyata teh hijau juga dapat membantu mengihlangkan bau mulut yang tak sedap dengan cepat lho. teh hijau dapat membantu menghilangkan bakteri yang ada karena mengandung senyawa polifenol.

Bagi anda yang tertarik untuk mencoba metode ini, langsung saja seduh daun atau kantung teh hijau ke dalam air hangat. lalu minumlah teh tersebut pada pagi hari dan selain diminum, anda juga bisa menggunakannya sebagai obat kumur alami.

  • Cuka Apel

Apel merupakan salah satu buah yang paling mahal, tak heran karena apel memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh selain rasanya yang enak dan segar. selain itu apel juga dapat menghilangkan bau mulut. Ya, cuka apel. kita dapat menggunakan cuka apel untuk menghilangkan bau mulut tak sedap. cuka apel dapat membuat produksi air liur meningkat sehingga meminimalisir mulut kering, dan tentu saja mulut menjadi terhindar dari bau yang tak sedap. selainitu cuka apel juga terbukti ampuh menyeimbangkan pH yang ada dalam mulut supaya bakteri terbunuh. untuk penggunaannya, larutkanlah satu sendok makan cuka apel ke dalam 1 gelas air. lalu minumlah larutan tersebut sebelum makan. ini penting sekali untuk melancarkan pencernaan.

  • Lemon

Bukan hanya apel, lemon juga merupakan salah satu buah yang sangat ampuh untuk menghilangkan bau mulut yang tak sedap. ini disebabkan karena lemon mengandung vitamin C yang tinggi. vitamin C sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. senyawa asam yang ada pada lemon juga terbukti efektif untuk membunuh bakteri penyebab mulut bau. berikut ini adalah langkah pemakaiannya.

Peraslah setengah buah lemon segar ke dalam gelas, jangan lupa tambahkan air hangat.

Jika sudah, gunakan jus untuk berkumur.

  • Apel

Sama halnya seperti cuka apel. anda bisa saja mengonsumsi apel untuk menghilangkan bau mulut. cara ini lebih simpel dimana anda hanya perlu mengonsumsi apel seperti biasa dibanding mennggunakan cuka apel yang sedikit rumit. apel mengandung serat yang tinggi yang dapat membersihkan mulut terutama dari sisa sisa makanan yang tertinggal dan dapat meningkatkan produksi air liur dan menjaga mulut agar tetap lembab. kunyahlah apel secara perlahan sampai halus agar maksimal.

  • Jahe

Siapa bilang jahe hanya bisa dijadikan sebagai bahan alami untuk kesehatan sebagai jamu saja? jahe ternyata mempunyai manfaat lebih dari itu, jahe dapat dijadikan sebagai obat kumur untuk menghilangkan bau mulut secara alami. jahe menganding anti bakteri yang dapat membunuh bakteri dengan cepat. parutlah beberapa rimpang jah secukupnya sampai halus lalu peras sarinya. kemudian, campur air perasan jahe yang sudah dihaluskan tadi beserta air hangat lalu mulailah untuk berkumur. bisa juga dengan cara lain yakni merebus jahe dengan air selama beberapa menit dan minumlah air rebusan jahe.

  • Baking Soda

Baking soda juga bisa menjadi alternatif untuk membuat mulut menjadi lebih wangi.  baking soda dapat menetralkan pH yang ada dalam mulut. untuk pemakaiannya, campurkanlah setengah sendok teh baking soda bersamaan dengan 1 gelas air hangat. kemudian gunakanlah larutan baking soda untuk dijadikan sebagai obat kumur alami. mudah bukan?.

Itulah beberapa cara menghilangkan bau mulut secara alami dan permanen. Selain cara diatas, anda juga harus selalu menjaga kebersihan mulut dengan rutin menyikat gigi pada waktu pagi dan juga malam hari serta menjaga dan memperhatikan konsumsi yang anda makan sehari hari.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 comments

News Feed