Tips Cara Mengatasi Perut Kembung dan Mual Secara Alami

Perut kembung merupakan salah satu gangguan kesehatan yang seringkali terjadi baik itu pada orang dewasa maupun anak anak bayi dan balita. kondisi perut yang kembung tentu saja sangat tidak mengenakkan karena biasanya kita akan mengalami rasa mual dan badan kita pun menjadi tidak nyaman. perut kembung biasanya terjadi karena akibat masuk angin atau bisa juga karena pengaruh konsumsi seperti terlalu banyak minum air dan lain sebagainya. jika terus dibiarkan, maka perut kembung akan menimbulkan berbagai penyakit pada pencernaan seperti kram perut, diare, sesak napas karena saluran pernapasan terganggu sampai nyeri pada perut dan punggung bagian bawah. Baca juga : Tips Membuat Ramuan Alami untuk Obat Sariawan

Perut kembung sendiri adalah keadaan dimana perut terasa penuh dan terjadi penumpukan gas di dalam usus kecil. untuk mengatasinya ada berbagai macam cara dari mulai menggunakan obat obatan tradisional, memaka obat penghilang perut kembung dan lain lain. pada artikel ini, admin akan membahas tips bagaimana cara mengatasi perut kembung dan mual secara alami.

  • Mengonsumsi Jahe

Bahan alami pertama yang bisa kita manfaatkan untuk mengatasi dan mengobati perut kembung dan mual secara alami dengan cepat adalah dengan menggunakan jahe. jahe merupakan satu dari banyaknya jenis rempah yang memiliki kandungan bahan aktif, gingeril dan shogaols yang dapat mengurangi peradangan yang terjadi pada usus. air rebusan jahe juga dapat meminimalisir tumpukan gas pada usus kecil sehingga membantu meredakan perut yang kembung. anda bisa mengonsumsi jahe baik itu dalam bentuk minuman jamu ataupun minuman serbuk jahe yang dijual di apotik apotik. bisa juga dengan membuat nya ramuan jahe sendiri di rumah.

  • Hindari Minuman Bersoda

Suka minum minuman bersoda? jika iya, maka sangat disarankan agar anda mengurangi atau bahkan lebih baik menghindari saja konsumsi minuman bersoda. minuman yang bersoda  sangat tidak baik untuk organ pencernaan karena bisa meningkatkan tumpukan gas di dalam tubuh. pasti anda pernah kan mengalami sendawa yang keseringan setelah meminum minuman bersoda? itu adalah pengaruh karena banyaknya kandungan gas yang berlebihan dan berada di lambung. maka dari itu hindarilah minum minuman bersoda.

  • Minum Teh Chamomile

Salah satu bahan alami yang bisa kita manfaatkan khasiatnya untuk mengobati perut kembung dan mual secara alami yang selanjutnya adalah teh chamomile. teh yang satu ini memiliki sifat anti inflamasi dan anti spasmodik yang efektif untuk membuat perut menjadi lebih nyaman dan menghindarkan dari perut kembung. akan lebih bagus lagi apabila anda menambahkan sedikit sendok madu untuk campuran teh chamomile. bahkan teh chamomila juga mampu mengatasi masalah perut lain seperti diare, sakit perut, mulas kronis, kehilangan nafsu makan dan tentu saja perut kembung dan mual.

  • Jus Jeruk

Tak hanya segar untuk dijadikan sebagai minuman penghilang dahaga saja. ternyata jus jeruk juga dapat mengatasi perut kembung dan mual secara alami denga cepat lho. jeruk mengandung vitamin C yang bagus untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi gas dalam perut. untuk waktu konsumsinya sendiri sangat bagus apabila di lakukan sebelum makan dan tidak dicampurkan dengan besar makanan seperti roti, kentang atau pasta karena enzimnya akan dihancurkan oleh asam tertentu. hindari juga mengonsumsi jus jeruk yang dikombinasikan dengan bahan seperti telur, susu, keju dan lain sebagainya. cukup jus jeruk alami saja.

  • Hindari Minuman Dingin

Seperti yang sudah saya katakan diatas. salah satu ciri khas orang yang mengalami perut kembung dan mual adalah mengalami masuk angin. maka dari itu hindarilah mengonsumsi minuman dingin karena bisa memperparah keadaan. perut yang kembung dan mual, sangat disarankan agar anda mengonsumsi minuman yang hangat saja.

  • Jaga Pola Makan

Ini yang tidak kalah penting, seperti yang kita tahu bersama bahwa salah satu penyebab terbesar perut kembung adalah pola makan yang tak terjaga. terutama dari jumlah porsi makan. mulai sekarang, yuk atur porsi dan pola makan kita sehari hari menjadi lebih teratur. jangan berlebihan dalam mengonsumsi makanan serta seimbangkan dengan minuman yang anda minum.

  • Menggunakan Peppermint

Cara mengatasi perut kembung dan mual secara alami yang selanjutnya adalah dengan memakan pepermint. peppermint mengandung minyak mentol yang tinggi dan berfungsi sebagai anti spasmodik. peppermint sangat efektif untuk mengurangi ketidaknyamanan karena perut yang kembung. namun perlu diingat, jangan mengonsumsi pepermint untuk andayang sedang hamil.

  • Jangan Tiduran Setelah Makan

Biasanya orang yang mengalami perut kembung dan mual nantinya akan mengalami rasa dimana malas bergerak dan akhirnya tiduran. jangan lakukan hal seperti ini karena saat perut kembung dan mual, kita justru diharuskan memperbanyak pegerakan tubuh karena jika tiduran, maka pencernaan tidak lancar dan metabolisme terganggu. maka dari itu seringlah beger, tak harus bergerak dengan olahraga yang melelahkan. cukup bergerak ringan saja misalnya jalan kaki ringan dan lain sebagainya.

  • Mengonsumsi Makanan Hangat

Tips cara mengatasi perut kembung dan mual secara alami yang tak kalah efektifnya adalah dengan mengonsumsi makanan hangat misalnya saja sop? sop akan membuat badan anda terasa lebih hangat serta aromanya membuat anda tidak lagi mengalami rasa mual, selain sop anda juga bisa mengonsumsi berbagai makanan hangat lain yang menurut anda bisa menghangatkan tubuh.

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi Anak

Berikutnya khusus untuk anak anak bayi ataupun balita. ada cara tersendiri untuk mengatasi masalah perut kembung, terapkan beberapa cara berikut ini:

  • Mengkompres dengan Air Hangat

Salah satu cara mengatasi perut kembung pada anak adalah dengan mengompres hangat, ini akan membuat suh hangat pada bayi dan membuat bayi menjadi rileks. caranya juga mudah, anda cukup merendam handuk lembut pada air panas namun jangan sampai kepanasan, hangat saja, kemudian tempelkan atau kompres pada perut anak bayi anda.

  • Hindari Makanan Tertentu

Ada beberapa makanan yang harus bayi anda hindari jika tidak ingin mengalami perut kembung dan rasa mual. seperti halnya kubis, kale, kembang kota, brokoli, kacang, buah pir dan hindari juga makanan yang mengandung lemak dan gula tinggi karena bisa menyebabkan perut kembung.

  • Memijat

Tips berikutnya untuk mengobati perut kembung pada anak bayi adalah dengan memijatnya. pijat adalah salah satu cara yang efektif untuk membantu meredakan gas yang ada pada perut agar cepat keluar dari usus. cukup menggosokan minyak aitun ataupun mustar yang hangat di tangan dan pijatlah perut bayi pelan pelan searah jarum jam selama beberapa menit untuk meredakan perut kembung.

Itulah beberapa cara mengatasi perut kembung dan mual secara alami. Dengan adanya tips diatas, semoga bisa membantu anda untuk menjadi solusi saat mengalami masalah perut kembung dan rasa mual dengan mudah.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed