Tips Ampuh Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dan Permanen

Rambut merupakan salah satu bagian terpenting dalam sebuah penampilan selain kulit wajah tentunya. Tak jarang banyak orang yang rela mengeluarkan biaya mahal mahal untuk memenuhi kebutuhan perawatan rambut. Namun sama halnya seperti wajah, rambut seringkali mengalami gangguan kerusakan seperti bercabang, rambut yang kering, kusam, rontok ataupun ketombe. Pada artikel ini admin akan membahas seputar ketombe pada rambut dari mulai penyebabnya, ciri ciri dan bagaimana cara menghilangkan ketombe secara alami dan permanen. karena seperti yang kita tahu bahwa ketombe adalah kerusakan rambut yang paling sering di alami orang baik itu pria maupun wanita.

Ketombe sendiri adalah kerusakan rambut dimana terjadi pengelupasan sel kulit mati pada bagian kulit kepala dan biasanya disebabkan karena pengaruh jamur atau bisa juga karena kesehatan rambut yang kurang baik. apabila dibiarkan terus menerus, ketombe tentu akan membuat kulit kepala tampak mengelupas yang membuat rambut kepala menjadi kotor bahkan tak jarang timbul gatal gatal dan tentu hal ini membuat kita menjadi tidak nyaman bukan?.

Penyebab Ketombe

Seperti biasa, sebelum kita melanjutkan membahas bagaimana cara mengatasi ketombe rambut kepala, kita akan terlebih dahulu membahas apa saja sih penyebab rambut ketombe? ini penting sekali untuk agar anda bisa menjaga lebih baik lagi supaya tidak mengalami ketombe lagi nantinya. Berikut ini beberapa penyebabnya

Rambut Kotor

Seperti yang sudah saya bilang diatas, bahwa salah satu penyebab rambut ketombe adalah karena kotoran pada rambut. hal ini bisa saja terjadi apabila anda jarang mencuci rambut menggunakan shampo?.

Jamur Malassezia

Jamur juga menjadi salah satu penyebab rambut ketombe yang cukup seirng terjadi, jamur malassezia ini merupakan jamur yang hidup pada bagian kulit yang terdapat rambut terutama rambut kepala.

Kulit Kepala Berminyak

Pernah merasa bahwa kulit kepala basah? Ya, sama halnya seperti kulit wajah, ternyata kulit pada bagian rambut kepala pun bisa berminyak, apabila ini terjadi, maka minyak tersebut akan memicu kotoran seperti debu dan juga sel sel kulit mati yang bercampur.

Kulit Kepala Kering

Selain berminyak, banyak orang yang mengalami ketombe ini dikarenakan kulit kepala yang kering. hal ini sering terjadi karena kulit yang kering, tentu akan mudah mengelupas sehingga membuat ketombe.

Tidak Cocok dengan Produk Perawatan Rambut

Ada banyak sekali orang yang justru mengalami kerusakan rambut saat setelah menggunakan produk tertentu. misalnya saja shampo, apabila hal ini terjadi, kemungkinan itu dikarenakan kulit kepala dan rambut anda memang tidak cocok dnegan produk tersebut. solusinya tentu hindari lagi memakai produk seperti itu.

 

Cara Menghilangkan Ketombe Kering dan Basah Secara Alami dan Permanen

Apabila sudah paham dengan beberapa penyebab ketombe seperti diatas, langkah selanjutnya tentu anda harus paham betul apa saja cara yang bisa kita lakukan untuk bisa mengatasi atau mengobati ketombe secara alami dengan obat tradisional. beberapa cara tersebut diantara lain:

Menggunakan Kuning Telur

Bahan alami pertama yang bisa kita manfaatkan untuk mengatasi dan menghilangkan ketombe pada rambut kepala adalah kuning telur. bahan ini mengandung protein, vitamin dan asam lemak serta antioksidan yang cukup, sangat bagus untuk kesehatan dan kebersihan rambut. untuk cara menggunakannya juga sangatlah mudah, anda hanya perlu menyiapkan 1 butir telur saja dan ambil bagian kuning telurnya, aduk sampai merata dan balurkan ramuan kuning telur tersebut ke seluruh bagian kulit dan rambut kepala secara merata dan menyeluruh.

Langkah terakhir, bilas dengan air bersih dan shampo untuk menghilangkan bau dari kuning telur tadi.

Menggunakan Yoghurt

Bukan hanya kuning telur saja. yoghurt juga bisa kita gunakan untuk menghilangkan ketombe secara alami dan permanen. yoghurt ini adalah susu yang di fermentasikan dan mengandung probiotik. yoghurt sangat efektif untuk membasmi jamur yang ada pada kulit kepala dan rambut. bagi anda yang tertarik untuk mencobanya juga sangat mudah kok langkahnya, anda hanya perlu menyipakan yoghurt secukupnya dan tinggal oleskan saja ke rambut kepala disertai pijatan ringan lalu langkah terakhir adalah membilas kembali dengan air shampo.

Dengan Bawang Putih

Selain seringkali digunakan sebagai bahan masakan dapur, bawang putih ternyata juga memiliki khasiat untuk dijadikan sebagai bahan alami perawatan rambut. bawang putih sangat efektif untuk mengatasi ketombe karena mengandung anti jamur dan anti bakteri. siapkanlah 1 sampai 2 bawang putih dan kupas kulitnya, lalu haluskan dengan ditumbuk ataupun parut. setelah itu tambahkan sedikit air dan aduk sampai merata. gunakanlah ramuan ini sebagai masker alami rambut dan jika sudah dioleskan, diamkan dulu selama beberapa puluh menit, kemudian jika sudah bilas kembali rambut.

Menggunakan Lidah Buaya

Semua orang tentu tahu betul bahwa tanaman lidah buaya merupakan bahan alami yang paling populer untuk urusan perawatan rambut. lidah buaya mengandung vitamin C,A,E dan anti bakteri serta anti jamur. selain bisa digunakan untuk meluruskan rambut. lidah buaya juga dapat mengatasi kerusakan rambut karena ketombe. caranya adalah dengan menyiapkan 1 lidah buaya dan kupas lalu ambil gelnya, kemudian haluskan bisa pakai blender sampai menjadi seperti pasta, balurkanlah pada rambut dan kulit kepala yang mengalami ketombe secara menyeluruh. ingat, jangan terlalu berlebihan juga dalam menggunakan lidah buaya .

Dengan Teh Hijau

Tak hanya sekedar nikmat untuk dinikmati sebagai minuman hangat saja, teh hijau ternyata punya manfaat lain untuk perawatan rambut. ya, teh hijau sangat efektif untuk menghilangkan ketombe rambut secara alami dan permanen. tanaman teh hijau mengandung vitamin C dan E serta antioksidan yang sangat bagus untuk kesehatan dan kekuatan rambut. cara menggunakannya juga terbilang simpel, seduhlah teh hijau dengan menggunakan air hangat dan diamkan beberapa menit sampai sedikit lebih dingin, tinggal balurkan ke rambut atau kulit kepala yang ketombe dan diamkan beberapa menit. langkah terakhir adalah dengan membilas rambut.

Itulah beberapa cara menghilangkan ketombe secara alami dan permanen. Semoga dengan adanya tips diatas bisa membantu anda untuk menemukan solusi terbaik untuk mengatasi masalah ketombe pada rambut.

 

Ciri Ciri Ketombe Akut

Ohya perlu anda perhatikan, ada jenis ketombe akut, ketombe jenis ini akan sangat susah untuk dihilangkan. ada baiknya anda tahu ciri cirinya, berikut ini adalah ciri ketombe akut.

Rambut Selalu Berminyak

Biasanya kulit kepala tidak akan lama mengalami berminyak, jika kulit kepala selalu berminyak setiap hari dan terus menerus, berarti ini adlaah ciri ketombe akut.

Rontok Parah

Rambut yang rontok parah juga menjadi salah satu ciri ketombe akut. perhatikanlah kondisi kerontokan rambut anda, apabila sudah parah sekali, segeralah untuk melakukan perbaikan kesehatan rambut dengan memberikan nutrisi untuk rambut.

Gatal yang Berlebihan

Rambut ketombe sudah pasti gatal, tapi jika gatal berlebihan, ini kemungkinan besar karena gejala ketombe akut.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed