5 Tempat Wisata di Lombok yang Cantiknya Kebangetan

Wisata Lombok Tempat wisata apa yang terkenal di Lombok? Pantai Senggigi atau Gili Terawangan? Kedua destinasi tersebut sudah barang tentu pernah kamu dengar namanya, bahkan dua tempat tersebut sudah terkenal sampai ke luar negeri. Selain wajib mengunjungi kedua destinasi tersebut, kamu juga bisa mengunjungi lima destinasi yang tidak biasa ini saat liburan di Lombok. Apa saja? Yuk, simak daftarnya.

  1. Pura Meru

Pura Meru adalah salah satu pura besar umat Hindu tertua di Lombok. Konon, pura ini dibangun pada masa Kerajaan Karangasem Sasak berjaya. Pura Meru dibangun pada tahun 1720 dan masih berdiri tegak dan indah sampai sekarang. Oleh karena itu selain sebagai tujuan wisata religi, Pura Meru juga sering dikunjungi oleh wisatawan untuk mengeksplorasi wisata sejarah dan menikmati keindahan arsitektur pura yang cantik.

Pura ini memiliki tiga bagian utama, yaitu bagian barat yaitu Rumah Kulkul atau Kentongan, wilayah tengah sebagai tempat sembahyang, dan wilayah timur yang merupakan letak tiga buah pura yang menjulang tinggi. Tiga buah pura tersebut diberi nama Pura Brahma, Pura Syiwa, dan Pura Wishnu. Ketiga pura tersebut melambangkan tiga dewa utama umat Hindu. Masing-masing pura dipisahkan oleh tembok. Pura Brahma dan Syiwa hanya dibuka satu kali dalam satu tahun, yaitu pada perayaan Piodalan yang jatuh pada tanggal 23 September.

Di seberang lokasi pura ini juga terdapat Taman Mayura atau Taman Burung Merak yang indah sehingga sayang dilewatkan ketika berkunjung ke Pura Meru. Terletak di Kota Mataram tepatnya di jalan Udayana no 14, pura ini mudah dijangkau dari Bandara Selaparang dengan jarak hanya 5 km.

  1. Pura Batu Bolong

Keunikan Pura Batu Bolong terdapat pada lokasinya yang berada di atas batu karang yang berlubang besar di bagian bawahnya. Ketika air laut surut, lubang besar di bagian bawah batu karang ini dapat dilewati seperti gua. Lokasinya yang menjorok ke laut dan langsung berhadapan dengan Selat Lombok dan Gunung Agung Bali, membuat pura ini sangat patut dikunjungi untuk menikmati keindahan pemandangan alam. Tak heran, para turis biasanya datang ke pura ini sengaja untuk menyaksikan keindahan sunrise atau sunset yang memang sangat cocok dipandang dari pura ini.

Selain itu, lokasinya yang tidak terlalu jauh dari Pantai Sengigi yaitu sekitar 5 menit perjalanan membuat pura ini hampir selalu disinggahi wisatawan. Para pengunjung yang datang ke pura ini diwajibkan pakai selendang kuning yang diikatkan di pinggang. Pada hari-hari tertentu, Pura Batu Bolong ini digunakan sebagai tempat upacara keagamaan oleh masyarakat yang beragama Hindu. Namun, meskipun tidak ada perayaan, banyak masyarakat yang meletakkan sesajen di sekitar pura ini sebagai persembahan.

Dari Mataram, pura ini hanya berjarak 15 km dan mudah dicapai dengan menggunakan moda transportasi umum. Fasilitas di sekitar tempat wisata ini cukup lengkap seperti penginapan, warung makna, toko oleh-oleh, dan toilet sehingga cukup nyaman dikunjungi.

  1. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani adalah gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia dengan tinggi 3.726 mdpl. Gunung Rinjani merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani. Daya tarik utama gunung ini ada pada Danau Segara Anak yang terletak di ketinggian lebih dari 2.000 mdpl di puncak Rinjani. Wisatawan yang mendaki gunung ini biasanya berkemah di tepi danau ini dan menikmati Segara Anak dengan cara memancing.

Selain Danau Segara Anak, di Gunung Rinjani juga terdapat objek lain yang menarik yaitu Gua Susu, air terjun, sumber air panas, kawah gunung Batu Jari di tengah-tengah Danau Segara Anak, savana Sembalun Lawang, dan hulu sungai Koko Puteq. Pendakian Gunung Rinjani sering dilakukan wisatawan, apalagi menjelang hari kemerdekaan 17 Agustus. Ada dua jalur pendakian yang bisa dipilih untuk mencapai puncak, yaitu jalur yang melewati Senaru Lombok Barat dan Sembalun Lombok Timur.

  1. Desa Sukarara

Wisata di Lombok satu ini menyuguhkan sebuah Desa sebagai objek wisatanya. Desa Sukarara merupakan desa wisata yang sebagian besar penduduknya, terutama perempuan berprofesi sebagai penenun kain tradisional. Desa Sukarara berada di Kecamatan Jonggot, Lombok Tengah, terletak 25 km dari Kota Mataram. Desa ini dijadikan sebagai pusat industri pembuatan kain songket. Tak heran, banyak wisatawan yang datang ke sini untuk membeli kain tenun dan melihat langsung proses pembuatannya. Banyak toko yang menjual kain tenun di sepanjang jalan desa ini sehingga para pengunjung puas memilih berbagai jenis dan motif kain yang sesuai dengan selera mereka.

Meskipun peralatan untuk menenun mereka masih sederhana, tapi kualitas hasil tenunan mereka bagus. Apalagi motifnya tidak biasa, berbeda dengan motif kebanyakan kain tenun yang beredar di pasar. Pola-pola dalam motif di kain tenun khas Desa Sukarara diambil dari gaya hidup kuno Pulau Lombok seperti motif rumah adat, motif lumbung padi, dan motif tokek. Bahan pewarna yang digunakan adalah pewarna alami sehingga menggambarkan nuansa tradisional Desa Sukarara seperti coklat kemerahan pohon mahoni, coklat muda batang jati, dan warna ungu kulit manggis atau anggur.

  1. Desa Sade

Desa Sade adalah perkampungan kecil tradisional yang masih dihuni oleh penduduk asli Suku Sasak. Sebagian besar penduduknya masih menjaga keaslian budaya leluhur dan kearifan lokal zaman dahulu. Di desa ini masih terdapat rumah tradisiona lSuku Sasak yang  masih asli dan terbuat dari bambu dan atap ilalang kering. Penduduk laki-laki di desa ini sebagian besar berprofesi sebagai petani, sedangkan para perempuan menenun kain songket untuk dijual.

Sejak tahun 1989 oleh Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat, desa ini ditetapkan sebagai desa wisata. Meskipun sebelumnya, sudah banyak wisatawan domestik dan bahkan dari mancanegara yang datang ke desa ini. Di desa ini para wisatawan dapat menikmati suguhan tarian kesenian Gendang Beleq dan tari Oncet pada waktu-waktu tertentu. Jarak desa ini dari Bandara Internasional Lombok adalah 8 km. Lokasinya berada di Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah.

Bagaimana, daftar wisata di Lombok di atas sangat menggoda bukan? Yuk, rencanakan liburanmu ke Lombok sekarang juga

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed