Tempat Wisata di Gorontalo yang High Recommended

Wisata Gorontalo  – Sudahkah Anda menemukan tempat spesial untuk berlibur? Bertandang ke kawasan Gorontalo bisa Anda pilih. Tak perlu ragu, Kota yang sering disebut Kota Hulontalo atau terkenal dengan julukan “Kota Serambi Madinah” ini menawarkan keindahan negerinya sebagai destinasi wisata yang memukau.

Tidak percaya? Yuk, buktikan dengan mengunjungi 6 tempat wisata di Gorontalo berikut ini.

  1. Danau Limboto

Danau Limboto adalah danau terbesar di Provinsi Gorontalo. Jaraknya yang dekat dengan pusat kota, yaitu 8 km, menjadi kelebihan tersendiri sehingga danau ini ramai dikunjungi oleh wisatawan yang tidak punya terlalu banyak waktu saat berada di Gorontalo. Pesona Danau Limboto paling sempurna ketika musim bunga tiba. Teratai dan tumbuhan air lainnya akan berbunga dan memperindah wajah Limboto yang sudah terkenal dengan keeksotisannya.

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di Danau Limboto. Selain menikmati pemandangan pagi atau sore hari yang indah, kamu juga bisa menikmati ikan bakar segar bersama sambal dabu-dabu olahan nelayan setempat. Danau Limboto juga bisa dinikmati menggunakan perahu, ada banyak pilihan jasa dayung yang ditawarkan oleh penduduk perkampungan di sekitar danau.

Pada bulan September, biasanya diadakan Festival Pesona Danau Limboto. Bulan September dipilih karena pada bulan tersebut biasanya Danau Limboto kedatangan burung migran yang beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan panjangnya ke arah selatan. Selain pesona burung-burung migran ini, pada saat festival juga diadakan atraksi budaya yang dapat menarik perhatian wisatawan.

  1. Benteng Otanaha

Benteng Otanaha adalah simbol perlawanan penduduk Gorontalo terhadap penjajahan bangsa Portugis. Sama seperti dengan benteng pada umumnya, Benteng Otanaha berbentuk tanah lapang luas yang dikeliling oleh tembok tinggi nan kuat. Untuk bangunan yang berdiri sejak ratusan tahun lalu, benteng ini sangat kuat karena masih kokoh berdiri hingga sekarang. Konon, batu-batu penyusun benteng ini hanya dilekatkan menggunakan putih telur burung Maleo, burung endemik Gorontalo.

Letak Benteng Otanaha ada di atas perbukitan Dembe I, Kecamatan Kota Barat, 8 km dari pusat Kota Gorontalo. Untuk mencapai benteng ini kamu harus menyiapkan stamina yang cukup karena harus mendaki sebanyak 351 anak tangga. Jangan khawatir kelelahan, karena sepanjang area pendakian tersebut sudah disediakan 4 buah pos sebagai tempat beristirahat jika kamu merasa kelelahan sambil menikmati pemandangan di sekitar.

Dari puncak benteng, kamu bisa menikmati keindahan Danau Limboto, sawah-swah yang terbentang luas, pepohonan yang hijau serta pusat Kota Gorontalo. Pemandangan yang dapat dinikmati dari puncak benteng ini seluas mata mata memandang alias 360 derajat.

  1. Makam Keramat Ju Panggola

Mau berwisata ke tempat yang agak mistis? Gorontalo punya Makam Keramat Ju Panggola. Berjarak sekitar 7 km dari Pusat Kota Gorontalo, makam ini ramai didatangi wisatawan karena ingin membuktikan mitos yang menyebutkan bahwa tanah di pemakaman ini keramat dan berbau harum.

Iya, mitos tersebut berisi bahwa barang siapa yang mengambil tanah di sekitar makam Ju Panggola, maka rezekinya akan lancar dan penyakit yang diderita akan segera sembuh. Selain itu, di dekat makam tersebut terdapat sebuah masjid yang konon katanya jika berdoa di dalam masjid tersebut maka permintaannya akan dikabulkan.

Ju Panggola sendiri adalah sebuah julukan yang berarti ‘Pak Tua’. Kata tersebut mengacu kepada sosok mistis yang terkadang terlihat di sekitar makam ini. Lokasi makam ini terletak di atas perbukitan setinggi 50 meter, sehingga para pengunjung harus mendaki sejumlah anak tangga untuk sampai ke lokasi makam.

  1. Pulau Saronde

Pulau Saronde adalah tempat wisata Gorontalo yang menyajikan pulau eksotis tak berpenghuni yang akhir-akhir ini mulai hits di kalangan wisatawan. Keindahan alamnya yang masih asri dan perawan, membuat banyak wisatawan dari negeri tetangga tertarik berkunjung ke sini. Apalagi, letaknya dekat dengan Filipina. Kombinasi pantai, pasir, laut, dan suasana tenang jauh dari hiruk pikuk menjadi daya tarik utama pulau ini.

Keunggulan lain pulau ini yang membuatnya harus dikunjungi adalah Festival Saronde yang diadakan pada setiap bulan Juli. Di festival ini ada banyak kegiatan yang bisa dinikmati yaitu lomba perahu hias, lomba lari pantai, lomba perahu ketinting, lomba memancing, lomba voli pantai, kemah wisata remaja, pemilihan Puteri Saronde, pemilihan Beach Boys, dan pertunjukan hiburan lainnya.

Wisata kuliner juga menjadi andalan Pulau Saronde. Menikmati hidangan hasil laut langsung di tepi pantai tentu sangat mengasyikkan. Ada beberapa andalan kuliner di Pulau Saronde, seperti Cakalang Pilitode atau ikan cakalang yang dimasak dengan santan kental dan rempah kering.

  1. Taman Nasional Bogani Nani Wartabone

Gorontalo juga mempunyai taman nasional yaitu Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW). Wilayah TNBNW meliputi wilayah dua provinsi yaitu Gorontalo dan Sulawesi Utara. Nani Wartabone adalah nama pahlawan asal Gorontalo yang kemudian diabadikan menjadi nama taman nasional ini.

Di taman nasional ini terdapat banyak sekali jenis flora dan fauna yang hidup bebas. Para pecinta alam wajib datang ke sini. Jangan khawatir, ada beberapa fasilitas yang bisa kamu manfaatkan jika berkunjung ke TNBNW antara lain yaitu shelter, wisma tamu, wisma peneliti, laboratorium, jalan kecil untuk tracking, dan camping ground.

Berkunjung ke TNBNW sebaiknya pada bulan Maret atau Mei karena pada kedua bulan tersebut diadakan festival. Pada bulan Maret terdapat Atraksi Budaya Festival Baloong Mongondow dan pada bulan Mei terdapat Festival Gorontalo. Kawasan TNBNW ini terletak 20 km dari Kota Gorontalo.

  1. Masjid Walima Emas

Di Gorontalo juga terdapat wisata religi yang berpadu dengan keindahan alam Gorontalo. Adalah Masjid Walima Emas yang terletak di Desa Bongo Kecamatan Batuda’a Pantai. Lokasi masjid indah ini berjarak 30 menit perjalanan dari pusat Kota Gorontalo. Meskipun jauh, pengunjung yang datang tentu tak akan menyesal karena kemegahan masjid dan pemandangan di sekitarnya sangat memukau mata.

Masjid ini berlokasi di atas bukit dengan ketinggian sekitar 250 kaki di atas permukaan laut, sehingga ketika berada di sana kita bisa menyaksikan langsung pemandangan laut lepas, bukit-bukit di sekitar, rumah-rumah penduduk, dan perahu nelayan yang berjajar rapi di pantai. Kombinasi pemandangan indah tersebut adalah harga yang pantas untuk usaha datang jauh-jauh ke sini dan mendaki bukitnya.

Bagaimana, tertarik untuk berwisata ke Gorontalo? Enam destinasi wisata Gorontalo menakjubkan tersebut menunggumu untuk kamu singgahi.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed