Tempat Wisata di Banyuwangi yang Cantik dan Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata Banyuwangi Banyuwangi adalah salah satu kabupaten di Jawa Timur yang memiliki keindahan alam yang dapat memanjakan mata. Bahkan, pesona alamnya tidak kalah indah dengan Pulau Dewata yang terletak berseberangan dengannya. Banyak traveler yang mulai melirik Banyuwangi untuk disambangi sebagai destinasi wisata. Apa saja tempat yang bisa ditemukan di Banyuwangi? Yuk, kita lihat lima destinasi liburan di Banyuwangi berikut.

 

  1. Kawah Ijen

Kawah Ijen adalah sebuah kawah yang berada di puncak gunung dengan ketinggian 2.368 mdpl. Kawah ini dijuluki sebagai api biru abadi (blue fire) karena sifatnya yang tidak pernah padam dan memiliki pendar biru yang memukau mata. Banyak turis domestik bahkan mancanegara yang mengunjungi kawah ini untuk menikmati keindahannya terutama pada malam atau dini hari. Pendar cahaya birunya memancar menerangi area di sekitarnya yang gelap.

Kawah yang sangat luas dan dalam ini selain indah juga menyimpan bahaya yang tidak kecil, karena suhunya yang sangat panas di dalam kawah. Kawah Ijen bagai kompor raksasa di puncak pegunungan. Meskipun di dalam kawah sangat panas, tapi cuaca di sekitar kawah sangat dingin karena berada di ketinggian. Oleh karena itu, jangan lupa gunakan pakaian hangat ketika mendaki ke sana, selain itu persiapan fisik sebelum melakukan pendakian ke Kawah Ijen juga penting.

Sisi lain kawah ini ada pada penambang belerang yang mendatangi kawasan kawah berbaur dengan para pelancong. Penambang tradisional ini menuruni kawah untuk mengambil belerang hanya menggunakan penutup mulut dan naik lagi dengan beban belerang yang sudah mereka kumpulkan untuk dijual. Berbanding terbalik dengan kemegahan Kawah Ijen, kehidupan keras para penambang ini patut diambil hikmah oleh para wisatawan yang berkunjung ke sana.

 

  1. Pantai Green Bay

Pantai Green Bay atau Pantai Teluk Ijo terkenal sebagai objek wisata karena keindahan pantai ini yang membentuk sebuah teluk dan memiliki permukaan air yang kehijauan. Warna kehijauan ini disebabkan oleh kumpulan alga yang berada di dasar perairan. Perpaduan antara pasir putih yang halus dan warna kehijauan air laut yang indah membuat para wisatawan enggan beranjak dari pantai ini. Apalagi terdapat air terjun setinggi 8 meter yang berada di tepi pantai dan dikelilingi batu-batu karang sehingga membentuk sebuah sudut yang cantik. Selain menambah keelokan pemandangan di sekitar pantai air terjun ini juga dapat dijadikan tempat membilas badan setelah bermain di laut.

Pantai ini berlokasi di Desa Sarongan dan termasuk ke dalam area Taman Nasional Meru Betiri. Berjarak 90 kilometer dari Kota Banyuwangi, pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan pada hari libur. Aktivitas yang biasa dilakukan di pantai ini adalah berenang, snorkeling, menyelam, dan berperahu.

 

  1. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran adalah wisata di Banyuwangi yang sangat tepat dikunjungi oleh pecinta alam, karena di taman nasional ini terdapat banyak jenis flora dan fauna serta memiliki pemandangan alam yang indah. Taman nasional ini berfungsi sebagai kawasan konservasi dan tempat wisata. Sebagai kawasan konservasi, Taman Nasional Baluran adalah habitat dari banyak spesies hewan liar seperti burung bangau, monyet, biawak, dan rusa. Berbagai jenis tumbuhan juga hidup dengan subur di dalam zona konservasi ini, hutannya dipenuhi oleh pohon-pohon kayu yang tinggi. Pengunjung yang datang dapat berinteraksi langsung dengan para penghuni taman nasional ini karena mereka hidup liar di habitat mereka.

Ada berbagai objek wisata di taman nasional ini, antara lain Pantai Bama, Hutan Mangrove Bama, dan Sabana Bekol. Pantai Bama adalah objek wisata yang paling sering dikunjungi dalam kawasan ini karena keindahan alamnya yang memukau mata. Air lautnya jernih dan ombaknya bersahabat. Wisatawan dapat berjemur di atas pasir putih yang halus, snorkeling, dan menyelam di pantai ini.

Hutan Mangrove Bama juga layak dikunjungi sebagai objek wisata dan bahan studi alam. Di hutan mangrove ini, wisatawan dapat menjumpai pohon mangrove tua raksasa yang konon terbesar di Asia. Pengunjung tidak perlu berlelah-lelah menembus akar-akar mangrove untuk berjalan karena disediakan sebuah jembatan panjang (Mangrove Trail) untuk para pejalan dan berujung di laut.

Satu lagi objek wisata yang ada di kawasan Taman Nasional Baluran yang patut dikunjungi yaitu Sabana Bekol. Sabana Bekol adalah sebuah padang rumput yang sangat luas dan indah. Padang rumput ini menjadi habitat berbagai hewan seperti kerbau, rusa, dan berbagai jenis burung. Warna rumputnya yang hijau ketika segar dan rumput yang menguning saat musim kemarau menjadi pemandangan yang memanjakan mata saat berkunjung ke sana.

 

  1. Lori Wisata Kalibaru

Destinasi wisata yang satu ini menawarkan pengalaman naik kereta api melewati rute Stasiun Kalibaru dan Stasiun Mrawan bolak-balik sejauh 18 km. Lori wisata ini diluncurkan oleh PT. KAI pada tahun 2016 lalu untuk mendukung wisata di Banyuwangi. Dengan menaiki lori ini, wisatawan dapat menyegarkan pikiran dengan menikmati hawa sejuk pegunungan.

Di perjalanan wisatawan dapat menikmati pemandangan indah pegunungan Gunung Gumitir dan Gunung Raung, perkebunan kopi, kebun coklat, dan sawah-sawah yang luas membentang. Selain menyegarkan, naik lori ini juga dapat mengasah sedikit keberanian karena rute perjalanan ini melewati dua terowongan yang cukup panjang. Dua terowongan ini, Terowongan Mrawan dan Terowongan Garahan, adalah sisa peninggalan penjajah Belanda. Suasana lembab dan gelap adalah sensasi yang ditawarkan ketika masuk ke terowongan.

Kereta juga melewati sebuah jembatan yang menghubungkan dua buah bukit yang berada di ketinggian 63 meter. Wisatawan yang fobia ketinggian, dapat mengasah nyalinya di sini. Selain itu, pengunjung juga dapat menyaksikan bangunan pabrik pengolahan kopi milik PTPN XII yang sudah beroperasi sejak 1934.

 

  1. Waduk Bajulmati

Waduk yang berlokasi di Desa Bajulmati ini memiliki pemandangan yang indah karena terdapat  pulau-pulau kecil yang bermunculan di tengah waduk seperti di Raja Ampat. Selain menikmati keindahan alam, ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di sini yaitu mengarungi waduk dengan speed boat, outbond, dan atv.

 

Apakah pesona Banyuwangi sudah terbayang di matamu setelah membaca tentang lima destinasi di atas? Banyuwangi memang tidak seterkenal Bali dalam dunia wisata Indonesia, tapi geliat pariwisata di Banyuwangi akhir-akhir ini sudah mulai menggeliat ke arah yang lebih baik. Lima destinasi utama di atas membuktikan bahwa pesona wisata Banyuwangi tak terbantahkan dan tak kalah indah dengan destinasi wisata di daerah lainnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed