9 Tempat Wisata di Amsterdam Belanda yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Amsterdam Belanda yang Wajib Dikunjungi – Ingin berkunjung ke Negeri Kincir Angin? Kamu pasti tak ingin melewatkan berjalan-jalan di Amsterdam dong. Ibukota Negara Belanda ini punya banyak bangunan cantik, tempat bersejarah, dan wisata outdoor yang sayang sekali jika dilewatkan. Apa saja tempat wisata yang harus kamu kunjungi jika ke Amsterdam? Berikut sembilan tempat wisata paling populer di Amsterdam.

 

  1. Museum Madame Tussaud

Siapa yang tak tahu dengan museum ini? Museum yang sekarang sudah ada di beberapa negara di dunia ini juga ada di Belanda. Di museum ini kita bisa melihat dan berfoto dengan patung-patung lilin tokoh dunia atau artis yang mirip sekali dengan aslinya, seperti Mahatma Gandhi, Dalai Lama, dan Nelson Mandela. Lokasinya yang dekat dengan alun-alun kota atau Damsquare memudahkan turis yang ingin berkunjung ke sana.

Baca juga : Wisata Edukasi Taman Pintar Yogyakarta Yang Wajib Dikunjungi

  1. Damsquare

Damsquare adalah alun-alun Kota Amsterdam yang berada tepat di tengah pusat kota, sehingga banyak yang menyebutnya sebagai jantung Kota Amsterdam. Di sekitar alun-alun ini terdapat istana raja, Museum Madame Tussaud, dan gereja dengan arsitektur yang klasik. Alun-alun ini ramai dikunjungi oleh warga kota dan para turis untuk menikmati cuaca jika sedang cerah, ditambah lagi adanya burung-burung merpati yang beterbangan sebagai pelengkap keindahan suasana Dam Square. Ada beberapa seniman jalanan yang beraksi di alun-alun ini untuk menghibur pengunjung. Pada waktu-waktu tertentu di alun-alun ini diadakan pertunjukan atau event besar yang terbuka untuk umum.

  1. Anne Frank House

Anne Frank adalah seorang gadis Yahudi yang bersembunyi bersama keluarganya dari kejaran NAZI selama dua tahun yaitu pada tahun 1942 hingga 1944. Tempat persembunyian mereka adalah sebuah rumah yang kini dijadikan museum. Di dalam rumah ini terdapat banyak display yang menggambarkan kehidupan keluarga Anne, display tentang diskriminasi, penyiksaan, kemerdekaan, dan demokrasi, serta display properti keluarga Anne Frank. Yang paling ramai dikunjungi wisatawan adalah ruangan Anne tempat ia bersembunyi yang disebut Secret Annex. Kisah perjuangan Anne Frank dan keluarga yang bersembunyi di rumah ini diketahui setelah catatan harian Anne Frank ditemukan ayahnya dan disebarkan ke seluruh dunia untuk dipublikasikan dalam banyak bahasa.

  1. Museum Rijks

Museum Rijks adalah museum terbesar di Amsterdam dan termasuk ke dalam daftar top ten museum dunia. Hal ini karena di museum ini terdapat banyak benda bersejarah seperti lukisan-lukisan pelukis Belanda dan pelukis dunia, benda-benda antik khas Belanda, buku-buku tua, dan koleksi fotografi klasik. Benda-benda tersebut berasal dari tahun 1200an hingga tahun 2000an. Total ada 8 ribu objek yang dipamerkan dalam display di pameran ini. Di depan museum ini terdapat tulisan I AmSterdam besar yang menjadi latar belakang foto banyak turis yang sudah berkunjung ke sana.

  1. Museum Het Rembrandthuis

Museum ini dulunya adalah rumah pelukis kenamaan asal Belanda, Rembrandt van Rijn. Museum ini menampilkan semua karya pelukis tersebut dengan karya masterpiecenya yaitu The Night Watch. Jumlah lukisan yang dipamerkan di sini ada 55 buah. Ada beberapa ruang yang bisa dimasuki jika masuk ke museum ini seperti ruang tamu dan ruang melukis.

Selain itu terdapat beberapa ruang lain, seperti ruang pada rumah umumnya. Kebanyakan dari perabotan tersebut masih asli milik keluarga Rembrandt van Rijn sehingga sudah berumur ratusan tahun. Para pengunjung bisa mengikuti tur audio secara gratis. Jika ingin mengikuti kelas gratis tentang pameran lukisan, datanglah pada Jumat malam pukul 19.00.

  1. Museum Van Gogh

Museum Van Gogh adalah museum yang didedikasikan untuk seniman lukis besar asal Belanda, Vincent van Gogh. Terdapat ratusan lukisan hasil karyanya untuk dipamerkan dalam museum ini. Hasil karya van Gogh yang paling terkenal adalah Sunflowers, Wheatfield with Crows, dan The Potato Eaters. Selain itu biografi mengenai kehidupan pelukis ini dan ilmu-ilmu tentang dunia perlukisan juga terdapat dalam museum ini. Letak museum ini ada di jalan Paulus Potterstraat 7.

  1. Keukenhof Tulip Garden

Selain kincir angin, ikon Belanda juga adalah bunga tulip. Nah, di Amsterdam terdapat sebuah taman besar yang khusus memamerkan kecantikan bunga tulip. Warna-warni bunga dan ragam jenisnya memanjakan mata pengunjung yang datang ke sana. Konon, koleksi bunga tulipnya mencapai 7 juta. Wow! Selain bunga tulip, ada banyak jenis bunga yang lain seperti Daffodil dan Anggrek. Pengunjung dapat membeli bunga yang mereka inginkan. Tapi pastikan terlebih dahulu berkunjung ke sini pada saat musim berbunga ya, sekitar akhir Maret hingga pertengahan Mei.

  1. Jordaan

Jordaan adalah sebuah distrik wisata di Amsterdam. Ciri khas Jordaan ada pada kanal-kanal yang melintasi wilayah ini, toko-toko barang seni di tepi jalanan sempit, perumahan warga dengan arsitektur yang unik, dan kafe-kafe yang banyak terdapat di sekitar kawasan ini. Tiga kanal utama yang ada di Distrik Jordaan yaitu Prinsengracht, Herengraht, dan Keizergraht. Sangat disarankan untuk menyusuri kanal ini menggunakan jasa perahu yang ada di sana. Jordaan berasal dari kata jardin dari Bahasa Prancis yang berarti ‘taman bunga’, sesuai dengan keadaan di kawasan ini yang penuh dengan bunga dari pepohonan yang tumbuh di tepi kanal dan jalan.

  1. Royal Palace

Royal Palace dikenal juga dengan nama Palaeis od de Dam, yang berarti Istana Kerajaan. Bangunan istana yang letaknya dekat dengan Dam Square ini sangat lekat dengan arsitektur klasik khas Belanda yaitu adanya dome (kubah) di bagian atap dan baling-baling penunjuk arah angin di atasnya. Royal Palace terbuka untuk umum dan berfungsi sebagai tempat pertunjukkan karya senin berupa patung, lukisan indah, lampu-lampu gantung yang mewah, dan lain sebagainya. Selain dibuka untuk pengunjung umum, Royal Palace juga digunakan keluarga kerajaan untuk menerima tamu-tamu penting.

Amsterdam memang menawarkan bentuk wisata yang tidak biasa. Wisata outdoor berupa Dam Square, Jordaan, dan Keukenhof Tulip Garden menjadi juaranya, sedangkan untuk wisata indoor beberapa museum menjadi andalan kota ini. Sudah tahu tujuannya, sekarang kumpulkan dananya dulu agar bisa terbang ke Belanda dan berkunjung ke sembilan tempat wisata di Amsterdam kece di atas. Selamat menabung.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed