Spot Wisata Coban Putri Batu Malang Ngehits dengan Gardu Pandang Unik

Spot Wisata Coban Putri Batu Malang Ngehits dengan Gardu Pandang Unik

Malang memang terkenal dengan keindahan alam dan keindahan wisatanya yang sangat menarik dan unik sekali. Daerah sekitar malang yang juga tidak kalah indahnya adalah daerah Batu Malang. Batu Malang merupakan daerah yang memiliki suasana dan hawa dingin ini tidak hanya terkenal dengan wisata buatannya seperti jatim park 1, jatim park 2 dan Batu Night Spectacular atau BNS Batu Malang nya. Namun, Batu Malang juga memiliki keindahan yang sangat memukau  di sisi alamnya.

Jika Bogor memiliki air terjun yang sangat indah dan terkenal yang disebut dengan Curug, maka di Kota Batu Malang air terjun dikenal dengan sebutan Curug. Coban dan curug merupakan istilah yang sama saja yakni air terjun. Hanya saja berbeda lokasi juga berbeda pemanggilannya.

Jka berbicara mengenai air terjun, di Kota yang memiliki suhu dingin ini memiliki banyak sekali deretan ait terjun yang sangat eksotis dan menakjubkan seperti coban rondo, coban rais, dan coban talun serta banyak lagiair terjun yang lainnya. Setelah ada deretan air terjun yang terkenal tersebut, ternyata ada lagi air terjun sebagai destinasi wisata Batu Malang yang terbaru dan masih hangat menjadi perbincangan yaitu wisata coban putri Batu Malang.

Sejarah Wisata Air terjun Coban Putri Batu Malang

Sejarah Wisata Air terjun Coban Putri Batu Malang

Berbicara mengenai tempat wisata Malang Raya memang tidak akan ada habisnya. Salah satu tempat wisata alam di Malang yang masih tidak banyak orang yang mengetahuinya adalah tempat Wisata Air terjun Coban Putri Batu Malang. Konon air terjun coban putri Batu Malang ini merupakan  tempat pemandian salah seorang putri yang sangat terkenal di Indonesia yaitu Ken Dedes.

Mengenai penamaan tempat wisata Wisata Air terjun Coban Putri Batu Malang ini, pasalnya menurut cerita yang berkembang di masyarakat nama coban putri diambil karena pada masa kerajaan Singosari, air terjun ini sering di singgahi oleh seorang putri yang bernama Ken Dedes yang merupakan permaisuri dari Raja Singosari yang bernama Ken Arok. Legenda mengenai Ken Arok dan Ken Dedes sudah pasti sangat familiar sekali di telinga anda bukan.

Pasalnya dulu Ken Dedes  tidak hanya sering mandi di pemandian Senggoriti, namun ia juga sering mandi di coban atau air terjun ini. oleh karena itu air terjun ini dinamakan sebagai coban putri karena merupakan pemandian dari seorang putri dari kerajaan Singosari.

Nah, walaupun tempat Wisata Air terjun Coban Putri Batu Malang ini belum seterkenal coban lainnya yang berada di Batu Malang. Namun, pengelolaan Coban Putri ini masih terus dilakukan pengembangan. Salah satunya dengan membuat spot foto yang instagramable dengan keindahan alam Coban Putri yang sangat eksotis dan luar biasa sekali.

Keindahan Air Terjun Wisata Coban Putri Batu Malang

Keindahan Air Terjun Wisata Coban Putri Batu Malang

Jika dibandingkan dengan deretan air terjun yang lainnya yang ada di Kota Batu Malang , coban putri memiliki keunikan dan keindahan tersendiri.

Berikut merupakan keunikan yang dimiliki oleh objek wisata coban putri Batu Malang dibandingkan dengan coban atau air terjun lainnya.

  1. Berada diantara Lembah dan Dibawah Perbukitan

Wisata Coban Putri Batu Malang merupakan destinasi wisata yang berada diantara lembah dan ada dibawah perbukitan. Oleh karena itu, tidak perlu diragukan lagi mengenai keindahan alam yang dimiliki oleh wisata Coban Putri Batu Malang ini. Coban putri memiliki ketinggian sekitar 35 meter dan lebar sekitar 3 meter.

Air Terjun Wisata Coban Putri Batu Malang

Dengan ketinggian yang tidak cukup tinggi ini, air terjun ini masih mengalir cukup deras melewati sela-sela bebatuan. anda bisa menikmati keindahan air terjun dan juga dapat bermain air sepuasnya di tempat Wisata Air terjun Coban Putri Batu Malang ini. Coban putri memiliki air dengan kondisi yang masih sangat jernih dan belum ada pencemaran sama sekali. Tentunya anda akan dapat merasakan kesegaran air murni yang sangat luar biasa dan masih terjaga kebersihannya. Hawanya yang sejuk, segar dan masih alami akan membuat pikiran anda relaks kembali.

  1. Masih Asri dan Tidak Banyak yang Tahu

Selain berada diantara lembah dan dibawah perbukitan, destinasi wisata air terjun coban Putri Batu Malang ini juga tidak banyak yang tahu. Sehingga banyak dari para wisatawan atau biasa disebut dengan traveler yang ingin berburu spot wisata air terjun coban putri yang menarik dan benar-benar asri ini. Karena masih sedikitnya pengunjung atau orang yang mengetahui air terjun Coban Putri ini membuat suasana disekelilingnya masih sangat natural dan masih benar-benar terjaga keindahannya.

  1. Sejuk dan Cocok untuk Bersantai

Bagi anda yang ingin menghilangkan kepenatan karena urusan rumah tangga atau urusan kerja dan urusan-urusan lainnya. Anda bisa mengunjungi wisata air terjun coban putri Batu Malang ini. Hal ini karena banyaknya pohon-pohon besar yang menjulang tinggi dan cukup besar yang berada disekitar air terjun.

Coban Putri Batu Sejuk dan Cocok untuk Bersantai

Jika anda ingin bersantai ria disini, anda bisa membawa hammock untuk diikatkan ke pohon-pohon besar yang juga sangat kuat. Anda bisa bersantai ditemani dengan kicauan burung yang merdu di tempat Wisata Air terjun Coban Putri Batu Malang ini.

  1. Adanya Gardu Pandang

Bagi anda yang suka sekali berfoto selfie ataupun wefie bersama-sama dengan teman anda bisa berfoto di spot wisata coban putri Batu Malang yang satu ini yaitu gardu pandang yang mirip dengan gardu pandang yang ada di Hitan Pinus Pengger Jogjakarta. Gardu pandang ini berbentuk tangan raksasa. Anda bisa melihat gunung dan hijaunya alam dari atas gardu pandang ini.

Hingga saat ini gardu pandang sudah banyak memiliki perbaikan misalnya seperti penambahan aksesoris seperti daun yang semakin menambah keindahan untuk dijadikan sebagai spot foto terbaik anda.

Gardu Pandang Coban Putri Batu Malang

Gardu inilah yang lagi hits dan kekinian sekali di media social dan sedang menjadi perbincangan hangat. Bagi anda yang ingin berfoto disini anda harus hati-hati dan tetap jaga keselamatan anda ya karena beradad di ketinggian yangcukup tinggi. Anda bisa melihat keindahan dan hijaunya alam Batu Malang dari spot gardu pandang ini.

Sangat menarik sekali bukan? Bagi anda yang membawa anak kecil, kami sarankan anda untuk tetap menjaga si kecil demi keselamatan anda sekeluarga dan jika anda dan si kecil ingin berfoto disini. Kami sarankan lebih baik anda mengambil foto dengan menggendong si kecil karena posisi gardu pandang yang cukup tinggi dan cukup membahayakan bagi anak kecil.

  1. Fasilitas Menarik Lainnya

Selain adanya gardu pandang, wisata Air terjun Coban Putri Batu Malang juga memiliki spot foto dengan fasilitas menarik lainnya seperti ayunan dan masih banyak pula fasilitas penunjang foto yang lainnya yang bisa anda coba dan mendapatkan hasil foto terbaik.

Fasilitas di Coban putri memang masih belum lengkap, masih belum anda fasilitas seperti musholla, kantin, ataupun toilet disana. Namun, meskipun demikian pihak dari Kota Batu berencana untuk mengemabngkan dan membuat tempat wisata ini menjadi lebih baik sehingga nantinya diharapkan pengunjung akan merasa nyaman dengan fasilitas yang cukup lengkap yang disediakan oleh pihaknya. Hal ini karena mereka merasa coban putri memiliki potensi yang cukup tinggi.

Sangat menarik sekalli bukan? Dengan datang ke tempat wisata Air terjun Coban Putri, dijamin momen anda akan lebih mengesankan disini.

Lokasi dan Rute Menuju Wisata Air terjun Coban Putri Batu Malang

Lokasi dan Rute Menuju Wisata Air terjun Coban Putri Batu Malang

Nah, setelah kami menjelaskan mengenai suasana, keunikan, fasilitas serta spot foto terbaik yang ada di tempat Wisata Air terjun Coban Putri Batu Malang. Anda tertarik untuk menuju kesana tapi tidak tahu dimana lokasi tempat Wisata Air terjun Coban Putri Batu Malang yang eksotis  tersebut. Jangan khawatir, kami akan menjelaskannya kepada anda.

Nah, jadi jika anda memiliki planning untuk berlibur ke tempat Wisata Air terjun Coban Putri Batu Malang yang merupakan destinasi wisata baru di Kota Batu ini anda bisa langsung menuju Desa Tlekung Kecamatan Junrejo, Kota Batu Jawa Timur. Hal ini karena Wisata Air terjun Coban Putri Batu Malang tersebut berada di daerah ini.

Jika anda sedang berada di alun-alun Kota Batu maka lokasi Wisata Air terjun Coban Putri Batu Malang cukup dekat yakni hanya sekitar 5 kilometer saja. Wisata Air terjun Coban Putri Batu Malang berlokasi di dekat wisata coban rais, yakni hanya berjarak sekitar 1,5 kilometer saja dari coban rais.

Anda yang sudah pernah ke tempat wisata coban rais maka anda tidak akan kesulitan menuju tempat Wisata Air terjun Coban Putri Batu Malang ini. lokasi Wisata Air terjun Coban Putri Batu Malang berada sebelum lokasi coban rais, anda akan menemukan papan nama atau papan petunjuk menuju ke Coban Putri terlebih dahulu sebelum sampai ke Coban Rais.

Bersantai di Wisata Air terjun Coban Putri Batu

Bagi anda yang ingin menikmati keindahan Wisata Air terjun Coban Putri Batu Malang, anda harus melewati medan yang cukup sulit terlebih dahulu. Banyak tanjakan dan juga belokan untuk menuju Wisata Air terjun Coban Putri Batu Malang ini. anda bisa menggunakan bantuan dari GPS ddegan rute lokasi yang sama persis seperti rute menuju Coban rais Jika anda masih merasa bingung.

Anda bisa masuk dari arah jalur Lingkar Barat (Jalibar) Desa Tlekung untuk menuju tempat Wisata Air terjun Coban Putri Batu Malang ini. Apabila anda melalui Jalur Lingkar Barat (Jalibar) dan ditempuh dengan menggunakan sepeda motor anda harus menempuh jarak sekitar 500 meter untuk sampai ke air terjun Coban Putri. Anda akan menemukan tugu atau plang disudut pertigaan menuju lokasi  yang terbuat dari tembok semen.

Keindahan Air Terjun Wisata Coban Putri Batu Malang

Nah, dari tugu8 ini anda masih harus berjalan lagi sampai ke peternakan ayam ras yang berada di desa Tlekung. Tempat peternakan ayam inilah yang bisa anda jadikan sebagai ancer-ancer karena masih belum adanya penanda jalan lainnya selain yang ada di pertigaan jalan sebelumnya. Tidak banyak rumah warga didekat peternakan ayam ini, sehingga sebaiknya anda tetap membawa sepeda motor anda masuk ke lokasi air terjun dengan melewati jalan setapak yang mengasyikkan dan tetap aman.

Anda akan disuguhi dengan pemandangan persawahan dengan terasiring yang tertata dan indah. Jika anda menyukai petualangan dan tantangan anda bisa mengunjungi tempat ini pada saat musim hujan dengan menggunakan sepeda motor trail. Kami jamin anda tidak akan melupakan pengalaman yang menantang ini.

Bagi anda yang akan mengunjungi tempat Wisata Air terjun Coban Putri Batu Malang ini dengan menggunakan sepeda motor sebaiknya anda tetap hati-hati dan tetap waspada karena medannya yang cukup sulit untuk ditempuh. Selain itu, jangan ke tempat Wisata Air terjun Coban Putri Batu Malang pada saat musim hujan karena sudah dapat dipastikan rute menuju ke Coban Putri ini akan sangat licin dan berbahaya karena banyaknya tanjakan menuju ke Coban Putri ini.

Kami sarankan anda menggunakan sepeda motor untuk menuju ke tempat Wisata Air terjun Coban Putri Batu Malang ini. Hal ini karena kondisi jalanan yang ada disana masih berupa tanah dengan lebar sekitar 2 meter. trekking menuju ke lokasi Wisata Air terjun Coban Putri Batu Malang cukup seru sehingga akan sangat cocok apabila anda menggunakan sepeda gunung dan motor trail saat berkunjung kesana.

Ketika diperjalanan anda akan disuguhkan dengan pemandangan pohon pinus yang rindang. Jaraknya memang tidak begitu jauh dar Kota Batu, jadi tidak terlalu banyak menguras energi. Namun, walaupun begitu, sebaiknya anda tetap membawa bekal berupa makanan dan minuman.

Bagi anda yang menggunakan kendaraan roda empat, anda harus memparkirkan mobil anda terlebih dahulu di pintu utama lalu dapat dilanjutkan dengan naik ojek dengan harga Rp. 20 ribu untuk dua kali jalan. Hal ini karena jalannya yang cukup terjal dan berbatu tidak memungkinkan untuk dilewati oleh kendaraan roda empat.

Alternatif lain bagi anda yang menggunakan mobil atau kendaraan roda empat menuju ke Coban Putri, anda lebih baik melalui bumi perkemahan Coban rais, disana anda bisa memarkirkan kendaraan anda. Untuk selanjutnya anda bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki, sekitar 30 menit atau setengah jam dari sana. Trekking jalan yang dilalui berupa jalan setapak dan menuruni lereng yang cukup terjal. Namun, jangan khawatir karena jaraknya masih cukup dekat yakni tidak sampai melebihi 1 kilometer.

Harga Tiket Masuk Wisata Air terjun Coban Putri Batu Malang

Untuk menikmati keindahan yang alami di tempat Wisata Air terjun Coban Putri Batu Malang ini, anda tidak perlu menguras kantong terlalu dalam. Harga tiket masuk menuju Wisata Air terjun Coban Putri Batu Malang sangat murah dan terjangkau sekali. Anda hanya akan dipatok biaya sekitar Rp. 8 ribu saja untuk setiap orangnya. Bagi anda yang ingin berfoto di spot foto yang sangat instagramable anda hanya perlu membayar Rp.  5 ribu lagi untuk bisa berfoto di tangan raksasa dan ayunan. Sangat murah sekali bukan? Tertarik untuk ke tempat Wisata Air terjun Coban Putri Batu Malang ini?

Fasilitas yang ada di Coban Putri memang masih kurang, namun untuk tempat beristirahat di tempat Wisata Air terjun Coban Putri Batu Malang ini sudah disediakan semacam pendopo kecil untuk berteduh dan beristirahat setelah sambil bersantai menikmati keindahan alam coban putri.

Itulah beberapa informasi mengenai tempat Wisata Air terjun Coban Putri Batu Malang yang bisa kami sampaikan. Bagi anda yang berencana untuk mengunjungi tempat tersebut, anda juga bisa sekalian berkunjung ke air terjun berikutnya yaitu air terjun coban rais yang juga memiliki keindahan yang tidak kalah eksotisnya dengan Wisata Air terjun Coban Putri Batu Malang karena memang air terjun ini lebih dulu terkenal dibandingkan dengan air terjun coban putri.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

News Feed