Tips Membuat Ramuan Alami untuk Obat Sariawan

Cara Mengobati Sariawan Dengan Bahan Alami

Ramuan Alami untuk Obat Sariawan – Mendengar kata sariawan pastilah tidak asing bagi kita. Sariawan menjadi salah satu gangguan pada mulut yang sering terjadi pada manusia. Dalam istilah kedokteran, sariawan disebut dengan stomatitis aftosa yang mempunyai pengertian luka yang terjadi di dalam mulut dan pastinya ini menyebabkan rasa nyeri dan sakit pada mulut serta menimbulkan ketidaknyamanan ketika sedang makan.

Luka pada mulut ini berbentuk bulat dan berwarna putih sedangkan bagian tepinya berwarna kemerahan yang dikarenakan peradangan.

Sariawan ini terjadi pada bagian dalam pipi, dipermukaan lidah maupun di gusi. Walaupun bukan termasuk penyakit yang tidak menular, luka pada sariawan yang disebabkan oleh virus ini jika dibiarkan terus-menerus akan menyebabkan luka serius dan tidak dapat mengkonsumsi makanan.

Sariawan ini sering terjadi pada anak-anak, remaja usia 10 sampai 20 tahun karena kebanyakan dari mereka kurang menjaga kebersihan mulut. Penyakit mulut ini dapat sembuh pada 5 sampai10 hari.

Penyebabkan Sariawan Pada Umumnya

  1. Kurangnya vitamin C. Sudah tidak menjadi rahasia lagi bahwa kurangnya mengkonsumsi vitamin C akan menyebabkan mudah terserang sariawan. Kandungan vitamin C ini sangat diperlukan tubuh agar terhindar dari radang mulut ini.
  2. Mengkonsumsi makanan pedas dan panas terlalu banyak. Seringnya mengkonsumsi makanan pedas dan panas dapat menyebabkan mulut dengan cepat mengalami peradangan.
  3. Kebersihan mulut yang tidak terjaga. Anda yang tidak menjaga kebersihan mulut dapat dengan mudah terserang sariawan, karena menjadi sarang bakteri dan virus penyebab sariawan.
  4. Daya tahan tubuh yang rendah. Kondisi daya tahan tubuh yang lemah akan menyebabkan tubuh muda terserang berbagai macam penyakit tidak terkecuali sariawan.

Nah itu adalah beberapa hal yang menyebabkan terjadinya sariawan pada mulut. Setelah mengetahui penyebabnya, tidak kalah pentingnya untuk mengetahui cara dan ramuan apa saja yang dapat menyembuhkan sariawan ini.

Bahan Alami Yang Biasa Digunakan Untuk Obat Sariawan

Bawang Putih

Kandungan antiseptic yang ada pada bawang putih membantu membunuh bakteri dan virus termasuk yang ada pada mulut. Untuk memanfaatkan bawang putih sebagai obat sariawan caranya sangat mudah yaitu dengan memotong bawang putih yang sudah dibersihkan lalu oleskan pada bagian mulut yang sariawan.

Baking Soda dan Garam

Kedua bahan ini sudah digunakan untuk sebagai obat sariawan sejak jaman dulu. Cara membuat ramuannya juga sangat mudah yaitu dengan mencampurkan baking soda dan garam, lalu tambahkan air sedikit dan aduk sampai merata. Kemudian oleskan pada bagian mulut yang sedang sariawan.

Yogurt

Yogurt adalah salah satu minuman yang berasal dari fermentasi susu, dan rasanya asam. Minuman ini mempunyai banyak manfaat diantaranya untuk menyembuhkan sariawan pada mulut. Kandungan vitamin C pada yogurt bermanfaat untuk menjaga keseimbangan bakteri pada mulut, sehingga tidak banyak bakteri yang bersarang di mulut yang dapat menyebabkan sariawan.

Tomat buah

Tomat adalah salah satu buah yang banyak mengandung vitamin C yang sangat baik untuk menyembuhkan sariawan. Cara mengobati sariawan dengan tomat yaitu dengan memakannya secara langsung, mengoleskannya pada bagian yang terkena sariawan. Selain itu anda juga dapat menggunakan jus tomat sebagai obat sariawan khusus kumur.

Campuran kunyit dan daun kemangi

Ramuan ini dipercaya dapat menyembuhkan sariawan. Bahan alami ini sangat mudah diperoleh di sekitar kita. Cara menggunakannya mudah sekali, ambil 4-6 lembar daun kemangi yang bersih tumbuk hingga halus kemudian tambahkan sedikit air putih. Oleskan pasta daun kemangi dan kunyit yang sudah jadi pada bagian mulut yang terkena sariawan. Oleskan secara rutin setiap pagi dan sore hari maka kunyit bisa bekerja sebagai obat sariawan yang ampuh dan sariawan anda bisa segera sembuh.

Obat Sariawan

Daun sirih

Tanaman yang banyak manfaat pada bagian daunnya ini mempunyai banyak sekali manfaat. Tidak hanya untuk penyakit mata saja, Daun sirih ini juga bemanfaat untuk menyembuhkan sariawan. Ambil dua lembar daun sirih, cucilah hingga bersih lalu kunyah hingga lembut di dalam mulut, biarkan beberapa saat agar kandungan yang ada pada daun sirih dapat membunuh bakteri di mulut. Kemudian buang, jangan dimakan.

Daun asam jawa

Daun asam jawa ini rasanya asam dan mengandung banyak vitamin C, oleh karena itulah daun yang satu ini juga mempunyai banyak manfaat untuk menyembuhkan sariawan. Cara menggunakan daun asam jawa sebagai ramuan sariawan juga sangat mudah yaitu dengan merebus daun asam jawa, tambahkan kunyit dan 3 gelas air putih serta gula sedikit saja. Rebus bahan-bahan tersebut hingga mendidih, setelah itu saring air rebusan daun asam jawa dan kunyit. Minumla secara rutin 2 kali sehari agar sariawan segera sembuh.

Madu alami

Khasiat dan manfaat dari madu alami ini sudah dikenal sejah jaman dulu. Madu dipercaya mempunyai banyak kandungan yang dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit seperti sariawan juga. Mengoleskan madu di mulut yang terkena sariawan dapat mempercepat proses pembunuhan bakteri penyebab sariawan, selain itu madu juga dapat mengurangi sakit dan perih yang ditimbulkan oleh sariawan ini.

Garam yang dilarutkan

Jika anda kesulitan mendapatkan baking soda, anda dapat memanfaatkan garam saja untuk menyembuhkan sariawan. Larutkan garam dengan air secukupnya, lalu gunakannya untuk berkumur selama kurang lebih 15 menit. Hal ini dapat membantu mempercepat proses penyembuhan sariawan. Selain itu kandungan anti peradangan pada garam dapat mencegah sariawan menyebar di mulut.

Minyak kelapa

Minyak kelapa dapat mengurangi radang yang terjadi pada sariawan dan mengurangi rasa sakit. Cara menggunakannya mudah yaitu dengan mengoleskan minyak kelapa secara teratur sebanyak 3-4 kali sehari sampai sariawan benar-benar sembuh. Selain itu anda juga dapat menambahkan madu kedalam minyak kelapa sebelum dioleskan.

Daun basil

Mendengar daun basil mungkin terasa asing bagi kita karena memang kita jarang menggunakan bahkan menemukan daun basil. Daun basil ini biasanya digunakan untuk tambahan bumbu pada masakan. Tetapi daun ini tidak hanya digunakan untuk masakan lho. Daun ini juga dipercaya ampuh untuk menyembuhkan sakit sariawan. Untuk mengatasi sariawan dengan daun basil caranya cukup mudah.

Ambil dan cucilah daun basil hingga bersih, kemudian rebus dengan air sebanyak 2 gelas. Biarkan sampai hangat lalu gunakanlah untuk berkumur secara rutin setiap pagi dan sore hari, maka sariawan akan segera sembuh.

Mengkonsumsi buah-buahan

Buah mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh, terlebih lagi buah yang mengandung vitamin C banyak sekali manfaatnya untuk menyembuhkan sariawan pada mulut. Anda dapat mengkonsumsi buah yang banyak mengandung vitamin C seperti tomat, jeruk, pisang secara rutin agar sariawan cepat sembuh.

Nah itulah bahan-bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan sariawan. Anda dapat mencobanya ketika terkena sariawan. Bahan-bahan yang berasal dari alam tersebut tentu saja lebih aman karena tidak mengandung campuran bahan kimia jika dibandingkan dengan obat-obat dari toko. Selain itu jagalah kesehatan mulut agar tidak terkena sariawan. Selamat mencoba.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 comments

News Feed