Pesona Keindahan Pantai Parangtritis yang di Balut Misteri

Wikipiee.com – Pantai parangtritis merupakan tempat wisata pantai yang sangat bagus sekali, pantai ini terletak 27 kilometer selatan dari arah kota Yogyakarta, dan juga tergolong tempat wisata yang mudah diakses menggunakan transportasi umum ataupun dengan kendaraan pribadi. Suasana sore hari menjelang matahari terbenam merupakan saat yang cocok untuk mengunjungi pantai parangtritis karena anda akan mendapatkan nuansa tersendiri dari keindahan alam yang terbentuk dari sinar matahari yang akan terbenam.

Wisata pantai Parangtritis merupakan salah satu pantai yang sangat dikenal di Kab. Bantul bahkan para wisatawan jika sudah menginjakkan kaki di Yogyakarta maka ada beberapa wisata yang bisa anda kunjungi seperti Wisata Candi Borobudur, Wisata Candi Prambanan, Wisata Goa Jomblang, Wisata Malioboro, Wisata Kebun Binatang Gembira Loka, Wisata Hutan Pinus, Wisata Alam Kalibiru, Wisata Taman Pintar dan masih banyak lagi, akan tetapi Wisata Pantai Parangtritis ini menjadi salah satu pilihan wisata yang wajib dikunjungi, memang sudah sangat terkenal sekali keindahan pantai ini.

Ada alasan mengapa pantai parangtritis menjadi destinasi wisata pantai yang cukup terkenal di Yogyakarta yakni karena pantai ini sangat berkaitan sekali dengan keraton Yogyakarta, ada beberapa sumber yang menyatakan bahwa ketika anda menarik sebuah garis yang lurus dari pantai parangtritis menuju sampai ke gunung merapi maka keraton berada sejajar dengan garis imaginer tersebut.

Hal tersebut dapat membuktikan bahwa keraton Yogyakarta tak sembarang untuk memilih lokasi untuk mendirikan bangunan keraton disana setelah terpecah dari kesultanan di Surakarta ataupun solo. Selain itu juga keraton Yogyakarta sering kali dikait kaitkan dengan mitos yang berada di pantai selatan.

Pantai parangtritis ini kerap dikenal sangat lekat sekali dengan legenda Ratu selatan yakni Ratu Kidul, banyak sekali orang yang mempercayai hal tersebut, adapun yang mengatakan bahwa pantai Parangtritis merupakan gerbang karajaan gaib Ratu Kidul yang dikenal sebagai penguasa laut Selatan. Hal ini yang membuat banyak sekali orang tertarik melihat keindahan yang diciptakan oleh pantai parangtritis.

Sunset Romantis Pantai Parangtritis

Ketika suasana pantai sudah menjelang sore hari dan matahari sudah condong ke arah barat maka ini sangat bagus sekali jika anda memanfaatkan untuk mengabadikan sebuah moment indah di pantai parangtritis, namun ketika sudah menjelang sore para pengunjung tidak dibolehkan berenang ke pinggiran laut namun jangan khawatir ketika anda ingin tetap having fun karena dipinggiran pantai sudah disediakan tempat penyewaan all-terrain-vehicle yang mematok tariff sekitar 50 ribu sampai 100 ribu /setengah jam.

Namun jika anda tidak memiliki nyali anda tidak perlu khawatir karena anda bisa memilih berjalan menyusuri hamparan permukaan pasir yang telah disapu oleh ombak anda juga bisa menggunakan kereta kuda beroda 2 untuk menyusuri sepanjang pantai hal ini tak kalah menyenangkan juga. Dengan kereta kuda anda bisa menyusuri hingga ke ujung timur pantai parangtritis tempat gugusan karang  terlihat begitu indah sehingga tak heran jika banyak sekali orang yang melakukan pre-wedding di area sini, karena dengan dihiasi senja yang remang dan juga terdapat bayangan matahari yang berwarna keemasan diseluruh permukaan air akan semakin menambah suasana menjadi romantic.

Pantai parangtritis juga termasuk wisata yang cocok anda kunjungi jika anda sedang berlibur dengan keluarga, bagaimana tidak ? semilir angin yang dihasilkan menambah suasana relax pada tubuh kalian dan ini sangat cocok sekali bagi anda untuk menghilangkan beban penat akibat aktivitas kerja sehari hari.

Pantai parangtritis selain terkenal dengan keindahan bentangan lautanya juga menawarkan kegembiraan bagi mereka yang berwisata bersama keluarga karena anda bisa bermain layang layang dengan anak anda di pesisir pantai hal tersebut juga tak akan kalah menyenangkan. Karena angin yang kencang akan membantu layang layang anda semakin terbang tinggi ini akan menjadi keseruan tersendiri.

Keindahan alam seperti ini juga bisa anda rasakan ketika anda melihat pemandangan diatas rumah pohon Wisata Alam Kalibiru, anda akan merasakan kesejukan alam dari pepohonan hijau. Sama seperti di pantai parangriris anda akan merasakan hembusan dari alam angin yang kencang bisa membuat anda semakin relax.

Sejarah dan Misteri Pantai Parangtritis

Pantai parangtritis sejak awal sudah dikenal dengan tempat tinggal ratu kidul atau melekat pada legenda ratu roro kidul, bahkan ada kisah misteri sejarah mengenai pantai di balik nama parangtritis, menurut warga setempat bahwasannya nama pantai ini berasal dari pelariannya seorang pangeran yang bernama dipokusumo dari masa majapahit dan akhirnya pangeran dipokusumo bertapa di pantai parangtritis selama beberapa abad.

Pangeran melihat adanya sebuah batu karang dengan tetesan air yang terus mengalir dari batu tersebut dan dari sini pangeran menemukan sebuah temuan yakni kemudian beliau menamakan pantai ini dengan sebutan parang atau karang dan tritis artinya saling menetes. Dari kisah ini masyarakat mempercayai sebagai asal mula nama pantai parangtritis namun ada kisah lainnya dari penama pantai yakni pantai ini diyakini sebagai kawasan kekuatan ratu pantai selatan, ada beberapa masyarakat yang mengganggap bahwa ratu kidul hanya sekedar dongeng namun sebagian besar masyarakat setempat menyakini kebenarannya.

Bahwa keberadaan pantai ini yakni dibawah kekuasaan ratu kidul atau penguasa laut selatan jawa yang menjalin hubungan dengan penguasa Yogyakarta dari dulu sejak masa kerajaan mataram. Yang berasal dari cerita rakyat bahwa dahulu kala ada seorang perempuan yang melakukan pertapaan yang mendalam dikawasan pantai ini dikarenakan perempuan tersebut sudah mendapat mandat untuk menguasai kawasan laut selatan ini.

Perempuan tersebut memiliki nama yakni Ratna Suwida dan pada suatu saat dia bertemu dengan saudaranya yakni seorang pangeran dari kerajaan Pajajaran. Kemudian seorang pangeran tersebut terpukau dengan kecantikan Ratna Suwida dan ingin sekali menikahinya akan tetapi karena mereka bersaudara maka tidak bisa dilakukan pernikahan dengan kejadian ini maka pertapa itu kemudian berjanji akan menikahi setiap keturunanya yang berasal dari pengeran ini asal mereka dapat berkuasa di negeri tanah merapi, dan dari sini menjadi asal mula kisah hubungan kerajaan selatan dan kerajaan yang berada di tanah yogya.

Sebenarnya masih banyak lagi kisah kisah mitos mengenai hubungan percintaan ratu laut selatan dengan pangeran kerajaan namun tidak ada yang pasti hingga saat ini itu hanyalah mitos mitos yang kuat di pantai parangtritis ini. Seperti halnya larangan berpakaian warna hijau dan dilarang berbicara kasar karena ditakutkan ratu selatan akan menjadikan pengunjung sebagai tumbal jika melakukan hal tersebut.

Padahal pada dasarnya para pengunjung dilarang bermain air terlalu dalam memang karena secara topografi ditemukan bahwa pantai ini memiliki palung laut yang dekat dengan bibir pantai sehingga ketika anda terbawa ombak maka kalian bisa saja terjebak kedalam palung laut dan tidak bisa keluar lagi. Karenanya banyak sekali pengunjung yang sering terseret kedalam laut.

Rute Menuju Wisata Pantai Parangtritis

Dari pusat kota Yogyakarta pantai ini dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi kurang lebih satu setengah jam karena jaraknya sekitaran 40 kilometer. Ketika anda berada diposisi kota Yogyakarta maka anda melewati jokteng timur lurus saja hingga anda menjumpai jl.parangtritis kemudian setelah itu ikuti arah jalan keselatan sampai anda melewati ringroad dan itu masih lurus terus sampai anda sampai di kretek dan kemudian sedikit lagi anda akan menjumpai pantai parangtritis.

Hal Hal Yang Bisa Dilakukan di Pantai Parangtritis

Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan di pantai Parangtritis saat anda berlibur disini dengan keluarga

  1. Bermain pasir di sekitar pantai merupakan hal yang sangat menyenangkan apalagi untuk anak anak, mereka akan merasa bahagia jika bisa bermain pasir sambil membentuk berbagai macam dengan pasir basah. Mungkin pasir di pantai parangtritis tidak seindah pasir putih dipinggir pantai seperti biasanya namun pantai ini memiliki kelebihan tersendiri yakni hamparan pasir dan bibir pantai yang cukup luas sehingga anda bisa bergerak secara leluasa untuk bermain pasir.
  2. Menaiki delman kuda disepanjang pantai parangtritis adalah hal menarik apalagi saat menjelang sore hari maka anda bisa bersantai sambil menikmati keindahan alam yang luar biasa, menaiki delman untuk mengelilingi wisata bisa anda lakukan juga ketika anda sedang berkunjung ke wisata candi Borobudur juga wisata candi prambanan, akan tetapi menaiki delman di bibir pantai hanya bisa anda lakukan di pantai parangritis saja karena tidak ada lagi pantai lainya di kota jogja. Harga delman ini sekitar 20.000 untuk berbolak balik sepanjang pantai kamu akan merasa puas menikmati paemandangan di seluruh pantai dengan sudut yang berbeda. Selain delman sebenarnya anda juga bisa ketika hanya menyewa kudanya saja untuk dikendarai berkeliling pantai.
  3. Menikmati keindahan pantai dari ketinggian bukit, anda bisa menikmati indahnya pesona parangtritis dan bentangan lautan yang luas sekali, hingga pantai depok sekaligus dapat terlihat melalui bukit parangtritis. Namun untuk mencapai bukitnya tidaklah mudah dan bukit ini tidak banyak diketahui oleh banyak orang, hanya pengunjung yang menggemari adventure yang mengetahui hal ini.
  4. Bermain paralayang berdua di parangtritis, hal yang patut dicoba dengan pasangan anda kalau sedang berlibur ke pantai parangtritis ini, tapi ini hanya diperuntukkan sebagai olahraga pemicu adrenalin saja. Paralayang di parangtritis sudah dapat di gunakan untuk para wisatawan dan jika anda tertarik untuk mencobanya maka anda bisa melakukan secara tandem atau berdua namun tetap dengan panduan ahlinya.

Waktu yang pas untuk bermain paralayang adalah sekitar bulan desember sampai maret karena cuaca pantai cukup stabil dan anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar 200 ribu sampai 300 rb untuk sekali terbang.

  1. Menikmati suasan sunset di pantai parangtritis terlihat sangat jelas, karena dipantai ini anda akan melihat proses matahari akan terlihat sangat jelas sampai tenggelam, karena pemandangan ini tidak akan terhalang oleh tebing ataupun oleh pepohonan. Dengan keindahan inilah biasanya anda bisa mengambil gambar dengan siluet siluet yang dihasilkan oleh matahari. Anda bisa melihat indahnya matahari tenggelam tidak hanya dipantai ini saja namun di wisata alam Kalibiru anda juga dapat menyaksikanya.
  2. Disini sudah disediakan tempat penyewaan ATV atau biasanya sering kita ketahui dengan motor beroda 4 yang digunakan dimedan pasir untuk mengelilingi hamparan bibir pantai dengan sepuas puasnya hanya dengan tariff 50.000 per 15 menit saja. Kegiatan seperti ini sangat menyenangkan jika dilakukan bersama sama dengan teman teman anda. Karena anda bisa bersama sama menaiki ATV mengelilingi pantai.
  3. Melihat dan menikmati deburan ombak kamu bisa membeli berbagai macam kuliner yang tersedia dipinggiran pantai salah satunya adalah jagung bakar seharga 15.000 an yang sudah dijual sepanjang pantai parangtritis. Dilengkapi dengan minuman kelapa muda akan membuat semuanya terasa nikmat dan lengkap.

Fasilitas Pantai Parangtritis

Sebagian besar kebutuhan yang dibutuhkan pengunjung di pantai parangtritis sudah tersedia, semua fasilitas sudah tersedia mulai dari beragam jenis penginapan dari yang termurah sampai yang termahal, berjajar warung makanan dan jajanan juga sudah tersedia kemudian toilet, lahan parkir tempat ibadah semuanya sudah tersedia di pantai parangtritis ini.

Tidak hanya itu saja namun desa parangtritis juga telah menyediakan beberapa minimarket untuk memfasilitasi para pengunjung, adapun juga penyewaan ATV dan juga penyewaan andong sebagai fasilitas outbond para pengunjung.

Jika anda ingin membawa oleh oleh untuk keluarga dirumah maka dipantai sudah disediakan tempat souvenir yang menjual berbagai souvenir khas jogja yang murah sekali, ada juga tempat pembelian makanan dan jajanan ringan untuk oleh oleh khas jogja.

Harga Tiket Masuk Ke Pantai Parangtritis

Sebelum anda mengunjungi pantai parangtritis anda harus tau terlebih dahulu berapa biaya yang diperlukan ketika anda berkunjung ke pantai ini. Sehingga anda dapat memperkirakan jumlah uang yang akan anda keluarkan atau anda sediakan didalam tas.

Anda hanya perlu merogoh kocek 3.000 perorang untuk masuk ke pantai parangtritis, kemudian untuk kendaraan sepeda motor sekitar 1.000 per motor dan mobil 5.000 per mobil. kemudian ketika anda ingin menyewa ATV maka anda hanya perlu mmebayar sekitar 50.000 dan untuk menyewa kuda atau delman anda hanya perlu membayar 20.000 per putaran

Jam buka pantai parangtritis adalah 24 jam dari hari minggu samapai hari senin artinya pantai ini selalu terbuka lebar setiap hari namun anda harus tetap menyesuaikan kapan harus mengunjungi ke pantai parangtritis, waktu sore adalah yang pas untuk berkunjung kesini karena anda bisa melihat keindahan sunset parangtritis.

Tips Berlibur Ke Pantai

Jika berlibur ke pantai parangtritis maka ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan seperti berikut :

  • Jika anda berlibur kesana dan ingin menyaksikan upacara ritual di pantai parangtritis, maka berkunjunglah di malam tahun baru jawa yang biasanya sering disebut juga dengan malam satu syuro.
  • Ketika anda berkunjung di siang bolong maka jangan lupa bawalah kacamata atau topi untuk menghindari dari sengatan matahari, atau anda bisa menggunakan lotion tabir surya untuk perlindungan kulit.
  • Anda jangan terburu buru untuk pulang karena anda harus menunggu senja datang karena saat itu adalah keunggulan dari keindahan pantai parangtritis, keindahannya Nampak berlipat ganda saat matahari terbenam dan anda akan memiliki kepuasan tersendiri jika berlibur sepanjang hari.
  • Jika sudah berjalan di sepanjang bibir pantai anda jangan sampai berenang terlalu jauh ke dalam laut parangtritis karena pantai ini dapat menghasilkan ombak yang sangat besar yang dapat menyeret anda ke tengah lautan apalagi jika anda membawa anak anda maka jangan sampai coba coba untuk berenang.

Demikian ulasan mengenai berlibur ke pantai parangtritis, semoga bermanfaat.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

News Feed