Peluang Usaha Telur Asin Bebek Menguntungkan Wajib Dicoba

Peluang Usaha Telur Asin Bebek Menguntungkan Wajib Dicoba

Sedikit penulis akan membagikan sedikit cerita tentang usaha telur asin, ketika setiap pulang atau saat berjalan-jalan didesa selalu menjumpai bebek-bebek yang dengan disiplinnya berbaris mengikuti pemiliknya. Sempat berpikir, apakah keuntungan memelihara bebek, dan seiring pengetahuan penulis dapaatkan di dunia perkuliahan dan pekerjaan.

Sekarang saya bisa menjawab pertanyaan itu, bahkan memberikan tambahan ide selain menjual telur bebek dan bebek ke pedagang bebek goreng, para peternak mungkin juga bisa membuat bisnis usaha telur asin yang selama ini dikota-kota sangat laris.

Yang membedakan dari dulu, peternak hanya menjual telur dan bebeknya ketika tidak lagi bisa produktif. Dan sekarang, peternak ataupun kalian semua yang ingin memulai usaha telur asin dapat membeli telur dari peternak atau bahkan juga kalian mampu menernakkan bebek tersebut dan membuat usaha telur asin sendiri di rumah.

Modal usaha telur asin ini sangat sedikit, yang mana mungkin sangat cocok bagi kalian para mahsiswa yang ingin memulai usaha yang tidak terlalu membutuhkan dana yang besar namun memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Inilah jawabannya, kalian harus segera memulai usaha telur bebek asin.

Mari kita membahasnya lebih dalam lagi kenapa harus berbisnis telus bebek asin, dan inilah jawabanya serta penjelasannya. Saya memiliki tetangga, dia seorang peternak bebek besar didesa saya, kemudian saya iseng bertanya apa saja yang dihasilkan dari ternak bebek dan apa peluang yang menjanjikan dari usaha ini? Dengan senyum bapak menjelaskan bahwa sekarang beliau tidak lagi menyetor telur-telurnya kepada tengkulak, melainkan dengan menjual sendiri setelah diolah menjadi telor bebek asin.

Hampir produksi yang dihasilkan beliau di jual diluar daerah saya, yaitu dengan melempar produk telur asinnya ke malang dan surabaya. Karena dalam pembuatannya, beliau sudah mempelajari dan mencari telur asin yang paling enak dipasaran. Namun, tidak menemukannya. Alhasil belia mempelajari dan bereksperimen untuk membuat telur asin yang diharapkan.

Hasilnyapun tidak tanggung-tanggung, belia sekarang sudah mampu melempar 2000 butir telur untuk setiap pengiriman. Hal ini tidak akan berhasil jika belia tidak terjun ke pasar terlebih dahulu untuk melihat peredaran telur asin dan apa yang konsumen inginkan terhadap telur asing tersebut.

Peluang Usaha Telur Asin Bebek Menguntungkan

Secara modal, usaha telur asin bebek adalah kategori usaha yang membutuhkan biaya yang sedikit. Hanya modal yang dirasa cukup besar ada pada pembelian telur bebeknya atau bagi kalian yang sudah memiliki peternakan bebek mungkin akan lebih mendapatkan keuntungan yang sangat besar. Tapi, disini penulis tidak membahas kalian yang sudah memiliki peternakan bebek, tapi lebih kepada pemula yang ingin memulai usaha pembuatan telur asin bebek.

Modal yang akan dikeluarkan dalam pembuatan ini akan kita rincikan sesuai apa yang penulis ketahui, mungkin dari kalian akan memiliki harga-harga yang tidak sama hal ini karena harga disetiap daerah berbeda-beda.

Sebelumnya kalian harus mengetahui waktu-waktu dimana permintaan akan tinggi dan permintaan akan menurun. Permintaan naik ketika berada pada bulan-bulan besar atau hari-hari besar lainnya. Jadi persiapkan dan perhitungkan waktu-waktu itu agar dalam pelaksanaannya kalian mampu menyuplai tatkala permintaan banyak dan sekit suplai tatkala permintaan menurun.

Yang perlu kalian keluarkan dalam memulai usaha ini ialah :

KeperluanJumlahHarga (Rp)
Telur bebek mentah @1.500/butir

Bubuk bata halus @25.000/kg

Garam @5.000/kg

Bumbu @20.000/kg

Lain-lain

200 butir

2kg

5kg

5kg

300.000

50.000

25.000

100.000

50.000

Total525.000

Telur asin yang sudah jadi katakanlah akan dijual 3000 rupiah dan toko-toko atau warung kemungkinan akan menjualnya 3500 rupiah. Jadi dalam hal ini kita akan menghitung pendapatan yang akan kalian dapatkan dalam menjual telur/200 butir ialah 600000 (200 butir x Rp 3.000). keuntungan dari yang kita dapatkan ialah Rp 600.000 – Rp 525.000 = Rp 75.000

Jika kalian semua mampu menjual perhari 200 butir maka laba yang akan kalian dapatkan selama 1 bulan ialah 30 hari x Rp 75.000 = Rp 2.250.000. Itu hanyalah perhitungan menurut penulis ketahui, namun ada yang mampu menjual diatas harga tersebut sesuai harga yang belaku di daerah kalian semua.

Proses Pembuatan Telur Asin

Usaha Telur Asin Bebek Menguntungkan Wajib Dicoba

Dalam memulai usaha maka kalian harus mengetahui proses pembuatannya ataupun mempelajarinya. Hal ini akan kita bahas bagaimana proses pembuatannya :

  1. Rendam Telur

Perendaman telur ini difungsikan agar kita bisa menyortir telur-telur yang memiliki kualitas jelek dan tidak layak untuk dilanjutkan ke proses selanjutnya. Perendaman telur ini dilakukan selama 2 menit saja, setelah proses perendaman kemudian cuci telur-telur  hingga bersih dan terbebas dari kotoran-kotoran yang menempel pada cangkang telur.

  1. Tiriskan Telur

Pada proses penirisan ini dilakukan dengan mengelap telur-telur tersebut dengan kain lap. Bisa juga ditiriskan dengan menggunakan kipas angin tapi yang dihasilkan akan kurang maksimal. Kelebihan telur di lap ialah kita juga dapat mengontrol kembali apakah ada telur yang rusak.

  1. Pencampuran

Pencampuran disini ialah mencampur bubuk bata dengan garam yang sudah kalian persiapkan. Setelah tercampur dengan merata tambahkan air hingga membentuk adonan yang lembek. Setelah proses pembuatan adonan selesai, hal yang harus dilakukan kalian yaitu membungkus telur-telur tersebut dengan adonan hingga membentuk bulatan yang ketebalannya mungkin sekitar 2 cm. Setalah pembungkusan dilakukan maka simpan telur hingga 2 minggu atau lebih. Untuk membuat telur lebih awet dan asin biasanya proses penyimpanan dilakukan lebih lama.

Dalam proses ini kita juga dapat melakukan tanpa menggunakan bubuk bata, melainkan hanya dengan merendam telur-telur ke dalam larutan air garam, hal ini dilakukan dengan memasukkan air garam pada timba yang berisi telur-telur kemudian dimasukkan hingga telur tidak ada yang tidak terendam. Karena masa garam lebih tinggi maka sebaiknya kalian memeberikan pemberat yang difungsikan agar telur-telur tidak mengambang ketika proses penyimpanan dilakukan. Proses penyimpanan ini dilakukan kurang lebih 2 minggu.

  1. Perebusan

Jika kalian menggunakan metode dengan bubuk bata, maka terlebih dahulu kalian harus membersihkan bubuk-bubuk yang menempel pada telur hingga bersih. Kemudian proses perebusan dilakukan. Dan apabila kalian menggunakan metode perendaman air garam, maka kalian hanya langsung merebusnya saja.

Yang perlu kalian perhatikan dalam proses perebusan ialah kalian harus menggunakan api kecil sehingga dalam proses perebusan telur-telur tidak saling beradu dan akan mengakibatkan banyak telur yang pecah. Dalam proses perebusan dibutuhkan waktu sekitar 1-1,5 jam.

Demikianlah rincian dari proses membuat telur asin, bila kalian ingin mendapatkan telur lebih asin dan awet maka kalian perlu mencoba menyimpan telur sebelum proses perubusan sekita 3 mingguan lebih. Dengan begitu telur yang anda hasilkan akan lebih asin dan awet, tapi bila kalian tidak ingin dan segera menjualnya. Maka sebaiknya hanya menyimpan selama waktu normalnya saja.

Bagaimana? Tertarik kan berbisnis telur asin, dengan biaya produksi yang murah dan profit yang tinggi. Kalian perlu mempertimbangkan bisnis ini sebagi bisnis yang menggiurkan karena pasar yang masih terbuka luas serta permintaan yang tinggi dari konsumen.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed