Mozaik Sejarah Wisata Keraton Yogyakarta Yang Kaya Akan Budaya

Mozaik Sejarah Wisata Keraton Yogyakarta Yang Kaya Akan Budaya

Istana resmi kesultanan ngayogyakarta hadiningrat yang berlokasi di jantung kota Yogyakarta adalah kerap sekali dikenal dengan sebutan Keraton Yogyakarta. Komplek keraton ini masih berfungsi sebagai tempat tinggal sultan dan keluarga sultan yang hingga saat ini masih menjalankan tradisi kesultanan. Oleh karena itu tak heran jika banyak sekali wisatawan mengunjungi objek wisata ini sebagai tujuan favorit berkunjung.

Sebagian besar keraton ini digunakan sebagai museum karena didalam keraton ini masih banyak sekali tersimpan berbagai koleksi yang dimiliki oleh kesultanan, dimana termasuk berbagai pemberian dari raja raja eropa pada zaman dahulu kala, replica pusaka keraton, kereta kencana dan gamelan juga tersimpan disana. Jika dilihat dari segi bangunanya maka akan terlihat bahwa ini merupakan arsitektur jawa yang terbaik karena memiliki beberapa balairung mewah dan lapangan serta pavilion yang luas.

Baca Juga: Keindahan Destinasi Wisata Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakata

Awal mula berdirinya keraton ini yakni dibangun oleh Sultan Hamengku Buwono I pada tahun 1755 yang berlokasi di tempat yang dahulunya merupakan bekas sebuah pesanggarahan yang sering dijuluki dengan Garjitawati.  Dimana pesanggarahan ini digunakan sebagai iring iringan jenazah raja raja mataram yang akan dikebumikan.

Kemegahan Wisata Keraton Yogyakarta

Kemegahan Wisata Keraton Yogyakarta

Berdiri megah di jantung kota, keraton Yogyakarta di abadikan menjadi suatu detak yang memberikan nyawa bagi budaya kota Yogyakarta. Dengan masih kukuhnya keraton Yogyakarta maka ini membuktikan bahwa budaya dan tradisi yang masih dihidupi akan bersinergi dengan laju ke majuan kota menjadi modern.

Keraton Yogyakarta ini letaknya di jantung kota dan terkenal bangunanya sangat megah sekali. Letak persisnya adalah melintang di antara aliran sungai Code dan juga Winongo yang mana dipilihnya lokasi diantara dua sungai karena dapat menjadi benteng pertahanan alami yang bisa melindungi keraton apabila terjadi banjir.

Keberadaan keraton Yogyakarta memang dianggap sebagai pusat kerajaan mataram yang mana selain itu keraton Yogyakarta memiliki peranan penting dalam kedaulatan republic Indonesia. Karena saat penjajahan belanda keraton Yogyakarta juga ikut berjuang bersama sama mempertahankan kedaulatan Indonesia yang sekarang di abdaikan dengan gelar Yogyakarta sebagai daerah istimewa.

Jika anda berlibur dan mengunjungi keraton Yogyakarta maka perjalanan anda dijamin sangat menyenangkan dan juga sebagai sarat pengetahuan. Karena masih ada keluarga kerajaan yang tinggal disana dan anda bisa berjumpa secara langsung.

Bagian dari keraton Yogyakarta ini dibagi menjadi dua , satunya yakni ruangan yang boleh dikunjngi oleh para pengunjung sedangkan yang didalam tidak boleh ada siapapun yang masuk kecuali keluarga kerajaan. Bagian ruangan yang tidk boleh dimasuki adalah Gedhong Jane, Gedhong purworetno, Bangsal Kencana, Bangsal Trajumas, Kaputren. Namun selain itu masih banyak bagian ruangan lain yang bisa anda kunjungi, anda tidak perlu khawatir.

Ada banyak sekali bangunan di keraton yakni salah satunya adalah pendopo, atau anda bisa berkunjung kemuseum. Disini banyak sekali koleksi sejarah seperti kain batik, lukisan dan macam macam kerajinan lainya. Ruangan yang ada dikeraton Yogyakarta memang luas sekali jika kalian melangkah ke ujung keraton maka kalian akan menjumpai sebuah bangunan yang melihatkan secara lengkap informasi, dokumentasi, serta memorabilia atas sultan HB.

Menarik bukan jika kalian berkunjung ke keraton Yogyakarta. Meskipun banyak sekali wisata budaya dijogja seperti Wisata Candi Prambanan, Wisata Candi Borobudur, dan Malioboro namun keraton Yogyakarta juga wisata yang wajib sekali untuk anda kunjungi supaya pengetahuan budaya anda semakin banyak. Mengunjungi keraton akan menajdi perjalanan yang menyenagkan jika anda datang bersama keluarga kalian.

Selain di wisata Pantai Parangtritis, Wisata Alam Kalibiru, Wisata Hutan Pinus, Wisata Goa Jomblang, Wisata Binatang Gembira Loka, Wisata Taman Pintar, dan masih banyak wisata lain yang memiliki pemandanagan dan spot foto yang bagus namun wisata keraton Yogyakarta juga menawarkan berbagai ruangan dengan spot foto budaya yang menakjubkan sekali. Oleh karena itu ketika anda berniat data kemari jangan lupa bawa kamera kesayangan anda.

Seperti di Wisata Candi Borobudur Dan Candi Prambanan disini juga karena merupakan wisata tempat sang jara kesultanan maka anda harus bersikap sopan dan menggunakan pakaian yang sopan juga. Anda harus menghormati tempat ini dan jangan sampai melanggar aturan.

Aktivitas Yang Dapat Dinikmati di Wisata Keraton Yogyakarta

Aktivitas Yang Dapat Dinikmati di Wisata Keraton Yogyakarta

Ada begitu banyak yang bisa kita nikmati ketika mengunjungi keraton Yogyakarta ini, ada beberapa hal yang bisa kalian nikmati yakni :

  1. Berfoto adalah hal yang utama kalian lakukan ketika bergi berlibur kemanapun, dengan background koleksi koleksi keraton pada anda akan mendapatkan foto yang bagus, namun dikeraton Yogyakarta ada ketentuan untuk mengambil gambar yakni degan membayar 1.000 untuk izin mengambil gambar.
  2. Didalam komplek keraton Yogyakarta terdpat banyak sekali beberapa museum dengan penyimpanan benda benda kuno bersejarah. Melihat barang bersejarah merupakan hal yang menyenangkan bukan karena dijaman modern seperti ini kita masih bisa melihat barang barang kuno peninggalan sultan. Dengan berbagai barang koleksi kuno seperti kereta kencana dan juga koleksi lukisan yang sanagt banyak akan menambah wawasan kita mengenai pendidikan seni pada jaman dahulu.

Terdapat juga museum batik yang sangat menarik karena anda akan melihat berbagai koleksi batik yang perna dibuat disana, kemudian anda akan melihat alat alat yang digunakan membut batik pada ratusan tahun yang lalu, pewarna alami yang dibuat dari aneka tanaman, juga terdapat sumur kuno yang didalamnya berisi uang logam beserta dengan kertas kertas. Selain itu ada juga museum keramik dan barang yang sudah pecah bela, terdapat juga berbagai macam pakaian adat yang di kenakan oleh abdi keluarga kerajaan.

  1. Menonton pagelaran seni juga bisa dilakukan di keraton yogyakarta, selain anda dapat menyaksikan secara live atau langsung bagaimana abdi keluarga kerajaan menyambut para tamunya anda juga bisa menyaksikan pagelaran seni yang digelar setiap hari untuk para wisatawan. Pertunjukan biasa nya dilakukan di sebuah bangsal atau pendopo didalm kompleks keraton Yogyakarta yakni bangsal Sri Manganti.

Pertunjukan berlangsung dimulai dari jam Sembilan sampai jam sepuluh. Pertunjukannya pun bergantian mulai dari nembang macapatan, tari tradisional, wayang golek, wayang kulit, dan gamelan menyenangkan bukan jika kita masih bisa menikmati budaya jawa di era yang modern seperti ini.

  1. Jika dengan melihat lihat sekeliling keraton namun anda masih merasa kurang puas dengan pengetahuan budaya maka anda bisa bertanya secara langsung kepada salah satu abdi dalem yang ada. Dengan senang hati para abdi akan menjelaskan semua yang anda tanyakan mengenai keraton Yogyakarta.

Terkadang para abdi akan menceritakan kisah kisah menarik yang terkadang belum perna kamu dengan atau kamu baca, jika anda berbincang bincang dengan abdi dalem yang sudah sepuh maka akan banyak sekali pelajaran hidup yang bisa anda pelajari dari mereka.

  1. Menyaksikan jemparingan yang memiliki arti bahwajemparingan biasa disebut dengan pananh. Jadi jemparingan merupakan seni memanah dari abdi dalem. Para prajutin karaton pada jaman dahulu sering kali mengikuti kegiatan jemparingan, namun untuk saat ini jemparingan sudah dapat dilakukan oleh siapapun. Bahkan sampai diadakan perlombaan jemparingan setiap hari selasa wage.

Yang paling unik dari hal ini adalah dimana orang yang mengikuti perlombaan jemparingan diwajibkan mengenakan pakaian adat jawa, selain hal tersebut pemanah juga harus duduk bersila dan tidak berdiri. Acaranya digelar dilapangan kemandungan dan biasanya dimulai pada pukul 02.00.

  1. Menyaksikan Upacara Adat. Anda bisa menyaksikan upacara adat yang masih sering dilakukan di keraton Yogyakarta karena sebagai pusat penjaga budaya jawa. Upacara adat memiliki nilai filosofi yang sangat tinggi , hal ini yang manarik pengunjung untuk mengikuti upacara adat di kertaon Yogyakarta.

Ada beberapa upacara adat yang dilakukan di keraton Yogyakarta yakni Miyos, Gongso, Tapa Bisu Mubeng Beteng, Sekaten, Grebeg, dan masih banyak lagi yang tidak bisa disebutkan satu satu. Jika kamu ingin menikmatinya maka anda bisa berperan ikut bergabung dalam upacara adat ini.

Harga Tiket Masuk Wisata Keraton Yogyakarta

Harga Tiket Masuk Wisata Keraton Yogyakarta

Jika anda ingin berlibur ke kota jogja maka anda harus menyiapkan beberapa uang cas di tas anda karena itu anda harus tau berapa kira kira biaya yang dibutuhkan jika anda pergi berlibur ke keraton Yogyakarta nah disini saya akan menjelaskan mengenai beberapa harga tiket untuk masuk ke keraton Yogyakarta:

  • Wisata lokal dikenai biaya sebesar 5.000 untuk masuk ke keraton Yogyakarta
  • Wisata asing dikenai biaya sebesar 15.000
  • Dan untuk jam buka keraton yakni kalau hari senin-minggu buka jam Sembilan sampai jam dua siang.

Fasilitas Yang Ada Di Wisata Keraton Yogyakarta

Fasilitas Yang Ada Di Wisata Keraton Yogyakarta

Dengan biaya tiket masuk yang tidak begitu mahal maka fasilitas yang ada dikeraton ini dianggap sudah memenuhi kebutuhan para pengunjung, dan kami anggap sudah sangat lengkap.

  1. Tempat parkir kendaraan : letak keraton ini tidak jauh dari wisata Malioboro oleh sebab itu maka anda tidak perlu khawatir untuk tempat parkir kendaraan anda karena sudah banyak sekali lokasi lokasi yang memang dikhususkan untuk berparkir kendaraan. Seperti di sebelah timur alun- alun atau di area parkir masjid agung dan bisa juga di sebelah barat alun alun utara. Sudah tersedia banyak sekali alternative untuk anda berparkir motor.
  2. Tampat beribadah, sudah tersdia disana masjid Gedhe yang mana anda bisa beribadah dan melepas penat dimasjid gedhe kauman yang letaknya di sebelah barat alun alun kraton. Masjid ini memiliki bentuk yang masih kasik dan tradisional yang bisa anda jadikan sebagai salah satu tempat mengabadikan moment bersama keluarga.
  3. Rumah penginapan, jika anda datang kota yang sangat jauh maka jangan khawatir karena sudah tersedai banyak sekali hotel berbintang sampai kelas melati. Ada juga Alkid Homestay dan griya patehan guest house yang jaraknya hanya kurang lebih 300 meter dari kraton.

Karena letak keraton tidak jauh dari maliobprp maka anda juga bisa menginap di hotel sepanjang jalan malioboro, jadi untuk masalah penginapan anda tidak perlu khawatir.

  1. Tempat makan di wisata keraton akan banyak sekali anda jumpai, karena ini merupakan tempat bersejarah maka banyak sekali orang yang menjual makanan disini, anda jangan khawatir masalah mengisi kekosongan perut. Anda bisa juga berjalan menelusuri jalan malioboro dan makan makanan khas jogja yakni gudeg di warung pedagang kaki lima.
  2. Toko cinderamata dan pusat oleh oleh juga tersedia disini karena ini letaknya tidak jauh dari malioboro maka anda akan mudah sekali mendapatkan jajanan khas jogja untuk oleh oleh keluarga dirumah.

Anda juga dapat membeli bakpia pathok khas jogja di jalan malioboro, atau jika anda merasa kelelahan untuk berjalan anda bisa menaiki andong untuk pergi berkekliling sepanjang jalan malioboro.

Rute Perjalanan Menuju Wisata Keraton Yogyakarta

Rute Perjalanan Menuju Wisata Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta hadiningrat berada tepat sekali di sebelah selatan alaun alaun utara, atau memiliki jarak sekitar 50 meter dari jalan wisata malioboro. Jadi jika anda datang ke jogja dengan kendaraan kereta api maka berhenti saja distasiun tugu lalu ketika anda suda sampai di stasiun tugu maka berjalan saja lurus ke arah selatan melewati perempatan jalan malioboro sampai dengan bertemu lapangan luas yang tak lain adalah alun alun utara. Setelah itu anda hanya tinggal mencari letak keraton Yogyakarta yang letaknya sebelah selatan alun alun.

Tips Berwisata ke Wisata Keraton Yogyakarta

  1. Anda harus memperhatikan papa petunjuk jika kalian akan beraktivitas yang mungkin melanggar aturan namun menurut anda itu tetap wajar anda tidak boleh melakukanya. Beberapa laranganya adaah seperti dibawah ini : 1. Dilarang merokok sembarangan, 2. Dilarang duduk di pendopo atau bangsal sekitarnya, 3. Dilarang memasukkan uang ke dalam sumur atau benda benda lainya, 4. Dan jika ada papan larangan lainya yang harus anda perhatikan.
  2. Berperilaku Sopan memang sangat diharuskan jika anda sedang berlibur kemana pun, apalagi jika anda didalam sebuah keraton yang dahulunya adalah merupakan tempat bersejarah. Anda harus selalu menjaga ketertiban dan ketenangan. Jika membawa anak diharapkan jangan sampai anak melakukan hal hal yang tidak diinginkan, seperti halnya anak anak akan mengambil barang barang yang baru ia lihat bisa jadi jatuh dan rusak maka anda tidak akan bisa menggantinya karena barang tersebut hanya tingga itu satu satunya.

Akses Masuk Ke Wisata Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta memiliki letak di jantung kota budaya yakni tepat sekali di jl Rotowijayan 1 kecamatan kraton kota Yogyakarta. Yang dikelilingi oleh benteng petahanan dan dari sini banyak seklai orang setempat yang menyebutnya dengan sebutan keraton jogja dengan njeron beteng.

Jika anda ingin masuk keraton ini maka ada dua jalur yang bisa anda lewati yakni yang loket pertama di bagian depan serta loket di bagian tengah . dimana loket depan atau tepas keprajuritan letaknya didekat alun alun utara yang biasanya digunakan untuk melakukan perayaan sekaten.

Jika anda masuk melalui pintu keprajuritan maka kamu hanya dapat mengakses bagian depan saja atau bangsal pagelaran yang adan dapat melihat disana terdapat perlengkapan prajurit keraton Yogyakarta dan juga terdapat dokumentasi berbentuk foto maupun gambar serta beberapa kereta kuno. Namun jika kamu ingin melihat lebih kedalam untuk menyaksikan betapa luas dan megahnya keraton ini maka anda sebaiknya masuk melalui tapas wisata yang letaknya dibagian tengah dekat dengan kantor kecamatan.

Jika anda berasa dari malioboro maka anda cukup mengikuti jalan berjalan lurus ke arah selatan dan kemudian kamu akan tiba di komplek keraton, jika malas berjalan kakaki maka anda bisa memanfaatkan andong untuk mengantar anda menuju lokasi tujuan anda, atau anda juga bisa memanfaatkan becak sebagai alternative kendaraan yang anda gunakan untuk menuju lokasi.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 comments

News Feed