Tips Menyusun Perencanaan Pemasaran atau Marketing Plan dengan Handal

 

Menyusun Perencanaan Pemasaran atau Marketing Plan

Marketing plan atau perencanaan pemasaran ialah rencana yang menguraikan berbagai cara dan strategi dalam memasarkan atau mengenalkan sebuah produk agar laku dipasaran. Pada pembahasan kali ini kita akan berbincang-bincang mengenai hal-hal yang ada dalam rencana Pemasaran.

Definisi Perencanaan Pemasaran atau Marketing Plan

Sebelum kalian membaca lebih jauh tentang bagaimana menyusun sebuah marketing plan, alangkah baiknya jika kalian terlebih dahulu mengetahui pengertian dari perencanaan pemasaran. Definisi dari perencanaan pemasaran (marketing plan) adalah suatu bagian dari suatu sistem yang berjalan dalam koridor desain untuk mencapai tujuan.

Tujuannya ialah agar dapat menciptakan nilai bagi konsumen dan juga tetap menghasilkan keuntungan bagi pelaku usaha. Sederhananya sebuah marketing plan sangat membantu para entrepreneur menentukan arah atau pedoman dalam mengenalkan produk dan juga dalam pengenalan produknya seorang entrepeneur juga masih dapat menghasilkan laba atau keuntungan.

Agar kalian lebih paham akan dasar dari perencanaan pemasaran, disini kita akan sedikit menyimak beberapa pendapat dari para pakar perencanaan pemasaran (marketing plan) yaitu kita akan mengambil satu dari sekian banyak ahli yang bernama Philip Kotler/Amstrong berpendapat “Manajemen pemasaran iyalah analisis, perencanaan, pelaksanaan, serta  pengendalian atas program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, serta mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran dengan maksud untuk mencapai sasaran organisasi. (1994: 114) terjemahan Wilhelmus W. Bakowatun

Secara khusus Philip kotelr/Amstrong mengartikan sebuah perencanaan pemasaran ialah berisi tentang cara menganalisis serta mengendalikan progam dengan sebuah keyakinan “Selling Ability” atau kemampuan dalam menjual produk atau jasa yang menghasilkan sebuah laba atau keuntungan bagi pembeli maupun juga bagi perusahaan.

Dari definisi yang dikatakan oleh Philip Kotler/Amstrong di atas, dapat kalian teliti lagi bahwa Philip Kotler memandang sebuah marketing plan memiliki fungsi yang sangat utama menarik pelanggan atau konsumen agar meyakini apa yang kalian jual tersebut dibutuhkan dan di sisi lain dengan adanya kebutuhan tersebut perusahaan kalian mendapatkan keuntungan.

Setalah kalian memahami pengertian dari marketing plan atau rencana pemasaran, kita akan melanjutkan pada pembahasan utama kita yaitu bagaimana menyusun sebuah rencana pemasaran agar kalian mampu menawarkan produk atau jasa kepada target pangsa pasar secara efektif dan efisien.

Hal-hal yang harus kalian ketahui dalam merencanakan marketing plan ialah sebagai berikut:

Melakukan Analisis Situasi

Pada tahap analisis situasi ini kalian harus mengetahui tujuan dari usaha bisnis yang akan dilaksanakan. Karena pada tahap analisis ini bertujuan agar kalian mengetahui kondisi dari usaha kalian dari aspek pemasaran produk dalam menentukan arah dari rencana usaha bisnis perlu adanya perubahan atau penyesuaian.

Caranya dengan kalian harus memulai dengan mengevaluasi dari misi dan tujuan dari usaha bisnis(jika kalian belum menentukan misi dan visi usaha bisnis, tentukan terlebih dahulu) untuk memastikan rencana dari pemasaran yang selama ini kalian akan atau sudah terapkan mampu mendukung pencapaian tujuan.

Contohnya saja, apabila kalian memiliki usaha bisnis online yang menargetkan 10% kenaikan pendapatan dari pengunjung ataupun dari reseller dan pembeli pada tahun ini dengan meningkatkan kontrak kerja sama dengan reseller serta memberikan poin-poin yang memberikan minat bagi pengunjung untuk mendapatkan produk usaha anda.

Mengetahui Keunggulan Dan Tantangan Dalam Pemasaran

Apa yang membuat seorang pelanggan mau melakukan kerja sama dengan usaha anda. Dan mengapa dari mereka ada yang memilih untuk bekerja sama dengan perusahaan pesaing? Karena pada dasarnya pelanggan lebih suka menjalin kerja sama pada usaha yang memiliki keunggulan. Maka dari itu, mengetahui kekuatan usaha kalian merupakan aspek utama dalam menemukan keunggulan dari usaha kalian.

Adapun cara-cara yang perlu kalian ketahui dalam mengetahui kekuatan usaha ialah sebagai berikut:

  • Tentukan kekuatan dan keunggulan dari usaha kalian yang mampu untuk digunakan kepada pelanggan atau pembeli agar mereka memutuskan untuk bekerja sama atau menggunakan produk dari usaha anda.
  • Adapun kekuatan usaha apapun ditentukan oleh pengoptimalan biaya se-efisien mungkin, memberikan pelayanan yang memuaskan kepada pelanggan, serta memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk mengakses layanan, dan kecepetan dalam memberikan pelayanan terhadap pelanggan.
  • Ketahui kelemahan dari usaha kalian, sebab hal ini merupakan aspek permasalahan internal bisnis kalian. Pelanggan juga akan mempertimbangkan hal-hal seperti itu, namun tidak semuanya. Tapi baiknya kalian mengontrol kelemahan usaha anda dan menentukan cara mengatasinya.

Lakukanlah Riset Pasar Yang Ingin Kalian Masuki

Menyusun Perencanaan Pemasaran atau Marketing Plan

Sebelum menentukan strategi yang kalian gunakan dalam pemasaran, pastikan terlebih dahulu kalian mengetahui kepada siapa kalian menjual produk/jasa dari usaha anda. Dengan demikian,  kalian bisa dengan mudah untuk menentukan dimana dan bagaimana kalian akan mengenalkan produk usaha bisnis.

Apabila kalian belum mengetahui calon pembeli secara detail, kalian tidak akan bisa membentuk opini/persepsi bahwa produk/jasa yang kalian kenalkan mampu mempengaruhi kebutuhan pelanggan. Hal yang perlu dilakukan dalam riset pasar ialah sebagai berikut:

  1. Lakukanlah riset-riset demografi seperti jins kelamin, umur dan penghasilan dari calon pelanggan produk kalian.
  2. Kalian juga bisa memanfaatkan peran pemerintah dengan melihat data resmi tentang suatu kondisi asar dan industri berdasarkan kategori-kategori tertentu.
  3. Lakukanlah riset dengan produk dari pesaing bisnis anda.
  4. Kumpulkan Informasi

Melakukan survey setelah itu kumpulkan semuanya agar kalian bisa melihat dari mana terlebih dahulu kalian akan memasuki pasar dan bagaimana pengembangannya. Dengan begitu, kalian akan mulai memikirkan apa yang ingin anda targetkan dalam pemasaran tersebut. Apakah akan memperluas pangsa pasar usaha kalian, mengenalkan produk atau jasa baru kepada pelanggan yang sudah ada, atau kalian akan mengenalkan produk yang benar-benar baru kepada pelanggan baru. Tujuan-tujuan tersebut akan membantu kalian semua dalam menyusun sebuah perencanaan pemasaran.

Mulailah Menyusun Marketing Plan

Setelah semua yang kita bahas diawal sudah kalian lakukan, sekarang kalian akan menyusun marketing plannya. Pertama ialah membuat laporan penyajian yang menyajikan informasi penting dari produk atau jasa usaha kalian dan kemudian tulis ringkasan dalam dokumen pendukung dalam satu atau lebih paragraf. Karena, dengan penulisan tersebut kalian akan melihat gambaran besar serta detail lengkap dari aspek-aspek yang kalian butuhkan dalam menjalankan usaha bisnis.

Jangan berharap setelah kalian melakukan apa yang sudah penulis uraikan diatas maka usaha bisnis anda akan berjalan tanpa hambatan. Jadi, menurut buku tatang sutarmannya kang sule menyebutkan bahwa, para ahli berpendapat agar setiap usaha yang kalian jalankan harus melakukan evaluasi rutin. Biasanya hal itu dilakukan setiap setahun sekali untuk usaha berskala besar, namun bila kalian memiliki usaha kecil menegah, baiknya kalian lakukan evaluasi mingguan atau bulanan saja.

Cara cara tersebut akan membantu kalian untuk mengetahui target-target yang sudah tercapai dan yang belum tercapai. Serta kendala yang terjadi agar untuk target selanjutnya kendala tersebut bisa teratasi dengan baik. Dan sesungguhnya penyusunan rencana pemasaran ini merupakan bagian dari penyusunan dari rencana bisnis.

Demikian uraian dari penulis dalam menjelaskan bagaimana caranya membuat suatu rencana pemasaran atau marketing plan yang baik. Semoga dari kalian mampu menerapkan hal ini yang akan membuat usaha bisnis kalian berjalan sesuai dengan harapan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

News Feed