Tips Jitu Menjaga Berat Badan Agar Tetap Stabil Saat Hamil Sampai Melahirkan

Wikipiee.com – Banyak wanita yang sebelum hamil memiliki tubuh yang ideal. Namun ketika hamil sampai melahirkan, berat badannya mengalami kenaikan bahkan sampai mengalami obesitas. Kondisi tersebut dianggap normal oleh kebanyakan orang. Padahal obesitas sendiri adalah kondisi yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Menjaga berat badan tetap normal sampai melahirkan memang memerlukan trik tersendiri agar anda tidak mengorbankan asupan nutrisi selama kehamilan.

Baca juga : Menurut Ahli, Begini Cara Cepat Memulihkan Tubuh Pasca Melahirkan

Nutrisi yang anda cukupi selama kehamilan sebenarnya tidak menyebabkan tubuh gemuk. Hal ini karena nutrisi tersebut juga diserap oleh janin. Maka dari itu mendapatkan berat badan ideal saat hamil sampai melahirkan sangat mungkin anda dapatkan. Makan dalam jumlah banyak belum tentu mendapatkan asupan nutrisi yang cukup. Berikut ini ulasan selengkapnya untuk berbagai cara agar berat badan tetap stabil saat hamil sampai melahirkan.

Menjaga Berat Badan Tetap Stabil Saat Hamil Sampai Melahirkan

  1. Tahu nutrisi yang tepat

Gizi yang diasup selama kehamilan sebaiknya mesti disesuaikan dengan perkembangan janinnya. Hal tersebut bermanfaat agar ibu hamil tidak kekurangan zat gizi atau mengalami kenaikan berat badan berlebihan. Anda bisa mencoba berkonsultasi ke dokter mengenai asupan nutrisi yang mesti dikonsumsi dan buatlah jadwal makan dan minuman sebagai menu harian anda.

  1. Hindari karbohidrat berlebih

Karbohidrat berperan penting sebagai sebagai zat penambah tenaga. Namun jika berlebihan akan membuat kadar gula dalam darah meningkat dan pembakaran kalori menjadi lemah. Hal ini akan menyebabkan berat badan menjadi tidak terkotrol. Konsumsi karbohidrat secukupnya. Anda pun bisa mengganti sumber karbohidrat biasa dengan karbohidrat kompleks.

  1. Lakukan olahraga

Lakukan olahraga selama kehamilan agar tulang tidak kaku karena kurang gerak. Selain itu olahraga juga efektif sebagai pembantu pembakar lemak dan meningkatkan mood. Pilih jenis olahraga yang tidak membahayakan kehamilan. meskipun jenis olahraganya ringan, namun anda tetap mendapatkan efek positifnya jika dilakukan secara rutin. Anda bisa mencoba yoga, senam hamil, atau sekedar jalan-jalan pagi.

  1. Hindari lemak tidak sehat

Lemak memang penting untuk dikonsumsi selama kehamilan. namun pilihlah sumber lemak sehat sehingga efeknya baik untuk kesehatan. Hindari lemak jahat yang berasal dari jeroan, kulit ayam atau daging merah karena akan membuat berat badan tidak terkontrol. Pilih lemak baik atau konsumsi lemak nabati dari sayuran dan buah-buahan. Anda bisa mengonsumsi daging namun dengan kandungan lemak yang tidak terlalu tinggi.

  1. Camilan buah

Ganti camilan berlemak jahat dengan buah-buahan. Buah memiliki kandungan serat dan nutrisi lain yang baik untuk kehamilan. anda bisa berhenti mengonsumsi camilan yang diproses dengan cara digoreng. Buah juga efektif untuk menyehatkan saluran pencernaan. Anda tetap mendapatkan asupan nutrisi sehat dengan berat badan yang tetap terkontrol selama kehamilan.

Demikian berbagai macam cara agar berat badan tetap stabil selama kehamilan sampai persalinan. Semoga bermanfaat.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

News Feed