Cara Sukses! Memulai Bisnis Di Era Millennial Saat Ini

Cara Sukses! Memulai Bisnis Di Era Millennial Saat Ini

Kalau berbicara tentang bisnis artinya kita sedang melihat suatu kesempatan yang menguntungkan. Banyak dari mereka berhasil dalam menjalankan suatu bisnis. Seringkali dunia bisnis yang dulu kalian anggap sukses, hari ini belum tentu sukses. Lho? Kok bisa? Mengapa? Karena banyak dari kalian yang lupa untuk terus berburu kesempatan agar bisnis tetap berkembang.

Maka, sebelum kita membahas lebih mendalam lagi, sebaiknya kita harus mengetahui dulu tentang bisnis menurut berbagai pandangan.

Mengenali dan Belajar Bisnis Buah-Buahan

Definisi bisnis yang tepat dan diakui kebenarannya masih menjadi bahan perdebatan oleh para akademisi hingga kini. Namun, bila kalian merujuk berdasarkan ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang memproduksi/menjual barang atau jasa kepada konsumen untuk mendapatkan laba.

Sederhananya begini, menurut Prof. L. R. Dicksee “Bisnis ialah suatu bentuk kegiatan(mencari kesempatan) yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan tersebut”. Jadi pada intinya, kalian yang ingin memulai suatu bisnis maka mulailah untuk terus mencari kesempatan yang ada.

Mungkin dari kalian banyak yang belum mengetahuinya. Setelah tadi kita sudah menyangkut sedikit tentang kesempatan. Ada data statistik menarik mengenai jumlah penduduk berdasarkan usia. Perlu kalian tahu, dan mungkin dari kalian juga sudah mengetahui sebelumnya bahwa Indonesia adalah negara dengan penduduk terbesar ke-4 di dunia dengan sekitar 258 juta jiwa(menurut CIA World Facebook tahun 2016). Jumlah ini tentu menjadikan lahan tersubur untuk memulai dan mengembangkan bisnis.

Dan bila melihat data statistik diatas secara lebih dalam, ternyata penduduk Indonesia didominasi oleh anak muda lho. Yaitu 50% penduduk Indonesia berusia dibawah 30 tahun. Dan mereka inilah yang sering disebut dengan Generasi Era Millennial.

Apa itu Generasi Era Millennial?

Istilah generasi millennial memang sudah akrab di telinga kalian. Tapi yang harus kalian ketahui sedari awal, bahwa kata “millennials” itu diciptakan oleh dua pakar ahli sejarah dan penulis Amerika, Willam Strauss dan Neil Howe dalam beberapa bukunya.

Generasi milenial atau biasa juga disebut generasi Y yang juga akrab disebut dengan generasi me atau echo boomers. Secara harfiah memang secara nyata tidak ada, tapi secara kelucuan diantara kita, generasi Y ialah orang yang terakhir setelah generasi X (biasa kita sebut ABEG, Angkatan Bapak Emak Gue :D).

Namun, para peneliti telah menggolongkan generasi millennial berdasarkan tahun kelahiran, penggolongannya membentuk sebuah generasi Y bagi kalian – kalian semua yang terlahir diantara tahun 1980 sampai tahun 2000 an dan seterusnya.

Terus setelah kita mengetahui pengertian bisnis dan generasi millennial, maka setelah ini kita akan membahas bagaimana memulai suatu bisnis di generasi millennial. Karena dalam memulai bisnis kita juga harus melihat dari banyak faktor, dan penting bahwa untuk zaman teknologi ini maka seyangnya kita harus mempelajarinya.

Dalam sebuah zaman millennial, generasi ini hidup dan tumbuh bersama dengan adanya kemajuan teknologi, informasi dan sebuah kebebasan dalam menentukan pilihan. Munculnya era ini, membuat para pelaku pebisnis harus segera memutar kembali otaknya. Karena, dalam generasi millenial ini karakteristik terbentuk secara dinamis. Dan hal ini berbanding dengan pola era zaman old.

Apa itu Generasi Era Millennial?

Banyak hal yang bisa dikembangkan oleh para pelaku bisnis di era millennial ini. Kurang lebih hampir 81 juta konsumen lahir di zaman millennial. Seolah-olah tiap pelaku bisnis yang melakukan pembaruan produk ataupun menciptaan sebuah produk atau jasa bisa dengan mudah tersampaikan kepada konsumen. Sebab dalam era ini, semua kegiatan informasi sudah dapat diakses lewat media sosial.

Namun, banyak juga pekerjaan rumah bagi pelaku bisnis yaitu bagaimana mereka(para pelaku bisnis) membuat/menciptakan sebuah hubungan kedekatan atau membangun sebuah hubungan dengan para konsumen.

Dalam menjalankan bisnis, kalian akan mendapatkan banyak tekanan. Namun, itu semua merupakan pilihan yang sudah menjadi tanggung jawab. Karena, dalam peribahasa yang saya biasanya berikan ke kawan-kawan yang sedang lesu karena bisnis. “kalau sudah masuk jangan setengah-setengah, sekalian yang dalam. Kalau nanti menemukan jalan buntu, maka ciptakan sendiri jalan itu”. Keren kan!

 Dalam memulai bisnis di zaman millennia ini, terdapat banyak cara dalam memulai suatu bisnis/usaha. Dibawah ini kalian akan ditunjukkan beberapa gagasan dasar dan garis panduann dalam memulai suatu bisnis.

Membuat Ide atau Gagasan Bisnis

Menghasilkan ide atau gagasan bisnis merupakan kunci utama sorang pebisnis. Sebab, tanpa ide seorang pebisnis tidak akan pernah bisa menjual/menghasilkan apapun. Karena itu, kalian sangat memerlukan ide atau gagasan untuk melakukan bisnis. Dan dalam pembuatan ide bisnis, diharapkan kalian menciptakan dari yang kalian minati(suka), karena bisnis baru tersebut akan sangat menghabiskan banyak waktu dan juga kantong keuangan kalian.

Bila kalian masih bingung dalam pembuatan ide bisnis, baca Beberapa Hal yang Harus diperhatikan Dalam Menciptakan Ide Bisnis

Mempertimbangkan Ide Bisnis

Dalam menciptakan ide bisnis, mungkin dari kalian akan memiliki lebih dari satu ide kan?. Nah sebelum kalian bingung ide mana yang akan kalian eksekusi, jadi alangkah baiknya kalian mempertimbangkan setiap ide yang sudah kalian buat tersebut.

Pilih satu dari sekian ide yang sudah kalian buat, lalu coba jawab pertanyaan-pertanyaan yang timbul dari ide kalian. Apakah dengan ide kalian, orang-orang rela mengeluarkan uang untuk mendapatkannya? Apakah ide tersebut menjanjikan keuntungan yang besar hingga membuat bisnis kalian berlangsung lama? Dan yang terakhir, apakah ide kalian realistis dalam penerapannya ?

Menerapkan Ide Seunik Mungkin

Apapun yang kalian buat dalam ide bisnis, usahakan hal yang seunik mungkin. Ini akan sangat membantu kalian dalam melawan serta mengeliminasi saingan kalian dengan cepat. Sebab, dalam era millennial banyak sekali konsumen yang memburu produk-produk atau jasa yang unik dan beda dari yang lain. Hal ini akan sangat membantu anda dalam hal pemasaran juga, karena terbantu secara tidak langsung oleh konsumen era millennial.

Merencanakan List Bisnis

Banyak dari kalian mungkin pernah membuat rencana-rencana, dalam dunia bisnispun perencanaan itu juga penting. Namun kenyataannya banyak dari kita gagal dalam membuat rencana bisnis disaat akan melakukan bisnis. Dan kalian pasti setuju bila dalam berbisnis itu ialah jalanin aja.

Namun, ada baiknya kalian mulai melakukan perencanaan, karena dengan adanya perencanaan bisnis akan membuat kalian lebih faham ke arah mana bisnis anda akan bergerak dan seberapa banyak laba yang akan kalian inginkan.

Adapun hal-hal yang berkaitan dengan perencanaan bisnis bisa kalian baca membuat perencanaan bisnis.

Merencanakan Pemasaran

Di era millennial ini, sangat mudah dalam memasarkan suatu produk atau jasa bisnis, kalian juga setuju kalau dengan adanya media sosial sangat membantu dalam mengenalkan diri ataupun produk yang tentu banyak pilihannya.

Namun, bila kalian menjadi seorang pelaku bisnis. Maka dengan adanya media sosial akan membuat daftar biaya iklan dan budget yang akan dikeluarkan untuk memperkenalkan produk kita. Hal ini cukup baik karena dari segi biaya iklan dan jangkauannya pun sudah lumayan besar untuk sebuah produk baru kalian.

Bila masih belum memahami baca langkah pembuatan rencana pemasaran.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 comments

News Feed