Langkah-Langkah Pasti Memulai Usaha, Menjual Ide Kreatif

Langkah-Langkah Pasti Memulai Usaha, Menjual Ide Kreatif

Kalian memiliki keterampilan dalam menemukan ide atau bahkan menciptakan ide yang benar-benar baru tapi tidak memiliki keterampilan dalam melaksanakannya. Alangkah baiknya bila kalian mulai menjual ide-ide kalian tersebut kepada perusahaan yang membutuhkan. Dalam hal ini ide dari kalian akan dihargai besar karena dalam sebuah bisnis yang paling mahal ialah ide bisnisnya, jadi menjual ide akan memberikan opsi yang bagus bagi kalian yang ingin memulai usaha namun terkendala banyak hal.

Dalam memulai bisnis menjual ide-ide yang akan bernilai tinggi, sebaiknya ikuti langkah-langkah dibawah ini agar dalam menjual ide kalian tidak akan ditiru oleh orang lain. Adapun langkah-langkah yang perlu kalian ikuti adalah:

Menyempurnakan Ide

Sebuah ide tidak akan serta merta diterima oleh orang lain, karena dalam sebuah ide yang ditemukan mempunyai nilai yang kurang besar. Hal ini karena dalam ide yang ditemukan tidak adanya rincian pelaksanaan, biaya, dll. Maka dari itu, menyempurnakan ide sebelum menjualnya adalah langkah yang baik untuk menjaga kualitas ide dan profesional kalian.

Dalam menyempurnakan ide ada berbagai macam cara yang mungkin bisa membantu kalian, antara lain:

  1. Melakukan Riset Industri

kelayakan dari sebuah ide yang kalian ciptakan bergantung pada keunikan, kebaruan, dan relevansinya. Dengan demikian ide kalian akan dapat diterima oleh pelanggan dan pasar, jadi sebelum memutuskan untuk menjual ide tersebut. Sebaiknya kalian membicarakan ide kalian dengan pakar industri yang sudah anda kenal dengan baik, kemudian perbanyak referensi dengan membaca jurnal profesional, dan kejarlah setiap informasi berita dari industri terbaru.

Agar dapat membuat ide terlihat sempurna maka yang perlu kalian lakukan ialah dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti:

  1. Apakah seseorang sudah memiliki ide yang seperti kalian? kalaupun ada dan tidak berhasil, bagaimana dengan versi ide kalian?
  2. Hal-hal seperti apa yang dikhawatirkan oleh kompetitor terbaik yang pernah anda liat?
  3. Berapa besar keuntungan yang diperoleh?
  4. Seberapa besar pangsa pasar yang akan tercipta dengan ide kalian?
  5. Apa ada ide-ide yang terkait dengan kalian temukan?
  6. Apakah saya akan menyukai produk ide ini? Layakkah waktu yang akan saya luangkan terhadap produk ini?

Mengenali Ide

Bagaimana kalian mengenali ide yang kalian ciptakan, yang perlu kalian lakukan ialah dengan menguliti ide kalian. menguliti ide akan memberikan suatu hasil ide yang realistis dan laku dalam pasar. Bagaimana menguliti sebuah ide, dengan membuat daftar pertanyaan yang nantinya jawaban yang anda berikan menjadi dasar untuk menjualnya:

  • Masalah yang perlu dipecahkan

apa ada masalah dalam ide kalian? berapa banyak orang lain akan mendapat manfaat dari ide yang kalian buat? Solusi seperti apa yang akan kalian lakukan?

  • Kekuatan dan kelebihan ide

Mengapa ide kalian yang terbaik? Kenapa harus ide kalian? hal apa yang dibutuhkan dalam mensukseskan ide kalian? mengapa gagal? Bagaimana langkah selanjutnya?

  • Peluang dan ancaman

Seberapa besar yang akan diciptakan apabila ide anda terealisasikan? Ancaman apa saja yang akan ditimbulkan oleh ide kalian? seberapa menguntungkannya ide kalian tersebut? Apa yang menjadi kendala merealisasikan ide kalian? siapa yang menjadi pesaing dari ide kalian itu?

Langkah-Langkah Pasti Memulai Usaha, Menjual Ide Kreatif

Pelajari Hukum

Mempelajari hukum yang dimaksud disini bukan kalian harus belajar tentang hukum terlebih dahulu, melainkan carilah informasi apakah ide yang kalian ciptakan tidak melanggar hukum yang ada saat ini. Ide yang kalian ciptakan harus legal secara hukum agar dapat dijual dengan nilai yang besar. Bagaimana caranya, kalian sebaiknya menghubungi Hak Kekayaan Intelektual dan pengacara paten untuk memahami prosedur yang perlu kalian jalankan untuk menggunakannya sebagai pelindung dan menjual ide kalian. dari pengacara tersebut, kalian akan mendapatkan:

  1. Perjanjian rahasia yang mana perjanjian pelarangan berbagi informasi yang kalian berikan pada klien kalian nantinya.
  2. Memberikan status “paten tertunda”, yang saat menjadikan kalian untuk mempertahankan ide dengan jangka waktu tertentu.

Melakukan Uji Coba

Melakukan uji coba ini penting bagi kalian agar mengetahui seberapa besar ide yang akan kalian jual, dan dapat membuktikan bahwa produk ide kalian dapat dilakukan secara konvensional. Dengan menguji coba, kalian juga dapat mengembangkan ide tersebut agar dapat terus dilakukan di kemudian hari oleh penjual.

Mencari Klien

Bagaimana ide akan terjual bila kalian tidak mencari klien yang sesuai dengan ide kalian, mencari klien yang sesuai dengan ide kalian akan memberikan nilai plus bagi ide tersebut untuk segara dibeli dan dieksekusi oleh klien. Persiapan yang perlu kalian lakukan untuk mencari klien adalah:

Membuat Presentasi

Membuat presentasi ini penting untuk menjelaskan ide kalian kepada klien aga membeli ide kalian. dalam membuat presentasi yang baik ialah dengan membuat sebuah cerita dibalik ide anda. Dan apa yang perlu anda jawab dari pertanyaan-pertanyaan untuk dijadikan penguat dalam mempengaruhi klien.

Menentukan Batasan

Dalam mempresentasikan sebuah ide yang akan kalian jual, kalian harus menulis batasan-batasan yang harus kalian jaga agar pembahasan tersebut tidak melebar kemana-mana. Hal-hal yang menjadi batasan kalian ialah:

  1. Waktu : berapa banyak waktu yang sudah kalian berikan pada pembuatan ide tersebut
  2. Industri : apakah ada perusahan-perusahaan yang anda tidak inginkan untuk membeli ide kalian
  3. Keuangan : berapa uang yang rela anda investasikan dalam ide kalian
  4. Nilai : apakah dalam pembuatan ide ini anda sudah mempelajari dampak, keuntungan, atau relevansi ide

Bersikap Gigih

Menjual bukanlah suatu pekerjaan yang mudah untuk dilakukan, jadi kalian harus gigih dalam menjual. Karena menjual ide untuk pertama kali itu hal yang sulit, jadi persiapkan apa yang akan kalian lakukan untuk memulai menjual ide yang sudah anda persiapkan.

Mempersiapkan Penjualan

Ide yang kalian jual akan mendapatkan respon yang berbeda-beda dari kien kalian, yang kalian harus percayai pasti ada salah satu klien yang akan tertarik untuk membeli ide kalian. maka dari itu kalian juga harus mempersiapkan proses penjualan itu agar lebih mudah dalam mendapatkan kepercayaan dari klien. Cara-cara dibawah ini mungkin akan membantu kalian dalam mempersiapkan penjualan ide :

Lakukan Riset

Melakukan riset disini bukan menecari informasi ide kalian, melainkan mencari informasi yang nantinya akan kalian gunakan untuk mempengaruhi klien. Dalam melakukan riset ini yang kalian lakukan adalah mencari informasi dari perusahaan klien tersebut dan membuat jawaban dari pertanyaan-pertanyaan :

  1. apa pasar perusahaan ini ?
  2. siapakah pesaing perusahaan klien kalian?
  3. persiapkan apa yang klien ini inginkan dalam jangka yang lebih panjang

Persiapkan Dokumen-Dokumen Yang Dibutuhkan

Dalam mempersiapkan dokumen ini, kalian harus berhati-hati agar tidak ada dokumen yang kurang atau beum dipersiapkan. Yang mungkin akan berdampak pada ketikprofesionalan kita dalam bekerja sama. Dokumen-dokumen yang perlu kalian siapkan ialah:

  1. Surat perjanjian kerahasiaan
  2. Dokumen hukum
  3. Buku catatan yang menjadi bukti dari konsep pembuatan ide kalian
  4. Dokumen bisnis dan dokumen yang menunjukkan proyeksi profit yang dihasilkan dll

Menjual ide membutuhkan pemikiran yang khusus untuk mencapai kesempurnaan yang kalian inginkan agar nilai jual tinggi. Penulis menyarankan agar perbayak saran-saran dari berbagai sumber untuk meluaskan wawasan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

News Feed