Ketenangan Wisata Hutan Pinus Mangunan Yang Sejuk di Jogja

Keistimewaan Yang Dimiliki Wisata Hutan Pinus Mangunan

Hutan pinus mangunan dikenal popular karena jajaran hutan pinus sebagai backgound pre-wedding dan juga hunting, hutan pinus juga sering dimanfaatkan untuk dijadikan lokasi syuting film luar negri. Sebelum menjelasakan mengenai keindahan hutan pinus maka kita akan membahas dimana letak posisi wisata hutan pinus mangunan.

Kota Wisata Yogyakarta selain memliki pusat wisata dan kebudayaan yang melimpah namun kota ini juga kaya akan wisata alam yang sangat indah, dan juga menarik. Seperti wisata candi Borobudur, wisata candi prambanan, wisata pantai parangtritis, dan masih banyak lagi.

Anda tidak akan kebingungan jika ingin berlibur ke Yogyakarta karena banyak seklai tersedia berbagai wisata yang sangat menghibur anda dan keluarga. Di jogja juga terdapat wisata hutan pinus mangunan yang sekarang sangat hits sekali disebabkan karena banyak sekali selebriti yang mengunggah foto saat berlibur kesana dan terlihat sangat menakjubkan sekali.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Wisata Jogja Yang Wajib Didatangi Saat Berlibur

Saat pagi hari kota jogja sangat terasa lengang, dimana tampak banyak sekali kendaraan yang berlalu Lalang mengelilingi kota jogja karena banyaknya orang yang sedang bepergian. Disaat matahari belum benar benar terbit dan masih banyak orang yang nyaman dengan tempat tidurnya maka ini adalah suasana terindah jika anda mengunjungi pohon hutan pinus.

Pohon pinus menjulang memenuhi pandangan mata, keindahan alam akan terlihat begitu menakjubkan jika anda berada tepat didepan hutan pinus. Terbesit bayangan jika pagi hari cuaca sedang berkabut maka suasana hutan hutan pacific nortwest dapat anda nikmati juga di kota Yogyakarta ini.

Dikawasan RPH Resort Pengeolaan Hutan ada hutan pinus mangunan yang termasuk dari bagian hutan RPH yang ditumbuhi oleh Pinus Merkusii. Lokasi letak dari hutan pinus mangunan ini memang searah denagn makam raja-raja imogiri membuat kebanyakan orang salah dengan menyebutnya Hutan Pinus Imogiri. Banyak sekali wisatawan luar yang menyebut hutan ini sebai Hutan Pinus Imogiri. Padahal secara letaknya letak persis hutan pinus mangunan tidak berada di Kawasan imogiri.

Yogyakarta selain dikenal tengah hits sesudahnya penanyangan film Ada Apa Dengan Cinta 2 yang mana jogja menjadi salah satu tempat untuk syuting film yakni yang sering dipakai adalah Puthuk Setumbu dan Gereja Ayam di Magelang Jawa Tengah. Meskipun dikenal dengan sebutan gereja ayam namun menurut pengertian warga setempat sudah keseluruhan mengenalnya dengan sebutan gereja ayam.

Sejarah Berdirinya Tempat Wisata Hutan Pinus Mangunan

Sejarah Berdirinya Tempat Wisata Hutan Pinus Mangunan

Pada awalnya sebelum menjadi sebuah destinasi wisata alam jogja hutan pinus mangunan merupakan sebuah hutan tandus yang direboisasi, disini sebelumnya terdapat banyak sekali pohon pohon liar seperti pohon mahoni, pohon aksia, pohon kemiri dan kayu putih di banyak tumbuh di hutan yang luasnya sekitar 500 Ha ini. Sekarang Kawasan hutan mangunan ini seluruhnya ditanami oleh pohon pinus yang fungsinya sebagai hutan lindung yang sangat diperlukan untuk hutan ini.

Selain sebagai hutan pelindung dengan ditumbuhi pohon pinus maka hutan semakin terlihat indah dan saat ini terdaftar sebagai tempat wisata.

Keistimewaan Yang Dimiliki Wisata Hutan Pinus Mangunan

Keistimewaan Yang Dimiliki Wisata Hutan Pinus Mangunan

Wisata hutan pinus mangunan memang terkenal melalui media social Instagram karena hutan ini memang kerap sekali dikunjungi oleh wisatawan kalangan anak muda. Apalagi semenjak dibangunya panggung model terbuka yang seringkali digunakan untuk pentas teater atau tempat pertunjukan music di area terbuka yang sejuk dibawah pohon pinus yang rindang.

Disini panggung beserta bangkunya memang didesain setengah lingkaran karena mengacu pada satu arahpanggung, semua tempat duduknya dan panggungnya diambil dari kayu asli yang mana masih sangat terlihat bentuk aslinya. Ini yang menjadikan kawasan pohon pinus ini menjadi sangat menarik dan juga unik sekali untuk dkunjungi oleh wisatawan.

Banyak sekali orang yang mengatakan bahwa tempat ini adalah tempat dimana film twilight syuting. Nah karena itu wisata ini kerap sekali dijadikan sebagai salah satu destinasi anak muda, namun tidak hanya itu kawasan ini juga sering dijadikan lokasi oemotrean pre-wedding hingga syuting film.

Waktu Terbaik untuk Mengunjungi Wisata Hutan Pinus Mangunan

Waktu Terbaik untuk Mengunjungi Wisata Hutan Pinus Mangunan

Jika wisata tersebut sudah memiliki keindahan alam tersendiri akan menjadi magnet yang cepat sekali bagi para traveler untuk berdatangan. Hutan pinus memiliki keindahan pohon pinus yang sangat unik sekali dimana anda akan dimanjakan dengan pemandangan pepohonan yang sejajar rapi.

Namun ada saat tertentu dimana anda lebih cocok datang kemari adalah saat week day, karena jika kalian datang saat weekend maka akan sangat ramai sekali anda bisa datang lebih awal atau pagi sekali supaya anda dapat mengeksplorasi lebih banyak lagi sudut yang digunakan untuk selfi atau memfoto keindahan hutan pinus ini, apalagi saat matahari baru muncul maka akan terlihat sangat menarik sekali.

Waktu yang sangat baik untuk mengunjungi wisata ini adalah saat pagi hari sekitar pukul 06.00 sampai dengan pukul 10.00 WIB atau jika tidak bisa mengunjungi dipagi hari anda bisa datanf sore hari saat jam 15.00 sampai 18.00 WIB, namun tidak mengecualikan di siang hari. Jika anda ingin datang pada saat siang hari maka tidak masalah karena banyak juga wisata yang bagus diarea sini mungkin anda bisa mampir untuk sekedar berselfi.

Hal yang Bisa Dilakukan di Wisata Hutan Pinus Mangunan

Hal yang Bisa Dilakukan di Wisata Hutan Pinus Mangunan

Banyak sekali hal yang bisa dilakukan saat berlibur namun hal berikut adalah yang bisa anda lakukan jika datang ke wsata hutan pinus mangunan dlingo bantul:

  1. Bersepeda gunung

Hutan pinus mangunan merupakan salah satu destinasi wisata untuk para penggemar pesepeda dari Yogyakarta, memang karena tak jauh dari tebing keraton bandung yang lokasi itu sering dibuat perkumpulan para penggemar hobi sepeda gunung. Karena hutan pinus memiliki jalur yang mendaki sehingga akan menjadi tantangan tersedniri bagi para pesepeda gunung.

  1. Membuat Obat Ekstrak

Di wisata hutan pinus tidak hanya berliburan saja namun ketika anda ingin membuat sebuah obat ekstak juga bisa datang ke wisata hutan pinus Yogyakarta. Dimana obat yang terbuat dari pohon pinus dapat menghilangkan nyeri persendian otot, menguatkan ingatan lansia, peredaran darah lancer. Banyak sekali bukan manfaat yang bakalan kalian dapatkan, oleh karena itu manfaatkan sebaik mungkin.

  1. Berfoto Diatas Gardu Pandang

Sudah tersedia gardu pandang yang tidak begitu luas dan hanya bisa dinaiki beberapa orang saja. Hal ini biasa digunakan oleh para wisatawan muda untuk mengambil pose terbaik mereka dari atas ketinggian. Ini merupakan moment terindah yang bisa kalian lewatkan hanya di hutan pinus mangunan.

  1. Melihat Mata Air

Terkadang jika musim penghujan maka kalian akan menemukan sumber mata air yang dapat menyegarkan fikiran anda, disini anda dilarang mandi di sumber air melainkan hanya melihat saja aliran mata air yang mengeluarkan percikan airnya.

  1. Foto Pre-Wedding

Banyak sekali yang mempercayai kepercayaan bahwa pohon pinus melambangkan sebuah kesetiaan cinta seseorang, memiliki batang yang lurus dan tidak bercabang adalah sebagian lambing kesetiaan dan memiliki hati yang tidak bercabang. Oleh karena itu jangan heran jika banyak sekali yang memakai wisata ini sebagai tempat pre-Wedding.

  1. Berfoto di Stage Atau Panggung Terbuka

Banyak sekali orang yang mengunggah foto di panggung hutan pinus di media social Instagram dan facebook. Sehingga wisata ini sekarang lagi banyak para pengunjungnya setiap hari. Dengan keindahan tatanan panggung yang sangat rapi penataanya. Bangku bangku penonton juga semuanya terbuat dari batang pohon yang di buat dan di setting secara artistic.

  1. Bermain ayunan

Fasilitasyang sudah disedaikan oleh tempat wisata yakni salah satunya adalah ayunan ini, ayunan ini akan kita temui di beberapa titik guna menghibur anda dikala anda sudah lelah mengelilingi hutan untuk sejenak duduk dan berayuanan. Ayunan ini didesain dengan memanfaatkan dua batang pohon pinus yang tegap dan saling berdekatan. Ayunan ayunan ini uga dapat membuat anda rilex di hutan pinus ini.

  1. Hammock-an

Setelah bermain ayun ayunan, kita juga bisa mencoba hal lain yakni dengan memsang hammock dengan memanfaatkan dua pohon pinus yang saling berdekatan. Kita bisa gunakan hammock untuk bermalas malasan sejenak. Disini anda jangan merasa kaget ketika banyak sekali pengunjung yang baru berdatangan kemudian memasnag sendiri hammocknya, ini sudah menjadi hal yang biasa dilakukan di hutan pinus mangunan ini.

  1. Camping Ceria

Anda bisa memanfaatkan hutan pinus sebagai tempat untuk camping bersasma teman atau kerabat terdekat, karena di hutan ini banyak sekali terdapat camping ground yang bisa kita manfaatkan untuk membangun tenda, Menarik bukan hal ini. Dan jika kalian ada acara atau pengakraban seru seruan maka anda bisa melakukanya di sebuah pendopo yang memang sudah disediakan oleh pengelola.

Tiket Masuk ke Wisata Hutan Pinus Mangunan

Tiket Masuk ke Wisata Hutan Pinus Mangunan

Jika anda berkunjung ke hutan pinus mangunan maka belum ada tarif untuk msuk area sini bahkan ketika anda menggunakan kamera untuk mengambil gambar tidak ada retribusi untuk penggunaanya. Akan tetapi jika anda akan melakukan syuting atau melakukan kegiatan yang membawa banyak masyarakat ya harus tetap izin ke pusat pegelolahan apparat desa setempat.

Biasanya timbal balik yang dipungut oleh pengelola wisata hutan pinus ini hanya biaya parkir saja yang cukup terjangkau yakni hanya 3.000 saja dan untuk mobil 10.000. jika anda ingin melakukan foto pre-wedding maka ditarif harga 50.000 dan ketika anda menggunakan bus maka dikenakan biaya parkir 20.000 ini termasuk murah karena belum ada tiket retribusinya yang dikenakan untuk pengunjung.

Fasilitas yang ada di Wisata Hutan Pinus Mangunan

Fasilitas yang ada di Wisata Hutan Pinus Mangunan

Kawasan hutan pinus mangunan memiliki beberapa fasilitas yang tersedia diantaranya adalah Gedung pandang, panggung pertunjukan yang didesain menyatu dengan alam juga ada di hutan ini, kamar mandi umum juga sudah tersedia disini, dan juga tak hanya itu mushola tempat ibadah juga sudah disediakan karena seiring berjalanya waktu maka pengunjung wisata hutan pinus semakin banyak dan oleh sebab itu maka sering kali banyak orang yang mencari tempat beribadah.

Dan akhirnya didirikanya tempat ibadah karena banyak sekali wisatwan yang datang bukan hanya satu jam dua jam ada yang hampir seharian ,untuk fasilitas hutan pinus ini sudah tersedia banyak sekali kursi dari gating pohon, sehingga jika kalian merasa kelelahan maka kalian bisa berduduk santai disana.

Kerusakan fasilitas juga sering terjadi di beberapa tempat wisata, termasuk di hutan pinus mangunan ini banyak sekali, kesadaran traveler alay jaman sekarang sangatlah minim. Masih banyak pohon yang kulitnya dirusak hanya untuk menulis nama pasangan mereka. Ini akan merusak beberapa pohon pinus jika dibiarkan terlalu banyak yang melakukan hal tersebut.

Juga masih banyak sekali para traveler yang membuang tissue sembarangan padahal disini disetiap ujung jalan pasti di sediakan tempat sampah, namun rasa sadar para wisatawan masih kurang. Jagalah kelestarian hutan pinus ini dengan satu hal kecil yang benar. Supaya hutan pinus mangunan tetap terjaga kelestarian dan kebersihanya.

Rute Jalan Menuju Wisata Hutan Pinus Mangunan Dlingo

Rute Jalan Menuju Wisata Hutan Pinus Mangunan Dlingo

Hutan pinus mangunan yang letaknya di Dlingo Bantul Mangunan memang dari awal sudah berbentuk sangat tinggi sehingga menyerupai bentuk Kanopi alami, berkas cahaya yang memesuki hutan melalui cela cela pepohonan akan terlihat sangat indah sekali terutama di saat pagi hari itu jika anda berada tepat dibawah pohon bisa melihat tersebut.

Oleh karena itu tak heran jika pinus mangunan dlingo ini menjadi destinasi wisata yang termasuk popular di kota Yogyakarta. Hutan pinus berada di desa Mangunan Dlingo Bantul Yogyakarta, pada awalnya hutan ini hutan tandus yang kemudian ditanami pohon pinus. Cara menuju hutan pinus mangutan tidak terlalu sulit untuk diakses.

Lokasi hutan pinus ini tepat berada di sebelah selatan Yogyakarta, cara yang paling mudah menuju ke wisata hutan pinus adalah dengan menyusuri jalan imogiri timur. Yakni ikutin jalan menuju makam raja imogiri bantul lurus saja kemudia anda akan segera menemukan hutan pinus ini.

Namun sebelum anda menemukan makam raja mogiri bantul akan terdapat sebuah pertigaan menuju arah desa mangunan, yang mana jalur yang dilewati akan terbelah menjadi dua arah yang mana satunya mengarah ke hutan pinus mangunan satunya menuju kea rah kebun buah Mangunan. Di wisata ini tidak seperti wisata alam lainya seperti Wisata Alam Kalibiru yang jalan aksesnya kurang bagus. namun disini jalan aksesnya sudah bagus akan tetapi anda tetap disarankan menggunakan kendaraan tinggi karena medan jalan yang ada sebagian jelek.

Tips Ketika Berwisata Ke Hutan Pinus Mangunan

Tips Ketika Berwisata Ke Hutan Pinus Mangunan

Jika anda mempunyai kendaraan pribadi maka sebisa mungkin gunakan saja kendaraan pribadi anda terutama sepeda motor, karena anda sangat disarankan menggunakan kendaraan roda dua. Ketika perjalanan ke wisata hutan pinus mangunan maka kalian harus berhati hati apalagi jika musim hujan mendatang maka jalanan akan semakin licin.

Jika anda mengunjungi hutan pinus mangunan disarankan jangan saat musim hujan tiba karena dihutan akan semakin berkabut yang dapat mengurangi jarak pandang kita. Dan jika anda ingin menggunakan kendaraan roda empat sebaiknya gunakan kendaraan yang cukup mampu menaiki ketinggian dan menanjak dengan baik. Karena medan jalanya sangatlah terjal dan juga cukup mendaki dan usahakan mobil tersebut dikendarai orang yang sudah ahli.

Ketika berwisata anda juga jangan meninggalkan berbagai barang berharga didalam kendaraan anda karena banyak sekali orang yang berlalu lalang takutnya akan ada hal hal yang tidak diinginkan. Meskipun diwisata ini di bebaskan untuk kalian berkunjung dan tidak ada larangan apapun karena hutan ini masih baru namun diharapkan anda jangan sekali kali membuang putung rokok sembarangan karena ditakutkan bara api dapat menyulut di hutan pinus mangunan ini.

Anda juga perlu bertingkah laku sopan di wisata ini jangan sampai tempat ini menjadi tempat para remaja berbuat asusila dan perbuatan amoral. Disini jarang sekali ada tempat menjual makanan maka jika kalian ingin membawa makanan dari rumah sendiri maka usahakan jangan dibungkus menggunakan kertas karena akan mengakibatkan lingkungan kotor.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

News Feed