Keajaiban Dunia Wisata Candi Borobudur Menyimpan Keindahan Sejarah

Wikipiee.com – Wisata candi Borobudur memang sudah masuk 10 keajaiban dunia ini yang menjadi pusat perhatian para wisatawan untuk berkunjung kesini dan menyaksikan  keindahan candi Borobudur. Borobudur merupakan sebuah bentuk candi budha yang berlokasi di kota Magelang Jawa Tengah. Letak candi persis kurang lebih 100 kilometer di sebelah barat daya Semarang, 40 kilometer disebelah barat laut Yogyakarta dan 86 kilometer sebelah barat Surakarta.

Jogja memiliki banyak sekali tempat wisata, mulai dari Wisata Alam Kalibiru, Wisata Pantai Parangtritis, Wisata Goa Jomblang , Wista Malioboro , Kebun Binatang Gembira Loka, Hutan Pinus Manggutan, Taman Pintar, Dan Keraton Yogyakarta bahkan masih banyak lagi yang tidak bisa disebutkan satu persatu. Masing masing wisata memiliki keindahan yang luar biasa terutama Wisata Candi Borobudur.

Candi Borobudur merupakan bangunan berbentuk stupa yang didirikan oleh penganut agama Budha Mahayana pada tahun sekitar 800 Masehi pada saat Syailendara mengambil alih pemerintahan disana, dijaman itu candi Borobudur ini digunakan sebagi kuil dan merupakan candi terbesar di seluruh dunia. Candi Borobudur juga merupakan peninggalan yang paling bersejarah tak heran jika banyak sekali wisatawan lokal maupun mancanegara yang sering berdatangan di wisata candi Borobudur.

Candi Borobudur sudah tidak asing lagi diseluruh penjuru dunia maupun di Indonesia karena keindahan yang dimiliki candi Borobudur ini, candi yang terbentuk dari batu tanpa menggunakan sement dengan ini candi borbudur berdiri sangat tegak dan kokoh hampir tidak pernah runtuh.

Sejarah candi Borobudur

Kerajaan dinasti syailendra masa pemerintahan samaratungga yang besaral dari kerajaan Mataran Kuno memberi peninggalan berupa candi Borobudur, dibangun pada abad ke delapan, tidak ada prasasti atau buku yang menjelaskan mengenai asal mula nama candi Borobudur dan bagaimana proses pembangunan candi tersebut.

Nama candi Borobudur yang belum diketahui asal usulnya namun ada yang mengatakan bahwa nama candi Borobudur berasal dari ucapan seorang budha yang menyebutkan bahwa Borobudur saat pertama kali disebut dengan sebutan Sri Thomas Stamford Raffles dalam sebuah buku, yakni yang berjudul Sejara Pulau Jawa.

Dalam bukunya disebutkan bahwa Sir Thomas Stamford Raffles menyebutkan Borobudur yakni berasal dari dua kata yakni boro dan budur dimana boro memiliki arti adalah sebuah desa yang terletak didekat lokasi candi Borobudur dan budur memiliki arti sebagai puba.

Dalam sebuah perkiraan candi Borobudur dibangun pada tahun 750 masehi oleh kerajaan syailendra yang saat itu kebanyakan dinastinya menganut agama budha, masyarakat pada abad ke 7 dengan pengetahuan minim akan arsitektur maka terbangunnya candi Borobudur dianggap misterius karena seperti yang anda ketahui candi Borobudur seperti dibangun dengan perhitungan arsitektur yang canggih hingga para peneliti tidak sanggup menjelaskan bagaimana dibangunnya candi Borobudur pada jaman dahulu.

Selain tidak bisa memecahkan bagaimana asal mula berdirinya candi Borobudur para ahli juga mempertanyakan darimana asal mula batu batu besar yang digunakan untuk menyusun candi tersebut dengan sangat rapi tanpa arsitektur. Beberapa ilmuwan menyakini bahwa batu batu yang digunakan berasal dari pegunungan namun bagaimana membawa batu tersebut sedangkan candi ini berada diatas bukit.

Ada 72 stupa yang berbentuk lonceng berada mengelilingi stupa hingga ke bawah dan yang satunya berada dipuncak sendiri, pada suatu ketika seorang ilmuan menggambarkan candi Borobudur dan kemudian ahli tersebut menemukan pola pola yang sangat aneh yang mengarah pada fungsi candi Borobudur sebagai arah jam matahari, dimana jarumnya menggunakan bayangan stupa yang besar yang bayangannya menjatuhi stupa dibawahnya namun untuk kepastianya belum ada yang mengetahui pembagian waktu yang dihasilkan oleh candi Borobudur. Jarum jam ini dulu digunakan masyarakat untuk menentukan tanda kapan akan bercocok tanam atau masa panen.

Keindahan candi Borobudur

Salah satu keajaiban dunia yang benar benar diakui dunia adalah candi Borobudur yang memiliki keindahan dari candi candi yang mengelilingi candi Borobudur menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Selain itu setelah anda berkunjung ke wisata Borobudur diluar lokasi anda akan melihat beragam budaya music yang asli berasal dari jawa dan anda juga dapat melihat ruangan ruangan bersejarah yang disajikan keunikan dan banyak sekali kerajikanan asal Yogyakarta dengan beragam bentuk. Wisatawan juga dapat membeli pernak pernik khas Borobudur saat hendak keluar dari wisata candi Borobudur karena diluar area sangat banyak sekali orang yang menjual beraneka ragam aksesoris dan juga hiasan hiasan batik.

Candi Borobudur adalah mahakarya seni rupa budha Indonesia dengan adanya candi Borobudur merupakan bentuk pencapaian kelestarian tehnik arsitektur dan estetika seni rupa Budha di Jawa khususnya Jawa Tengah. Keindahan bangunan candi Borobudur merupakan bangunan yang diilhami oleh gagasan dharma dari india struktur bangunannya juga dipercaya menyerupai bentuk megalitik punden berundak atau piramida bertingkat yang ditemukan dari beberapa periode bersejarah. Bentuk piramida adalah bentuk perpaduan perjuangan para leluhur mencapai nirwana itu yang dijelaskan dalam ajaran budha.

Hal tersebut menambah keindahan candi Borobudur ini banyak sekali dikagumi oleh banyak orang, kita akan banyak sekali belajar mengenai sejarah berkat adanya candi Borobudur. Arsitektur yang ada membuat kita mengingat akan sejarah budaya. Tak heran jika candi Borobudur dikenal sebagai keajaiban dunia.

Candi Borobudur tidak hanya memiliki keindahan sampai disitu, karena ketika anda berada dipuncak candi maka anda akan terkejut karena keindahan yang disuguhkan begitu mempesona salah satunya yakni pemandangan gunung sindoro kemudian gunung sumbing, gunung merapi, gunung merbabu, serta keindahan perbukitan menorah. Bahkan dalam posisi dimana pun anda tetap bisa melihat keindahan gunung tersebut karena gunung tersebut seakan akan mengitari candi borbudur. Namun anda akan merasa kurang lengkap jika tak menyaksikan sunset dan sunrise dari ketinggian candi Borobudur.

Tak hanya disitu ketika anda ingin melihat lagi tempat wisata yang sama seperti wisata candi Borobudur anda bisa berkunjung ke Wisata Candi Prambanan, karena wisata ini juga merupakan wisata candi besar peninggalan leluhur yang banyak sekali dikunjungi oleh wisatawan, anda bisa berkunjung kesana supaya kalian lebih banyak mengetahui berbagai sejarah. Keindahannya juga tak kalah dengan keindahan wisata candi Borobudur.

Hal Yang Bisa dilakukan di wisata candi Borobudur

Ketika berlibur dengan keluarga ke wisata candi Borobudur maka adan banyak sekali kegiatan yang bisa kalian lakukan berikut adalah beberapa kegiatan yang bisa anda nikmati ketika berlibur ke wisata Borobudur:

  1. Menunggangi seekor gajah di sekitar Borobudur adalah hal yang sangat menyenangkan, ketika anda sudah merasa bosan dengan berjalan jalan mengitari candi Borobudur maka anda dapat pergi ke area pedesaan dan berkeliling melewati pedesaan, sawah dan sungai dengan menunggangi gajah yang sudah disediakan disana anda bisa menikmati udara segar disana sekaligus melihat aktivitas warga sekitar candi Borobudur dengan secara langsung. Tidak hanya di candi Borobudur anda bisa melakukan hal tersebut, di Wisata Kebun Binatang Gembira Loka anda juga bisa menunggangi gajah sekaligus bermain main air dan mengitari seluruh area kebun binatang dengan menunggangi gajah.
  2. Bersepeda menyusuri seluruh area candi Borobudur adalah hal yang menyenangkan juga, anda bisa melakukanya disini, biasanya para wisatawan akan melakukan bersepeda dari candi Borobudur menuju ke wilayah candi pawon atau candi mendut, anda juga bisa melakukan hal tersebut di Wisata Candi Prambanan karena candi prambanan memiliki luas halaman yang panjang sehingga anda dapat berkeliling membawa sepeda.
  3. Berkunjung ke wilayah pedesaan di sekitar candi Borobudur adalah hal paling disayangkan jika terlewat, karena candi Borobudur ini memang dikelilingi oleh berbagai pedesaan yang indah dan udara yang dihasilkan sangatlah segar. Para wisatawan biasanya mampir ke dusun Klipoh untuk menyaksikan pembelajaran cara membuat berbagai jenis gerabah. Wisatawan juga bisa berkunjung ke dusun Jowahan untuk dapat menyaksikan Joglo Kuno yang usianya lebih dari satu abad lamanya, wisatawan bisa berkunjung dengan menggunakan sepeda ataupun dengan menaiki andong.
  4. Menaiki kereta kelinci untuk anak anak adalah hal yang sangat menarik, jika anda memiliki keluarga atau anak anak yang masih kecil maka jangan lewatkan moment ini karena anak anak dapat melihat keseluruhan indahnya candi Borobudur tanpa lelah berjalan bukan. Anak anak akan jauh lebih senang saat berlibur jika tidak merasa kelelahan.
  5. Ada berbagai menu kuliner yang sangat enak dan lezat di wisata candi Borobudur ini, namun ada salah satu menu yang sangat popular sekali yakni adalah bakmi Jawa dimana makanan ini sangat melegenda karena menu makanan yang sangat lezat rasanya, cukup bahagia bukan ketika kita berlibur dan sekaligus bisa mengisi perut supaya tidak kelaparan. Tidak hanya di wisata candi Borobudur saja anda dapat melakukan hal tersebut namun ketika anda pergi ke Wisata Kalibiru ada juga makanan khas Kulonprogo yang dapat anda nikmati bersama keluarga, di Wisata Malioboro juga banyak sekali yang menjual makanan, anda akan dijumpai oleh banyak sekali makanan khas jogja yang bisa kalian bawa untuk oleh oleh.
  6. Menikmati indahnya saat sunrise dan sunset tiba diatas ketinggian candi Borobudur adalah hal yang sangat indah untuk diabadikan, anda dapat merasakan hangatnya mentari diantara keheningan pagi dan anda juga bisa merasakan romantisme suasana senja diantara stupa. Orang akan mengabadikan moment melalui foto yang bisa diambil, sangat disayangkan bukan jika anda melewatkan moment ini.

Melihat sunrise dan sunset tidak hanya diketinggian candi Borobudur saja anda dapat melihatnya namun di Wisata Kalibiru anda juga dapat melihatnya dari rumah pohon yang sangat tinggi, selain itu anda juga bisa melihatnya di Wisata Pantai Parangtristis di antara bentangan air laut anda akan melihat keindahan sunrise dan sunset.

Biaya untuk masuk ke wisata candi Borobudur

Untuk bisa menikmati wisata candi Borobudur yang indah pesonanya maka anda juga perlu merogoh kocek sekitar 30.000 sampai dengan 40.000 harga tersebut hanya untuk satu kali masuk dan untuk satu orang, cukup mahal bukan, namun uang segitu akan terbayarkan dengan pemandangan yang dihasilkan.

Dengan kenaikan tarif tersebut maka pihak wisata juga menyediakan fasilitas yang baik juga didalamnya, itu semua guna menjaga kelestarian candi Borobudur agar tetap terjaga. Tidak hanya di candi brorobudur saja namun ketika anda ingin masuk ke Wisata Candi Prambanan dan Wisata Candi Boko maka akan dikenakan tarif yang sama.

Fasilitas yang tersedia di wisata Borobudur

Fasilitas yang ada di wisata candi Borobudur terhitung lengkap mulai dari taman parkir kendaraan yang luas, kemudian adanya tempat penginapan atau homestay ini sangat coock sekali untuk anda yang datang ke wisata candi Borobudur dan berasal dari kota yang jauh karena disini sudah tersedia homestay dari harga yang murah sampai yang mahal dengan fasilitas yang lengkap.

Selain itu disini juga tersedia warung makanan apalagi yang paling terkenal disini yakni makanan bakmi jawa, rasa yang dimiliki sangatlah lezat dan nikmat membuat makanan ini disebut legendaris Borobudur. Di wisata ini juga terdapat paket peduli budaya dimana dengan harga sekitar 50.000 /orang anda bisa masuk museum Borobudur kemudian mendapatkan souvenir, air mineral dan pendamping atau guide.

Safari gajah juga termasuk fasilitas yang disediakan oleh wisata candi Borobudur selain anda dapat menaiki gajah untuk berkekliling anda juga menyaksikan kelucuan gajah gajah yang sedang beratraksi, ini moment yang sayang juga dilewatkan.

Hamparan taman yang sangat luas dengan rerumputan hijau yang terbentang juga menambah kecantikan wisata candi Borobudur, anda dapat duduk bersantai ditaman taman yang sudah disediakan untuk sejenak beristirahat jika kelelahan menempuh jarak jauh ke candi Borobudur.

Terdapat beberapa museum di brorbudur antara lain adalah :

  • Museum samudraraksa : dimana museum ini menampilkan replica perahu Borobudur dalam ukuran yang sebenarnya menakjubkan sekali, museum ini juga memberikan informasi mengenai teknologi maritim dan mengenai sejarah perdagangan.
  • Museum karmawibhangga : adalah merupakan museum arkologi yang menyimpan semua barang peninggalan bersejarah yang mengenai Borobudur, ada berbagai foto relief pada kaki Borobudur. Dan ada juga relief relief mengenai hukum karma

Tips berwisata ke candi borobudur

  1. Anda sebaiknya berlibur ke wisata candi Borobudur bertepatan dengan festival waisak yang diadakan setiap setahun sekali bertepatan dibulan mei pada saat bulan purnama. Ini akan memberikan anda suatu pengalaman yang mengesankan karena festival ini biasanya sering kali didatangi oleh pengunjung dan peziarah budha.
  2. Menggunakan pakaian yang sopan merupakan aturan ketika anda masuk ke dalam candi Borobudur karena candi Borobudur sudah dianggap sebagai tempat suci orang budha, dan merupakan lambang spiritual budha Mahayana.
  3. Anda dapat saja menyewa seorang pemandu wisata atau guide secara resmi untuk menemani kunjungan selama berada di dalam candi Borobudur karena dengan begitu anda akan mendapatkan informasi yang sangat lengkap dari sini.
  4. Didepan gerbang sudah tersedia penjual payung atau penyewa payung anda dapat menyewanya atau membeli jikalau suana di candi snagatlah panas dan terik matahari. Anda juga lebih baik menggunakan topi sekaligus kacamata supaya lebih aman dan tidak terkena sinar matahari.
  5. Anda akan leluasa berkeliling area wisata candi Borobudur ketika anda memilih menyewa motor, anda bisa berkeliling ke tempat yang jauh bahkan yang sulit dijangkau sekalipun misal saja ketika anda ingin pergi ke bukit punthuk sotumbu atau puncak suroloyo. Tariff biaya sewa sekitar 50.000 sampai hingga 70.000 per 12 jam sungguh murah bukan.
  6. Anda harus menyiapkan beberapa uang cas ketika berada di wisata kota magelang, karena kota magelang ini masih sangat jarang dijumpai ATM, maka lebih baik anda menyiapkan uang cas yang sekiranya cukup untuk kebutuhan hingga anda kembali ulang.

Demikian tadi ulasan mengenai wisata candi borobudur, semoga menjadi bahan referensi anda ketika berwisata di can borobudur.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed