Ini Perbandingan Bisnis Online Dan Bisnis Offline: Mana yang lebih menguntungkan

Perbandingan Bisnis Online Dan Bisnis Offline

Di zaman serba informatif seperti sekarang ini, melakukan kegiatan untuk menghasilkan profit tanpa harus keluar rumah bukan lagi sesuatu yang asing diliat. Kalian bisa meraup banyak profit tanpa harus melamar pekerjaan dan melakukan interview kepada perusahaan dengan melakukan kegiatan bisnis sesuai dengan yang kalian sukai.

Bisnis termasuk sub pekerjaan yang terus diminati oleh semua orang, dalam bisnis seseorang bekerja sesuka hatinya yang berarti dalam melakukan pekerjaannya tidak dituntut oleh atasan karena pelaku usaha sendirilah yang menjadi bosnya. Seiring berjalannya waktu, dunia teknologi mulai merambah ke bisnis yang artinya bisnis mau tidak mau harus menyesuaikan dengan teknologi yang terus berkembang.

Bisnis online termasuk bagian dari perkembangan teknologi yang ada saat ini, bisnis online semakin banyak peminatnya dengan alasan sistem yang di sistim yang diberikan lebih mudah dibandingkan dengan melakukan bisnis secara offline (toko atau kantor). Pemikiran tersebut menurut penulis tidak sepenuhnya benar dan tidak sepenuhnya salah.

Pada prinsipnya, bisnis online sebenarnya memiliki sistem yang cukup rumit. Yang dimaksudkan rumit ini ketika kalian membangun sebuah bisnis penjualan, jangan berpikir kalian akan langsung dengan mudah menjalankannya. Cukup buat media sosial blablabla, langsung dapat menghsilkan profit hingga puluhan juta. Strategi bisnis juga diperlukan pada awal pembuatan usaha yang kalian akan jalani, untuk meningkat jumlah pengunjung dan followers media sosial, kalian perlu mempelajari tentang bagaimana penggunaan media sosial agar dapat menghadirkan pengunjung dan followers. Nah, jadi mana yang akan kalian pilih. Bisnis online atau offline.

Keuntungan dan Kekurangan Bisnis Online

Jika kita melihat dari pangsa pasar yang dimiliki bisnis online ini, memang kita akan mengakuinya bila dibanding dengan bisnis offline. Dikarenakan dalam hal ini para pengguna internet yang kian berkembang dan menjadikan internet sebagai sebuah kebutuhan jadi untuk mendapatkan konsumen jauh lebih mudah, ditambah lagi dengan lebih mudahnya mempromosikan suatu produk dan langsung pada target yang ditentukan.

Dari segi sistem pada bisnis online juga lebih baik ketimbang bisnis offline, sebab dalam penggunaan bisnis online ini menggunakan media atau platform sebagai wadah untuk dijadikan tempat menjual tanpa memikirkan SOP yang ketat seperti pada bisnis offline. Di dalam bisnis offline kalian akan diharuskan untuk memiliki tempat untuk kalian menjalankan bisnis, sedangkan dalam bisnis online kalian akan tetap bisa bekerja di manapun dan kapanpun selama masih terkoneksi oleh internet.

Meskipun bisnis online memiliki segudang kelebihan yang ditawarkan, tapi ternyata juga memiliki kekurangan. Ya, kalian pasti taulah tidak ada yang sempurna didunia ini hehehe, jadi kekurangan yang dimiliki bisnis online ini terletak pada jaringan internet. Alhasil, bila kalian berada di pedalaman atau daerah yang masih belum sepenuhnya terjangkau oleh internet maka yang terjadi ialah kalian tidak bisa menjalankan bisnis.

Selanjutnya kekurangan dari bisnis ini terletak pada orang yang bisa menjalankan bisnis ini adalah orang-orang yang memiliki ilmu internet dan juga mengerti tentang dunia internat saja, saja mohon maaf bagi kalian yang sepenuhnya belum mengerti tentang dunia internet (gagap teknologi) penulis sarankan untuk belajar internet dulu sebelum terjun ke dunia bisnis online. Bagi kalian yang gagap teknologi sedangkan ingin sekali berbisnis online, kalian perlu melakukan bimbingan atau kursus dan juga rela menggelontorkan sedikit biaya untuk hal seperti itu.

Untuk menjalankan bisnis online ini memiliki resiko yang sangat besar ketimbang offline. Lho kok bisa, resiko seperti apa? Penulis banyak mendengar dari rekan-rekan pebisnis ini yang sering mengalami penipuan. Jadi, ketika sudah deal saat bertransaksi tersebut si konsumen mengirimkan bukti palsu akhirnya barang sudah dikirim secara Cuma-Cuma. Dan bisnis online bukan termasuk usaha yang akan kalian dapat andalkan dalam jangka waktu yang lama. Sebaiknya kalian menggunakan media online hanya sebagai sistem pemasarannya saja.

Keuntungan dan Kekurangan Bisnis Offline

Keuntungan dan Kekurangan Bisnis Offline

Apa sih bisnis offline itu? Bisnis offline adalah suatu kegiatan usaha yang dalam menjalankannya memiliki bukti real atau fisik. Bisnis offline ini akan memberikan nilai kepercayaan kepada konsumen dan lebih percaya terhadap produk yang kalian tawarkan karena bisa langsung melihat, menyentuh dan merasakan langsung apa yang ingin dibeli.

Metode bisnis offline ini biasanya dilakukan oleh orang-orang yang tidak ingin atau menyukai cara bertransaksi “membeli kucing dalam karung”. Selain itu juga, kalian bisa berbicara secara langsung dalam membujuk atau menawarkan kepada konsumen untuk membeli produk. Kalian juga bisa bertataan secara langsung dengan konsumen yang menjadikan proses transaksi jual-bei lebih cepat.

Karena dalam implementasinya, bisnis offline diharuskan untuk memiliki tempat dalam menjual produknya. Jadi, untuk bisnis offline tersebut memerlukan biaya yang tidak sedikit dalam pelaksanaannya. Selanjutnya, dalam melakukan bisnis ini memerlukan SDM yang baik demi kelancaran usaha kalian. dengan begitu kalian diharuskan memotong sedikit laba yang dihasilkan untuk menggaji para pegawai.

Memiliki tempat usaha memang suatu kebanggan yang besar, tapi bila dibanding dengan bisnis online termasuk membuang-buang biaya yang dalam pemasaran dan penentuan target kecil. Lho kok kecil, ia target pasar dari bisnis offline ini hanya disekitar tempat kalian menjalankan usaha saja. Jadi dengan pasar yang kecil ini, dalam usaha bisnis ofline sebaiknya kalian memanfaatkan strategi secara baik agar pasar yang kecil ini dapat memberikan profit yang besar.

Kurang lebih itu yang bisa penulis ulas dalam melihat keuntungan dan kerugian dari bisnis online dan offline. Jika kalian bertanya kepada penulis mana yang lebih menguntungkan dari bisnis online atau bisnis offline, penulis akan menjawab hal ini tergantung dari karakter dan kemampuan kalian dalam melakukannya.

Apabila kalian memiliki kemampuan dibidang teknologi sebaiknya kalian memulai usaha bisnis online. Dan bila kalian memiliki kemampuan dalam mengorganisasikan sesuatu secara baik maka sebaiknya jalankan bisnis offline saja. Namun, bila kalian ingin mengolaborasikan keduanya juga akan sangat baik dalam segi profit yang didapatkan. Tapi sebelum  itu kalian harus memiliki partner yang mengerti tentang seluk beluk bisnis yang berbeda dengan kalian.

Selanjutnya setelah anda mengetahui keuntungan dan kerugian dalam menjalankan bisnis online dan bisnis offline tentu anda sudah pasti akan mempunyai gambaran mengenai peluang-peluang keberhasilan yang akan kalian jalankan.

Sebagai tambahan, kalian harus mengingat bahwa bisnis online ini bukan bisnis yang secara cepat bisa menghasilkan profit yang banyak karena dalam persaingan bisnis online sangat ketat. Dan bila ingin menjalankan bisnis offline kalian harus memikirkan secara teliti analis biaya-biaya yang akan kalian keluarkan dalam menjalankan usaha.

Demikian artikel ini dibuat, semoga dengan adanya artikel ini kalian semua dapat mengerti bagaimana kelebihan dan kekurangan dari ke dua jenis bisnis diatas, serta dapat memperhatikan beberapa hal dalam menciptakan ide bisnis. Bagi kalian yang masih awam semoga memberikan manfaat ilmu yang bisa membantu kalian dalam mendalami bisnis secara baik.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

News Feed