Ini Cara Rahasia Untuk Mengatasi Penyakit Jantung

Cara untuk mengatasi penyakit jantung

Mengatasi Penyakit Jantung – Penyakit jantung atau istilah dalam ilmu medisnya ialah jantung koroner adalah suatu kondisi yang terjadi akibat adanya kendala saat pembuluh darah utama yang bertugas menyuplai darah ke jantung (pembuluh darah koroner) mengalami disfungsi atau kerusakan. Kerusakan yang terjadi diakibatkan oleh adanya penumpukan kolesterol pada pembuluh darah serta adanya peradangan yang menjadi dugaan awal adanya penyakit tersebut.

Katika terjadi penumpukan kolesterol (plak) pada pembuluh darah, maka yang terjadi iaah pembuluh darah koroner akan mengalami penyempitan sehingga aliran darah dan juga suplai oksigen dalam darah menjadi terhambat menuju ke jantung. Kurangnya aliran darah dan oksigen menuju jantung ini akan mengakibatkan rasa nyeri pada dada (angina) dan juga kesusahan daam bernafas (sesak nafas), hingga suatu ketika lambat laun kalau tidak mendapatkan penanganan secara serius akan terjadi penyumbatan total pada pembuluh darah koroner yang mengakibatkan terjadinya serangan jantung.

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang memiliki tingkat kematian terbesar di dunia. Dalam laporan yang dilakukan oleh Federasi Jantung Dunia memperkirakan angka kematian yang diakibatkan oleh penyakit jantung ini sudah mencapai 1,8 juta kasus di tahun 2014, data tersebut diambil pda survey yang dilakukan di Asia Tenggara. Untuk di Indonesia sendiri di tahun 2013 sudah tercatat setidaknya lebih dari 883.447 kasus yang didiagnosa terjangkit penyakit jantung koroner.

Apa Penyebab Penyakit Jantung?

Penyebab sakit jantung itu dan gejalanya adalah adanya penyumbatan pada jaringan yang dialiri oleh darah dan juga oksigen menuju ke jantung, penyumbatan ini diakibatkan karena adanya penumpukan lemak yang berlebih. Penumpukkan lemak di dalam aliran pembuluh darah koroner ini dikenal dengan istilah aterosklerosis dan juga menjadi penyebab utama terjadinya penyakit jantung koroner.

Baca Juga: Begini Cara Menyembuhkan Sariawan Dengan Cepat

Selain dapat menghambat aliran darah dan oksigen ke jantung, aterosklorosis ini juga dapat menyebabkan terjadinya penggumpalan darah. Jika sudah menyebabkan penggumpalan darah, aliran darah dan oksigen menuju jantung akan terblokir total dan tanpa menunggu waktu lama akan terjadi seranagn jantung mendadak. Adapun beberapa faktr yang memicu terjadinya penggumpalan darah pada jaringan koroner ialah tingginya kolesterol, merokok, diabetes, serta memiiki tekanan darah tinggi (hipertensi).

Beberapa Jenis dan Komplikasi Akibat Penyakit Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner memiliki 2 jenis yang mana 2 jenis tersebut dikatagorikan menurut tingkat penghambatan aliran darah, yaitu angina (angin duduk) dan serangan jantung.

Kalian semua pasti memahami apabila penyakit jantung yang tidak ditangani secara baik akan mengakibatkan komplikasi hingga akan menimbulkan kematian terhadap pengidapnya. Ketika jantung tidak dapat menerima suplai darah yang cukup bahkan mungkin terlalu sedikit akan mengakibatkan lemahnya proses pemompaan darah, memungkinkan kinerja jantung tidak optimal dan menurun. Dalam kondisi yang demikian akan berakibat pada penumpukan cairan di dalam paru-paru yang mana hal tersebut membuat pederita akan mengalami gangguan pernafasan atau kesulitan bernafas. Kasus diatas biasanya akan dikena sebagai gagal jantung yang mana komplikasi tersebut akan datang secara tiba-tiba bila tidak mendapatkan perawatan yang optimal oleh dokter ahli jantung.

Bagaimana Cara Mengobati dan Mengatasi Penyakit Jantung?

 

mengatasi penyakit jantung

Jika sudah mengidap penyakit jantung, kalian sangat dianjurkan untuk mulai merubah pola hidup yang mungkin berantakan dan tidak teratur menjadi lebih baik dengan pola makan dan istirahat yang cukup. Pengobatan yang mungkin dianjurkan oleh dokter ialah dengan melakukan oprasi untuk menangani penyakit tersebut jika sudah diperlukan.

Namun, ada beberapa obat alami yang bisa jadi rujukan kalian dalam cara mengatasi penyakit jantung, antara lain adalah :

  1. Bawang Putih

Tentu kalian sudah tidak asing lagi dengan tanaman yang satu ini, bawang putih dapat menjadi rujukan pertama dalam mengobati dan mengatasi penyakit jantung yang dialami, karena bawang putih sudah direkomendasikan oleh beberapa ahli mampu mengobati segala macam penyakit. Bawang putih sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit jantung, hal ini dikarenakan dalam bawang putih dapat membantu tubuh dalam menurunkan darah tinggi yang mana hal tersebut akan membantu dalam mengobati ataupun mencegah terjadinya penyumbatan aliran darah menuju jantung.

Beberapa cara untuk mengkonsumsi bawang putih bagi pengidap penyakit jantung :

  1. Pertama kaian bisa mengkonsumsi bawang merah dengan dicampurkan kecap
  2. Cara yang kedua ialah siapkan bawang putih 3 siung lalu geprek dan campurkan dengan setengah gelas air hangat. Kemudian blender dan minumlah
  1. Daun Sirsak

Mengatasi penyakit jantung juga kemungkinan besar bisa diobati menggunakan daun sirsak, dalam daun sirsak dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi sehingga meringankan kinerja jantung. Di dalam daun sirsak sendiri mengandung kandungan protein, fruktosa, lemak, zat besi, kalsium, fosfor, vitamin A dan B, dan juga senyawa-senyawa lainnya yang masuk dalam golongan tanin.

Yang peru kalian siapkan untuk mengkonsumsi daun sirsak ialah :

  1. Siapkan terlebih dahuu 10 lembar daun sirsak yang sudah tua
  2. Sipakan air bersih sekitar 300 ml

Cara meraciknya sebagai berikut :

  1. Cuci terlebih dahulu daun sisrsak hingga bersih
  2. Kemudian rebus dengan air yang sudah disiapkan selama kurang lebih 15 menit dengan komposisi api sedang
  3. Saring terlebih dahuu hasil rebusan
  4. Minum secara rutin sehari sekali

Daun sirsak sendiri bisa digunakan 2 sampai 3 kali perebusan, namun bila dilingkungan kalian banyak memiliki pohon sirsak lebih baik gunakan daun sirsak sekali pakai.

  1. Temu Putih

Temu putih atau dalam bahasa latinnya Curcuma Zedoaria (Christm) Roscoe Lour (Heyne) adalah tanaman yang berasal dari famili Zingiberaceae yang mana biasa digunakan dalam industri parfum, pewarna makanan, dan juga biasanya dibuat sebagai campuran obat. Kandungan yang ada dalam temu putih sendiri mengandung zat turunan Germakran, seskuiterpena furanoid dangan masih masuk dalam kerangka eudesman, asam-4-metoksi sinamat. Yang mana sangat baik dalam mengatasi berbagai penyakit dalam seperti kanker, kista, gangguan pada pencernaan, hingga mengatasi penyakit jantung koroner karena dalam temu putih mengandung sifat antitumor, hepatoprotektif, anti-peradangan, dan juga analgesik.

Bahan yang perlu kalian persiapkan dalam membuat ramuan ini untuk mengatasi penyakit jantung ialah sebagai berikut :

  1. Siapkan 10 gr rimpang temu putih
  2. Kemudian siapkan juga campuran temu hitam 10 gr juga
  3. Siapkan juga 30 gr daun umbi dewa
  4. Dan air sekitar 3 setengah gelas

Cara membuatnya adalah :

  1. Iris terlebih dahuu temu putih dan temu hitamnya
  2. Rebus campuran temu putih dan hitam beserta daun umbi dewa ke dalam air yang sudah kalian siapkan
  3. Tunggu mendidih sampai kira-kira air menjadi 1 gelas
  4. Saring terlebih dahulu sebelum kalian minum.
  5. Konsumsi secara rutin sekali dalam sehari di tiap pagi

Sekian pembahasan mengenai bagaimana mengobati dan mengatasi penyakit jantung menggunakan obat-obatan tradisional dan alami, namun sebelum melakukan semua tips diatas sebaiknya terlebih dahulu periksakan dan konsultasikan dengan dokter jantung sebelum mengkonsumsi ramuan obat-obatan diatas. Terimakasih.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed