Indahnya Kampung Warna-Warni Jodipan Malang yang Colourfull

Destinasi Wisata Jodipan Malang

Kampung Warna Warni Jodipan – Malang merupakan kota yang dikenal sebagai salah satu kota di Jawa Timur yang menyimpan banyak keindahan dan wisata alam. Kota Malang tidak hanya terkenal dengan wisata alamnya saja, namun juga terkenal dengan wisata kuliner dan wisata edukasi yang banyak dan menyenangkan sekali disini. Terdapat berbagai macam wisata yang populer dan ngehits hingga saat ini. Salah satu tempat wisata yang lagi ngehits, terbaru, unik dan semakin populer adalah spot Wisata Kampung Warna-Warni Jodipan Malang dan Kesatrian.

Dari Namanya pasti anda sudah memiliki gambaran tentang tempat wisata malang yang satu ini. Nah, pada kali ini kami akan membawa anda jalan-jalan kampung warna-warni Jodipan Malang. Yuk, berpetualang.

Keunikan Kampung Warna-Warni Jodipan Malang

Keunikan Kampung Warna-Warni Jodipan Malang

Kampung warna-warni Jodipan memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan tempat wisata Malang yang lainnya. Sesuai dengan namanya, Kampung warna-warni Jodipan Malang memiliki warna yang sangat mencolok dan sangat colourfull atau penuh dengan warna sangat mencolok. Terdapat 17 warna cat yang berwarna warni yang diaplikasikan pada rumah-rumah yang ada dikampung tersebut, mulaid dari tembok hingga atapnya.

Hal inilah yang menjadi keunikan dan terlihat mempesona dari tempat wisata malang yang satu ini. selain itu, keunikan kampung warna-warni jodipan sangat instagramable sekali pada saat ini dan merupakan spot terbaik untuk berfoto Bersama teman ataupun berselfie. Sebelum menjadi terkenal dan populer sekarang ini, kampung jodipan merupakan salah satu perkampungan kumuh yang ada di Malang yang berada di bantaran sungai. Namun, siapa sangka berkat adanya kreatifitas dan inisiatif dari masyarakat setempat serta didukung oleh pemerintah kota Malang, saat ini kampung Jodipan menjadi kampung favorit yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal ataupun mancanegara.

Sejarah Kampung Warna-Warni Jodipan Malang

Sejarah Kampung Warna-Warni Jodipan Malang

Sebelum membahas secara lebih mendalam lagi mengenai wisata kampung warna-warni Jodipan Malang, akan lebih baik jika anda mengetahui terlebih  dahulu sejarah didirikannya kampung yang sedang hits dan populer di kalangan para instagramer pada saat ini.

Menurut informasi yang kami dapatkan dari masyarakat sekitar, konon kampung Jodipan ini awalnya merupakan perkampungan yang kumuh dan juga tidak sedap dipandang. Menciptakan kampung warna-warni Jodipan Malang merupakan salah satu inisiatif dar mahasiswa yang berasal dari Universitas Muhammadiyah Malang jurusan Ilmu Komunikasi yang tergabung dalam Komunitas Guyspro. Hal ini disampaikan oleh Nabila Firdausiyah selaku coordinator dari komunitas Guyspro yang menyampaikan bahwa kampung Jodipan ini sangat ampak jelas sekali jika dilihat dari atas Jembatan Brantas Jalan Gatot Subroto dengan kondisinya yang kumuh menjadi tidak enak dipandang.

Mahasiswa yang tergabung dengan komunitas Guyspro tersebut akhirnya menemukan solusi agar kampung Jodipan tidak terlihat kumuh dengan meminta bantuan seniman dan tukang cat sebanyak 30 orang untuk mengecat dan melukis dinding-dinding dan atap dari semua rumah yang ada dikampung tersebut. Selain itu, mereka juga dibantu oleh produsen cat yang bernama indana paint dengan dana yang diperoleh dari CSR (Coorporate Social Responsibility). Proses pengecatan ini berjalan dengan lancara dengan dukungan dari masyarakat sekitar yang ikut membantu mengecat dan memberikan konsumsi. Tak  hanya itu, TNI AU juga membantu terlaksananya proyek ini.

Dengan banyaknya dukungan yang diperoleh untuk menciptakan berdirinya Kampung Warna-Warni Jodipan Malang, kampung ini berubah menjadi kampung yang menakjubkan sehingga mampu menarik perhatian banyak wisatawan yang berdatangan hanya untuk berfoto di sekitar area lokasi kampung tersebut. Tidak hanya wisatawan lokal yang mengunjungi tempat ini, namun tidak sedikit pula wisatawan asing yang tertarik untuk mengunjungi lokasi wisata Kampung Warna-Warni Jodipan Malang ini karena memang sangat memanjakan mata jika anda berkunjung ke tempat ini.

Spot Foto Terbaik Wisata Kampung Warna-Warni Jodipan Malang

Spot Foto Terbaik Wisata Kampung Warna-Warni Jodipan Malang

Bagi anda yang berencana untuk mengunjungi tempat wisata Kampung Warna-Warni Jodipan Malang ini, anda wajib mengetahui spot foto terbaik di tempat wisata Kampung Warna-Warni Jodipan Malang ini. Nah, untuk memperoleh foto terbaik dan bagus untuk di upload di Instagram.

Berikut spot foto terbaik yang bisa anda jadikan referensi saat berada di Kampung Warna-Warni Jodipan Malang.

  1. Jembatan Kaca Kampung Warna-Warni Jodipan Malang

Spot foto terbaru di Kampung Warna-Warni Jodipan Malang adalah jembatan kaca. Pasalnya pada saat ini terdapat spot foto terbaru yang membuat wisatawan kembali terpakau dengan adanya Kampung Warna-Warni Jodipan Malang. Jembatan kaca dengan warna kuning emas ini memiliki Panjang sekita 25 meter dan lebar sekitar 1,25 meter dengan ketinggian sekitar 9,5 meter.

Jembatan Kaca Kampung Warna-Warni Jodipan Malang

Jembatan kaca di Kampung Warna-Warni Jodipan Malang ini merupakan jembatan yang sangat unik yang menghubungkan antara kampung Warni Warni Jodipan dengan Kampung tridi. Nah, kampung tridi ini merupakan kampung yang memilki lukisan 3 Dimensi. Sebelum adanya jembatan kaca, wisatawan ang ingin berkunjung ke kampung tridi dari Kampung Warna-Warni Jodipan harus menaiki puluhan anak tangga dan melewatinya dengan cara memutar melalui jembatan sungai berantas yang lumayan jauh dan membuat anda lelah. Namun, pada saat ini anda tidak perlu khawatir akan lelah dan capek lagi, karena kehadiran jembatan kaca yang menghubungkan kedua kampung tersebut.

Jembatan ini baru diresmikan baru-baru ini oleh Wali Kota Malang, rector universitas Muhammadiyah Malang ddan Vice resident PT Indana yang sudah bekerja sama untuk  membangun Kampung Warna-Warni Jodipan Malang ini. banyak wisatawan yang ingin berfoto di jembatan kaca Kampung Warna-Warni Jodipan Malang ini karena jembatan ini katanya mirip dengan jembatan kaca yang berada di Zhangjiajie, China. Hal ini karena adanya jembatan kaca semakin menambah daya taik kampung Jodipan dan Kampung Tridi.

Pasalnya jembatan ini merupakan jembatan yang dikonstruksi dan dirancang langsung oleh dua mahasiswa Teknik sipil dari Universitas Muhammadiyah Malang. Kedua mahasiswa tersebut pasalnya pernah menjadi juara umum untuk pembangunan jembatan yang difasilitasi oleh PT Indana yang merupakan perusahaan cat yang cukup besar yang berasal dari Malang.

Jembatan ini dibangun sejak tanggal 8 juni 2017 dan selesai pada tanggal 25 September 2017 dengan bahan baku atau materi yang sudah terbukti dan teruji kekuatannya. Jembatan ini memang didesain menyerupai jembatan kaca yang berada di Zhangjiajie Cina. Namun, hasil akhirnya menunjukkan bahwa jembatan hanya memiliki kaca di bagan tengah dengan ukuran yang tidak terlalu besar di bagian dinding jembatan. Namun, walaupun demikian banyak wisatawan yang penasaran dan ingin berfoto ria di jembatan kaca Kampung Warna-Warni Jodipan Malang tersebut.

Bagi anda yang ingin berfoto di jembatan ini, anda harus sabar mengantri. Pasalnya baru sehari dibuka untuk umum, survei membuktikan bahwa sudah ada lebih dari 50 postingan yang ada di Instagram namun postinagan ini masih akan berkembang hingga saat ini.

Menurut petugas setempat, jembatan kaca Kampung Warna-Warni Jodipan Malang ini hanya mampu dilalui oleh dua orang yang berjalan berpapasan. Selain itu, menurutnya jembatan ini mampu menampung maksimal 50 orang dengan beban sekitar 250 Kilogram. Oleh  karena itu, petugas akan menngatur kuota pengunjung yang naik ke atas jembatan kaca Kampung Warna-Warni Jodipan Malang.

Bagi anda yang ingin menaiki dan ingin merasakan sensasi jembatan kaca, anda hanya perlu menyediakan uang sebesar Rp. 2 ribu setiap orangnya. Anda akan diminta untuk menunjukkan tiket masuk yang anda beli jika anda ingin masuk ke Kampun warni warni jodipan malang ini.

  1. Jembatan Embong Brantas

Bagi anda yang ingin memiliki background foto terbaik dan paling bagus anda bisa berfoto di jembatan embong brantas. Jika anda berfoto di jembatan ini seluruh Kampung Warna-Warni Jodipan Malang akan terlihat sangat jelas sekali. Jika anda berfoto di jembatan ini, anda akan meilihat keunikan dan keindahan Kampung Warna-Warni Jodipan Malang ini.

Jembatan Embong Brantas

Jembatan embong brantas ini berada di sebelah selatan dari stasiun Kereta Api Kota Baru Malang. Jarak dri stasiun Kereta Api Kota Baru Malang adalah sekitar 500 meter. kalian akan menjumpai jembatan ini jika berjalan mengikuti jalur menuju ke arah selatan dari stasiun.

Bagi anda yang ingin berfoto di jembatan embong brantas, anda harus bersabar untuk mengantri karena lokasi ini merupakan spot foto terbaik.

  1. Lorong Payung

Lorong Payung Kampung Warna-Warni Jodipan

Selain dinding dan atapnya yang terlihat warna-warni, spot foto di Kampung Warna-Warni Jodipan Malang yang bisa anda jadikan pilihan adalah pada lokasi berupa Lorong yang dipenuhi dengan payung. Anda bisa menjadikan lokasi ini sebagai momen yang spesial.

Lorong payung ini berada di jalan utama komplek Juanda. Nuansa yang menarik dan sangat cocok sekali untuk berfoto dan berselfie ria menjadikan tempat ini ramai dijadikan sebagai background foto bagi para wisatawan.

  1. Lukisan 3 Dimensi

Lukisan 3 Dimensi Jodipan

Selain memiliki dinding yang berwarna-warni, di Kampung Warna-Warni Jodipan Malang juga terdapat spot foto yang tidak kalah keren dan cukup menarik yaknii lukisan 3 dimensi. Lukisan 3 dimensi ini sangat bagus dan elegan untuk dijadikan sebagai background berfoto selfie ataupun wefie Bersama teman-taman.

Terdapat berbagai macam lukisan 3 dimensi yang disediakan, misalnya lukisan dengan gambar. dinosaurus, gorilla, ikan hiu, dan berbagai macam gambar lainnya yang menarik dan sangat bagus sekali jika digunakan sebagai background untuk berfoto. Bagi anda  yang ingin berfoto disini, anda harus mencarinya terlebih dahulu ya karena lokasi lukisan 3 dimensi ini berada di dalam.

  1. Dinding Warna-Warni

Dinding Warna-Warni Jodipan

Sesuai dengan Namanya, spot foto di Kampung Warna-Warni Jodipan Malang yang sangat menggambarkan sekali adalah berfoto dengan background dinding warna-warni. Terdapat beraneka ragam warna yang menghiasi lantai dan dinding Kampung Warna Warni Jodipan Malang tersebut. Hal inilah yang menjadikan Kampung Warna-Warni Jodipan Malang menjadi spot foto yang menarik. Anda bisa bergaya sesuai dengan keinginan anda disini.

  1. Tangga Warna-Warni

Tangga Warna-Warni

Kampung Warna-Warni Jodipan Malang berada pada lokasi yang tidak datar, jadi banyak sekali tangga-tangga yang cukup curam yang ada di lokasi ini. tangga yang ada si Kampung Warna-Warni Jodipan Malang ternyata juga di cat warna-warni. Anda bisa menjadikan tangga warna-warni ini sebagai spot foto yang terbaik. Spot foto tangga warna-warni ini banyak sekali dijadikan background para wisatawan yang berkunjung.

Mendapatkan foto terbaik dan terunik menjadi kebanggaan tesendiri sebagai kenangan momen berwisata di kota Malang. Selain anda memperoleh pengalaman anda juga akan memiliki foto yang menarik dan unik yang bisa anda upload di media social.

Lokasi dan Rute Menuju Kampung Warna-Warni Jodipan Malang

Lokasi dan Rute Menuju Kampung Warna-Warni Jodipan Malang

Kampung Warna-Warni Jodipan Malang berada di Gang 1 Jodipan desa Blimbing Kesatrian Kota Malang, Jawa Timur. Lebih tepatnya berada di dekat pasar babe Malang. Bagi anda yang penasaran dan ingin berkunjung ke tempat wisata yang unik yaitu Kampung Warna-Warni Jodipan Malang. Anda bisa mengunjunginya secara langsung jika anda sedang berada di Kota Malang. Lokasi ddari Kampung Warna-Warni Jodipan Malang cukup strategis dan sangat mudah untuk dikunjungi.

Lokasi Kampung Warna-Warni Jodipan Malang berada di sekitar 2 Km dari alun-alun Kota Malang. Bagi anda yang sedang berada di Alun-alun Kota Malang anda harus menyempatkan datang ke Kampung Warna-Warni Jodipan Malang ini karena jaraknya yang cukup dekat. Anda bisa menanyakan kepada warga sekitar, atau orang-orang asli malang yang ada di alun-alun tersebut. Wisata Kampung Warna-Warni Jodipan Malang sudah sangat terkenal di malang, anda pasti akan ditunjukkan arahnya orang orang-orang sekitar.

Bagi anda yang menggunakan kereta api sebagai alat transportasi, lokasi Kampung Warna-Warni Jodipan Malang ini hanya berjarak sekitar 500 meter saja dari stasiun kereta Api Kota Malang. Anda bisa jalan kaki menuju tempat wisata. Kampung Warna-Warni Jodipan Malang ini atau anda bisa menggunakan becak untuk bisa cepat sampai ke Kampung Warna-Warni Jodipan Malang. Anda juga bisa menaiki angkutan umum kota untuk menuju daerah sekitar Kampung Warna-Warni Jodipan Malang. Untuk kode angkutan umumnya anda bisa menaiki angkot dengan kode ABG/ABH, AJG/AJH, AMG/AMH dan MT yang nantinya akan melewati Jembatan Brantas Jalan Gatot Subroto.

Harga Tiket Masuk Kampung Warna-Warni Jodipan Malang

Harga Tiket Masuk Kampung Warna-Warni Jodipan Malang

Hal lainnya yang akan dicari-cari oleh para wisatawan yang aka berkunjung ke tempat wisata sudah pasti adalah harga tiket masuknya. Bagi anda yang ingin berkunjung ke Kampung Warna-Warni Jodipan Malang, tidak usah khawatir dengan biaya masuknya.

Anda hanya perlu menyediakan biaya sekitar Rp. 3 ribu untuk menikmati keindahan dan pesona Kampung Warna Warni Jodipan Malang. Sedangkan, untuk biaya parkir anda hanya perlu menyediakan uang Rp. 2 ribu saja untuk motor sedangkan tarif parkir untuk mobil yaitu Rp. 5 ribu. Jadi, total biaya untuk bisa menikmati dan berfoto di Kampung Warna-Warni Jodipan Malang ini, anda hanya perlu menyediakan dana sekitar Rp. 5 ribu- Rp. 8 ribu untuk biaya masuk dan tarif parkir. Lain halnya dengan biaya parkir untuk bus pariwisata, bagi bus pariwisata yang parkir di Kampung Warna-Warni Jodipan Malang ini akan dikenakan tarif parkir sekitar Rp. 15 ribu hingga rp. 25 ribu. Cukup murah sekali bukan?

Fasilitas Di Kampung Warna-Warni Jodipan Malang

Fasilitas Di Kampung Warna-Warni Jodipan Malang

Mengenai fasilitas Kampung Warna-Warni Jodipan Malang yang disediakan. Fasilitas di salah satu tempat wisata ini cukup lengkap. Hal ini karena lokasinya yang berada di area perkotaan. Disini terdapat kios-kios dan perdagangan aneka jenis ragam masakan yang bisa anda temukan dengan  mudah di dekat lokasi wisata ini.

Tertarik untuk berkunjung ke Malang? Nah, selain wisata Kampung Warna Warni Jodipan Malang, Kota Malang juga memiliki tempat wisata dengan spot yang unik lainnya misalnya Omah Kayu Malang dan detetan pantai selatan yang cantik, ngehits, dan terpopuler.

Demikian informasi ini kami sampaikan mengenai Kampung Warna Warni Jodipan Malang. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang berlibur atau akan berlibur ke tempat wisata Kampung Jodipan Malang ini. Semoga bermanfaat, Terimakasih.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 comments

News Feed