[ Efektif ] Ini Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami dan Permanen

Rambut rontok merupakan salah satu masalah terbesar pada kerusakan rambut yang sangat meresahkan. Rambut yang rontok apalagi sampai rontok parah tentu akan merusak penampilan rambut kita. Ada banyak sekali penyebab kenapa itu terjadi mulai dari kesehatan rambut yang kurang terjaga, atau bisa jadi karena kesalahan dalam memilih produk perawatan rambut. Bisa juga karena sebelumnya sudah menjalani perawatan rambut seperti smoothing, rebonding ataupun mewarnai rambut, ini bisa menyebabkan rambut mudah patah dan rontok. Terlebih apabila mengalami rambut rontok, pasti seringkali diiringi dengan kerusakan rambut lain misalnya rambut rontok dan ketombean, kering ataupun bercabang, sangat mengganggu bukan?.

Masalah rambut rontok sendiri bukan hanya terjadi pada wanita saja, bahkan khusus untuk pria yang sudah dewasa apabila mengalami rontok tentu akan panik karena bisa ber resiko kebotakan. Namun jangan khawatir, karena ada banyak cara mengatasi rambut rontok secara alami sekalipun, bisa juga ditambah dengan menggunakan obat vitamin rambut jika ingin maksimal.

Namun sebelum itu, ada beberapa ulasan mengenai penyebab rambut rontok pada pria maupun wanita, diantara lain:

Penyebab Rambut Rontok Pada Pria dan Wanita

Faktor Genetik

Faktor genetik atau keturunan juga cukup berpengaruh apabila anda mengalami rambut yang rontok. Maka dari itu apabila anda merasa selalu merawat rambut tapi rambut tetap mudah rusak seperti rontok, kemungkinan ini memang karena adanya faktor genetik.

Usia

Faktor usia sangat mempengaruhi kekuatan rambut, ini terjadi pada pria dan wanita dimana usia yang sudah beranjak tua yakni 40 tahun ke atas, rambut akan lebih mudah mengalami kerontokan.

Pola Makan

Mungkin banyak yang belum tahu bahwa pola makan juga menjadi salah satu penyebab rambut rontok? Ya, pola makan yang salah seperti rendahnya tingkat zat besi, maka akan membuat rambut menjadi rontok.

 

Cara Mengatasi Rambut Rontok, Ketombe dan Kering Secara Alami dan Permanen

Jika sudah paham mengenai penyebabnya, maka anda juga harus tahu bagaimana cara mengatasinya, berikut ini ada beberapa perawatan alami yang sangat efektif untuk mengatasi masalah rambut yang rontok.

Teh Hijau

Bahan alami pertama yang bisa kita manfaatkan untuk mengatasi rambut yang rontok adalah teh hijau. Teh hijau mengandung antioksidan yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk kesehatan rambut. Untuk cara penggunannya juga sangatlah mudah, anda hanya perlu menyiapkan 2 kantung teh hijau lalu seduh menggunakan air panas, jika sudah mendingin. Oleskan lah teh hijau ke bagian rambut kepala secara merata dan menyeluruh. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, berikan pijatan ringan pada rambut dan kulit kepala lalu diamkan teh hijau menempel pada rambut selama 20 menitan. langkah terakhir adalah dengan membilas menggunakan air bersih.

Jeruk Nipis

Buah Jeruk Nipis juga tak kalah ampuh untuk menghilangkan rontok pada rambut secara alami dengan cepat. Buah yang satu ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga bagus untuk perawatan rambut karena bisa membunuh jamur dan bakteri yang berada di rambut dan kulit kepala. Sediakan 1 buah jeruk nipis dan peras airnya, kemudian oleskanlah ke rambut kepala secara menyeluruh, diamkan selama 30 menitan dan cuci atau bilas kembali rambut sampai bersih.

Menggunakan Daun Seledri

Selain teh hijau dan jeruk nipis, bahan alami yang bisa digunakan untuk perawatan rambut yang selanjutnya adalah daun atau tanaman seledri. Daun seledri sangat populer untuk meluruskan rambut, tapi selain itu juga ternyata sangat bisa untuk mengatasi rambut rontok. Haluskanlah daun seledri dan blender sampai halus lalu oleskanlah masker rambut alami daun seledri ke bagian rambut.

Minyak Zaitun

Sama halnya seperti daun seledri, minyak zaitun juga sering digunakan orang untuk meluruskan rambut, namun juga bisa untuk merawat rambut agar terhindar dari kerontokan. Oleskanlah minyak zaitun ke bagian rambut secara merata dan menyeluruh lalu diamkan selama 20 menitan, lalu bilas dengan air bersih. Sangat disarankan agar tidak terlalu sering menerapkan perawatan ini, cukup seminggu sekali saja.

Memakai Vitamin Rambut

Anda bisa menggunakan vitamin rambut untuk selalu menjaga kesehatan dan kekuatan rambut, di luar sana banyak sekali vitamin rambu yang terbuat dari bahan alami sekalipun.

 

Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami Pada Wanita Berjilbab

Khusus untuk anda muslimah yang menggunakan hijab, ada beberapa tips khusus cara mengatasi rambut yang rontok untuk wanita berjilbab. Berjilbab memang kadang membuat rambut kita menjadi rontok apalagi bagi anda yang belum terbiasa memakai jilbab karena rambut akan tertutup full. Apabila anda mengalami kerontokan setelah menggunakan jilbab, jangan panik dulu. lakukan beberapa perawatan ini untuk mengatasi rambut yang rontok.

Lindungi Dari Udara Panas

Tips yang pertama adalah dengan menghindari langsung sentuhan sinar matahari yang panas yang akan membuat kepala anda mudah berkeringat. keringat ini akan menyebabkan rambut gerah dan lepek, maka dari itu nantinya mudah mengalami kerontokan.

Gunakan Bahan Jilbab yang Bagus dan Model Rambut yang Pas

Anda bisa juga menjaga kesehatan rambut yang berjilbab dengan cara memakai model rambut yang cocok dan tidak terlalu ribet, misalnya rambut pendek atau kalau rambut panjang, ikat dengan rapi. Pastikan jilbab atau hijab yang anda pakai juga memiliki bahan yang halus dan bagus untuk membuat rambut dan kulit kepala tetap terasa nyaman.

Hindari Menggunakan Jilbab Saat Rambut Masih Basah

Ini yang paling sering dilupakan oleh para pengguna hijab sehingga membuat rambut menjadi lebih mudah rusak. Ya, jangan sampai menggunakan jilbab saat kondisi rambut masih basah. ini akan membuat rambut menjadi lembab sehingga mudah lepek, bau , bercabang bahkan rontok. Anda bisa menggunakan sisir bergigi jarang untuk menyisir supaya cepat kering dan kalau bisa, hindari penggunaan hair dryer juga karena itu juga tidak bagus untuk kesehatan rambut. Biarlah rambut anda mengering secara alami.

Perhatikan Shampo

Semua orang tentu menggunakan shampo untuk keramas rambut, namun jangan lupa untuk memilih shampo yang benar benar cocok dengan type atau jenis rambut anda. Di luar sana memang banyak sekali orang yang mengalami kerusakan rambut karena penggunaan shampo yang tidak tepat. Selalu berkonsultasilah dengan dokter ahli untuk masalah ini.

Lepas Hijab Saat Akan Tidur

Setelah anda seharian menggunakan jilbab, maka sangat disarankan agar anda membuka jilbab terutama saat malam hari dan akan tidur. Pastikan juga saat tidur, jangan ikat rambut karena itu bisa membuat rambut tertarik dan mudah untuk mengalami kerontokan.

Itulah beberapa cara mengatasi rambut rontok secara alami dan permanen. Dengan adanya tips diatas, semoga bisa membantu anda untuk bisa memiliki rambut yang indah dan terawat tanpa adanya rontok, selain itu pastikan juga anda selalu menjaga kesehatan rambut baik itu menjaga kebersihan rambut, mengonsumsi makanan sehat untuk rambut dan lain sebagainya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed