E-Commerce: Membuat Bisnis UKM Lebih Maju, Onlinekan Jualanmu Sekarang!

Membuat Bisnis UKM Lebih Maju

Bisnis UKM – Dalam perkembangan teknologi sudah mengubah cara berkomunikasi manusia modern dan juga metode-metode perdagangannya. Yang mana hal ini ditunjukkan banyaknya e-commerce yang bermunculan untuk dijadikan tempat jua-beli barang dan jasa secara online oleh para pengusaha. Dalam kesempatan emas ini juga tidak dilewatkan oleh para UMKM dan UKM, di mana pasar yang dituju atau marketplace usaha ini mestinya harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh pelaku UMKM ataupun bisnis UKM.

Pasalnya, selama ini banyak sekali kendala yang selalu dilewati oleh pelaku usaha kecil menangah ini ialah pada masalah pemasaran, apalagi para pelaku UMKM atau bisnis UKM yang berada di daerah. Dengan adanya e-commerce ini, dapat memberikan angin segar bagi mereka karena marketplace yang diberikan oleh e-commerce lebih luas dan keuntungan yang krusial bagi pelaku usaha pada promosi produk yang lebih murah.

Baca Juga: Ini Peluang Usaha Bisnis Sabun Menguntungkan

Menindak lanjuti perkembangan teknologi ini yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian negara, membuat pemerintah memberikan suplay dengan menyiapkan berbagai proggam bisnis yang nantinya akan dapat dimanfaatkan oleh para pelaku usaha, para pelaku baru, UMKM atau bisnis UKM maupun pebisnis yang sudah menjalankan usahanya secara konveksional.

Internet Di Lingkungan Pengusaha Kecil / Bisnis UKM

Walaupun internet kini sudah merambah ke semua sektor masyarakat Indonesia, namun sayangnya hal ini tidak dimanfaatkan dengan baik oleh para pelaku usaha. Hal ini menjadi PR kita dan pemerintah dalam mengenalkan internet secara positif untuk dapat memacu pelaku usaha membesarkan usahanya melewati jalur e-commerce ini. Padahal bila kalian telah lebih dalam lagi, banyak sekali manfaatkan yang kalian dapatkan bila memanfaatkan internet untuk mengenalkan usaha yang akan atau sudah berjalan.

Untuk membantu penyerapan wawasan dalam pemanfaatan internet untuk pengembangan usaha, kini pemerintah mendukung secara penuh bagi para pengusaha untuk mulai merambah ke dunia internet dengan menciptakan program-proggam yang memudahkan langkah para pengusaha kecil menengah.

Mengapa hal tersebut bisa terjadi di Indonesia? Alasan utama dari pertanyaan ini ialah karena kurangnya wawasan para pelaku usaha seperti yang sudah kita singgung diatas tentang teknologi secure payment. Nah, ini lah tugas kita untuk mengenal lebih jauh tentang hal itu dan juga hal ini menjadi tugas utama pemerintah serta penyedia layanan e-commerce dalam mengenalkan lebih jauh tentang fitur-fitur yang sangat berguna bagi pelaku usaha. Dengan begitu akan membuat para UMKM dan bisnis UKM lebih friendly pada metode-metode pemasaran yang dapat menjaring lebih banyak bisnis UKM dan UMKM lainnya.

Pelaku Bisnis UKM

Keuntungan E-Commerce Bagi Pelaku Usaha Kecil Bisnis UKM

E-Commerce itu sederhananya bila kalian bingung, itu seperti halnya mall-mall atau swalayan yang ada di daerah kalian semua. Namun, yang membedakan dengan mall atau swalayan ialah E-Commerce bisa diliat oleh manusia secara global tanpa harus mendatangi kios sedangkan mall atau swalayan kita harus mendatangi dulu untuk melihat atau membeli kebutuhan yang diinginkan. Untuk membuat produk yang dijual di online kalian juga harus mempromosikannya dengan baik, promosi yang digunakan bukan secara fisik melainkan juga dengan online juga.

Dari posisi pemasaran menggunakan E-Commerce akan sangat memberikan banyak keuntungan bagi kalian semua, mempromosikan secara online berarti kalian akan dapat menjaring lebih banyak pelanggan. Dalam hal ini dikarenakan pangsa pasar yang diberikan oleh E-Commerce lebih luas, semua orang yang sedang terkoneksi oleh internet akan melihat promosi yang kalian buat tanpa terbatasi oleh apapun. Jadi dalam pemasaran menggunakan E-Commerce ini kalian dapat menarik pelanggan diseluruh Indonesia dan juga di Luar Negeri sekalipun bila produk yang kalian tawarkan sesuai dengan kebutuhan mereka.

Berbeda dengan membuka usaha secara offline, kalian harus menggelontorkan banyak biaya untuk mempromosikan produk. Dan jika kalian membuka usaha secara online, kalian hanya akan mengeluarkan sedikit biaya karena kalian semua tidak membutuhkan biaya perawatan dan biaya sewa. Jadi kalian akan lebih fokus pada pengembangan produk usaha kalian.

Untuk saat ini sudah banyak sekali layanan E-Commerce buatan anak negeri yang dipilih oleh para pengusaha, seperti tokopedia, bukalapak, lazada dan masih banyak lagi.  Namun, itu semua kebanyakan dimanfaatkan oleh pengusaha besar dan sedikit sekali pengusaha kecil menggunakan layanan tersebut.

Marketplace Yang Khusus Dibuat Untuk Para Bisnis UKM

  1. co.id

Layanan E-Commerce UKMMarket.co.id ini mulai diperkenalkan ke publik sekitar tahun 2014, UKMMarket adalah sebuah layanan perdagangan yang berbasis elektronik yang memberikan pelayanan senyaman dan semudah mungkin bagi penjual dan pembeli.  Layanan toko online ini merupakan bentuk kerja sama dari pemerintah yang mana dibawah naungan Kementrian Koperasi Usaha Kecil Menengah bersama dengan Kamar Dagang Indonesia (Kadin) yang didedikasikan untuk meningkatkan daya saing bagi para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah.

Pengguna layanan ini sudah banyak dan lebih dari 1000 produk pem bisnis UKM  dengan berbagai macam kategori  dari berbagai wilayah Indonesia sudah memasarkan produknya pada layanan E-Commerce ini. Pada proses pembelian di layanan ini hampir sama dengan layanan-layanan E-Commerce lainnya, yaitu memberikan banyak pilihan dalam metode pembayaran yang akan lebih memudahkan bagi pembeli untuk memberi produk-produk yang berada di layanan ini.

  1. com

Layanan E-Commerce Usahadesa.com ini terinspirasi dari produk-produk desa yang sebenarnya memiliki kualitas yang sangat bagus, namun memiliki kendala pada pemasaran yang menjadikan produk tersebut kalah bersaing dengan para pelaku usaha besar. Dalam pelayanan Usahadesa.com ini memberikan dan memfasilitasi produk unggulan untuk secara langsung terhubung dengan industri, pabrik, dan eksportir melalui jaringan pemasaran yang dimilikinya.

Berbagai produk desa ini difasilitasi dengan baik seperti pada hasil pertanian, perkebunan dll menjadi titik fokus pelayanan ini untuk memberikan dorongan penjualan yang lebih luas lagi. Dengan menggunakan strategi yang dimiliki oleh layanan ini akan memberikan manfaat dan membantu pemerintah dalam memangkas berbagai jalur transaksi, sehingga bagi petani dan lainnya akan mendapatkan harga jual yang sesuai dengan pasar.

Salah satu contoh produk yang sudah mendaftar pada layanan Usaha desa ini adalah kunyit yang diproduksi di Bangunsari, Kecamatan Bandar Pacitan. Kini, kunyit yang dihasilkan oleh desa tersebut telah masuk ke pasar ekspor India melalui layanan Usahadesa. Keberhasilan kunyit pacitan ini juga dikarenakan kerjasama yang baik dengan pemerintah desa, Dinas UKM, Koperasi dan PLUT kabupaten pacitan.

Itulah berbagai contoh layanan yang dikhususkan pada usaha kecil, dan sebenarnya masih banyak lagi berbagai layanan yang dikhususkan pada usaha kecil ini. Seperti Kriya.com dan masih banyak lagi.

Semoga dengan hadirnya layanan tersebut, memberikan peluang yang besar bagi pelaku usaha kecil dalam bersaing dengan produk-produk lainnya. Dan yang terpenting dengan adanya layanan ini membuat ekonomi kerakyatan yang di agungkan oleh Presiden kita Jokowi akan terwujud. Penulis berpesan “ Selalu Jadikan Teknologi Sebagai Ladang Usaha dan Jangan Pernah Berhenti Dalam Berinovasi” semoga bermanfaat. Terimakasih.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed