Sejuknya Destinasi Wisata Curug Tilu Leuwi Opat Bandung

Wisata Curug Tilu Leuwi Opat

Curug Tilu Leuwi Opat – Bandung terkenal dengan objek wisatanya yang sangat indah dan menakjubkan. Tidakheran banyak para wisatawan lokal ataupun mancanegara yang rela merogoh kantong hanya untuk pergi berlibur ke beberapa tempat wisata alam yang ada di Bandung.

Bandung memiliki cukup banyak air terjun karena daerahnya yang berada di dataran tinggi atau pegunungan. Obyek wisata alam berupa air terjun atau curug akan banyak ditemukan di Kota Bandung terutama jika anda berada di kawasan Bandung Utara.

Beberapa Curug yang cukup terkenal di Kota Bandung adalah Objek Wisata curug cimahi Bandung atau Curug pelangi. Namun, belakangan ini terdapat satu lagi curug yang mulai cukup populer dan cukup terkenal dan cukp ngehits yang ada di Kota Bandung Utara yaitu Destinasi Wisata Curug Tillu Leuwi Opat.

Destinasi Wisata Curug Tillu Leuwi Opat masih sangat terjaga keasriannya karena masih jarang wisatawan yang berkunjung ke Destinasi Wisata Curug Tillu Leuwi Opat yang satu ini. Bagi anda yang ingin berkunjung ke Tempat Wisata Curug Tillu Leuwi Opat ini, anda bisa menuju ke kawasan Parompong karena lokasi air terjun yang asri da kekinian ini berada disana.

Untuk lebih jelasnya mengenai Destinasi Wisata Curug Tillu Leuwi Opat, pada artikel kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap kepada anda semua untuk dijadikan sebagai referensi kunjungan liburan anda. Yuk, simak ulasannya.

Asal Usul Nama Destinasi Wisata Curug Tillu Leuwi Opat

Asal Usul Nama Destinasi Wisata Curug Tillu Leuwi Opat

Bagi anda yang ingin berkunjung kunjung ke Destinasi Wisata Curug Tillu Leuwi Opat ini, disini terdapat beberapa air terjun atau orang bandung biasa menyebutnya dengan sebutan curug. Sesuai dengan namanya yaitu Destinasi Wisata Curug Tillu, di destinasi wisata yang satu ini memiliki 3 curug atau air terjun yang tidak kalah indahnya satu dengan yang lainnya. Sedangkan untuk kata leuwi opat berarti terdiri dari empat sungai yang ada di tempat wisata yang satu ini.

Jadi, Destinasi Wisata Curug Tillu Leuwi Opat  yang berada di bandung utara ini merupakan tempat wisata yang menggabungkan antara curug, sungai, serta goa yang berada diatas lahan seluas 5 hektar. Aliran air terjun yang berasal dari curug yang berjejer tiga tersebut, akan membuat anda kagum dengan keindahan alam yang disuguhkan dan ingin berlama-lama disana.

Di Destinasi Wisata Curug Tillu Leuwi Opat ini, anda juga bisa mengunjungi beberapa curug seperti  curug citulang, curug aseupan, dan curug cilaki  yang berada dikawasan wisata ini. Sementara itu empat leuwi atau sungai yang dimaksud dan yang dijadikan area wisata Destinasi Wisata Curug Tillu Leuwi Opat  ini adalah Leuwi Gentong, Leuwi Bagong, Leuwi Kacapi dan Leuwi Baeud. Ditambah lagi dengan Kehadiran goa toke dan goa lalay yang semakin melengkapi keindahan dan keeksotisan kawasan wisata curug tilu leuwi opat Bandung Utara ini.

Bagi anda yang sedang mengunjungi Curug Cimahi yang terkenal, anda bisa mengunjungi Destinasi Wisata Curug Tillu Leuwi Opat ini karena Lokasi Curug Tilu Leuwi Opat tak jauh dari Curug Cimahi atau Ciwangun Indah Camp.

Di kawasan wisata Curug Tilu ini tidak hanya terdapat satu curug, tetapi ada 3 curug lainnya lagi. Jadi ada 4 buah curug di sini. Curug tersebut letaknya tidak terlalu jauh satu dengan yang lainnya. Sehingga Anda bisa mengunjungi kesemua curug itu dalam sekali berkunjung. Berikut curug, sungai dan goa yang ada di Tempat Wisata Curug Tillu Leuwi Opat.

  1. Curug Citulang

Curug Citulang

Curug Citulang merupakan sebuah curug yang memiliki aliran air yang paling tinggi. Pada curug citulang ini, anda dapat menikmati pemandangan alam dan juga merasakan sejuknya air jernih yang mengalir dari atas curug Citulang ini.

  1. Curug Aseupan

Air terjun selanjutnya yang ada di Tempat wisata Curug Tillu Leuwi Opat adalah Curug Aseupan. Air terjun ini berada pada ketinggian diantara dua buah ngarai yang ada di kawasan Tempat wisata Curug Tillu Leuwi Opat yang masi alami. Disebut dengan Aseupan karena air terjun ini  membentuk Aseupan seperti kukusan tradisional Sunda yang bentuknya menyerupai kerucut.

  1. Curug Cilaki

Curug selanjutnya yang bisa anda kunjungi adalah curug cilaki. Curug cilaki merupakan sebauh  curug yang paling kecil diantara ketiga curug lainnya. Pada air terjun atau curug ini anda bisa menikmati hijaunya pemandangan alam yang ada karena lebatnya pepohonan yang ada di sekeliling air terjun atau curug cilaki. Selain itu, di area ini anda juga akan merasakan suasana yang sangat tenang, udara yang sejuk, dan pemandangan curug yang sangat indah.

  1. Sungai-sungai (leuwi)

Sungai-sungai (leuwi)

Selain terdapat air terjun yang cantik – cantik, di kawasan Tempat wisata Curug Tillu Leuwi Opat ini juga terdapat beberapa aliran sungai yang masing-masing memiliki keunikan tersendiri. Beberapa sungai yang ada di Tempat wisata Curug Tillu Leuwi Opat  ini bisa Anda jadikan tempat bermain air dan berenang. Hal ini karena airnya yang cukup jernih dan dangkal. Sedangkan, pada sungai dengan aliran yang cukup deras biasanya akan digunakan sebagai tempat olahraga arum jeram oleh para pengunjung dengan menyewa peralatan yang disediakan. Berikut beberapa sungai yang ada di Tempat wisata Curug Tillu Leuwi Opat.

  • Leuwi Bagong

Leuwi Bagong merupakan sebuah sungai yang memiliki kedalaman yang relatif sedang. Kedalaman sungai Bagong ini mencapai hingga 4 meter oleh karena itu arus yang ada di sungai ini tidak terlalu deras. Anda bisa bermain rakit di sungai ini.

  • Leuwi Baeud

Sungai ini merupakan sungai yang paling dalam yang ada di Tempat wisata Curug Tillu Leuwi Opat. Kedalamannya sudah mencapai hingga 20 meter oleh karena itu biasanya para pengunjung dilarang untuk berenang di tempat ini. Para pengunjung hanya bisa datang dan melihat serta menikmati pemandangannya sambil mengambil beberapa foto selfie disini.

  • Leuwi Kacapi

Sungai ini memiliki pemandangan yang cukup indah dan menjadi spot foto terfavorit bagi para pengunjung. Sungai kacapi ini biasannya digunakan para pengunjung sebagai tempat piknik dan berfoto bersama dengan keluarga, kerabat atau teman yang akan anda ajak ke tempat wisata ini

  • Leuwi Geuntong

Leuwi Geuntong  adalah sungai yang paling dangkal yang ada di Tempat wisata Curug Tillu Leuwi Opat. Anda bisa berenang atau bersantai di pinggir sungai sambil menikmati pemandangan alam karena kedalamannya hanya satu sampai dua meter dan airnya juga sangat jernih.

  1. Goa Toke dan Goa Lalay

Goa Toke dan Goa Lalay

Bagi anda yang mengunjungi Tempat wisata Curug Tillu Leuwi Opat  ini, anda tidak hanya dapat menikmati keindahan dari air terjun dan sungai. Anda juga bisa menikmati keindahan dan keeksotisan dari dua buah Goa yang bernama Goa Toke dan Goa Lalay. Anda harus menyiapkan tenaga ekstra untuk bisa mencapai kedua Goa ini karena dibutuhkan perjuangan yang cukup melelahkan dan anda juga harus melewati jalan yang cukup ekstrim.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Destinasi Wisata Curug Tillu Leuwi Opat

Destinasi Wisata Curug Tillu Leuwi Opat ini masih menyuguhkan panorama alam asri dan indah. Selain dapat menikmati keindahan alamnya, terdapat banyak aktivitas wisata yang menghibur dan yang bisa anda coba di tempat wisata Bandung sehingga membuat liburan anda bersama dengan keluarga menjadi menyenangkan dan berkesan.

Jadi di Tempat Wisata Curug Tillu Leuwi Opat anda tidak hanya dapat menikmati keindahan alam yang membentang dan yang memukau, anda juga bisa mencoba beberapa wahana permainan yang bisa anda gunakan. Adapun beberapa wahana permainan yang bisa anda coba adalah sebagai berikut:

  1. Outbound

Anda bisa menikmati serunya  bermain dengan keluarga anda dengan melakukan aktivitas atau kegiatan outbound yang cukup lengkap. Beberapa kegiatana outbound yang bisa anda nikmari adalah sebagai berikut, Elvis bridge, High rope, flying fox, body rafting, rakit, spider web, shaking bridge, v-bridge, paintball, perahu, jembatan dua tali, gebuk bantal dan masih banyak yang lainnya. Sepertinya untuk wahana bermain seperti outbond, anda harus menghubungi pertugas yang bertugas di Tempat Wisata Curug Tillu Leuwi Opat terlebih dahulu. Hal ini karena pada hari biasa tidak terlihat adanya petugas di area outbond. Jadi, kemungkinan untuk wahana outbound hanya fibuka di hari libur saja.

  1. Camping Ground

Camping Ground Curug Tilu Leuwi opat

Bagi anda yang ingin menikmati keindahan dan suasana di malam hari, anda bisa melakukan kegiatan berkemah atau camping. Di Tempat wisata Curug Tillu Leuwi Opat juga menyediakan area camping ground lho kalau kamu ingin bermalam disini.

  1. Trekking Ke Curug Tilu

Hal yang sudah pasti anda lakukan saat berada di Tempat Wisata Curug Tillu Leuwi Opat adalah melakukan trekking menuju ke area curug tilu. Untuk bisa menuju ke tiga air terjun atau curug tersebut anda bisa melakukannya dengan berjalan kaki. Untuk rutenya anda tidak perlu khawatir karena  rute trekkingnya terhitung ringan, datar, dan sedikit naik turun. Walaupun tergolong ringan, namun anda harus tetap berhati-hati karena di beberapa tempat yang akan anda lalui, anda akan melewati tebing yang cukup tinggi tanpa adanya peralatan pengaman dari petugas.

Setelah itu, anda akan menyusuri  sungai yang terdiri dari empat sungai dengan pemandangan yang masih asri, hijau, dan indah. Selanjutnya, anda akan menyeberangi jembatan yang terbuat dari kayu atau bambu dengan sedikit jalan yang naik turun dan berbatu. Jadi kami sarankan anda untuk menggunakan sandal/sepatu yang cocok digunakan untuk trekking di gunung ya.

Jembatan Kayu Curug Tilu Leuwi opat

Pada saat anda menuju ke air terjun atau Curug Tempat Wisata Curug Tillu Leuwi Opat, anda tidak perlu khawatir karena Jalan menuju curug tilu tidak bercabang-cabang jadi kami pastikan anda tidak akan tersesat.

Bagi anda yang ingin melihat keindahan dari Tempat Wisata Curug Tillu Leuwi Opat, anda tinggal mengikuti saja jalan lurus menyusuri selokan. Setelah itu, anda akan sampai pada area camping atas. Nah, Di ujung area camping atas ini anda akan melihat jalan kecil, terus ikuti jalan kecil dan lurus ini untuk mencapai curug. Anda harus waspada dan berhati-hati pada saat melewati jalan ini karena anda akan menyusuri tebing dengan jurang yang cukup lumayan dalam. Anda juga harus lebih berhati-ati karena di beberapa tempat anda juga harus berjalan diatas pipa-pipa air .

Jika anda terus berjalan, anda akan menemukan sebuah jembatan irigasi dan menyeberanginya. Anda bisa bermain air disini karena area ini lebar, bersih, dan tidak dalam. Nah, untuk selanjutnya anda harus menaiki jembatan irigasi untuk menyeberang lagi kurang lebih 50 meter dari jembatan irigasi yang sebelumnya.

Dan akhirnya anda akan menyusuri jalan setapak, dijalan ini andaa akan melihat curug tilu yang ada di ujung jalan. Untuk bisa sampai ke curug tiu anda harus menuruni lembah dan menyusuri sungai, dengan tebing di kiri dan kanan. Disini Suasananya masih sangat alami, di beberapa tempat anda harus menyeberangi sungai dengan jembatan kayu atau bambu dengan jalan yang cukup licin dan basah akibat lumut.

  1. Kegiatan Komersil dan Edukasi

Selain dapat menikmati wahana permainan, melakukan trekking, dan menginap di camping ground, biasanya lokasi kawasan wisata curug tilu leuwi opat juga sering dijadikan kegiatan komersil dan edukasi. Anda bisa belajar tentang alam dan gunung api purba, apotek hidup, Sekretariat Pusat Komunitas Relawan Mitigasi Bencana Indonesia, serta Pelatihan Pembentukan Watak Bangsa yang sangat berguna bagi para pemuda pemudi penerus bangsa.

Lokasi  Tempat Wisata Curug Tilu Leuwi Opat

Tempat Wisata Curug Tilu Leuwi Opat berada di Bandung Barat tepatnya di dusun Ciwangun, Kelurahan Cihanjuang rahayu, kecamatan Parangpong. Bagi anda yang sudah pernah megunjungi tempat wisata  curug cimahi, pasti anda akan dengan mudah menemukan lokasi Tempat wisata Curug Tillu Leuwi Opat ini karena lokasinya cukup berdekatan.

Rute Menuju Tempat Wisata Curug Tilu Leuwi Opat

Anda bisa menggunakan beberapa rute berikut ini jika anda berniat untuk mengunjungi Tempat wisata Curug Tillu Leuwi Opat ini

  1. Dari Bandung

Rute Menuju Tempat Wisata Curug Tilu Leuwi Opat

Bagi anda yang memulai perjalanan dari Kota Bandung anda bisa menuju ke terminal ledeng kemudian ambil arah kiri untuk melewati jalan sersan bajuri menuju kampung gajah. Dari sini anda hanya perlu Lurus saja menuju ke jalan masturi melewati universitas advent. Setelah itu, anda bisa mengambil jalur menuju ke  arah Ciwangun Indah Camp. Nah lokasi Tempat wisata Curug Tillu Leuwi Opat ini berada sebelum curug pelangi.

  1. Dari Cimahi

Sedangkan bagi anda yang memulai perjalanan dari cimahi, anda bisa langsung ambil arah menuju ke jalan kolonel masturi menuju parongpong. Selanjutnya anda akan menemukan sebuah Gerang Wana Wisata Ciwangun Indah. Untuk bisa menuju ke curug tilu leuwi opat anda bisa arah lurus, Tempat wisata Curug Tillu Leuwi Opat terletak di kiri jalan didepan gerbang tersebut.

Harga Tiket Masuk Curug Tilu Leuwi Opat

Harga Tiket Masuk Curug Tilu Leuwi Opat

Untuk bisa memasuki lokasi Tempat Wisata curug tilu leuwi opat, anda tidak perlu  mengeluarkan biaya yang mahal, anda hanya akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 10 ribu. Namun, bagi anda yang ingin menikmati berbagai macam wahana bermain yang ada disana anda harus membayar lagi.

Itulah beberapa infromasi yang dapat kami sampaikanuntuk anda yang sedang mencari referensi untuk menimati liburan bersama dengan keluarga, teman, dan kerabat anda. Sedikit saran dari kami, bagi anda yang ingin berkunjung ke tempat wisata Curug Tilu Leuwi Opat ini sebaiknya anda berpakaian tebal dan nyaman karena udara disini sangat dingin, selain itu anda juga harus membawa baju ganti karena sudah dapat dipastikan anda akan tergoda untuk mandi di jerihnya air terjun. Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan sepatu atau sandal gunung yang nyaman karena trekking menuju kesana lumayan licin.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, selamat berlibur. Terimakasih.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

News Feed