Cara Untuk Mengatasi Keputihan Dengan Cepat dengan Bahan Alami

Cara Untuk Mengatasi Keputihan

Keputihan kalau bisa dibilang termasuk suatu proses alami yang ada pada wanita, karena dalam hal ini keputihan merupakan suatu kenormalan dan sehat karena pada dinding vagina dan pada leher rahim terdapat adanya kelenjar yang memproduksi suatu cairan yang difungsikan untuk menjaga kesehatan pada organ intim wanita. Keputihan yang normal itu ketika cairan yang keluar pada vagina berwarna putih susu atau jernih serta tidak berbau. Namun kadar cairan tersebut suatu waktu akan meningkat pada kondisi tertentu seperti saat wanita sedang masa menyusui, saat sedang berhubungan seksual, dan pada saat masa haid (menstruasi).

Tapi keputihan sendiri kadang membuat tidak nyaman dan meresahkan. Disini akan kita ulas mengenai cara mengatasi keputihan. Namun akan kami bahas terlebih dahulu mengenai pengertian dan penyebab keputihan pada wanita.

Apa Itu Keputihan?

Keputihan atau yang biasa disebut Flour Albus adalah suatu bentuk sekresi vaginal pada wanita. Yang mana pada keputihan sendiri digolongkan menjadi dua golongan yaitu keputihan secara fisiologis (normal) dan keputihan secara patalogis (abnormal).

Keputihan fisiologis adalah suatu kejadian alami yang mana keputihan terjadi pada setiap bulannya, biasanya keputihan akan muncul saat menjelang atau sesudah wanita mengalami menstruasi. Keputihan patalogis adalah keputihan yang disebabkan karena adanya infeksi pada dinding vagina atau pada sekitar bibir vagina. Adapun beberapa penyebab keputihan berlebihan dan gatal yang lain ialah bakteri, virus, jamur atau juga parasit.

Gejala-Gejala Keputihan

Gejala keputihan ini biasanya terjadi pada keputihan secara tidak normal atau tidak wajar, hal ini membutuhkan penanganan yang baik dan juga harus mengetahui tanda-tanda keputihan itu sendiri. Adapun tanda tanda keputihan tidak nomal adalah sebagai berikut :

  1. Berbau

Ketika seseorang wanita mengalami keputihan maka bila tidak berbau termasuk keputihan yang alami, namun ada beberapa kasus yang mengalami keputihan dan memiliki bau yang menyengat dan bisa dikatan seperti bau busuk. Maka apabila hal itu terjadi sebaiknya segera ke dokter karena itu termasuk keputihan abnormal.

  1. Berwana

Ketika keputihan secara normal, warna cairan yang keluar pada vagina berwarna bening dan transparan. Namun jika berwana hijau gelap dan pekat, berwarna kuning bercampur darah itu termasuk pada kategori keputihan tidak nomal.

  1. Gatal

Gatal pada saatn keputihan termasuk juga ketogeri keputihan abnormal.

  1. Nyeri Saat Kencing

Ketika seseorang wanita mengalami keputihan dan juga merasakan nyeri tatkala kencing, maka hal ini merupakan tanda yang bahaya dari keputihan.

Jika hal-hal diatas tersebut terjadi, jangan merasa enteng atau meremehkan keputihan yang kalian alami, segeralah pergi ke dokter untuk berkonsultasi. Jangan malu untuk berkonsultasi karena vagina termasuk alat yang penting bagi wanita selama hidupnya. Apabila vagina kotor atau berpenyakit bagaimana dengan anak-anak yang akan dikandungnya?

Cara Mengatasi Keputihan Dengan Bahan Alami

Cara Mengatasi Keputihan Dengan Bahan Alami

Setelah anda mengetahui penyebab dan gejala yang ditunjukkan oleh penyakit keputihan, berikut ini yaitu bagaimana cara mengobati keputihan secara alami dan cepat:

  1. Minum Kunyit

Mengatasi keputihan yang pertama ialah dengan minum kunyit, kenapa harus kunyit? Karena di dalam kunyit mengandung kandungan zat anti-bakteri yang dapat membantu dalam menghilangkan keputihan yang abnormal pada vagina. Kalian hanya perlu meminum air kunyit yang sudah diperas setiap hari. Untuk lebih jelasnya lagi seperti ini cara membuatnya ;

  1. Pertama kupas terlebih dahulu 2 buah kunyit dan bersihkan
  2. Parut yang sudah di kupas dan dibersihkan
  3. Peras sari kunyit yang sudah di parut
  4. Tambahkan sedikit air
  5. Agar lebih enag tambahkan 1 sampai 2 sendok makan madu

Minum perasan kunyit tersebut 2 kali dalam sehari secara rutin agar keputihan abnormal bisa segera hilang.

  1. Biji Fenugreek

Pasti kalian semua merasa asing dengan biji fenugreek ini, ya memang asing karena tanaman ini berasal dari tanaman yang bernama fenugreek atau yang biasa disebut dengan tanaman klebet. Apa fungsi biji funegreek? Fungsi biji funegreek ialah dapat membantu dalam meningkatkan jumlah pH yang ada pada vagina kalian. Bagaimana caranya? Caranya ialah dengan merendem  1 sampai 2 sendok makan biji fenugreek ke dalam air hangat selama satu hari penuh, lalu saring iarnya kemudian minum secara rutin sebelum makan.

  1. Bawang Putih

Mengobati keputihan memang bisa mengandalkan bawang putih, karena sudah bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa bawang putih merupakan resep yang sudah turun temurun karena dalam bawang putih mengandung kandungan anti-bakteri dan juga anti-jamur. Mengkonsumsi bawang putih secara teratur akan menghambat bakteri yang jahat masuk ke dalam area vital kalian.

  1. Minum Daun Sirih

Cara menghilangkan keputihan secara alami selanjutnya ialah dengan menggunakan daun sirih. Karena sudah banyak sekali produk-produk pembersih area kewanitaan menggunakan daun sirih yang sudah di ekstrak. Kandungan dalam daun sirih seperti antibakteri dan antijamur sangat berguna dalam area kewanitaan yang kemungkinan besar sering lembab.

Cara dalam membuat ramuan daun sirih cukup dengan merebus sekitar 10 daun sirih dengan 2 gelas air sampai tersisa segelas air saja. Kemudian tunggu sampai dingin dan minum secara rutin setiap hari.

  1. Cuka Apel

Untuk mengatasi keputihan cuka apel juga bisa menjadi solusi, karena cuka apel dapat membantu area kewanitaan dalam menyeimbangkan pH, meningkatkan jumlah bakteri baik dan juga membantu vagina agar tidak berbau. Cara mengkonsumsi cuka apel ini cukup dengan mencampur cuka apel dengan air hangat serta tambahkan sedikit madu agar rasanya lebih enag untuk dikonsumsi. Konsumsi cuka apel sehari sekali secara rutin.

  1. Biiji Ketumbar

Biji ketumbar juga dapat mengatasi keputihan yang kalian alami, caranya cukup merendam sedikitnya setengah cangkir ketumbar selama seharian. Kemudian setelah selesai merendam saring terlebih dahulu sebelum meminumnya. Konsumsi air rendaman ketumbar sebelum makan atau setelah bangun tidur secara rutin.

  1. Mengkonsumsi Buah Pisang

Buah pisang adalah buah yang memiliki banyak sekali manfaat dalam tubuh kita. Buah pisang dapat membantu mengatasi gangguan reproduksi dan juga dapat menyeimbangkan hormone-hormon yang ada dalam tubuh kita. Caranya hanya dengan mengkonsumsi buha pisang minimal 2 buah sehari secara rutin.

  1. Minum Jahe

Tanaman jahe termasuk salah satu tanaman yang kaya akan manfaat dalam bidang kesehatan. Salah satu manfaatnya adalah dapat mengatasi infeksi yang disebabkan oleh bakteri jahat. Hal ini sangat membantu bagi kalian yang mengalami keputihan abnormal, karena ada kemungkinan bakteri jahat telha menginfeksi area kewanitaan kalian. Cara mengkonsumsinya cukup mudah hanya dengan merebus minimal 1 ruas jahe yang sudah dikupas dan dicuci hingga bersih dengan 1 setengah gelas air, kemudian tunggu hingga mendidih kira kira segelas air, tunggu sampai dingin kemudian minum secara teratur sehari sekali.

Demikian artikel tentang bagaimana cara mengatasi keputihan, penulis ingin berpesan apabila kalian ingin terhindar dari keputihan secara abnormal alangkah baiknya untuk memulai menjaga kebersihan pakaian dalam dan juga merawat area kewanitaan. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi kalian semua, terimakasih.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed