Begini Rahasia Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris Sampai Mahir

Semua orang tahu betul bahwa Bahasa Inggris adalah bahasa internasional. Artinya, kita sebagai orang yang hidup di era modern seperti ini harus pandai dalam berbahasa inggris. Bukan tanpa alasan karena sekarang ini bahasa inggris memang sangat dibutuhkan bahkan sudah banyak perusahaan perusahaan yang sangat memperhatikan kualitas bahasa inggris para pekerjanya. Untuk anak sekolah juga begitu, bahasa inggris merupakan salah satu bidang mata pelajaran yang wajib dikuasai untuk mendongkrak prestasinya di sekolah. Maka dari itu kita sebagai generasi bangsa indonesia harus bisa berbahasa inggris!

Baca juga :

Namun sayangnya tidaklah mudah untuk bisa pandai berbahasa inggris, bahkan ada beberapa orang yang menganggap bahwa bahasa inggris adalah bahasa tersulit di dunia untuk dipelajari karena banyaknya tata aturan dalam percakapan dan pengucapan. Meski masih kalah sulit dari bahasa Arab, namun percayalah, tidak ada yang tidak bisa dipelajari, jika ada kemauan, disitu pasti ada jalan. Tinggal bagaimana kita mewujudkan hal tersebut dan pada kesempatan kali ini saya akan mencoba memberikan beberapa tips panduan bagaimana Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris untuk pemula sampai mahir dengan cepat.

Bahasa inggris sendiri di Indonesia sudah ada dari mulai kita Sekolah dasar bahkan sampai kuliah, namun fakta berbicara bahwa kebanyakan dari kita justru tidak pandai dalam berbahasa inggris. Tentu ada banyak faktor yang mempengaruhi akan hal ini dan berikut ini cara mengatasinya :

Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris Sampai Mahir!

Sering Nonton Film Bahasa Inggris

Tips yang pertama untuk cara belajar bahasa inggris dengan mudah dan cepat adalah dengan cara kita harus memperbanyak menonton film film berbahasa inggris. Kalau bisa tanpa harus ada subtitlenya karena terkadang orang lebih suka belajar dengan cara yang “fun” atau menyenangkan. Salah satunya ya dari menonton film ini. Dengan menonton film bahasa inggris, kita bukan hanya belajar¬† dari menghafal dan sebagainya, tapi kita lihat prakteknya langsung. Malah tak jarang mereka yang pandai berbahasa inggris justru jarang belajar dengan cara menggunakan buku. dengan menonton film berbahasa inggris, anda akan tahu betul dari segi pengucapan kata, kosakata baru dan contoh penggunaan kalimat yang tentu anda tidak akan mengalami rasa jenuh dengan metode ini. Anda justru akan merasa happy karena selain belajar bahasa inggris, anda sekaligus refreshing.

Jadikanlah Kebiasaan

Untuk membuat kita cepat mahir dalam berbahasa inggris. Usahakan anda jadikanlah bahasa inggris sebagai kebiasaan anda. Ada pepatah mengatakan bahwa bisa, itu karena terbiasa!. dan hal ini memang benar adanya. Jadikanlah bahasa inggris sebagai kebiasaan anda dan gunakan selalu untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Fokus dan Terus Belajar

Terkadang ada orang yang baru mengalami kesulitan sedikit tapi sudah nyerah dan berhenti untuk belajar. Yang namanya belajar itu pasti ya susah dan apabila anda mengalami kesulitan akan sesuatu, teruslah fokus dan terus belajar. Hal ini juga termasuk saat anda sedang belajar bahasa inggris, penting sekali untuk fokus dan terus belajar.

Mendengarkan Lagu Lagu Bahasa Inggris

Selain dengan menonton film bahasa inggris. cara mudah menghafal bahasa inggris dengan cepat yang lain adalah dengan mendengarkan lagu, sama halnya seperti menonton film. Kita akan belajar secara tidak langsung, namun sangat efektif!. Mendengarkan lagu lagu berbahasa inggris secara rutin akan meningkatkan kemampuan anda dalam mendengar kosakata bahasa inggris dan melatih pengucapan kalimat bahasa inggris anda. Sangat disarankan untuk mendengarkan lagu lagu berbahasa inggris yang sifatnya mellow alias pelan. Hal ini untuk membuat pendengaran kosakata menjadi lebih mudah dan jelas. Hal ini lebih baik daripada anda mendengarkan lagu lagu cepat yang tentu kalimat pengucapannya akan sulit untuk anda tiru apalagi bagi anda yang masih pemula belajar bahasa inggris.

Perbanyak Kosatakata Bahasa Inggris

Untuk bisa berbahasa inggris dengan baik. Kita tidak harus selalu belajar akan cara bercakap seperti mempelajari aturan tenses, grammar dan sebagainya. Kita juga perlu untuk meningkatkan hafalan kita akan kosakata yang menurut anda penting. Tidak harus kosakata yang banyak, cukup kosakata yang sehari hari anda gunakan, dan tulis serta artikan setiap hari dan tentu saja hafalkan kosakata tersebut. Lebih baik lagi kalau anda menerapkan kosakata yang dihafalkan tadi pada orang lain setiap hari.

Suka Membaca Artikel Bahasa Inggris

Biasanya, orang akan sangat malas untuk membaca artikel bahasa inggris apalagi yang panjang panjang. Padahal ini merupakan salah satu metode yang sangat efektif untuk belajar bahasa inggris. Membaca artikel yang berbahasa inggris akan membuat kita secara langsung berpikir akan kosakata tersebut artinya apa dan bagaimana cara pengucapan serta pembacaan kalimat bahasa inggrisnya. Lama kelamaan anda pasti akan mahir berbahasa inggris apabila sering membaca artikel.

Contohnya saja mereka para gamers, mereka paham bahasa inggris bukan karena mereka rajin belajar memahami rumus dan sebagainya, tapi mereka belajar bahasa inggris dari game. Seperti yang kita tahu kebanyakan game game adalah berbahasa inggris. Maka dari itu membaca adalah salah satu tips terefektif untuk menghafal dan pandai berbahasa inggris.

Jika Sudah Rajin Membaca, Cobalah Sesekali Untuk Menulis

Rasa rasanya kurang afdol jika kita sudah rajin membaca artikel bahasa inggris, tapi kita tidak pernah menulisnya sendiri. Dengan menulis kalimat bahasa inggris, ini akan membuat kita belajar akan kosakata, aturan penulisan dan lain sebagainya. Maka dari itu mulailah untuk rajin menulis kalimat dalam bahasa inggris, tidak harus panjang panjang, cukup seringkan saja mengaplikasikan hal ini.

Bergaul dengan Mereka yang Mahir Bahasa Inggris

Guru saya pernah berkata bahwa cara terbaik, termudah untuk belajar bahasa inggris adalah tinggal dan hidup di inggris! hal ini secara tidak langsung menjelaskan bahwa untuk bisa pandai berbahasa inggris, kita harus memperbanyak teman yang pandai berbahasa inggris pula. Dengan ini, kita bisa berlatih bercakap dengan mereka, kita juga akan merasa senang belajar dengan mereka karena belajar dengan teman bukankah lebih asyik dibanding belajar secara formal di kelas? kalau perlu dan ingin betul betul pandai berbahasa inggris, gabunglah komunitas.

Manfaatkan Internet

Tips terakhir untuk cara belajar bahasa inggris adalah dengan memanfaatkan internet sebagai media pembelajaran kita. Di internet, kita bisa menggunakan berbagai macam aplikasi tambahan belajar bahasa inggris, membaca artikel dan lain sebagainya.

Itulah beberapa Tips Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Mudah dan Cepat. Mempelajari  sesuatu memang butuh waktu, perlu anda pahami bahwa mereka yang pandai dan mahir bahasa inggris, awalnya mereka juga sama seperti anda, yaitu kesulitan dalam hal belajar. Maka dari itu saat anda kesulitan, tidak perlu risau dan teruslah berlatih. Karena sebuah proses tidak akan menghianati hasil apabila anda terus berusaha.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed