Ini Rahasia, Cara Menyembuhkan Sakit Gigi Dengan Mudah!

Cara Menyembuhkan Sakit Gigi Dengan Mudah

Masih ingatkah kamu akan pepatah lama yang mengatakan jika lebih baik sakit gigi dari pada sakit hati? Pepatah popular tersebut kenyataannya membuktikan bahwa tak selamanya orang akan mengamini pepatah tersebut setelah mengalami sendiri bagaimana rasanya sakit gigi. Sakit gigi bisa dialami oleh siapa saja, kondisi ini termasuk umum terjadi dan dapat terjadi pada seseorang dengan usia berapapun.

Nah yang perlu kamu tahu, sakit gigi adalah kondisi nyeri yang kita dapatkan pada atau di sekitar area gigi dan rahang, dengan penyebab utama adalah pembusukan gigi. Yang perlu kita tahu sakit gigi ternyata dapat terjadi dalam berbagai jenis cara, yang berlangsung secara cepat atau hanya beberapa hari. Tingkatan rasa sakit yang dirasakan penderita juga berbeda-beda berkisar dari ringan ke parah.

Sakit gigi biasanya terjadi dengan “jahat” dan tiba-tiba, kebanyakan akan memburuk pada saat malam hari, terutama saat kamu sedang berbaring.

Selama ini yang kita tahu sakit gigi dapat menyebabkan suasana hati menjadi buruk hingga keadaan di mana seseorang merasa uring-uringan kesal karena menahan sakit yang dirasakannya, selain itu sakit gigi sangat menganggu aktivitas sehari-hari, bayangkan saat kita makan, rasa nyeri serta ngilu sangat nampak menyiksa, terlebih saat kita mengonsumsi makanan yang sangat dingin atau sangat panas.

Selain itu pada malam hari sewaktu musim dingin terkadang rasa nyeri serta ngilu makin kronis dan menjadi-jadi, sehingga mengakibatkan penderita sulit tidur pada malam hari.

Nah, kamu salah satu manusia yang sedang menderita sakit gigi? Jangan khawatir, berikut akan kami berikan informasi mengenai cara menyembuhkan sakit gigi. Namun sebelum itu, kamu juga perlu tahu gejala dan faktor penyebab sakit gigi yang sering menyerang tidak hanya orang dewasa namun segala usia ini.

Gejala Sakit Gigi

Gejala-Gejala Sakit Gigi yang Sering Terjadi

Ngilu atau nyeri pada gigi yang terasa terus menerus, tajam dan berdenyut. Yang terjadi pada beberapa orang yang menderita sakit gigi, nyeri dirasakan saat gigi berkontak  langsung dengan makanan atau minuman dingin maupun panas ataupun saat gigi bertekanan dengan sesuatu.

Nah yang perlu kita tahu jika rasa nyeri yang kita dapatkan  terasa lebih dari 15 detik setelah kontak dengan makanan/minuman panas dan dingin, maka kerusakan gigi yang terjadi mungkin cukup serius dan rasa nyeri yang dirasakan dapat menjalar ke pipi, telinga, dan rahang.

  • Demam atau merasakan nyeri kepala yang berdenyut
  • Terjadi pembengkakan di sekitar gigi, bahkan hingga pipi dan rahang
  • Keluar darah dan terkadang nanah dari gigi yang sedang terinfeksi.

 Faktor Penyebab Sakit Gigi

Sakit gigi bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari faktor kebiasaan, makanan hingga kebersihan. Lebih lengkapnya, berikut adalah faktor penyebab sakit gigi agar kamu bisa mengetahui dari sekarang. Nah, yang perlu kita ingat sakit gigi terjadi pada bagian paling dalam dari gigi manusia, atau  biasa disebut pulpa yang sedang mengalami peradangan.

Baca juga: 12 Cara Menyembuhkan Mata Minus Tanpa Kacamata

Di dalam pulpa sendiri terdapat pembuluh darah dan sebuah serabut saraf yang memiliki sifat sensitif. Oiya pulpa tersebut dapat mengalami peradangan disebabkan karena:

  • Akumulasi dari sisa-sisa makanan di antara sela gigi
  • Infeksi gigi yang dilakukan oleh bakteri.
  • Kerusakan gigi atau kebusukan yang dialami gigi yang kemudian menyebabkan terbentuknya lubang atau rongga di bagian permukaan gigi yang keras
  • Terjadinya kerusakan atau hilangnya bekas tambalan pada gigi
  • Keretakan dan infeksi yang terjadi pada gigi atau akar gigi
  • Infeksi sinus yang terjadi pada gigi
  • Pecahnya gigi yang berlangsung
  • Abses yang terjadi pada gigi

Nah setelah mengetahui gejala dan faktor penyebab sakit gigi mari kita beralih ke cara menyembuhkan sakit gigi.

Cara Menyembuhkan Sakit Gigi

Menyembuhkan Sakit Gigi

Saat gigi mulai terasa ngilu dan nyeri, hal pertama yang dilakukan adalah mencari penyebab sakit gigi dengan segera memeriksakan diri ke dokter gigi. Yang biasanya terjadi dokter gigi akan memberikan obat-obatan anti ngilu/nyeri dan dokter gigi akan memberikan obat tambahan yang berupa antibiotik jika ditemukan ternyata terjadi infeksi pada gigi.

Setelah itu biasanya memang ada kondisi gigi yang memerlukan beberapa tindakan, seperti pemberian suntik bius lokal untuk mengurangi nyeri yang di derita, tambal gigi,  atau bahkan pencabutan gigi.

Nah, untuk pengobatan sementara di rumah, kamu dapat menggunakan obat-obatan anti nyeri yang dijual bebas di toko, seperti ibuprofen atau paracetamol.

Namun yang seperti kita tahu, prediksi waktu sakit gigi tidak dapat di tebak, jika kambuh sakit gigi terjadi pada saat situasi yang baik mungkin tidak menjadi masalah. Namun jika yang terjadi pada saat persediaan obat dari  dokter habis pada malam hari dan toko obat sudah tutup.

Maka bisa dipastikan kamu akan tersiksa sepanjang malam. Nah, untungnya masih banyak bahan alami yang dapat diolah yang memiliki khasiat sebagai obat sakit gigi alami. Simak informasi dibawah ini tentang cara menyembuhkan sakit gigi di situasi darurat.

Air Garam

Garam dapat kita gunakan sebagai obat sakit gigi alami dibalik rasanya yang cukup asin, karena seperti yang kita tahu garam mengandung yodium tinggi yang ternyata dapat membantu meredakan rasa nyeri atau ngilu pada gigi. Jika kita mau menggunakannya secara rutin, garam dapat membantu membunuh bakteri atau kuman penyebab sakit gigi selama ini.

Cara menyembuhkan sakit gigi dengan air garam:

  • Sediakan garam sebanyak 3-4 sendok makan
  • Siapkan segelas air hangat dan larutkan garam didalamnya
  • Jangan lupa aduk garam sampai larut, kemudian gunakan untuk berkumur selama sekitar 1 menit

Catatan     : hentikan pemakaian larutan air garam jika sakit gigi sudah sembuh. Karena penggunaan garam yang berlebihan dapat membuat gigi menjadi keropos.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis dikenal mengandung senyawa antibiotik alami yang salah satu kegunannya dapat meredakan sakit gigi yang berlubang akibat kuman atau bakteri.

Cara meredakan sakit gigi dengan jeruk nipis:

  • Siapkan 1 buah jeruk nipis kemudian belah menjadi dua bagian.
  • Lalu siapkan sebuah wadah kemudian peras jeruk nipis dan air hangat 1 sendok makan
  • Jangan lupa untuk mengoleskan ke area gigi yang sakit selama 10-15 menit.
  • Terakhir berkumur dengan menggunakan air hangat sampai bersih.

Bawang Putih

Bawang putih sudah dipercaya sejak dulu sebagai obat tradisional untuk sakit gigi. Seperti yang kita tahu bawang putih termasuk salah satu bumbu dapur yang memiliki sifat antiseptik yang cukup tinggi. Karena sifat yang dimiliki tersebut bawang putih dapat membantu membunuh segala jenis kuman penyebab sakit gigi.

Cara mengobati sakit gigi dengan bawang putih:

  • Siapkan bawang putih 1-2 siung
  • Lalu kupas bawang putih dan haluskan dengan cara menumbuknya
  • Kemudian tempelkan ke area gigi yang sakit selama kurang lebih 10 menit
  • Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu juga bisa menambahkan garam halus.
  • Setelah itu berkumurlah dengan air hangat

Merica

Merica merupakan salah satu bumbu dapur yang mudah kita temukan, merica mengandung senyawa anti peradangan yang lumayan tinggi, sehingga dapat membantu untuk meredakan nyeri sakit gigi secara alami. Sebaiknya gunakan obat merica ini secara rutin setiap hari minimal satu kali agar hasilnya maksimal.

Cara menyembuhkan sakit gigi dengan lada

  • Tumbuk merica bersamaan dengan garam
  • Tambahkan air hangat 1 sendok aduk sampai membentuk pasta.
  • Kemudian tempelkan pasta tadi ke area gigi berlubang selama kurang lebih 30 menit.
  • Setelah selesai jangan lupa untuk berkumur dengan menggunakan air hangat sampai bersih.

Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh terkenal dengan rasa masam yang dimiliki. Namun belimbing wuluh ternyata mengandung senyawa anti bakteri yang dapat membantu mengusir kuman atau bakteri penyebab sakit gigi.

Cara mengobati sakit gigi dengan belimbing wuluh:

  • Sediakan belimbing wuluh setengah matang 1-2 biji
  • Tumbuk sampai halus, kemudian tempel pada area gigi yang sakit
  • Lalu diamkan selama kurang lebih 10 menit
  • Jangan lupa berkumur menggunakan air hangat.
  • Dan jika gigi tak sebegitu sakit, kamu bisa langsung mengunyah belimbing wuluh tersebut

Cabai Rawit

Cabai yang merupakan bumbu dapur yang rasanya pedas ini ternyata mengandung senyawa capcaisin yang bisa meredakan peradangan gigi. Cabai rawit dapat membantu mengobati sakit gigi berlubang secara alami namun usahakan jangan mengonsumsi cabai rawit secara berlebihan, karena dapat membuat perut sakit dan diare.

Cara mengobati sakit gigi dengan cabai rawit:

  • Sediakan cabai rawit hijau 5 Biji
  • Lalu tumbuk sampai halus dan campurkan dengan sedikit air panas.
  • Setelah itu gunakan untuk berkumur selama kurang lebih 15 menit.
  • Lakukan secara berkelanjutan hingga sakit gigi benar-benar hilang.

Nah, itulah beberapa bahan alami yang dapat dijadikan referensi dalam meredakan sakit gigi, namun hal penting terakhir yang perlu dilakukan adalah sikat gigi yang benar dan rutin.

Sikat gigi yang benar dilakukan dengan gerakan memutar selama kurang lebih 1 sampai dengan 2 menit. Selain itu sikat gigi sebaiknya juga dilakukan secara rutin minimal 2 kali dalam  sehari, terutama sebelum tidur dan setelah bangun tidur.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 comments

News Feed