12 Cara Menyembuhkan Mata Minus Tanpa Kacamata

Memiliki mata yang sehat tentu saja menjadi keinginan semua orang tanpa terkecuali. Dengan mata yang sehat tentu pandangan mata kita akan normal sehingga kita tidak perlu menggunakan kacamata, salah satu hal yang cukup ditakuti oleh banyak orang. Mata minus memang seringkali dialami oleh banyak orang terutama orang dewasa, meskipun sekarang banyak juga remaja bahkan anak kecil sekalipun yang sudah menggunakan kacamata karena matanya tidak normal. hal ini biasanya karena faktor keturunan atau genetik. ndan bagi mereka yang tidak mempunyai faktor keturunan dari seorang yang berkacamata, biasanya akan mengalami mata rusak akibat karena pola hidupnya mulai dari terlalu sering memandang gadget atau komputer atau karena kurangnya konsumsi makanan sehat untukmata terutama vitamin A. Baca juga :  Cara Mengobati Ambeien Secara Alami

Apabila sudah terlanjur minus tentu saja solusi yang perlu diambil adalah dengan segera menggunakan kacamata agar pandangan anda bisa normal kembali untuk menghindari kesusahan untuk melihat tentunya. namun seperti yang saya bilang diatas, tidak semua orang mau memakai kacamata. lalu bagaimana? jangan khawatir, ada beberapa cara menyembuhkan mata minus tanpa harus menggunakan atau memakai kacamata yang bisa anda lakukan sekarang juga, diantara lain seperti berikut ini:

Di Era digital seperti sekarang ini, kasus banyak orang yang mengalami mata minus bukanlah menjadi suatu hal yang mengejutkan, sekarang hampir semua orang pasti punya gadget atau smarpthone, tentu saja ini akan membuat kita menjadi sering sekali menggunakannya dan akhirnya memicu mata minus karena terlalu lama memandang sinar dari gadget atau smartphone.

  • Senam Mata

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk menyembuhkan mata yang minus secara alami adalah dengan melakukan senam mata. senam mata sangat penting untuk menjaga kelenturan otot bagian mata, mulailah dengan goyang goyangkan bola mata dari kiri ke kanan lalu berkedip kurang lebih sebanyak 100 kali setiap harinya, ini akan membuat otot mata anda terlatih dan menjadi lebih lentur.

  • Melatih Fokus Mata

Cara yang selanjutnya untuk megatasi mata minus tanpa kacamata adalah dengan melatih fokus pada mata. terapi atau latihan ini akan menurunkan resiko anda terkena mata minus. caranya juga sangat mudah, anda hanya perlu melatih fokus mata dengan menggunakan jari telunjuk. letakkanlah telunjuk anda 10 cm dari hidung dan fokus pandangan anda ke arah telunjuk, bisa juga dengan memandang fokus objek tertentu.

  • Berjemur di Pagi Hari

Tips yang tak kalah ampuh untuk menyembuhkan mata secara alami tanpa kacamata adalah dengan berjemur di pagi hari. ini akan membuat mata menjadi lebih hangat dan nuansa terang pada pagi hari akan membuat mata anda jauh lebih sehat dibandingkan anda menatap gadget pada saat malam hari yang tentu dapat merusak kesehatan mata,

  • Menentukan Warna untuk Melatih Tingkat Fokus

Mungkin belum banyak yang tahu akan hal ini bahwa menentukan warna tertentu yang dapat melatih fokus ternyata juga sangat efektif untuk mengatasi mata minus. misalnya saja warna fokus kamu adalah warna meraj, maka cobalah untuk selalu melatih mata dengan mencari warna merah yang ada di sekitar kamu. ini akan meningkatkan kinera fokus mata dalam memandang terutama memandang warna.

  • Sebisa Mungkin Jangan Terlalu Lama Memakai Kacamata

Tips ini khusus untuk anda yang sudah terlanjur memakai kacamata. ada baiknya anda jangan terlalu sering menggunakannya, dalam keadaan tertentu, segeralah copot kacamata karena apabila anda terlalu sering menggunakan kacamata tentu akan membuat mata menjadi semakin kaku terutama pada oto mata karena mata hanya akan fokus pada pusat lensa yang ada di kacamata. gunakanlah kacamata pada saat sedang dibutuhkan saja, apabila tidak maka alangkah baiknya lepas saja kacamata anda.

  • Kompres

Selain itu, ada cara mengatasi dan menyembuhkan mata minus tanpa obat yang cukup efektif yakni dengan meng kompress mata. pengompresan pada mata dengan menggunakan air hangat misalnya sangat baik untuk membersihkan mata, namun ingat, jangan gunakan air yang panas, gunakanlah air yang hangat saja. atau kalau ragu bisa pakai air dingin biasa saja untuk mengompres.

  • Perbanyak Keluar Rumah dan Melihat Pemandangan Alam Hijau

Tips yang sangat ampuh untuk menyembuhkan mata tanpa kacamata yang satu ini sangat populer dan memang terbukti ampuh dapat mengatasi mata yangs udah minus sekalipun. Ya, dengan melihat pemandangan alam yang hijau! cobalah sesekali atau rutin untuk mengunjungi berbagai tempat wisata alam hijau yang akan membuat mata anda merasakan ketenangan dan dengan memandang matahijau, memang dapat menyehatkan mata.

  • Mengistirahatkan Mata

Apabila anda seorang pekerja kantoran atau pelajar IT pasti akan sering sekali yang namanya melihat layar monitor dan lain sebagainya. sangat disarankan agar anda mengistirahatkan mata anda jangan sampai terlalu letih. kalaupun anda dituntut untuk bekerja seharian di depan monitor, pastikan beberapa menit misalnya15 menit sekali anda mengganti pandangan dan lain sebagainya. jangan sampai fokus pada satu titik selama seharian karena itu bisa membuat mata tertekan dan letih.  anda bisa juga memanfaatkan latihan yang bernama eye palming. caranya dengan menggosokkan telapak tangan samapi hangat dan tutup kedua mata lalu tempel telapak tangan ke mata.

  • Memijat Sekitar Mata

Selain melatih mata dengan senam mata dan lain sebagainya, anda bisa juga memijat mata untuk bisa menyembuhkan mata minus tanpa kacamata. pijatlah area sekitar titik mata karena bisa melancarkan peredaran darah sehingga membuat mata menjadi lebih rileks.

  • Perbanyak Konsumsi Vitamin A

Berbicara soal kesehatan mata, rasanya tidak adil apabila tidak ada poin yang membahas soal vitamin A. vitamin A merupakan jenis vitamin yang paling penting untuk kesehatan mata, mulai sekarang perbanyaklah makan makanan sumber vitamin A seperti tomat, wortel dan lain sebagainya.   Jika anda tidak suka dengan rasa wortel dan tomat yang kurang enak, anda bisa membuatnya menjadi jus namun jangan campurkan dengan gula ya, karena tentu akan kurang maksimal.

  • Makan Blueberry

Banyak yang belum tahu kalau ternyata blueberry itu bagus untuk kesehatan mata. Ya, blueberry dipercaya dapat membersihkan radikal bebas dan dapat meningkatkan mikosirkulasi di sekitar area mata sehingga bisa membuat mata menjadi lebih sehat dan menyembuhkan gangguan kesehatan mata anda. Jadi mulai sekarang, yuk perbanyak konsumsi blueberry untuk membuat mata menjadi lebih sehat dan terhindar dari mata minus!.

Itulah beberapa cara menyembuhkan mata tanpa kacamata, cara diatas tidak akan bekerja dalam waktu sehari duahari saja. Anda harus mau rutin melakukan tips diatas se konsisten mungkin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jangan lupa juga untuks elalau menjaga pola kesehatan mata dengan pola hidup yang benar dari mulai mengurangi aktivitas melihat monitor terutama di tempat tempat yang gelap atau cahayanya sedikit. Ada baiknya apabila anda juga selalu menjaga kebersihan mata dengan menggunakan tetes mata dan lain sebagainya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

News Feed