Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak dengan Cepat Secara Alami

Batuk merupakan salah satu penyakit yang menyerang radang tenggorokan yang sering kali dialami oleh banyak orang. meskipun terlihat sepele, penyakit batuk haruslah segera diobati karena jika tidak, penyakit batuk akan semakin parah dan tentu saja bisa menjadi penyakit kronis salah satunya adalah penyakit batuk berdahak. batuk berdahak merupakan kondisi dimana saat batuk anda akan mengeluarkan lendir yang tentu saja hal ini sangat tidak meng enakkan kita. beda halnya dengan batuk kering dimana kita justru tidak mengeluarkan lendir. batuk berdahak apabila dibiarkan secara terus menerus bisa saja memicu penyakit berbahaya lainya seperti TBC, Bronchitis bahkan penyakit jantung. maka dari itu penting sekali untuk mengobati batuk berdahak dengan cepat.

Untuk penyebab batuk berdahak sendiri cukup berragam mulai dari virus atau karena penyakit lain dan masih banyak lagi penyebab batuk berdahak, untuk informasi selengkapnya mengenai penyebab batuk berdahak, simak pembahasanya berikut ini:

Penyebab Batuk Berdahak

  • Radang atau Inflamasi Pada Pernafasan

Penyebab munculnya batuk berdahak yang pertama adalah karena adanya radang atau inflamasi pada saluran pernafasan, radang ini bisa terjadi pada tenggorokan atau paru paru.

  • Asap Rokok dan Polusi

Menghirup udara segar merupakan salah satu cara untuk supaya pernafasan kita sehat. apabila setiap hari kita menghirup asap rokok dan polusi udara, tentu lama kelamaan akan menyebabkan pernafasan kita terganggu dan mengalami penyakit batuk berdahak. ini seringkali terjadi maka dari itu bagi anda sebaiknya menghindari asap rokok dan polusi udara secara langsung.

  • Infeksi

Penyebab lain batuk berdahak adalah karena mengalami infeksi pada saluran pernafasan. ini bisa saja dikarenakan virus maupun bakteri.

  • Flu

Jangan salah, ternyata penyakit flu juga bisa lho memicu batuk termasuk batuk berdahak. ini mungkin jarang di ketahui namun pada banyak kasus memang benar adanya bahwa flu memang dapat menyebabkan batuk berdahak.

  • Asam Lambung

Selain itu bisa juga disebabkan karena meningkatknya asam lambung yang menuju ke kerongkongan yang akhirnya memicu batuk berdahak. maka dari itu segeralah atasi asam lambung yang meningkat apabila anda mengalaminya.

  • Virus

Inilah penyebab yang paling utama kenapa bisa batuk berdahak. Ya, virus sangat mungkin menyebabkan batuk berdahak dan biasanya berasal dari flu yang terserap dan masuk ke tenggorokan.

Cara Mengobati Batuk Berdahak Secara Alami dengan Cepat

Setelah memahami penyebabnya, anda juga harus tahu betul bagaimana cara mengobati penyakit batuk berdahak dengan menggunakan obat tradisional sekalipun. ada beberapa bahan alami yang bisa anda gunakan diantara lain:

  • Teh Jahe

Bahan alami pertama yang bisa anda gunakan untuk mengobati batuk berdahak adalah teh jahe. jahe mengandung antistamin dan juga kemampuan untuk decongestant yang tentu efektif untuk meredakan gejala demam dan flu termasuk batuk. untuk penggunannya, anda hanya perlu memasukkan irisan jahe ke dalam teh lalu meminumnya untuk mengatasi batuk berdahak.

  • Belimbing Wuluh

Buah belimbing wuluh juga dipercaya dapat digunakan sebagai obat tradisional batuk berdahak. selain digunakan untuk bumbu masaka tradisional, belimbing wuluh memang sangat baik untuk mengatasu batuk berdahak dan bagian yang akan digunakan adalah bunga dari buah belimbing wuluh ini. campuranlah 1 genggam bunga yang berasal dari belimbng wuluh dengan beberapa butir adas, lalu tambahkan juga gula dengan secangkir air lalu tiriskan dan apabila sudah dingin, tinggal saring dan minumlah ramuan tersebut untuk mengobati batuk berdahak.

  • Jeruk Nipis

Tak hanya belimbing wuluh, jeruk nipis juga dapat digunakan untuk mengobati batuk berdahak secara alami. campurkanlah air perasan hasil dari buah jeruk nipis bersamaan dengan madu dan air matang dan untuk ukurannya sendiri untuk jeruk nipis 1 sendok makan dan 3 sendok makan madu dan 5 sendok air matang.

  • Kunyit

Selain Jahe, kunyit juga sangat ampuh untuk menyembuhkan batuk berdahak secara alami dengan cepat. sama seperti jahe, kunyit seringkali dijadikan sebagai bahan tradisional untuk membuat jamu, namun juga ternyata daat untuk mengobati batuk berdahak dengan cepat.

  • Madu dan Lada Putih

Seperti pada penggunaan jeruk nipis, madu memang pada dasarnya sangat bagus untuk menyembuhkan batuk berdahak karena bisa merangsang dahak menjadi cair untuk lebih mudah di keluarkan. rasa panas dari lada juga dapat mengurangi batuk akibat lendir. anda hanya perlu mencampurkan lada putih dengan teh madu apabila ingin menggunakannya.

  • Perbanyak Minum Air Putih Hangat

Cara yang paling mudah dan simpel untuk menyembuhkan batuk berdahak dengan cepat secara alami yang selanjutnya adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih hangat. air putih hangat sangat efektif untuk mengobati batuk berdahak karena bisa melancarkan dahak agar bisa lebih cepat keluar dari tenggorokan.

Cara Mengobati Batuk Kering

Sebagai informasi tambahan, berikut ini ada beberapa cara menyembuhkan batuk kering karena seperti yang kita tahu, selain batuk berdahak. batuk kering juga sering di alami oleh banyak orang.

  • Cuka Apel

Bahan alai cuka apel ternyata sangat efektif untuk menyembuhkan batuk kering. cuka apel memberikan vitamin pada tenggorokan agar membuatnya menjadi lebih lembab sehingga batuk kering segera menghilang dan bisa juga membunh bakteri penyebab batuk kering yang ada pada tenggorokan.

  • Teh Herbal

Selain itu anda bisa juga mengonsumsi teh herbal untuk menyembuhkan penyakit batuk berdahak secara alami dengan cepat. teh herbal sangat efektif terutama apabila dikonsumsi saat keadaan masih hangat.

  • Hindari Alkohol

Untuk anda yang punya kebiasaan minum minuman beralkohol, sebaiknya anda segera stop kebiasaan tersebut karena mengonsumsi minuman alkohol sangat tidak baik karena bisa merusak sistem saraf dan bisa memperparah batuk kering.

  • Hindari Ruangan ber AC

Mungkin satu hal ini jarang diketahui? Ya, apabila anda sedang mengalami batuk kering, sebisa mungkin jauhi atau hindarilah ruangan yang ber AC karena bisa membuat batuk kering menjadi makin parah.

  • Stop Merokok

Selain alkohol, merokok juga sangat tidak baik untuk anda yang sedang sakit batuk berdahak karena bisa merusak jantng dan paru paru akibat zat yang ada pada rokok. apalagi kita semua tahu bahwa asap rokok adalah salah satu penyebab batuk yang cukup vital.

  • Beras Kencur

Terakhir, anda bisa menggunakan beras kencur sebagai obat tradisional menyembuhkan batuk kering secara alami. campurkanlah beras kencur dan jahe karena kedua kombinasi bahan alami ini bisa mempercepat penyembuhan batuk kering karena mengandung anti inflamasi.

Itulah beberapa cara menyembuhkan batuk berdahak dengan cepat secara alami. Apabila sudah dilakukan berbagai cara namun batuk berdahak tak kunjung sembuh, sangat disarankan agar anda langsung berkonsultasi dan memeriksakannya ke Dokter ahli untuk mendapat resep obat tertentu. Baik itu batuk kering maupun berdahak, keduanya sangatlah berbahaya karena menyerang system pernafasan, maka anda harus segera mengobatinya apabila mengalami penyakit batuk.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed