Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Bahan Alami

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Bahan Alami

Apa sih Sebenarnya Jerawat itu, jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang sering membuat kita tidak percaya diri. Jerawat merupakan suatu kondisi kulit yang tidak normal dan terjadi peradangan atau infeksi, sehingga ada bakteri atau kuman yang masuk dan menyebabkan benjolan yang sering kita sebut dengan jerawat.

Bagi para wanita jerawat tidak bisa dibiarkan mereka akan selalu mencari dan terus mencari solusi untuk menyembuhkan jerawat di wajah. Jerawat yang muncul di wajah akan sangat mengganggu penampilan serta membuat seseorang kehilangan percaya diri.

Munculnya jerawat tidak menentu. Ada banyak faktor yang mempengaruhi munculnya jerawat. Hal ini sering dialami oleh wanita yang akan beranjak remaja atau wanita yang mulai pubertas.

Sebagian besar anak remaja tidak paham bagaimana cara menghilangkan jerawat, terkadang mereka menghilangkan jerawat dengan cara memencet jerawat yang muncul menggunakan tangan. Hal tersebut bukan malah menghilangkan jerawat justru menambah jerawat tanpa mereka sadari tangan yang digunakan untuk memencet jerawat mengandung kuman dan bakteri.

Atau cara lain untuk menghilangkan jerawat biasanya sebagian besar wanita menggunakan obat penghilang jerawat yang disarankan dari teman-temannya. Justru hal tersebut akan memicu peradangan pada kulit karena tidak memperhitungkan keamanan dan kesensitifan kulit terhadap beberapa jenis obat jerawat. Sebelum mengetahui apa saja dan bagaimana cara menghilangkan jerawat secara alami, ada beberapa penyebab jerawat yang perlu diketahui

Penyebab Munculnya Jerawat di wajah

Banyak faktor yang memicu munculnya jerawat di wajah bisa disebabkan dari pola hidup maupun pola makan. Mengkonsumsi lemak, susu serta kacang-kacangan dapat memicu timbulnya jerawat.

Selain itu jerawat pada wajah juga dapat muncul ketika seseorang tidak dapat menjaga kebersihan wajah, wajah yang jarang dibersihkan, terkena debu ataupun noda-noda akan sering mudah terbentuknya jerawat, karena debu dan noda-noda akan menghasilkan bakteri yang dapat menimbulkan jerawat pada wajah. Oleh karena itu sangatlah penting dan usahakan untuk mencuci wajah dengan sabun pembersih wajah setiap hari.

Tidak hanya makanan, mengonsumsi minuman bersoda juga dapat memicu timbulnya jerawat berlebih pada wajah, karena kandungan soda yang terkandung dalam minuman dapat menyebabkan jerawat yang sulit disembuhkan. Selain itu pola hidup yang tidak sehat seperti begadang juga dapat memicu timbulnya jerawat.

Itulah beberapa penyebab munculnya jerawat di wajah yang dapat dihindari agar tidak terjadi peradangan di wajah yang menimbulkan jerawat. Untuk menyembuhkan jerawat di wajah, ada beberapa cara alami untuk menghilangkan jerawat yang muncul.

Cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami

Buah lemon

Buah lemon yang memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi berkhasiat untuk menghilangkan jerawat dengan cepat. Lemon selain mengandung antioksidan yang tinggi juga mampu membunuh bakteri yang dapat menimbulkan jerawat. Selain itu buah lemon juga dapat membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat akibat debu dikarenakan buah lemon mengandung Asam Askorbat.

Cara untuk menghilangkan jerawat sangatlah mudah. Cukup mengiris buah lemon atau memeras buah lemon yang masih segar kemudian oleskan air lemon pada bagian wajah yang berjerawat. Diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air. Lakukan secara rutin

Putih telur

Putih telur dipercaya dapat menghilangkan jerawat dengan cepat. Kandungan senyawa enzim yang ada dalam putih telur mampu menghilangkan jerawat serta membersihkan komedo di hidung. Cara membuatnya pun sangatlah mudah. Ambil 1 butir telur kemudian pisahkan putih telur dengan kuningnya. Kocok putih telur hingga berbusa berwarna putih, lalu oleskan pada wajah hingga menjadi masker. Diamkan selama 15 menit. Lalu bilas dengan air hangat. Putih telur selain dipercaya untuk menghilangkan jerawat juga mampu untuk meremajakan kulit pada wajah.

Mentimun

Jangan salah, mentimun yang biasa digunakan sebagai bahan untuk rujak juga bermanfaat untuk menghilangkan jerawat secara alami dengan cepat. Buah mentimun yang juga tergolong sebagai sayur-sayuran mudah ditemui di pasar-pasar. Mengapa buah mentimun sangat bermanfaat untuk kecantikan wajah ? karena buah mentimun mengandung vitamin C yang tak lain sebagai penghilang jerawat secara permanen juga dapat membunuh racun dalam tubuh. Caranya sangat mudah, iris tipis mentimun lalu tempelkan pada wajah yang berjerawat secara menyeluruh. Diamkan selama 15 menit, lakukan ini dipagi hari secara rutin.

Tomat

Buah tomat ternyata tidak hanya bermanfaat untuk bahan memasak didapur, buah tomat memiliki manfaat yang dapat menghilangkan jerawat secara alami karena buah tomat memiliki kandungan vitamin A dan C yang bagus untuk peremajaan atau perawatan kulit. Buah tomat dapat menutrisi kulit anda dari dalam apabila sering dikonsumsi. Buah tomat dapat digunakan sebagai masker untuk menghilangkan jerawat  secara alami.

Madu alami

Madu yang dikenal sebagai bahan obat-obatan alami ternyata juga ampuh untuk menghilangkan jerawat. Madu alami memiliki kandungan antiseptik yang dapat mencegah timbulnya jerawat. Untuk membuatnya tidak sulit. Cukup madu alami tidak perlu dicampur dengan bahan lain. Oleskan madu pada wajah secara menyeluruh lalu diamkan selama 15 menit. Bilas menggunakan air hangat sampai bersih. Lakukan secara rutin 2-3 kali dalam seminggu.

Buah alpukat

Bagaimana sih cara mengatasi timbulnya jerawat menggunakan buah alpukat ? buah alpukat merupakan buah-buahan yang mudah ditemui di pasaran. Buah ini dipercaya dapat mencegah bakteri yang ada pada wajah sehingga dapat mencegah timbulnya jerawat di wajah.

Untuk membuat masker dengan menggunakan buah alpukat, siapkan 1 buah alpukat dan 2 sendok madu. Haluskan daging alpukat kemudian campur dengan madu hingga merata. Oleskan pada wajah yang berjerawat secara merata dan diamkan hingga 15-20 menit. Lalu bilas menggunakan air hangat. Untuk hasil maksimal lakukan secara rutin 2-3 kali dalam seminggu.

Bawang putih

Bawang putih ternyata memilki banyak manfaat selain sebagai bahan dasar untuk memasak. Bawang putih dipercaya mampu mengatasi jerawat yang muncul di wajah. Bawang putih memiliki kandungan senyawa Thiacremonon Sulfur yang mampu membunuh bakteri di wajah. Cara menghilangkan jerawat dengan menggunakan bawang putih sangat mudah. Ambil beberapa siung bawang putih lalu tumbuk sampai halus.

Kemudian oleskan pada wajah yang berjerawat. Diamkan beberapa menit agar pori-pori di wajah dapat menyerap sari-sari yang terkandung dalam bawang putih. Kemudian bilas menggunakan air hangat.

Es batu

Jerawat dapat timbul karena minyak yang berlebih di wajah. Minyak yang berlebih di wajah ternyata dapat diatasi dengan menggunakan es batu. Es batu di percaya mampu menutup pori-pori yang ada diwajah. Cara mengatasinya cukup mudah. Ambil beberapa butir es batu kemudian bungkus es batu dengan menggunakan kain. Pastikan es batu yang terbuat dari air yang bersih. Kemudian gosokkan es batu pada wajah yang terdapat jerawat. Gosok hingga merata secara perlahan. Alangkah lebih baiknya dilakukan pada malam hari saat pori-pori wajah terbuka.

Jeruk nipis

Sudah jelas kandungan yang terdapat dalam jeruk nipis yaitu vitamin C. Vitamin C dipercaya mampu menangkal radikal bebas dan membunuh bakteri pada wajah. Selain itu jeruk nipis juga mampu untuk merawat kulit di wajah. Cara membuatnya sangat mudah, siapkan 1 buah jeruk nipis lalu peras dan ambil airnya. Kemudian oleskan air perasan jeruk nipis pada wajah. Kandungan asam yang sangat tinggi menyebabkan adanya rasa sedikit perih diwajah ketika di oleskan, namun jangan khawatir. Oleskan secara merata lalu bilas dengan bersih menggunakan air hangat.

Pasta gigi

Banyak orang yang belum mengerti bahwa pasta gigi ternyata juga dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat di wajah. Pasta gigi mengandung zat kimia Fluride, triclosan yang mampu mengurangi iritasi pada kulit dan membunuh bakteri di wajah. Cara menghilangkan jerawat dengan menggunakan pasta gigi cukup di oleskan pada wajah yang berjerawat. Diamkan hingga kering lalu bilas menggunakan air.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 comments

News Feed