Cara Mengetahui Karakter Bos Lewat Gaya Komunikasinya

Wikipiee.com – Setiap orang memiliki karakter yang berbeda. Termasuk pada atasan anda. Mengetahui karakter atasan bisa anda dapati dengan mengenali bagaimana gaya komunikasinya. Antara komunikasi dan watak seseorang memang kaitannya sangat erat. Kita bisa tahu karakter seperti apa orang yang kita ajak bicara melalui bagaimana ia memperlakukan lawan bicaranya. Apakah ia hanya diam tampa umpan balik, mendengarkan, atau cenderung memotong pembicaraan lawan bicaranya. Semuanya menggambarkan karakteristik wataknya secara jelas.

Baca juga : Model Baju Batik Kerja Untuk Inspirasi Kamu 2018

Mengetahui karakter bos sangat penting agar kita bisa menghadapinya secara baik. Jika kita mampu menghadapi atasan dengan baik tentu akan membuat kita merasa nyaman bekerja dan tidak terlalu banyak membuat kesalahan. Kenali secara seksama bagaimana atasan anda berbicara dengan para karyawannya. Apakah ia termasuk orang yang egois, perhatian, atau cenderung otoriter. Nah, bagi anda yang penasaran bagaimana cara membaca karakter bos melalui gaya komunikasinya, berikut ulasan selengkapnya.

Mengetahui Karakter Bos Lewat Gaya Komunikasinya

  1. Diam tanpa umpan balik

Karakter bos satu ini merupakan salah satu tipe penyabar dan selalu mengikuti aturan yang berlaku. Aturan yang sudah berlaku akan selalu dipegang teguh dan sangat konsisten. Untuk menanggapi pelanggaran, atasan dengan karakter semacam ini akan bersikap lebih tegas karena sifat konsistennya terhadap aturan yang ia buat sendiri. Biasanya gaya bicaranya diam tanpa ekspresi maupun umpan balik.

  1. Tidak mendengarkan orang lain

Pernah memiliki atasan seperti ini? karakternya yang hanya ingin didengarkan dan malas mendengarkan oranglain adalah salah satu tanda bahwa bos seperti ini memiliki sifat pemalas dan tidak tanggung jawab. Ia hanya ingin menang sendiri karena egonya terlalu besar. Jika anda memiliki tipe atasan seperti ini sebaiknya bersabar. Tipe satu ini tidak akan mudah untuk merubah pendiriannya dan cenderung otoriter.

  1. Tipe pendengar

Jika atasan anda selalu sabar mendengarkan pendapat atau keluhan karyawannya, maka anda merupakan orang yang beruntung karena memiliki bos yang peduli. Empatinya sangat tinggi dan mudah menolong sesama. Sayangnya tipe bos seperti ini cenderung pemalu dan sering menyendiri. Namun anda bisa berpendapat secara lebih bebas dan bisa mengutarakan ide tanpa segan kepada bos dengan tipe pendengar seperti ini.

  1. Sering memotong pembicaraan

Saat karyawan berbicara, tak jarang ada beberapa bos yang kerap memotong pembicaraan karyawannya. Dari gaya bicaranya tipe bos seperti ini memiliki sifat yang cukup kejam dan minim toleransi. Namun untungnya anda akan dididik untuk lebih berdisplin terhadap aturan yang berlaku di perusahaannya. Bos dengan karakter seperti ini jarang memberikan toleransi terhadap siapapun yang berani melanggar aturan yang sudah ditetapkan.

Nah itu dia beberapa karakter bos yang bisa kita ketahui dari bagaimana gaya berbicaranya. Semoga menambah gambaran anda dan membantu dalam mengenali karakter atasan kita sehingga bekerja pun menjadi lebih lancar.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

News Feed