Ini Rahasia Untuk Anda, Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan Dengan Mudah

Mengatasi Sakit Tenggorokan

Apakah kamu sering mengalami sakit tenggorokan ? Dalam dunia kesehatan sakit tenggorokan biasa disebut dengan Faringitis. Penyakit ini biasanya disebabkan karena infeksi bakteri dan virus pada saat flu (kondisi pilek). Sistem kekebalan tubuh yang menurun akan lebih mudah terserang infeksi bakteri dan virus.

Biasanya penyakit faringitis atau tenggorokan menyerang anak-anak hingga remaja, dikarenakan sistem kekebalan tubuh pada gejala sakit ini akan mulai terbentuk setelah beranjak dewasa.

Dengan demikian, bukan berati orang dewasa tidak dapat terserang penyakit ini. Pada saat sistem kekebalan tubuh orang dewasa melemah maka bisa saja beresiko mengalami sakit tenggorokan.

Macam-macam radang tenggorokan (faringitis):

Radang tenggorokan (faringitis) dibagi menjadi dua macam, yaitu radang tenggorokan (faringitis) akut dan radang tenggorokan(faringitis) kronis:

  • Radang tenggorokan (faringitis) akut

Radang tenggorokan ini biasanya masih tergolong baru, dengan gejala seperti gatal ditenggorokan, nyeri biasanya disertai dengan demam dan batuk, sulit menelan.

  • Radang tenggorokan (faringitis) kronis

Radang tenggorokan ini biasanya tergolong sudah berlangsung dalam waktu lama, biasanya gejala yang terjadi tidak disertai dengan nyeri untuk menelan, melainkan cuma terasa seperti ada sesuatu yang mengganjal di tenggorokan.

Gejala Radang Tenggorokan (Faringitis)

Sakit tenggorokan memang tergolong penyakit yang dapat dikatakan tidak berbahaya. namun apabila dibiarkan maka akan sangat mengganggu aktivitas terutama pada saat kita menelan, makan maupun minum. Selain itu, sakit tenggorokan biasanya juga disertai dengan gejala-gejala sebagai berikut:

  • Sakit kepala
  • Batuk
  • Pembesaran kelenjar pada leher
  • Tonsil (amandel) yang membengkak akibat radang
  • Nyeri otot
  • Gatal di tenggorokan
  • Hidung beringus
  • Iritasi
  • Sulit menelan

Gejala-gejala tersebut tentu sangat menyiksa penderitanya terlebih jika dialami oleh anak-anak. Oleh karena itu, segera lakukan pengobatan sebelum kondisinya semakin parah.

Penyebab Radang Tenggorokan (faringitis)

Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan atau Faringitis bisa kapan saja terjadi. Selain disebabkan oleh virus dan bakteri biasanya penyebab radang tenggorokan disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut penyebab radang tenggorokan yang  sering terjadi antara lain:

  • Terlalu sering mengonsumsi makanan yang pedas
  • Sering mengonsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung minyak seperti gorengan
  • Terlalu banyak minum alkohol dan es
  • Polusi udara seperti asap rokok, debu, dll
  • Asam lambung yang naik pada tenggorokan juga dapat menyebabkan sakit radang tenggorokan

Penyebab diatas biasanya dialami oleh beberapa orang sehingga dapat menyebabkan sakit tenggorokan terlebih jika kondisi kekebalan orang tersebut menurun. Apabila sudah terjadi maka alangkah lebih baiknya segera diatasi dengan melakukan beberapa pengobatan. Pengobatan bisa dilakukan dengan cara alami maupun dengan cara pengobatan medis. Kebanyakan orang lebih memilih pengobatan dengan cara alami terlebih dahulu, bila dengan pengobatan alami masih belum sembuh maka segera mengonsumsi obat-obatan atau periksa ke dokter.

Baca Juga: Rahasia, Cara Mengobati Sakit Tenggorokan Dengan Mudah

Mengidentifikasi Penyebab Radang Tenggorokan (faringitis)

Seperti beberapa penjelasan mengenai penyakit radang tenggorokan (faringitis), penyakit yang disebabkan oleh virus pada kasus ringan maka tidak harus dibawa ke dokter cukup diberi obat penghilang nyeri atau demam. Pada kasus lain yang mungkin tidak disebabkan oleh virus maka perlu dilakukan pemeriksaan oleh dokter.

Sebelum memberi pengobatan maka sangat perlu bagi dokter untuk memeriksa penderita guna melakukan diagnosa yang sesuai dengan tujuan untuk mencegah pemberian obat antibiotik yang tidak sesuai atau tidak tepat bagi penderita radang tenggorokan karena dapat menimbulkan orgasme yang resisten terhadap antibiotik.

Beberapa cara mengobati radang tenggorokan (faringitis)

Banyak cara yang dilakukan untuk mengobati sakit radang tenggorokan (faringitis). Ada beberapa cara mengobati radang tenggorokan dengan cepat dari bahan-bahan alami tanpa harus periksa ke dokter. Caranya sangat mudah, sebagai berikut:

Berkumur dengan air garam

Air garam yang berfungsi sebagai penyedap bumbu dapur ternyata juga memiliki manfaat untuk menyembuhkan obat radang tenggorokan (faringitis). Jangan diremehkan ternyata bumbu dapur yang satu ini mempunyai sifat antiseptik yang dapat membunuh virus maupun bakteri penyebab radang tenggorokan. Selain itu, air garam juga sangat efektif untuk melarutkan lendir atau dahak yang terdapat pada tenggorokan.

Cara mengobati radang tenggorokan dengan menggunakan air garam, cukup menyediakan air hangat satu gelas kemudian tambahkan garam 1-2 sendok ke dalamnya, kemudian dilarutkan. Setelah itu gunakan air garam untuk berkumur atau juga dapat diminum.

Bawang putih

Bawang putih juga memiliki khasiat untuk menyembuhkan sakit tenggorokan (faringitis). Bawang putih yang merupakan bahan dasar bumbu dapur semua orang untuk memasak ternyata memiliki kandungan senyawa alicin yang dapat membunuh bakteri yang ada di tenggorokan. Cara mengobati sakit tenggorokan menggunakan bawang putih ternyata cukup mudah. Hanya perlu menyiapkan 1-2 siung bawang putih mentah kemudian di  kunyah mentah sampai halus. Ambil airnya dari bawang putih tersebut lalu buang ampasnya.

Gunakan untuk berkumur namun juga bisa diminum. Yang terakhir ambil madu untuk menghilangkan bau dan rasa dari bawang putih.

Lemon dan madu

Madu dan lemon memiliki manfaat untuk menyembuhkan sakit tenggorokan. Untuk pengobatan menggunakan madu dan lemon cukup sederhana. Ambil satu buah lemon lalu peras dan ambil airnya. Tambahkan satu sendok makan madu dan air hangat satu gelas. Aduk hingga madu tercampur dengan perasan air lemon dan diminum. Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan pengobatan ini secara rutin dan teratur sampai sakit tenggorokan sembuh.

Wedang jahe

Wedang jahe juga dapat meredakan sakit tenggorokan. Rasa hangat yang terdapat pada jahe dapat mengurangi rasa sakit pada tenggorokan. Jahe mengandung senyawa zingiberin yang dapat menetralkan racun, melancarkan sirkulasi darah serta mengurangi peradangan. Pengobatan dengan menggunakan jahe sangat sederhana. Ambil 1-2 siung jahe kemudian iris dan geprek hingga hancur. Kemudian, rebus jahe dengan segelas air sampai mendidih, tambahkan madu atau gula sesuai selera. Kemudian minum selagi wedang jahe masih hangat. Wedang jahe ini dapat dijadikan minuman sehari-hari karena tidak memiliki efek samping.

Permen pelega tenggorokan

Permen pelega tenggorokan biasanya mengandung mint yang dapat meredakan sakit tenggorokan. Menghisap permen pelega tenggrokan yang mengandung mint dapat membantu mempercepat proses penyembuhan serta meringankan rasa sakit pada tenggorokan. Banyak sekali permen pelaga tenggorokan yang bisa didapatkan di toko maupun warung-warung terdekat.

Memperbanyak minum air putih

Mengonsumsi air putih yang berlebihan justru membuat kesehatan pada tubuh semakin baik. Air dan mineral justru dibutuhkan oleh tubuh. Minum air putih yang banyak dapat melancarkan oxigen yang yang ada di dalam tubuh, melancarkan peredarah darah serta dapat mencegah tenggorokan kering.

Tubuh manusia membutuhkan kurang lebih 2 liter air putih dalam sehari. Selain itu, minum air putih juga dapat mencegah tubuh dehidrasi yang disebabkan oleh radang tenggorokan.

Istirihat yang cukup

Saat menderita sakit tenggorokan, selain dapat disembuhkan dengan beberapa obat tradisional maka harus didukung dengan istirahat yang cukup. Tubuh yang sedang mengalami kondisi menurun akan lebih baik jika melakukan istirahat agar kondisi tubuh kembali stabil. Pada saat kondisi tubuh melemah alangkah lebih baiknya jika tidak dulu melakukan aktivitas yang berat seperti bekerja, olahraga diluar rumah, karena polusi udara diluar yang kotor dapat memperparah peradangan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed