Tips dan Cara Mengatasi Sakit Gigi Berlubang dengan Mudah

Mengatasi Sakit Gigi

Sakit gigi merupakan sakit yang dirasakan di area rahang hingga ruang-ruang gigi, ketika seseorang sudah merasakan sakit gigi terlebih sakit gigi berlubang maka orang tersebut akan merasa susah dan kesakitan. Seperti kata pepatah yang mengatakan lebih baik sakit hati dari pada sakit gigi memang benar. Tingkat sakit gigi biasanya disebabkan oleh beberapa banyak hal, jika sakit gigi sudah terasa sangat sakit dan mengganggu aktivitas orang pasti akan mencari obat yang manjur agar sakit gigi segera sembuh.

Sakit gigi dapat menyebabkan seseorang susah makan, susah minum dan juga sering merusak mood menjadi buruk. Bahkan ada penderita sakit gigi yang sampai menangis karena sakit yang ia alami begitu dahsyat. Salah satu penyebab sakit gigi adalah gigi berlubang pada orang dewasa, atau sakit gigi bisa dirasakan oleh anak-anak ketika sedang masa berganti dari gigi susu menuju gigi dewasa sehingga gigi anak akan terasa gatal.

Beberapa penyebab sakit gigi berlubang adalah

  • Menyikat gigi dengan cara yang salah
  • Terlalu sering konsumsi makanan yang manis
  • Adanya karies gigi atau suatu infeksi gigi yang dapat merusak struktur gigi
  • Tidak sering menyikat gigi
  • Tidak menggunakan sikat gigi yang sesuai

Cara Mengatasi Sakit Gigi Berlubang Secara Alami :

  1. Bawang Putih

Bahan pokok sebagai bumbu dapur ini mempunyai sifat antiseptik yang tinggi, kandungan antiseptik tersebut dapat membantu anda dalam membasmi seluruh jenis kuman yang bisa menyebabkan radang pada area gigi anda. sejak dahulu bawang putih telah dipercaya sebagai suatu cara mengatasi sakit gigi dengan cara tradisional.

Untuk cara pengobatannya dengan menyiapkan 1 atau 2 siung bawang putih. Kemudian kupas dan haluskan bawang dengan cara di tumbuk, setelah halus anda dapat menempelkan pada bagian gigi yang terasa sakit selama sekitar 10 menit. Agar mendapat hasil yang maksimal anda dapat menambahkan garam halus, setelah menempelkan pada area gigi yang sakit kemudian berkumur menggunakan air hangat.

  1. Jeruk Nipis

Buah ini termasuk dalam keluarga jenis buah jeruk, namun pada jeruk nipis memiliki rasa yang cukup masam dari pada buah jeruk biasa. Jeruk nipis jarang dikonsumsi secara langsung, biasanya sering dibuat dalam minuman jus atau sebagai campuran minuman lain. Kandung senyawa antibiotik dalam jeruk nipis dapat menghilangkan bakteri yang ada pada gigi sehingga sakit gigi berlubang anda dapat mereda.

Baca Juga: Ini Rahasia, Cara Menyembuhkan Sakit Gigi Dengan Mudah!

Siapkan 1 buah jeruk nipis segar, kemudian belah jeruk nipis menjadi dua bagian. Peras kedua bagian tersebut dan tambahkan 1 sendok makan air, kemudian oleskan air perasan jeruk pada gigi yang sakit selama 10 sampai 15 menit. Lalu berkumur dengan air hangat hingga gigi terasa bersih.

  1. Air Garam

Air garam memang memiliki rasa yang asin, namun asinnya garam ternyata dapat anda gunakan untuk mengobati sakit gigi secara alami. Kandungan yodium yang ada pada garam dapat membantu penderita sakit gigi untuk meredakan nyeri dan rasa ngilu pada gigi. Jika digunakan secara rutin, kuman dan bakteri yang menyebabkan sakit gigi akan terbunuh oleh garam.

  1. Belimbing wuluh

Belimbing wuluh merupakan salah satu bahan masakan, buah yang termasuk dalam jenis buah belimbing ini mempunyai rasa yang cukup masam. Rasa belimbing wuluh mungkin tidak enak, namun kandungan antibakterial yang ada dalam buah ini dapat membantu mengusir dan membunuh bakteri yang menyebabkan sakit gigi berlubang.

Cara pengobatannya adalah siapkan 1 atau 2 biji belimbing wuluh yang belum matang, lalu haluskan buah dengan cara di tumbuk. Setelah halus maka tempelkan pada bagian gigi anda yang sakit. Tempelkan selama 10 menit kemudian berkumur dengan air hangat. Anda juga dapat langsung mengunya belimbing wuluh secara langsung tanpa ditumbuk jika tidak sakit.

  1. Biji Alpukat dan juga biji asam jawa

Biji asam jawa dan juga biji alpukat telah lama dipercaya dapat meredakan sakit gigi berlubang. Biji asam jawa dapat menyerah dan juga membunuh bakteri yang ada pada area gigi anda, sedangkan biji alpukat dapat meredakan rasa ngilu yang disebabkan oleh radang di area gigi. Kedua jenis biji ini dapat dijadikan solusi terbaik bagi anda yang sudah memiliki bahan ini dirumah.

Cara pengobatannya adalah, jika anda menggunakan biji asam jawa maupun biji alpukat maka anda harus sangrai lalu haluskan dengan cara ditumbuk. Kemudian campurkan tumbukan tersebut dengan air hangat juga sedikit garam. Oleskan air tersebut pada area gigi berlubang selama 10-15 menit, lalu berkumur jika sudah selesai ditempel, dengan air hangat.

Cara Mengatasi Sakit Gigi Berlubang Secara Alami

  1. Daun jambu biji

Mungkin masih belum banyak yang tahu ahwa daun jambu biji dapat digunakan untuk mengatasi sakit gigi secara tradisional. Daun ini mengandung antibakterial yang dapat menjaga kesehatan mulut anda dengan membunuh kuman di area gigi. Daun jambu mampu mengobati sakit gigi karena adanya kandungan antiiflamasi, antibakteri, dan juga analgesi yang kuat.

Anda dapat menumbuk daun ini secara halus lalu tempelkan, atau anda dapat mengunyah nya secara langsung, bisa juga dengan direbus dalam segelas air kemudian berkumur dengan air rebusan.

  1. Serai

Serai merupakan bahan masak yang selalu ada didapur dan mudah ditemui sehingga tidak asing lagi. Daun serai dapat digunakan sebagai bahan untuk memasak sop, aroma khas dari sop ini akan didapat dari ekstrak daun serai. Ternyata daun serai juga dapat mengatasi sakit gigii serta dapat mencegah terjadinya pembengkakan pada gusi anda.

Gunakan 40 gram serai dan siapkan 2 gelas air panas, kemudian rebuslah daun serai dalam 2 gelas air tersebut hingga mendidih dan tersisa satu gelas air rebusan. Tunggu hangat lalu berkumurlah dengan air rebusan maka sakit gigi anda akan mereda dan juga serai dapat memutihkan gigi anda secara alami.

  1. Merica

Merica dapat digunakan untuk mengatasi sakit gigi berlubang, karena merica memiliki kandungan anti bakteri, analgesik properti dan juga inflamasi. Cara penggunaannya pun mudah yakni dengan mencampur garam dan merica dalam sedikit air hingga terbentuk pasta gigi. Kemudian oleskan pasta tersebut pada area gigi yang sakit

  1. Bawang Merah

Bumbu dapur satu ini memiliki kandungan anti septik yang dapat membunuh kuman dalam area gigi anda, dengan cara menumbuk 1 siung bawang merah sampai halus dengan ditambahkan sedikit garam. Setelah halus, tempelkan pada area gigi berlubang yang sakit.

  1. Selalu sikat gigi secara rutin

Kebanyakan orang masih belum memahami bagaimana menyikat gigi yang benar, hal tersebut menyebabkan adanya sisa makanan dalam gigi dalam waktu lama sehingga gigi bisa berlubang. Dengan melakukan sikat gigi secara rutin minimal dua kali sehari dan dengan cara yang benar yakni dilakukan dengan cara memutar sikat gigi dalam 1 sampai 2 menit. Sebaiknya anda melakukan sikat gigi sebelum tidur dan bangun tidur atau sebelum anda memulai aktivitas sehari-hari.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 comments

  1. I have checked your website and i’ve found some
    duplicate content, that’s why you don’t rank high in google’s search results,
    but there is a tool that can help you to create 100% unique articles,
    search for: boorfe’s tips unlimited content

News Feed