Hallo Bunda, Ini Cara Mendidik Anak Perempuan agar Menjadi Anak Sholeha

Sama halnya seperti semua orang tua di dunia ini, sudah kewajibannya mendidik anak sejak dini agar kelak anak bisa menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain dan menjadi orang yang baik. Terlebih di zaman modern seperti ini, pendidikan sejak dini sangatlah penting untuk diterapkan jika anda tidak ingin anak anda terjerumus pada hal hal yang kurang baik terutama karena pengaruh teknologi yang begitu mudah mempengaruhi sikap seorang anak. Anda sebagai orang tua harus paham betul bagaimana cara mendidik anak sejak dini karena orang tua memang sebagai orang pertama dan utama dalam hal pendidikan anak selain di sekolah.

Di Artikel ini, kita akan sama sama belajar bagaimana Cara Mendidik Anak Perempuan Sejak Dini. Seperti yang kita tahu, anak perempuan itu pada dasarnya lebih membutuhkan kasih sayang dan sentuhan dari orang tua agar bisa tumbuh dengan baik. Biasanya anak perempuan juga lebih membutuhkan perlindungan dan tentu saja pendidikan dari kita sebagai orang tua. Lalu apa saja yang harus kita lakukan untuk anak perempuan tersayang kita? Berikut ini beberapa tipsnya.

Mengajarkan Agama Sejak Dini

Dari sekian banyak metode mendidik anak baik itu perempuan dan laki laki, mengajarkan nilai nilai agama dan ketuhanan pada anak adalah suatu kewajiban dan yang utama dan pertama yang harus anda kenalkan ini pada anak anda nantinya. Tak hanya mengajarkan cara berbicara dan berjalan saja, anda harus mulai mengajarkan nilai nilai agama dan mengenalkan anak anda pada tuhan sejak dini, anda bisa memulainya dengan hal hal yang sangat sederhana, misalnya untuk anda orang islam, mulailah dengan mengajarkan mereka siapa itu Tuhan, Rasul dan Al Quran dan lain sebagainya.

Mengajarkan Tentang Pergaulan

Sudah kodratnya setiap manusia itu ber sosialisasi dengan orang lain atau dalam bahasa modernya “pergaulan”. Bisa dibilang pergaulan adalah faktor terbesar yang mempengaruhi sifat dan sikap seseorang. Diluar sana banyak sekali pergaulan yang tidak baik yang tentu harus dihindari, maka dari itu anda sebagai orang tua harus bisa mengajarkan tentang pergaulan mulai dari mengurangi pergaulan dengan seorang anak laki laki yang bukan mukhrimnya. Mengajarkan bagaimana cara bersikap pada anak laki laki saat interaksi dan tentu saja bagi seorang perempuan, sudah seharusnya bersikap lebih ketat terhadap lawan jenisnya. Namun hal ini bkan berarti membuat anak perempuan anda terkesan menjadi seorang yang anti terhadap anak laki laki ya.

Mengajarkan Anak Perempuan Tutup Aurat

Kewajiban menutup aurat pada anak perempuan biasanya identik dengan seorang muslimin atau orang islam. Namun menutup aurat pada dasarnya adlaah kewajiban setiap perempuan. Bagi semua orang tua tentu harus mengajarkan anak perempuannya agar selalu menutup aurat terutama saat sedang berada di luar dan sedang ber interaksi dengan orang lain. Bagi anda orang islam, sangat disarankan untuk memakai jilbab. Dengan anak perempuan anda yang sudah menerapkan hal ini (menutup aurat) maka anak anda akan terhindar dari hal hal negatif misalnya dari pandangan dan perlakuan seorang laki laki lain terhadap anak anda?

Jika Sudah Remaja, Mulailah Kenalkan Tentang  Reproduksi

Apabila anak perempuan anda sudah beranjak remaja, mulailah segera untuk mengenalkan mereka dengan atau tentang reproduksi seperti haid, nifas, kehamilan dan lain sebagainya. Terutama soal haid, ajarkanlah mereka hukum hukum islam tentang haid dan jelaskan juga soal darah nifas.

Mengajarkan Sopan Santun

Cara Mendidik Anak Perempuan Sejak Dini yang berikutnya adalah dengan mengajarkannya sopan santun. Sebenarnya bukan hanya anak perempuan saja tapi untuk semua orang juga, sopan santun sangatlah penting untuk membuat anak anda bisa bergaul dengan mudah dengan orang lain dan dengan sopan santun pula, orang lain akan bersikap ramah dengan anak anda nantinya. Oleh karena itu penting sekali apabila anda mengajarkan soan santun sejak dini pada anak perempuan anda.

Mengenalkan Anak Perempuan dengan Pekerjaan Dapur

Ini yang sangat penting, sebagai anak perempuan. Sudah takdirnya menjadi ibu rumah tangga yang pasti akan mengurusi kebutuhan dapur. Ada banyak kasus dimana anak perempuan sama sekali tidak tahu menahu akan hal ini apalagi memasak. Hal ini akan sangat fatal karena belajar masak saat sudah beranjak dewasa itu akan sangat susah. Anda sebagai orang tua harus mendidik anak perempuan anda salah satunya adalah dengan mengenalkan mereka pada pekerjaan dapur sejak dini, tak harus langsung pandai memasak. Mengetahui bumbu bumbu dapur dan lain sebagainya juga sangat penting. Apabila sudah remaja, baru lah anda mulai mengajarkan anak perempuan anda memasak sedikit demi sedikit.

Mengajarkan Anak Perempuan Akan Gaya Bicaranya

Seorang perempuan tentu saja haruslah mempunyai sikap yang lebih halus dan lembut dibandingkan anak laki laki, tak terkecuali dalam hal perkataan atau gaya bicara. Sangat penting jika anda mengajarkan anak perempuan anda untuk berbicara dengan gaya bahasa yang lembut dan halus sejak dini.

Mendidik Anak Perempuan Sejak Dini dengan Cara Rasullullah

Selain tips dan cara diatas, ada juga metode lain mengenai cara mendidik anak perempuan sejak dini yakni dengan menerapkan cara yang dipakai oleh Rasillullah, hal ini penting sekali untuk anda yang beragama islam. Apa saja cara tersebut? simak ulasannya berikut ini:

Mengajarkan Ilmu Tauhid

Seperti yang kita tahu bersama, bahwa ilmu tauhid merupakan dasar agama islam yang berupa konsep Ketuhanan. Hal ini wajib kita ajarkan untuk anak perempuan kita untuk bisa mengenal tentang Allah Tuhan Yang Maha Esa. Anda bisa mengajarkan bacaan bacaan syahadat dan bacaan lain kepada anak perempuan anda.

Mengajarkan Doa Keseharian

Selain shalat, cara mendidik anak perempuan sejak dini dengan cara Rasulullah yang selanjutnya adalah dengan mengajarkan doa keseharian seperti doa makan, doa masuk ke toilet, doa tidur dan lain sebagainya. Hal ini penting sekali untuk membuat anak anda selalu terbiasa dengan doa dalam kehidupan sehari harinya dan dengan ini maka akan terbawa sampai kelak besar nantinya.

Mengajarkan llmu Keagamaan Seperti Shalat, Puasa, Ngaji Dan Lain lain

Sebagai orang islam, anda tentu diwajibkan untuk melaksanakan Rukun Islam. Adapaun diantaranya seperti shalat, puasa dan ngaji. Anda sebagai orang tua harus mengajarkan hal ini dan mendidik anak perempuan anda untuk lebih paham dalam shalat, puasa, ngaji dan ibadah ibadah lainnya.

Itulah beberapa cara cara mendidik anak perempuan sejak dini. Semoga dengan tips dan cara diatas bisa menjadi referensi untuk anda para orang tua untuk mendidik anak menjadi lebih baik lagi.  Masih banyak tips tips lainnya yang tentu bisa anda ajarkan dan terapkan sendiri pada anak anda. Bukan hanya untuk anak perempuan saja, tips diatas juga bisa diterapkan untuk mendidik anak laki laki sekalipun.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 comments

News Feed